Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Januari 2019

Beragam penyakit bisa dicegah dengan sumber daya alam yang ada di sekeliling kita. Salah satu yang sudah cukup terkenal adalah air kelapa, baik yang muda atau pun tua.

Berbicara air kelapa, tentu kebanyakan orang mengetahui bahwa air kelapa muda yang paling berkhasiat, apalagi untuk ibu hamil. Namun ternyata, air kelapa tua juga punya khasiat lho bagi kesehatan Anda. Namun sebelum mengetahui untuk apa saja, Anda harus tahu kandungan mineral yang ada pada air kelapa tua.

  • Mineral yang terkandung dalam air kelapa tua sebanyak 91 persen berfungsi untuk melancarkan sistem metabolisme.
  • Protein dalam air kelapa tua dapat membantu regenerasi sel–sel kulit dalam tubuh untuk tetap awet dan muda.
  • Lemak air kelapa tua berguna melindungi organ–organ tubuh dari benturan saat terjatuh.
  • Kaya vitamin c yang bermanfaat memberikan antioksidan alami bagi tubuh Anda.
  • Karbohidrat air kelapa tua menjadi salah satu sumber energi tubuh.

Maka dari itu, di bawah ini, ada beberapa khasiat dari air kelapa tua yang telah Bacaterus rangkum untuk Anda. Apa saja? Yuk, simak selengkapnya!

10 Manfaat Baik dari Air Kelapa Tua

1. Melancarkan Pencernaan

Tumurun Private Museum

Sehatnya pencernaan ditandai dengan lancarnya proses pembuangan air besar dari tubuh. Alasan pencernaan Anda terganggu biasanya kekurangan serat. Sayuran dan buah bisa menjadi jawaban untuk itu. Namun sangat jarang diketahui, ternyata air kepala tua juga memiliki kandungan serat cukup banyak. Alhasil, ketika pencernaan Anda kurang baik, air kelapa tua bisa menjadi solusi, ya.

2. Penyakit Usus

* sumber: m.post.naver.com

Usus adalah salah satu organ penting dalam pencernaan. Secara garis besar, usus berfungsi untuk menyerap sari-sari makanan, kemudian membuang yang tidak diperlukan. Nah, ketika pencernaan Anda terganggu, bisa jadi ada masalah pada usus.

Ketika Anda merasakan hal yang tidak beres pada organ dalam, khususnya pencernaan, sebaiknya minum air kelapa tua secara rutin. Hal ini dikarenakan usus sangat sensitif dan rentan terhadap berbagai penyakit yang dapat menyerang.

3. Dehidrasi

Dehidrasi

* sumber: mdpremier.com

Selain karena gangguan pada usus, sistem pencernaan juga bisa membuat Anda muntah. Penyebabnya adalah reaksi zat asam pada organ pencernaan yang kurang baik, misalnya telat makan. Sepertinya, muntah seperti itu sering dianggap biasa saja. Padahal, kalau dibiarkan bisa membuat tubuh dehidrasi dan merusak organ-organ yang lain, lho.

Kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi menyebabkan tubuh menjadi mudah lelah dan tidak bersemangat. Untuk memberi asupan cairan tubuh lebih banyak, air kelapa tua bisa menjadi pilihan. Jadi, Anda nanti tak perlu harus melulu minum air kelapa muda saja, ya!

4. Meredakan Demam

Demam

* sumber: blog.policystreet.com

Nah, manfaat air kelapa tua selanjutnya sangat bermanfaat bagi kesehatan si buah hati. Air kelapa tua ternyata bisa menurunkan demam tinggi pada anak-anak, lho. Bagi para orang tua atau Anda yang mempunyai saudara masih kecil, bisa memberikan air kelapa tua kepada anak-anak yang terkena demam.

5. Mengobati Campak

Campak

* sumber: www.parenting.co.id

Campak terlihat ketika bulatan atau bintik-bintik merah tumbuh hampir di seluruh tubuh dan demam tinggi. Biasanya, orang yang sudah mengalami campak, tidak akan pernah terkena penyakit ini. Pengobatan untuk penyakit ini memang sudah banyak. Tapi, bagi Anda yang ingin menggunakan bahan alami, air kelapa tua bisa dipilih.

Untuk menurunkan panas pada tubuh dan menghilangkan bintik-bintiknya, alangkah baiknya meminum air kelapa tua sebanyak dua kali sehari. Sedangkan air kelapa muda dapat membantu mengeringkan campak dan memberikan proses penyembuhan bagi penyakit ini.

6. Membuang Racun dalam Tubuh

* sumber: www.nih.gov

Selanjutnya, air kelapa tua mampu membuang racun yang ada dalam tubuh kita. Racun-racun ini berasal dari luar, seperti banyaknya zat kimia dari makanan yang mengandung pengawet dan pewarna. Meski dalam ukuran kecil, zat-zat ini bersarang dalam tubuh. Kalau dalam waktu lama, bakal menjadi racun ganas bagi tubuh. Dalam hal ini, air kelapa tua dapat menetralkan dan membuang racun-racun tersebut melalui keringat dan air kencing.

7. Menghilangkan Jerawat

Menghilangkan Jerawat

Jerawat adalah masalah kulit yang sangat mengganggu, apalagi datang di kulit wajah. Ah sudahlah, penampilan jadi terganggu. Iya, gak? Jerawat ini muncul akibat produksi kelenjar minyak yang berlebih pada wajah dan terkontaminasi dengan kotoran seperti debu dan lainnya.

Beragam cara bisa dilakukan untuk menghilangkan jerawat, mulai dari pengobatan kimia hingga alami. Nah, untuk yang alami jerawatan, bisa konsumsi air kelapa tua. Minum air kelapa selain menghilangkan jerawat, juga mampu menyamarkan noda hitam bekas jerawatnya.

8. Menyembuhkan Kolera

Kolera

* sumber: www.bol.uol.com.br

Kolera merupakan penyakit yang berhubungan dengan kulit. Mudah sekali menular, baik melalui sentuhan atau pakaian. Peyebabnya adalah konsumsi makanan yang terjangkit bakteri.

Untuk mengatasinya, Anda bisa berobat ke dokter. Namun agar lebih efektif, Anda bisa menggunakan air kelapa tua. Cobalah rutin mengonsumsinya agar bakteri dalam tubuh itu hilang.

9. Mengobati Luka Luar

Mengobati Luka Luar

* sumber: www.tokoaryanto.com

Selain mengobati dari dalam tubuh, ternyata eh ternyata, air kelapa tua juga bisa mengobati luka luar, lho. Caranya, Anda cukup mencuci luka tersebut dengan air kelapanya sebanyak dua kali setiap harinya. Dengan perlahan, luka itu akan mengering dengan cepat dan sembuh total.

10. Meningkatkan Vitalitas pada Pria

Meningkatkan Vitalitas Pria

Vitalitas pria akan menurun seakan bertambahnya usia. Sayangnya, sekarang ini, kandungan nikotin pada rokok menyebabkan faktor utama penurunan vitalitas pada pria. Untuk itu, disarankan agar Anda mengonsumsi air kelapa secara rutin untuk mengurangi kandungan nikotin dalam tubuh yang menganggu tingkat kesuburan pada pria.

Nah, itulah kesepuluh manfaat air kelapa tua untuk kesehatan tubuh kita. Jangan sungkan untuk meminum air kelapa tua. Sebab berdasarkan paparan di atas, sangat berkhasiat, bukan?

Tapi, selain air kelapa tua, ternyata air kelapa hijau juga punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita lho. Penasaran ingin tahu penjelasan lebih lengkapnya? Yuk, langsung kepoin di artikel 12 Manfaat Air Kelapa Hijau ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .