Bacaterus / Manfaat Buah / 10 Manfaat Acai Berry, Buah yang Kaya Antioksidan

10 Manfaat Acai Berry, Buah yang Kaya Antioksidan

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Desember 2018

Dari semua jenis buah berry, mungkin acai berry ini kurang populer di Indonesia. Buah ini memang kalah pamor dengan strawberry, blackberry, atau raspberry. Akan tetapi, buah yang satu ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Bahkan, penduduk yang tinggal di sekitar Hutan Amazon memanfaatkan buah acai berry ini untuk mengobati beragam penyakit.

Jika ada sejumlah manfaat cranberry untuk kecantikan, tentu buah acai berry pun juga menawarkan sejumlah manfaat untuk kesehatan. Bacaterus telah merangkum semuanya menjadi 10 manfaat acai berry untuk kesehatan. Yuk, baca penjelasan selengkapnya di sini.

10 Manfaat Acai Berry untuk Kesehatan

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Setiap orang tentu ingin memiliki tubuh yang sehat dan tidak mudah sakit. Melalui manfaat acai berry, Anda bisa memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat. Acai berry memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga bisa dipakai untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Konsumsi acai berry atau suplemen acai berry secara teratur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar Anda tidak mudah sakit. Sejumlah vitamin dan mineral dalam acai berry ini juga berpotensi untuk membuat sistem kekebalan tubuh selalu prima.

2. Menurunkan kadar kolesterol tinggi

Menurunkan kadar kolesterol tinggi

Kolesterol tinggi tidak hanya dimiliki orang dewasa saja, tapi juga bisa dialami oleh anak-anak muda. Konsumsi acai berry ternyata dapat bantu menurunkan kolesterol secara alami. Acai berry mengandung anthocyanin, sebuah antioksidan yang bertugas untuk menurunkan kolesterol dalam darah.

Tak hanya itu saja, kandungan sterol di dalam acai berry juga bermanfaat untuk mencegah pembekuan darah, melancarkan sirkulasi darah, dan merelaksasi pembuluh darah. Perlu Anda ketahui bahwa sterol ternyata juga bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL) mulai dari 6 sampai 15 persen jika Anda mengonsumsi acai berry ini setiap hari.

3. Menjaga kesehatan jantung

Menjaga kesehatan jantung

Manfaat acai berry yang satu ini nampaknya juga berhubungan dengan manfaat yang disebutkan pada poin kedua. Ya, acai berry diklaim dapat menjaga kesehatan jantung karena kemampuannya menurunkan kolesterol. Seperti yang kita ketahui, kolesterol tinggi adalah salah satu penyebab penyakit jantung.

Kandungan sterol di dalam acai berry dapat memberikan manfaat cardio protektif bagi semua sel yang terdapat pada tubuh. Selain itu, kemampuan sterol yang dapat mencegah pembekuan darah juga dapat menurunkan risiko adanya penyumbatan pada pembuluh darah di jantung.

4. Berperan sebagai anti-kanker alami

Berperan sebagai anti-kanker alami

Sampai saat ini, kanker tetap menjadi penyakit kronis yang ditakuti oleh banyak orang. Akan tetapi, jika Anda termasuk orang yang menganut gaya hidup sehat dan gemar menyantap acai berry kemungkinan besar Anda akan terhindar dari segala jenis penyakit kanker. Antioksidan yang cukup tinggi di dalam acai berry disinyalir dapat mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Selain itu, ada kandungan Vitamin C dan Asam Allegic yang dapat menekan pertumbuhan sel kanker secara lebih efektif. Polifenol yang terdapat dalam acai berry juga dapat mengurangi proliferasi sel kanker sampai 56-86 persen. Wah, benar-benar buah yang kaya manfaat, ya!

5. Menjaga berat badan tetap ideal

Menjaga berat badan tetap ideal

Ingin mencari buah yang cocok untuk diet? Sejatinya, acai berry adalah buah yang cocok untuk melengkapi diet Anda. Bagi Anda yang ingin menurunkan atau menjaga berat badan agar tetap stabil, acai berry adalah buah yang cocok untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Pulp yang terdapat dalam acai berry mampu mengurangi efek negatif pada kebiasaan menyantap makanan berlemak tinggi. Masukkan buah acai berry ini pada menu makanan harian Anda. Anda bisa menyantap buah ini secara langsung atau membuatnya menjadi jus segar.

6. Mempercantik kulit secara alami

Mengencangkan kulit wajah

Rahasia di balik kulit yang sehat dan terlihat cantik alami ada pada perawatan yang dilakukan oleh pemilik kulit tersebut. Bukan hanya perawatan luar seperti lulur, spa, dan sebagainya, tapi juga perawatan dari dalam. Vitamin E adalah jenis vitamin yang diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit. Oleh karena itu, banyak suplemen Vitamin E yang dijual di pasaran untuk mempercantik kulit.

Namun, jika Anda mengonsumsi acai berry setiap hari, Anda tidak memerlukan suplemen lagi. Pasalnya, acai berry sudah diperkaya dengan Vitamin E alami. Jadi, Anda bisa memiliki kulit yang sehat dan cantik dengan mengonsumsi acai berry secara rutin.

7. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Meskipun terlihat sepele, gangguan pencernaan dapat menghambat aktivitas sehari-hari. Acai berry adalah buah terbaik untuk menjaga sistem pencernaan dan mencegah sejumlah penyakit pencernaan yang mengganggu aktivitas Anda. Kandungan serat yang cukup tinggi dalam acai berry dapat membantu Anda terhindar dari sejumlah gangguan pencernaan.

Adapun sejumlah gangguan pencernaan yang bisa Anda hindari dengan mengonsumsi acair berry adalah diare, sembelit, gagal ginjal, batu ginjal, dan usus buntu. Selain itu, buang air besar juga jadi lebih lancar dan perut pun tidak terasa begah setelah mengonsumsi acai berry.

8. Mencegah penuaan dini

Mencegah penuaan dini

Nah, yang satu ini adalah manfaat acai berry yang dibutuhkan oleh semua orang, terutama oleh kaum hawa. Masih sering menggunakan produk anti-aging yang belum memberikan hasil akurat? Cobalah untuk menghemat uang Anda dengan beralih pada acai berry.

Buah yang satu ini mengandung antioksidan yang sangat tinggi untuk menghambat proses penuaan yang berkaitan dengan kerusakan oksidasif. Antioksidan inilah yang mencegah kerusakan pada sel-sel di dalam tubuh, sehingga Anda bisa terlihat awet muda setiap saat. Kandungan antioksidan di dalam acai berry adalah yang paling tinggi dibanding buah-buahan berry lainnya, seperti anggur dan blueberry.

9. Meningkatkan fungsi seksual

Meningkatkan fungsi seksual

Bagi sejumlah pria yang mengalami disfungsi ereksi atau ejakulasi dini, Anda memang harus memperoleh pengobatan secara medis. Namun, sembari menjalani pengobatan Anda bisa mengubah gaya hidup Anda jadi lebih sehat dan mulai mengonsumsi acai berry.

Mengapa acai berry? Karena buah ini dapat meningkatkan sirkulasi darah, termasuk sirkulasi darah ke Mr. P, sehingga risiko disfungsi ereksi maupun ejakulasi dini pun jadi berkurang. Perlu Anda garis bawahi acai berry tidak dapat menyembuhkan gangguan vitalitas, tetapi dapat mengurangi risikonya.

10. Menjaga kesehatan tulang

Menjaga kesehatan tulang

Tulang kuat dan sehat tidak datang dengan sendirinya. Diperlukan sejumlah usaha untuk memiliki tulang yang sehat dan kuat sampai tua nanti. Usaha yang bisa Anda lakukan untuk memiliki tulang yang sehat dan kuat adalah dengan menyantap acai berry.

Buah yang tampilannya mirip dengan anggur dan blueberry ini mengandung kalsium dan fosfor untuk menjaga kesehatan tulang. Kombinasi kedua mineral ini dapat mencegah osteoporosis, mengoptimalkan penyerapan nutrisi pada tulang, menguatkan struktur tulang, dan membantu pertumbuhan tulang secara optimal.

Manfaat Acai Berry

Nah, jangan ragu untuk mulai menyantap acai berry. Sayangnya, buah ini masih jarang ditemukan di Indonesia. Namun, Anda bisa mendapatkan khasiat buah ini dalam suplemen yang terbuat dari acai berry. Akan tetapi, hati-hati dalam memilih suplemen karena tidak semua suplemen acai berry dapat memberikan manfaat yang benar-benar optimal.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *