Bacaterus / Jalan-Jalan / Wisata Bandung / Yuk Kunjungi 10 Mall di Bandung yang Paling Terkenal Ini

Yuk Kunjungi 10 Mall di Bandung yang Paling Terkenal Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Oktober 2018

Tempat yang paling lengkap buat jalan-jalan memang mall. Karena, di dalam mall ada toko baju, toko sepatu, toko tas, toko buku, tempat makan, tempat ngemil, bioskop, hingga arena permainan buat si kecil. Bahkan, ada mall yang menyediakan mini zoo dan arena ice skating juga.

Bandung adalah ibukota, pusat fashion dan kuliner, serta tujuan wisata yang paling sering didatangi di Jawa Barat. Jadi, wajar saja kalau di Bandung ada cukup banyak mall. Namun, inilah list mall di Bandung yang paling terkenal beserta off the record-nya (berdasarkan pengalaman pribadi):

10 Mall di Bandung yang Paling Terkenal

1. PVJ

PVJ mall di Bandung yang paling terkenal

* sumber: www.cuti.my

Mall di Bandung yang paling terkenal yang pertama adalah Paris Van Java Mall atau lebih beken dengan panggilan PVJ. Bisa dibilang kalau PVJ ini merupakan mall high end, karena toko-toko yang ada di dalamnya kebanyakan dari brand internasional yang harganya cukup mahal. Tenant makanannya pun kebanyakan makanan internasional seperti suki, pizza, Chinese dan Taiwanese street food, dan gerai fast food.

Mall yang terletak di Jalan Sukajadi no. 137-139 ini memiliki daya tarik tersendiri selain toko-tokonya yang rata-rata berasal dari merk luar negeri. Pertama, luasnya. PVJ sangat luas, mulai dari parkiran di luar mall saja sudah sangat luas, belum lagi dihitung parkiran basement-nya. Lalu, gedung PVJ juga luas sekali. Kalau Anda mau berjalan-jalan ke setiap sudut PVJ mungkin akan perlu waktu seharian.

Lalu, mall ini bisa dibilang sangat nyaman dan ramah lingkungan. Berbeda dengan mall lainnya, PVJ berkonsep semi-outdoor, di mana ada beberapa bagian mall yang “terbuka”. Sehingga mall ini tidak memerlukan AC kecuali pada lantai atas, toko, dan tempat makannya. PVJ juga punya banyak sekali spot penghijauan menggunakan tanaman dan pohon asli.

Uniknya lagi, di PVJ ada taman yang berisi kupu-kupu hidup. Anda dan buah hati Anda bisa masuk ke taman kupu-kupu dengan membayar biaya Rp 10.000 saja.

Lalu, apa yang Anda pikirkan ada di bagian teratas mall? AC? Genting? Kalau di PVJ, bagian teratasnya berisi mini zoo! Kebun binatang mini ini berisi kambing, kelinci, ayam, dan hewan-hewan lainnya. Buah hati Anda dapat berinteraksi dan memberi makan binatang-binatang tersebut.

Lalu, di PVJ juga tersedia bioskop, yaitu CGV dengan kualitas terbaik di Bandung. Sebagaimana telah diketahui umum kalau film-film di CGV jauh lebih bervariatif daripada di bioskop lainnya di Bandung seperti Bioskop21, XXI, dan Cinemaxx.

Apalagi dengan studionya yang banyak, memungkinkan CGV di PVJ memiliki lebih banyak film dan jam tayang. Untuk mencapai PVJ, Anda bisa lewat Jalan Pasteur, lalu terus maju ke Jalan Sukajadi.

2. Paskal 23

Paskal 23

* sumber: liburansamakeluarga.blogspot.co.id

Paskal 23 merupakan mall di Bandung yang paling terkenal yang baru banget diresmikan pada April 2017 ini. Walaupun masih baru, mall ini langsung menyedot banyak perhatian warga Bandung dan luar Bandung, loh! Pasalnya, untuk ukuran luas, Paskal 23 tidak kalah dengan PVJ. Bahkan banyak orang yang membandingkan Paskal 23 dengan PVJ, dan banyak yang lebih menyukai bentuk mall Paskal 23.

Toko-toko dan tempat makan di Paskal 23 hampir semuanya sama dengan yang ada di PVJ. Itulah alasan pertama orang-orang tertarik pada Paskal 23. Lalu, setelah mencoba jalan-jalan di sana, ternyata Paskal 23 terasa lebih bagus karena gedungnya lebih luas dan toko-tokonya padat, tidak tersebar di mana-mana seperti PVJ. Tapi, itu semua kembali lagi kepada selera Anda. Kalau Anda lebih suka Paskal 23 atau PVJ?

Jika di PVJ hampir didominasi oleh brand luar negeri, Paskal 23 lebih balance karena ada cukup banyak tenant lokal juga. Hal ini karena Paskal 23 mengusung konsep “Family & Community Hub”, di mana mereka ingin Paskal 23 menjadi tempat komunitas, khususnya di Bandung, untuk berkreasi. Dibuktikan dari nama empat area lobby yang diberi nama dalam bahasa Sunda, yaitu Lobby Hejo, Langit, Cai, dan Ruhai.

Anda bisa juga merasakan ornamen Sunda dari mall ini di seluruh bagian gedung, karena Paskal 23 dilapisi oleh bambu dan anyaman rotan yang cantik.

Oh, iya. Paskal 23 terletak di Jalan Pasirkaliki no. 25-27, Kebon Jeruk, Andir. Untuk mencapai mall ini, Anda bisa melalui Stasiun Kebon Kawung (Stasiun Bandung), lalu belok kiri ke arah Hotel Hilton atau RS Santosa. Tidak jauh dari situ, belok kiri dan Anda akan melihat penunjuk arah menuju Paskal 23.

3. CiWalk

CiWalk mall di Bandung yang paling terkenal

* sumber: www.google.co.id

CiWalk adalah singkatan dari Cihampelas Walk. Ya, mall ini terletak di jalan yang selalu dipadati turis, yaitu Jalan Cihampelas. Mall ini sudah berdiri sejak tahun 2004. Walaupun ada mall yang baru, CiWalk tidak pernah jadi sepi peminat, loh! Hal ini dikarenakan konsep CiWalk yang ramah lingkungan, bersih, dan bentuk mall-nya unik.

Konsep CiWalk agak sama dengan PVJ, di mana ada ruangan full AC dan ada juga yang semi-outdoor. Ketika masuk, Anda akan disambut oleh tenant makanan di sepanjang jalan, mulai dari fast food, pastry, kopi, hingga masakan Indonesia. Lalu, Anda juga akan melihat beberapa toko seperti The Body Shop, dan tempat memesan tiket pesawat & travel.

Lalu, Anda akan melihat ada gedung di tengah-tengah, sementara kedua sisi gedung merupakan dua area berbeda yang diberi nama Young Street dan Broadway. Di kedua jalan ini dipenuhi oleh tenant makanan dan toko lainnya, seperti pakaian, aksesoris, dan gadget. 

Banyak orang yang menyukai CiWalk karena penempatan toko-tokonya rapi. Jadi, kalau Anda mau makan, ya di luar. Kalau mau belanja, ya di dalam mall-nya.

Lalu, yang membuat orang-orang betah di CiWalk adalah area tamannya yang sangat luas. Area lahan kosong ini dilapisi lantai batu, sehingga terkesan vintage. Ditambah dengan lampu-lampu jadul, sehingga CiWalk semakin terasa romantis.

Angin sejuk akan berhembus diantara pohon pinus dan pohon-pohon rindang lainnya yang ada di taman CiWalk. Kalau Anda kelelahan setelah berbelanja, bisa tuh duduk-duduk dulu di bangku taman tadi.

Nilai plus untuk CiWalk adalah musholanya! Musholanya sangat adem, lantainya dibuat dari kayu, lalu ada semacam air terjun mini dengan lafadz “Allah”. Sejauh ini mushola CiWalk adalah yang terbaik diantara mall lainnya di Bandung. Bandingkan dengan mushola PVJ yang hanya berupa ruangan bersekat, jumlah sajadah terbatas, dan jarak antara laki-laki dan perempuan terlalu dekat. Rasanya kurang nyaman, bukan?

4. BIP

Bandung Indah Plaza

BIP adalah singkatan dari Bandung Indah Plaza. Tema mall ini lebih kepada family and friends sepertinya, melihat dari restoran dan pertokoan yang tersedia. Karena itulah, BIP lebih sering dipadati oleh remaja dan keluarga. Bangunan BIP menjulang ke atas, tidak luas, tapi cukup tinggi. Di BIP ada bioskop, mungkin itu salah satu alasan BIP masih sering dipadati pengunjung walaupun sudah banyak mall lainnya yang lebih bagus.

Yang mengherankan dari BIP adalah, kalau mau ke toilet, Anda harus bayar Rp 1.000. Bahkan, ketika Anda tidak menggunakan toilet, tapi Anda masuk ke dalam sana, Anda tetap dikenai biaya seribu rupiah. Terdengar konyol, tapi katanya itu semua karena toilet dipegang oleh manajemen yang berbeda dengan BIP. Padahal waktu awal-awal berdiri BIP tidak seperti itu sistemnya.

Di BIP juga tersedia mushola yang bisa dibilang cukup baik. Ukurannya sangat luas, jauh lebih luas daripada mushola CiWalk, mungkin dua kali lipatnya. Sayangnya, suasananya terlalu crowded. Mulai dari jalan masuk dan jalan keluar yang sama, sehingga orang yang sudah sholat dan mau sholat jadi stuck di hall sempit tersebut. Belum lagi tempat wudhunya yang kurang luas, terlalu becek, dan kurang kondusif.

Overall, BIP masih menjadi mall di Bandung yang paling terkenal favorit banyak orang. Mungkin karena mall ini termasuk middle-low, jadi orang-orang tidak segan untuk masuk ke sana. Lalu, alasan lainnya mungkin karena posisi BIP yang ada di pusat kota.

5. FCL

Festival City Link

Festival City Link bukan sebuah festival, loh, ya.. FCL adalah salah satu mall di Bandung yang paling terkenal, walaupun tidak se-hype Paskal 23 dan PVJ. Mungkin karena lokasinya yang agak jauh dari pusat kota, yaitu di Jalan Peta. Akan tetapi, FCL termasuk tempat nongkrong yang oke punya di Bandung, kok. Bentuk bangunannya enak dilihat, susunan tokonya juga cukup baik.

Kalau dikategorikan, FCL mungkin satu level dengan BIP karena tempat makan dan toko-tokonya dibanderol harga low-end. Lalu, tidak semua bagian mall terlihat aesthetic, karena ada beberapa ruangan kosong tak berlantai yang digunakan tenant bulanan untuk berjualan. Dan jualannya pun agak “nyeleneh” untuk ada di mall, seperti baju sisa ekspor misalnya. Padahal FCL dibangun oleh Agung Podomoro Land, loh.

Tapi, overall, FCL merupakan tempat yang oke untuk nongkrong. Food court mall ini bisa dibilang yang terbaik diantara mall lainnya di Bandung. Kelasnya berbeda dengan food court BIP, mulai dari konsep hingga penataan tenant-nya. Di sini juga ada bioskop yang cukup nyaman, yaitu XXI.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment