Bacaterus / Mitos / 10 Makhluk Mitologi Jepang Berbentuk Aneh yang Membahayakan

10 Makhluk Mitologi Jepang Berbentuk Aneh yang Membahayakan

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Maret 2020

Jepang dan budayanya adalah hal yang selalu menarik untuk diketahui. Sebagai sebuah negara maju, Jepang tetap mempertahankan warisan para leluhurnya. Mulai dari sistem kepercayaan hingga adat-istiadat. Di dalamnya, terdapat banyak sekali cerita, legenda atau mitos termasuk tentang makhluk mitologi Jepang.

Keberadaan makhluk mitologi Jepang hingga kini masih dipercaya oleh masyarakatnya. Mereka merupakan warisan yang mau tidak mau jadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat Jepang. Walau hanya hadir sebatas konon, makhluk-makhluk ini hidup di dalam budaya Jepang hingga sekarang.

Cerita mengenai bentuk makhluk mitologi Jepang yang mengerikan menjadi bumbu yang membuatnya selalu menarik untuk didengar. Sensasi mengerikan sekaligus penasaran bercampur jadi satu hingga membuat banyak orang, termasuk masyarakat di luar Jepang menjadi ingin tahu.

Bukan hanya bentuknya yang aneh, rata-rata makhluk ini juga punya hal mengerikan lainnya. Beberapa di antaranya bahkan dipercaya bisa mencelakakan manusia. Namun, cerita yang lain juga menyebutkan bahwa tidak semua makhluk mitologi Jepang punya perangai yang jahat.

Beberapa makhluk menyeramkan tersebut konon punya kemampuan lain, seperti memberikan keuntungan atau menjaga manusia dari bahaya atau musibah. Maka dari itu jangan heran jika kamu suatu hari punya kesempatan untuk pergi ke Jepang, mendapati ada patung-patung aneh di dalam rumah warga.

Kemungkinan besar, patung-patung aneh tersebut adalah lambang perwujudan makhluk mitologi Jepang yang membawa kebaikan. Kamu familiar dengan patung kucing “penunggu toko” yang tangannya selalu melambai-lambai? Itu adalah salah satu makhluk mitologi Jepang yang dipercaya membawa nasib baik.

Jumlah makhluk mitologi Jepang cukup banyak. Di antara jumlah yang banyak tersebut, berikut ini adalah makhluk-makhluk yang memiliki bentuk aneh dan punya sifat jahil atau berbahaya. Penasaran? Ini dia ulasannya untuk kamu!

1. Konaki-Jiji

Konaki-Jiji

Makhluk mitologi Jepang ini hampir mirip dengan setan gundul pecengis yang dipercaya oleh masyarakat Jawa. Ia berbentuk seperti bayi atau anak kecil dengan bentuk kepala aneh yang tinggal di kawasan pegunungan. Untuk menarik perhatian manusia, dia menangis. Siapa saja yang iba lantas akan menggendongnya.

Tak lama berjalan, Konaki-Jiji mulai menampakkan bentuk aslinya. Ia bertambah besar dan berat hingga mencapai ratusan kilo. Karena tubuhnya yang semakin berat tersebut, manusia yang menggendongnya kerap celaka hingga terjatuh ke dasar jurang lalu mati tertimpa Konaki-Jiji.

Namun, konon jika manusia yang menggendongnya cukup kuat hingga batas waktu tertentu, makhluk mengerikan ini akan memberikan kesaktian. Bagaimana? Mau coba gendong?

2. Nuppeppo

Nuppeppo

Menurut legenda, Nuppeppo tercipta dari daging-daging manusia yang sudah meninggal. Karena terbuat dari daging itulah, bentuk Nuppeppo benar-benar hanya daging. Lebih mengerikan karena daging pada Nuppeppo berlipat dan bertumpuk; bergelambir namun dalam bentuk yang besar. Bisa dibayangkan?

Nuppeppo biasanya tinggal di kawasan pemakaman. Konon pada dasarnya ia tidak mengganggu. Bentuknya yang seperti itu membuat pergerakannya lambat.

Namun, jika seseorang dirasa mengganggu wilayahnya, lantas mematung karena kaget dengan keberadaannya yang bisa tiba-tiba muncul, Nuppeppo akan menindih manusia tersebut hingga kehabisan napas lalu meninggal.

Tidak berhenti di situ, tubuh manusia yang sudah meninggal itu konon ditelan hingga menjadi bagian dari tubuhnya yang bergelambir dan aneh tersebut. Membayangkannya saja sudah mengerikan sekaligus menjijikan, ya?

3. Akkorokamui

Akkorokamui

Bentuk Akkorokamui sebenarnya tidak terlalu aneh disbanding makhluk mitologi Jepang lainnya. Ia “hanya” berupa gurita raksasa berwarna merah dengan tentakel yang menjulur-julur. Meski begitu, keberadaannya sangat ditakuti, terutama oleh para pelaut Jepang.

Konon Akkorokamui adalah penguasa Teluk Uchiura. Panjangnya bisa mencapai hingga 200 meter. Dengan bentuknya yang raksasa seperti itu, makhluk ini sangat membahayakan. Secara mudah ia bisa membalikkan perahu para nelayan atau pelaut dan memangsanya.

Menurut cerita masyarakat yang memercayainya, Akkorokamui berasal dari seekor laba-laba raksasa yang menghancurkan sebuah desa. Penduduk desa tersebut lantas berdo’a pada dewa. Mendengarnya dewa membawa laba-laba tersebut ke laut. Tidak disangka, di sana ia justru berubah menjadi gurita raksasa.

4. Nue

Nue

Di antara makhluk mitologi Jepang lain, Nue merupakan salah satu yang paling tua. Menurut ulasan yang ada dalam Heike Monogatari, makhluk ini punya bentuk seperti campuran dari berbagai binatang. Wajahnya terlihat seperti monyet, ekornya ular dan memiliki kaki seekor macan.

Masih menurut legenda, makhluk ini konon membuat seorang kaisar Jepang jatuh sakit. Dia datang sebagai mimpi buruk dan sekumpulan asap hitam. Penyakit yang disebabkan olehnya kala itu tidak bisa diobati.

Cerita lain menyebutkan bahwa Nue dapat mendatangkan musibah. Ia juga bisa membuat seseorang kehilangan orang-orang terkasihnya. Makhluk ini konon akhirnya dapat dikalahkan oleh anak panah yang diluncurkan seorang pemanah hebat bernama Minamoto no Yorisama.

5. Yuki Onna

Yuki Onna

Makhluk mitologi Jepang Yuki Onna boleh jadi bukan merupakan salah satu yang paling terkenal. Sebab, ia hanya familiar bagi masyarakat Jepang yang tinggal di dataran tinggi, lingkungan dingin dan kerap bersalju.

Pasalnya Yuki Onna adalah yokai atau makhluk legenda yang tinggal di daerah salju. Kulitnya seputih salju, tatapan mata dan hatinya digambarkan sedingin salju. Bentuknya tidak digambarkan terlalu aneh kecuali tingginya saja yang konon bisa mencapai tiga meter.

Yuki Onna lebih suka berada di daerah salju yang sepi. Ia seolah menunggu manusia datang untuk kemudian dihisap ruhnya. Sebelum diambil nyawanya, ia membuat manusia membeku lebih dahulu. Yuki Onna adalah yokai yang dingin, lembut namun mematikan.

6. Ittan Momen

Ittan Momen

Di antara beberapa makhluk mitologi Jepang yang sudah dibahas di atas, Ittan Momen bisa jadi memiliki bentuk yang paling unik. Sederhananya, ia mirip dengan selembar kain berwarna putih yang panjangnya sekitar 19 meter.

Siapa mengira bahwa bentuk yang terkesan tidak menyeramkan itu justru membahayakan. Menurut cerita kepercayaan masyarakat Jepang, Ittan Momen biasa muncul pada tengah malam dan menyerang siapa saja yang berada di jalanan sepi.

Disebutkan bahwa makluk ini menghabisi korbannya dengan cara dililit hingga korban tidak bisa bergerak dan kehabisan napas. Di cerita lain, ia juga konon membunuh dengan cara membungkus korban di bagian kepala lalu melilitnya dengan sangat keras hingga kepala korban pecah.

7. Mikoshi Nyudo

Mikoshi Nyudo

Satu lagi makhluk mitologi Jepang dengan bentuk menyeramkan dan berbahaya. Ia adalah Mikoshi Nyudo. Menurut beberapa literasi, yokai ini berbentuk seorang biksu. Bedanya, ia memiliki leher yang panjang dan mematikan.

Leher yang panjang tersebut konon baru muncul saat seseorang yang berpapasan dengannya melihat dari bawah ke atas. Jika sudah begitu, orang tersebut bisa tewas dimangsa. Namun, menurut kepercayaan ada satu cara agar dapat lolos darinya.

Cara tersebut adalah melihat yokai ini dari atas ke bawah atau dari kepala ke kaki, bukan dari bawah ke atas atau dari kaki ke kepala. Yokai menyeramkan ini dipercaya tinggal di jembatan, persimpangan jalan, jalanan lengang atau pegunungan. Biasanya ia akan muncul pada malam hari.

8. Makura Gaeshi

Makura Gaeshi

Makura Gaeshi jadi yokai selanjutnya yang berbentuk aneh sekaligus usil dan membahayakan. Seperti makhluk mitologi Jepang pada umumnya, mitos mengenai Makura Gaeshi pun ada-ada saja. Konon, makhluk satu ini gemar sekali memindahkan bantal yang sedang dipakai seseorang untuk tidur.

Keusilannya tidak itu saja. Menurut beberapa cerita makhluk berbentuk kecil ini bisa menyebabkan sleep paralyzed. Disebutkan bahwa ia juga kerap menghisap udara yang ada di paru-paru sehingga menyebabkan seseorang tidak dapat bernapas dan meninggal.

9. Ushi Oni

Ushi Oni

Ushi Oni, seperti pada gambar, merupakan makhluk mitologi Jepang dengan bentuk seperti laba-laba tetapi berkepala sapi. Bentuknya sungguh menyeramkan, pun dengan cerita mengenai kebuasannya.

Menurut cerita, Ushi Oni tinggal di daerah pinggir pantai. Ia kerap menyerang dan memangsa para nelayan atau pelaut yang pulang menangkap ikan. Makhluk ini membunuh siapa pun yang ditemuinya di dalam kapal.

10. Gashadokuro

Gashadokuro

Gashadokuro tidak kalah menyeramkan dibanding dengan makhluk mitologi Jepang lain. Ia berupa kerangka manusia namun dalam ukuran yang besar. Konon, tingginya bisa mencapai 90 kaki. Meski raksasa, kemunculan Gashadokuro kerap tidak disadari. Langkah kakinya tidak terdengar sama sekali.

Disebutkan dalam beberapa cerita, makhluk ini memiliki napsu dan amarah yang besar. Dengan sifatnya tersebut, ia hobi memangsa manusia. Konon, ia adalah sesosok manusia yang meninggal karena peperangan pada zaman dahulu.

Cerita mengenai makhluk-makhluk mitologi Jepang di atas masih lestari hingga sekarang. Seperti cerita-cerita legenda di Indonesia, keberadaannya berdampingan dengan kehidupan masyarakat. Sebagian ada yang sangat memercayainya, sebagian lagi menganggap hal ini sebagai legenda saja. Lalu, kamu yang mana? Apakah ikut percaya atau hanya menikmatinya sebatas cerita?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *