bacaterus web banner retina

Inilah 10 Nama dan Makna Lightstick Grup K-Pop yang Unik

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 25 Juni 2021

Di budaya K-pop, lightstick bukan hanya sekadar lampu dekorasi semata yang dibawa saat konser atau acara temu penggemar. Lebih dari itu, sebuah lightstick adalah aksesoris esensial yang menunjukan identitas dan dukungan para penggemar pada idolanya. Selain itu, lightstick juga menandakan loyalitas penggemar pada idol yang didukungnya. 

Hampir semua fandom mempunyai lightstick. Bentuk, warna dan desain sebuah lightstick mempunyai makna tersendiri yang mendalam bagi idol dan fansnya. Tak jarang beberapa idol merancang sendiri lightstick mereka. Nah, apa saja sih makna yang terkandung dalam setiap lightstick? Kami telah merangkum informasinya untuk kamu. Simak baik-baik, ya!

1. BTS – Army Bomb

makna lightstick kpop_BTS – Army Bomb

ARMY Bomb dirilis 2 tahun setelah BTS debut, tepatnya tahun 2015. Bentuk lightstick grup idol beranggotakan tujuh orang ini sangat sederhana tapi menampilkan rancangan yang berani.

Lightstick BTS mengadopsi bentuk bom bulat berwarna abu-abu yang di atasnya terdapat dudukan berwarna hitam. Bentuk bulat pada lightstick ini adalah representasi popularitas grup yang semakin meningkat. 

Tahun 2017 BigHit merilis lightstick edisi kedua dengan warna transparan dan lebih berkilauan. Lightstick edisi yang lebih baru ini mempunyai ujung yang halus dan dudukan yang lebih ramping. 

Edisi ketiga kemudian dirilis. Sebuah teaser menampilkan warna ARMY Bomb dengan konsep serupa tapi dalam warna yang lebih gelap. 

2. Blackpink – Byongbong

Namanya terdengar lucu, ya, Byongbong. Byongbong atau Hammer Bong kepunyaan Blackpink ini diambil dari onomatopoeia Korea dari bunyi “byong” mainan palu. Rose lah yang menamai lightstick lucu ini. 

Meskipun berbentuk palu, namun Byongbong tetap terlihat lucu. Palu di kedua sisinya berbentuk hati. Warna merah muda cerah membuat Byongbong semakin terlihat manis. Oh, ya, warna dasar lightstick Blackpink ini didominasi pink dan hitam, seperti warna dasar idol grup itu sendiri, black and pink. 

Para member Blackpink ikut andil dalam perancangan pembuatan Byongbong. Mereka terinspirasi dari mainan palu yang dipakai oleh dua mantan MC Weekly Idol. 

Palu mainan tersebut dianggap sebuah mainan yang lucu namun bisa bikin ngeri kalau dipukulkan. Kesan itulah yang ingin ditonjolkan oleh para member Blackpink. 

3. Red Velvet – Kimmanbong

makna lightstick kpop_Redvelvet – Kimmanbong

Inspirasi lighstick Red Velvet ini adalah cupcakes yang bentuknya lucu dan menonjolkan sisi feminim. Tapi lucunya, ReVeluv, nama fans Red Velvet, malah menganggap bentuk lightstick ini seperti dumpling atau mandu dalam bahasa Korea. 

Oleh sebab itu, ReVeluv menyebutnya dengan sebutan Kimmanbong, diambil dari nama Kimchi-Mandu. Nah, karena nama tersebut terdengar seperti nama orang, jadilah para member ikutan menyebut lightstick mereka dengan sebutan “Kim Man Bong-ssi”. 

Tampilan lightstick Red Velvet terlihat sederhana tapi terkesan manis. Warnanya didominasi warna putih dan coral. Ada inisial RV di dalam kubah bong-nya. 

4. Seventeen – Caratbong

makna lightstick kpop_Seventeen – Caratbong

Nah, kalau lightstick kepunyaan 13 bujang Seventeen ini lain lagi. Namanya Caratbong. Carat adalah nama fans Seventeen, sedangkan bong adalah lightstick itu sendiri dalam Bahasa Korea. Lightstick seventeen adalah salah satu desain lightstick paling cantik di antara semua fandom. 

Lightstick Seventeen berwarna rose quartz dan serenity dengan kode warna HEX F7CAC9 dan HEX 91A8D0. Warna ini diambil dari warna khas Seventeen. Caratbong menampilkan berlian berwarna merah muda di tengah kubah transparan setengah lingkaran. 

Berlian di tengah lightstick melambangkan Seventeen yang akan terus bersinar dengan ditemani oleh Carat yang selalu mendukungnya. 

Pada bagian pegangannya terdapat nama Seventeen yang diukir dengan huruf yang indah. Caratbong ini unik lho. Warna lampunya bisa diganti-ganti. Ini membuat Carat bisa menyesuaikan warna lightstick-nya dengan warna lightstick dari fandom lain. 

Ada dua versi Caratbong yang sudah dirilis. Versi kedua mempunyai pendar cahaya yang lebih kuat dan desain bodi yang lebih mewah dari Caratbong versi pertama. Versi kedua ini dirilis tahun 2019. Pledis menjelaskan bahwa Caratbong versi 2 lebih kemilau dan bentuk kubahnya mengalami perubahan. 

5. NCT- Meumwonbong/Adudubong

makna lightstick kpop_NCT- Meumwonbong

Lightstick NCT dikenal karena bentuknya yang kotak dan berwarna hijau. Sijeuni, fans NCT, menyebut lightstick yang punya cahaya kuat ini dengan sebutan Eungwonbong. Nama Meumwonbong diambil dari bunyi karakter huruf korea “ㅇ”. 

Karakter huruf tersebut kemudian diadaptasi menjadi berbentuk kotak “ㅁ” yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris “m”. Bunyi karakter huruf tersebut berubah dari “eung” menjadi “m”. 

Meunmwonbong diperkenalkan pada tanggal 8 Mei 2018. Pada saat itu semua member tampil di panggung dengan lightstick resmi mereka untuk pertama kali. Beragam reaksi dari Sijeuni dan member NCT ndiri bermunculan. Bahkan ada yang berpendapat bahwa lightstick NCT mirip palu Thor. 

Perwakilan SM, seperti yang dilansir dari Channel Korea, menyatakan bahwa lightstick NCT dibuat dengan bentuk dan fitur yang sangat ikonik. Penggunaan warna hijau neon dimaksudkan agar cahaya dari lightstick ini bisa menghadirkan atmosfer yang tak terlupakan di setiap konser NCT. 

6. iKON- Konbat

makna lightstick kpop_iKON- Konbat

YG dikenal dengan gaya swag dan hip-hopnya. Ciri khas artis YG Entertainment bisa dibedakan dari artis lain, misalnya dalam gaya berpakaian, gestur, warna musik bahkan lightstick pun mempunyai khasnya. 

Ini terlihat dari lightstick iKON yang dinamai Konbat. Konbat mengambil bentuk pemukul bisbol dengan dominasi warna hitam dan merah, warna khas iKON. Kemunculan Konbat memicu beragam reaksi lucu. Ikonic, panggilan untuk fans iKON, berpendapat bahwa Konbat membuat mereka seperti gangster yang siap tawuran. 

Pemilihan warna merah dan hitam ini didasari dari warna yang sering digunakan oleh para member sebelum iKON resmi debut. Seperti yang kita ketahui bahwa iKON terbentuk dari sebuah survival program Who iS Next dan Mix and Match. 

Kedua program tersebut menyisihkan keenam anggota (dulu tujuh) yang sekarang tergabung di bawah nama iKON. Sejak saat itu para member sering menggunakan warna merah dan hitam sebagai warna khas mereka. 

Warna merah dan hitam adalah warna kuat. Pada saat program kompetisi tersebut berlangsung warna ini digunakan untuk menampilkan kesan kuat pada Tim B, cikal bakal iKON. Pilihan warna dan bentuk pemukul bisbol sangat mewakili citra iKON yang disebut kuat dan kekuatan iKON.

7. Apink – Panda Bong

makna lightstick kpop_Apink – Panda Bong

Pink Panda, sebutan fans Apink, harus menunggu selama 5 tahun sejak mereka debut untuk mendapatkan lightstick bagi idol grup kesayangan mereka. Agensi mengambil bentuk panda sebagai representasi para fans mereka. 

Lightstick yang diberi nama Panda didedikasikan bagi para fans yang sudah mendukung Apink sejak debut sampai sekarang grup tersebut sudah memasuki usia ke-10. Panda bulat lucu itu berwarna pink di bagian hidung, telinga dan matanya. Bagian itulah yang akan menyala jika tombol lightstick ditekan. 

Di tahun 2018, Play M, selaku agensi yang menaungi Apink merilis lightstick Panda terbaru dengan pendar cahaya lampu yang lebih kuat dan teknologi yang lebih canggih di mana cahaya lampu bisa dikendalikan dari jarak jauh. 

8. Stray kids – Nachimbong

makna lightstick kpop_Stray kids – Nachimbong

Member Stray Kids terkenal jago bikin STAYs (fans Stray Kids) baper. Ada saja quote manis dari para member. Quote paling menarik yang dibikin Stray Kids disematkan dalam lightstick mereka. Pada Nachimbong, nama lightstick Stray Kids, kamu akan menemukan kalimat “You Make Stray Kids Stay”. 

Kata Nachim berasal dari Nachimban yang berarti kompas dalam bahasa Korea. Kemudian kata tersebut dirangkai dengan kata bong. Jadi secara harfiah Nachimbong adalah tongkat kompas. Itulah yang menyebabkan lightstick Stray Kids mengambil bentuk kompas tanpa arah yang berwarna merah.

Kompas tak tentu arah milik Stray Kids adalah sebuah gambaran bahwa Stray Kids akan mencapai impian mereka kemana pun arah akan membawa mereka, mereka akan terus berjalan dan percaya pada mimpi itu. 

9. Pentagon – Uni Bong

makna lightstick kpop_Pentagon – Uni Bong

Pentagon terbentuk dari sebuah survival show yang disebut Pentagon Maker. Grup beranggotakan 9 orang ini disebut-sebut sebagai idol yang mempunyai hubungan erat antara idol dan fansnya. Hubungan yang harmonis mereka direpresentasikan pada lightstick mereka, sama seperti Got7. 

Nama fans pentagon adalah Universe. Nama tersebut diambil dari salah satu lagu Pentagon yang berjudul You’re My Universe yang merupakan ungkapan perasaan Pentagon terhadap fans. 

Warna resmi Pentagon disebut Uninavy. Uni berasal dari Universe dan bisa dibaca sebagai U N I (You and I), dan navy adalah salah satu warna. Dari unsur-unsur itulah Uni Bong berasal. Uni Bong adalah perwujudan hubungan antara Pentagon dan fans yang akan selalu bersama dalam semesta yang gemerlap ini. 

10. Got7 – Ahgabong

makna lightstick kpop_Got7 – Ahgabong

Satu lagi grup idola yang mendedikasikan lightstick mereka untuk para fans. Ahgabong adalah lightstick yang dibuat Got7 untuk fans mereka, IGOT7. Lightstick mereka mempunyai bentuk burung yang bertengger di atas pegangan lightstick mereka. 

Di dalamnya terdapat logo Got7 perlambang hubungan yang suportif antara Got7 dan IGOT7 yang selalu saling mendukung. Burung tersebut adalah representasi para fans. “Sae” dalam bahasa Korea artinya burung, sementara IGOT7 dalam pelafalan Korea terdengar seperti frase untuk anak burung, Ahgase

Itulah 10 makna lightstick dengan nama-namanya yang unik. Menarik ya? Bagi seorang fans, mempunyai lightstick merupakan sebuah kebanggaan tersendiri. Selain album, lightstick adalah merchandise yang banyak diburu oleh para penggemar sebagai wujud kecintaannya pada idola mereka. 

Zaman dulu, para penggemar menyalakan pemantik api di konser idolanya dan menggerakannya seirama dengan musik. Sementara sekarang, pemantik diganti lightstick. Pada lightstick disematkan teknologi bluetooth yang bisa dikendalikan oleh kru di venue konser. Kru itu mengendalikan warna-warna lampu lightstick yang hadir di konser sehingga akan terlihat indah dilihat dari atas. Luar biasa!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram