Bacaterus / Jalan-Jalan / Wisata Jawa Timur / Yuk Kunjungi 10 Mall di Surabaya yang Paling Terkenal Ini

Yuk Kunjungi 10 Mall di Surabaya yang Paling Terkenal Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 September 2018

Mau ngopi di Surabaya? Anda bisa berkunjung ke sejumlah tempat ngopi keren di Surabaya. Mau kuliner malam? Surabaya juga memiliki berbagai tempat kuliner malam yang menyajikan hidangan lezat. Lantas, bagaimana jika mau belanja, makan, atau nongkrong di satu tempat saja? Mungkin Anda harus datang ke mall-mall yang berada di Surabaya.

Kali ini, Bacaterus akan mengajak Anda jalan-jalan di 10 mall di Surabaya yang paling terkenal. Kota metropolitan kedua di Indonesia ini memiliki beberapa mall terkenal yang menjadi jujugan bagi wisatawan atau masyarakat setempat yang ingin mencari hiburan.

10 Mall di Surabaya yang Paling Terkenal

1. Pakuwon Mall (Supermal Pakuwon Indah)

Pakuwon Mall Mall di Surabaya yang Paling Terkenal

* sumber: www.wirasel.com

Sebelum menjadi Pakuwon Mall, salah satu mall di Surabaya yang paling terkenal ini memiliki nama Supermal Pakuwon Indah. Mall ini sudah ada sejak tahun 2003, tetapi pengelolanya melakukan perluasan besar-besaran hingga mengganti namanya menjadi Pakuwon Mall di tahun 2017.

Pusat perbelanjaan terbesar di Surabaya ini memiliki luas 180.000 m2. Pakuwon Mall ini juga menyatu dengan Pakuwon Trade Center (PTC). Beberapa tenant yang menyewa tempat di Pakuwon Mall adalah Zara, Sephora, H&M, Sogo, Lotte Mart, Banana Republic, dan Celebrity Fitness.

Sementara untuk kuliner, Pakuwon Mall menyediakan PasaRame, Gyu-Kaku, Sushi Tei, Genki Sushi, dan masih banyak lagi. Mall ini juga semakin ramai karena menyediakan bioskop jaringan XXI yang juga dilengkapi dengan studio IMAX.

2. Tunjungan Plaza

Tunjungan Plaza

Berbicara soal mall paling terkenal sekaligus tertua di Surabaya, nama Tunjungan Plaza memang selalu ada dalam benak masyarakat kota pahlawan. Mall ini terus melakukan perluasan hingga tahun 2017 dibuka Tunjungan Plaza VI yang menyediakan beberapa tenant baru, seperti H&M, Bershka, Pull&Bear, PasaRame, dan EZO Cheesecakes & Bakery.

Dua department store besar juga menempati mall ini, yaitu Matahari dan Sogo. Apalagi Tunjungan Plaza juga memiliki 3 gedung bioskop jaringan XXI di dalamnya, bahkan salah satunya dilengkapi dengan studio IMAX.

Untuk kulinernya, Tunjungan Plaza memiliki 2 buah food court dan beberapa restoran ternama, seperti Hachi-Hachi, Sushi Tei, Shabu On Yasai, Fish n co, The Duck King, WOK Noodle, sampai dengan PasaRame.

3. Galaxy Mall

Galaxy Mall

Jika Pakuwon Mall berada di Surabaya Barat dan Tunjungan Plaza di Surabaya Pusat, kini saatnya kita jalan-jalan ke Surabaya Timur. Di kawasan Mulyorejo, Surabaya Timur, ada sebuah mall yang dibangun sejak 1996 dan tetap ramai hingga sekarang, yakni Galaxy Mall.

Pusat perbelanjaan yang satu ini berada dekat pemukiman elit. Beberapa tenant seperti Pull&Bear dan Stradivarius membuka cabang pertamanya di Galaxy Mall sebelum berekspansi ke mall-mall lain di Surabaya.

Galaxy Mall turut menyediakan Celebrity Fitness, bioskop XXI, Timezone, dan supermarket internasional 99 Ranch Market. Beberapa tenant ternama yang menyewa tempat di mall ini adalah Zara, Mango, Sushi Tei, Frank n co, Gyu-Kaku, Nautica, dan masih banyak lainnya.

4. Ciputra World

Ciputra World

Dari namanya saja Anda pasti sudah tahu bahwa Ciputra World adalah mall yang berada di bawah naungan Ciputra Group miliki Ir. Ciputra. Superblok ini memiliki 3 menara untuk apartment, sama seperti Pakuwon Mall yang di atasnya juga terdapat apartment.

Sejak awal dibuka, Ciputra World memiliki konsep yang elegan. Toiletnya pun sudah menggunakan kloset dan hand dryer yang cukup canggih pada masanya. Meskipun tidak terlalu besar, tenant yang tersedia di sini cukup lengkap, seperti NAV Karaoke, bioskop XXI, Pizza Hut, Bentoya, XO Suki, TOD’S, Pedro, Charles n Keith, Victoria Secret, Furla, Kate Spade, dan lain-lain.

5. Grand City

Grand City

Berada tidak jauh dari Tunjungan Plaza, mall di Surabaya yang paling terkenal ini memiliki convention hall yang berdampingan dengan pusat perbelanjaannya. Convention hall ini sering dipakai untuk pameran atau acara pernikahan. Bahkan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, pernah menikahkan anak gadisnya di convention hall Grand City.

Mall yang cukup besar ini sangat cocok dipilih untuk jalan-jalan santai. Berbagai restoran dan tenant yang menawarkan pakaian maupun kebutuhan sehari-hari lainnya semuanya tersedia di Grand City. Apalagi lokasinya yang strategis membuat Grand City ini selalu ramai pengunjung setiap harinya.

6. Plaza Surabaya

Plaza Surabaya

Tak jauh dari Grand City dan Tunjungan Plaza, ada sebuah mall yang bernama Plaza Surabaya. Mall ini juga sangat ramai pengunjung, terutama saat akhir pekan. Plaza Surabaya merupakan pusat perbelanjaan yang menyediakan berbagai tenant kuliner, hiburan, dan fashion. Bahkan, ada bioskop juga yang terletak di lantai atas pusat perbelanjaan ini.

Selain itu, mall ini juga berada dekat dengan World Trade Center (WTC) yang merupakan pusat perbelanjaan yang khusus menjual ponsel dan aksesorisnya. Jadi, jika ingin membeli ponsel dengan varian yang lengkap, Anda hanya perlu nyebrang dari Plaza Surabaya ke WTC.

7. Surabaya Town Square

Surabaya Town Square

Mall di Surabaya yang paling terkenal ini memiliki konsep yang sedikit berbeda dibanding mall-mall lainnya. Surabaya Town Square (SUTOS) diisi dengan tenant restoran dan cafe dalam jumlah banyak. Tenant yang menjual baju di SUTOS bisa dihitung jari. Nampaknya, SUTOS memang ingin menjaring pengunjung yang sekedar ingin makan dan nongkrong.

Mall ini buka hingga pukul 12 malam di hari biasa dan jika weekend SUTOS bisa buka sampai pukul 2 dini hari. Adapun hiburan yang bisa Anda peroleh di SUTOS selain kongkow di cafe adalah bioskop XXI, karaoke Inul Vista, club Foreplay, dan pusat kebugaran Gold’s Gym.

8. City of Tomorrow

City of Tomorrow

City of Tomorrow (CITO) berada sangat dekat di pintu masuk Kota Surabaya. Letak mall yang satu ini sangat dekat dengan Bandar Udara Juanda, sehingga tak heran jika banyak masyarakat dari luar Kota Surabaya yang mengunjungi mall ini.

CITO berada dekat Universitas Pelita Harapan Surabaya. Di dalam mall ini terdapat Matahari Department Store, Hypermart, dan bioskop jaringan Cinema 21. Developer pusat perbelanjaan ini adalah PT Lippo Karawaci Tbk.

9. Lenmarc

Lenmarc

Lenmarc sejatinya berada sangat dekat dengan Pakuwon Mall. Jarak antara kedua mall ini hanyalah 100 meter saja. Walaupun tidak seramai Pakuwon Mall, Lenmarc menyediakan restoran dan tempat hiburan yang cukup lengkap.

Di tahun 2017, mall ini menjadi semakin ramai karena adanya Transmart dan Trans Studio Mini di dalamnya. Mall ini juga dilengkapi dengan bioskop XXI, Miniso, J.Co, Yoshinoya, dan Starbucks Coffee.

10. Royal Plaza

Royal Plaza

Jarak antara Royal Plaza dan City of Tomorrow sebenarnya tidak terlalu jauh. Jika CITO berada di bundaran Waru yang merupakan pintu masuk Kota Surabaya, Royal Plaza berada di Jalan Ahmad Yani yang merupakan jalan terusan dari bundaran Waru. Mall yang didirikan pada tahun 2006 ini sangat ramai setiap harinya.

Royal Plaza dilengkapi dengan Gramedia, Hypermart, Matahari Department Store, ACE Hardware, dan bioskop Cinema 21. Adapun untuk kuliner Royal Plaza memiliki food court yang cukup besar dan beberapa pilihan restoran seperti Pizza Hut, KFC, HokBen, Top Noodle, Breadtalk dan masih banyak lagi.

Inilah 10 mall di Surabaya yang paling terkenal dan bisa Anda kunjungi jika singgah di kota pahlawan ini. Punya mall favorit di Surabaya? Bagikan pengalaman Anda berkunjung ke mall favorit tersebut di kolom komentar.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment