Bacaterus / Film Animasi / Ini Dia 5 Makna Yang Terdapat Dalam Film Zootopia

Ini Dia 5 Makna Yang Terdapat Dalam Film Zootopia

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Film karya Disney ini cukup menarik perhatian. Film yang berjudul Zootopia ini mengangkat beberapa konflik yang tidak biasa. Zootopia menceritakan tentang kehidupan hewan di mana leluhur mereka telah memecahkan masalah antara hewan predator dan bukan predator dikarenakan hukum alam; yaitu keseimbangan – tepatnya penyetaraan antara hewan pemangsa dan hewan yang dimangsa.

Dengan kata lain, masyarakat  Zootopia adalah republik di mana rantai makanan tidak lagi berlaku bagi para hewan-hewan. Semuanya damai, aman, bahagia, dan sangat disiplin.  Zootopia yang terbagi dalam tiga macam wilayah berdasarkan iklim habitat hewan-hewannya yaitu tropis, gurun, dan tundra.

Bukan hanya itu pembedaan pekerjaan dan pemukiman berdasarkan ukuran hewan pun ada, serta kehadiran bintang pop Gazelle (Shakira) yang menjadi panutan warga Zootopia. Dalam film Zootopia, terdapat beberapa karakter yaitu Judy Hopps (Ginnifer Goodwin), Nick Walde (Jason Bateman), Chief Bogo (Idris Elba), Bellwelther (Jenny Slate), Gazelle (Shakira), dan banyak lagi.

Cerita singkatnya, Judy yang adalah seekor kelinci memiliki keinginan yang besar untuk menjadi seorang polisi. Ia percaya bahwa motto zootopia “Anyone can be anything” adalah benar. Alhasil, Judy berhasil menjadi seorang polisi.

film zootopia

Sayangnya, Judy dipandang sebelah mata oleh semua orang karena ia adalah seekor kelinci. Namun, Judy membuktikan bahwa ia adalah benar-benar seorang polisi dan mengungkapkan sebuah misteri menghilangnya 14 hewan predator secara misterius. Judy dibantu oleh teman rubahnya bernama Nick.

Dalam film ini, ada beberapa makna yang dapat diambil serta hal-hal yang mungkin kita sadari telah kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa ulasan beberapa makna dalam film Zootopia tersebut.

Rasis dan stereotype

Rasis dan stereotype

Hal yang paling sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari ialah Rasis. Hal Rasis tergambar ketika pada awal cerita (teater), Judy sebagai narator dan juga pemeran yang menceritakan tentang hukum alam. Hukum alam ini menyangkut hewan predator dan hewan yang dimangsa. Hukum alam tersebut pun menjelaskan bahwa yang lemah akan mati oleh yang kuat.

Di dalam cerita, Rasis tertampil ketika Judy menangkap walikota (Lion Heart) dan menetapkan bahwa walikota tersebut adalah dalang dari hilangnya empat belas hewan predator secara misterius. Hal ini membuat banyak warga Zootopia waspada akan hewan pemangsa yang bercampur dengan hewan yang dimangsa di Zootopia.

Hal ini tergambar ketika Judy berada di kereta dan melihat seekor kelinci menggeser tempat duduk anaknya yang dekat dengan seekor Harimau. Stereotype yang awalnya bahwa hewan pemangsa dan hewan yang dimangsa dapat bersatu kini telah berubah karena perkataan Judy kepada banyak warga Zootopia.

Pertemanan

Pertemanan

Siapakah orang yang dapat hidup tanpa teman? Semua orang membutuhkan teman. Dalam hubungan pertemanan pasti banyak salah paham dan ucapan yang mungkin menyinggung banyak orang.

Hubungan pertemanan pun terlihat antara Judy dan Nick. Judy yang adalah seorang kelinci mau berteman dengan seekor rubah. Dalam pandangan banyak orang, rubah adalah seekor binatang yang licik, tidak ada yang dapat mengubah rubah.

Pertemanan tersebut sempat retak karena adanya kesalahan bicara Judy mengenai hewan predator dalam pidatonya. Hal tersebut melukai hati Nick karena menganggap bahwa Judy memojokan kaum predator dan menganggap apapun yg terjadi “predator” adalah “predator”.

Hal tersebut juga tertampil ketika Nick mempertanyakan “DNA” yang dimaksud oleh Judy dalam pidatonya, Nick menyudutkan Judy dan dengan sikap siaga, Judy sudah membuka penyemprot yang diberikan oleh ibu nya, hal tersebut membenarkan perasaan Nick bahwa Judy tidak benar-benar percaya padanya.

Ketekunan dan terus belajar

Ketekunan dan terus belajar

Kunci sukses ialah terus mencoba. Ketekunan yang tergambar dalam film Zootopia adalah ketika Judy yang mau belajar menjadi seorang polisi. Bermodalkan niat dan tekad yang kuat, Judy pergi ke Zootopia Police Academy untuk dilatih untuk menjadi seorang polisi.

Tantangan berat serta perasaan minoritas tidak membuat Judy patah semangat, di antara sekian banyak binatang yang ikut, hanya dia satu-satunya kelinci yang masuk di Zootopia Police Academy.

Pada awalnya, Judy banyak gagal dan banyak tertinggal oleh teman-temannya yang lain. Bahkan gurunya pun berulang kali menyuruh Judy pulang dan berternak bersama dengan keluarganya.  Judy tidak patah semangat. Di mana teman-temannya tidur, ia terus berusaha dan belajar. Usaha yang ia lakukan akhirnya membuahkan hasil. Judy akhirnya dilantik menjadi polisi oleh walikota Lion Heart

Kepercayaan

Kepercayaan

Hal yang mudah diucapkan namun sulit dilakukan ialah percaya. Kata percaya dapat memiliki dua makna yaitu positif dan negatif. Positifnya kita memiliki keyakinan akan suatu hal. Negatifnya, jika kita terlalu percaya akan sesuatu, maka hal tersebut akan menjadi boomerang sendiri untuk kita.

Kepercayaan yang tergambar ketika Judy percaya bahwa semua orang bisa menjadi apapun. Namun hal itu terbantahkan ketika melihat Nick mengelabuinya dengan “Pawpsickle”.  Permulaan bertemunya Nick dan Judy bukanlah pertemuan yang menyenangkan.

Judy percaya bahwa Nick beserta “anak”nya hendak membeli es krim namun tidak diperbolehkan oleh penjual. Judy yang iba akhirnya membela Nick dan percaya bahwa hal yang telah terjadi adalah nyata. Namun, beberapa menit kemudian, Judy mendapati Nick dan “anaknya” sedang mengolah ice cream yang ia belikan menjadi pawpsickle dan dijual kembali untuk para hamster.

Menilai menurut penampilan

Menilai menurut penampilan

Banyak orang yang sangat menyukai hal hal judging. Tanpa tahu apa yang terjadi kita sudah menilai orang dari sisi manapun. Menuduh dan dituduh ada dalam film Zootopia.

Pertama, ketika adegan Judy mencari plat nomor yang menculik Mr. Otterton. Ada karakter yang bernama Flash. Flash artinya sangat cepat, namun hal tersebut berkebalikan dengan karakter ini. Flash yang dimaksud adalah seekor kukang yang sangat sangat lambat dalam mengerjakan apapun, kalau kalian nonton pasti gemes sama tingkah flash ini.

Namun jangan salah, Kukang ini dapat bergerak cepat dalam hal lain yaitu mengemudi! Di adegan terakhir film, menampilkan ketika Judy dan Nick menangkap seorang pengemudi yang ngebut dan pengemudi itu adalah FLASH!

Selanjutnya ialah Ms. Bellwelther. Penampilannya yang lugu dan terlihat sering melakukan kesalahan ternyata ialah dalang dibalik hilangnya hewan-hewan predator dan menjadi buas dengan cara menembakan “pelolong malam” ke tubuh para hewan.

Setelah menembakkan pelolong malam, maka seketika itu juga hewan tersebut akan menjadi liar dan tidak dapat dikendalikan. Hal ini dilakukannya agar menjaga kota Zootopia dari binatang-binatang buas.

Sekian ulasan makna yang terkandung dalam film Zootopia. Sebenarnya setiap cerita pasti ada makna yang terkandung. Hal tersebut terpikirkan tergantung pada penonton. Jika ada yang mau menambahkan boleh kok siapa tau banyak point penting yg terlewat.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

  1. Narkoba membuat segala nya gila
    Yang semua nya bisa hidup rukun dan tentram
    Malah bisa membuat semuanya hancur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *