Bacaterus / Lebaran / Ini Dia 10 Makanan Lezat yang Wajib Ada Saat Lebaran

Ini Dia 10 Makanan Lezat yang Wajib Ada Saat Lebaran

Ditulis oleh - Diperbaharui 17 Mei 2019

Idul Fitri atau yang lebih dikenal dengan lebaran merupakan hari raya umat islam yang jatuh pada tanggal 1 Syawal. Lebaran ini menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat islam di seluruh dunia karena hari lebaran merupakan hari raya penuh kebahagiaan di dalamnya.

Pada hari ini biasanya seluruh umat muslim di dunia merayakannya dengan penuh suka cita dengan tradisinya masing-masing. Di Indonesia sendiri, lebaran merupakan suatu momentum yang tepat dijadikan banyak orang sebagai hari untuk berkumpul bersama keluarga seperti pulang kampung atau berkunjung ke rumah sanak saudara.

Tak hanya tradisi pulang kampung saja, tetapi tradisi makan-makan khas hari lebaran juga banyak dilakukan orang-orang sebagai pelengkap dalam perayaan hari besar umat islam ini. Menjelang lebaran, biasanya orang-orang disibukkan dengan kegiatan memasak makanan khas lebaran untuk dihidangkan kepada orang-orang terkasih.

Makanan-makanan tersebut tentu saja tak sembarang makanan karena biasanya makanan ini hanya dimasak pada saat momen hari raya lebaran saja. Kira-kira apa saja sih makanan-makanan yang wajib ada saat lebaran? Simak informasinya dari Bacaterusyuk!

1. Ketupat

Ketupat

* sumber: www.goodnewsfromindonesia.id

Ketupat merupakan makanan yang sangat identik dengan hari raya umat islam yaitu Idul Fitri atau lebaran sehingga tak heran,  di Indonesia ketupat ini banyak dijadikan icon yang berkaitan dengan lebaran atau hari raya umat islam.

Ketupat merupakan makanan khas Asia Tenggara yang terbuat dari beras dan dibungkus dengan daun kelapa yang telah dianyam dan kemudian direbus hingga matang.

Ketupat ini tergolong pada makanan yang mengenyangkan sehingga cocok dijadikan sebagai main course dalam hidangan hari raya. Ketupat biasanya memiliki rasa yang hambar sehingga disarankan untuk disantap dengan lauk khas lebaran lainnya.

2. Opor Ayam

Opor Ayam

* sumber: www.royco.co.id

Opor ayam menjadi makanan wajib kedua yang biasanya dihidangkan pada hari lebaran sebagai lauk dari ketupat. Opor ayam ini terbuat dari potongan ayam yang dimasak dengan menambahkan beberapa rempah dan kuah hingga kental.

Agar memberikan rasa yang lebih gurih, opor ayam ini ditambahkan sedikit santan sehingga rasa dari opor ayam semakin lezat dan menggugah selera. Tak hanya cocok dihidangkan dengan ketupat, opor ayam ini juga cocok dihidangkan bersama nasi, lho.

3. Rendang

Rendang

* sumber: www.rumahmesin.com

Siapa sih yang tak mengenal rendang? Makanan yang berasal dari Padang ini  merupakan makanan yang sudah terkenal ke berbagai daerah di Indonesia hingga bahkan telah mendunia.

Bahkan beberapa media internasional menyebutkan bahwa rendang adalah makanan terlezat di dunia, lho. Rendang sendiri merupakan makanan berbahan dasar daging sapi dilengkapi dengan bumbu yang dibuat menggunakan rempah-rempah khas Indonesia sehingga menjadikan rendang ini memiliki cita rasa yang sangat Nusantara.

Rendang menjadi satu dari beberapa makanan yang wajib ada saat lebaran sebagai lauk nasi atau ketupat yang dihidangkan. Rasa dari rendang ini sangatlah lezat dimana rasa gurih dipadukan dengan rasa manis yang akan mengoyak lidahmu.

4. Sambal Goreng Kentang

Sambal Goreng Kentang

* sumber: www.rumahmesin.com

Selanjutnya, ada sambal goreng kentang yang tak kalah pentingnya sebagai pelengkap makanan di hari yang penuh kebahagiaan ini. Seperti namanya, tentu saja makanan ini memilih kentang sebagai bahan utamanya.

Biasanya sambal kentang ini dibuat dengan cara mencampurkannya dengan bumbu cabai merah. Namun, sambal kentang ini dibuat tidak terlalu pedas agar dapat dinikmati oleh semua kalangan.

Cara membuatnya yang sangat sederhana dengan bahan-bahan yang mudah kamu dapatkan, sambal kentang ini wajib kamu buat sebagai hidangan hari raya lebaran.

5. Sambal Goreng Ati

Sambal Goreng Ati

Masih berupa sambal, sambal yang satu ini berbeda dengan sambal sebelumnya karena sambal ini dibuat dengan hati sapi sebagai bahan utamanya sehingga disebut sebagai sambal goreng ati atau hati.

Cara membuatnya hampir serupa dengan cara membuat sambal goreng kentang yaitu mencampurkan potongan hati sapi yang telah dipotong dadu pada bumbu cabai merah  hingga meresap dan matang.

6. Urap

Urap

* sumber: www.unileverfoodsolutions.co.id

Urap merupakan makanan khas Indonesia khususnya Jawa yang terbuat dari aneka sayuran seperti tauge, kacang panjang, kangkung, bayam, dan yang lainnya. Sayuran tersebut dibuat dengan campuran parutan kelapa dan beberapa bumbu sebagai penyedap rasa.

Menjadi makanan yang cocok dihidangkan saat lebaran, bukan hanya rasanya saja yang lezat tetapi juga kandungan gizinya yang tinggi sehingga menyehatkan tubuh karena terbuat dari sayur-sayuran. Sangat cocok disantap olehmu para vegetarian.

7. Gulai

Gulai

* sumber: www.royco.co.id

Next, ada gulai. Gulai adalah makanan khas Indonesia yang mirip dengan opor. Bedanya kuah gulai dibuat lebih merah karena cabai merah yang dipadukan lebih banyak.

Gulai sendiri bisa dibuat dengan berbagai bahan utama baik itu ayam, sapi, kambing , ikan, nangka, dan lain-lain sesuai selera. Gulai juga merupakan makanan yang cocok dihidangkan saat hari raya Idul Fitri sebagai pelengkap makanan atau lauk ketupat karena merupakan jenis makanan berkuah dengan rasa gurihnya yang lezat.

8. Asinan

Asinan

* sumber: travelingyuk.com

Makanan yang satu ini mungkin sudah tak asing lagi. Ya, asinan merupakan makanan yang cocok kamu hidangkan saat lebaran. Mengapa tidak? Asinan ini memiliki rasa lezat lagi menyegarkan yang cocok dikonsumsi ketika kumpul keluarga saat hari raya.

Karena rasanya tang menyegarkan, asinan ini akan menjadi highlight saat hari lebaran karena sangat cocok disantap bersama terutama saat siang hari. Dijamin, deh asinan ini akan laris manis disantap habis oleh para tamu yang berkunjung ke rumahmu.

9. Emping dan Kerupuk

Emping dan Kerupuk

* sumber: doktersehat.com

Hidangan lebaran seperti ketupat dan lauk pauknya sepertinya kurang lengkap tanpa kehadiran emping dan kerupuk.

Ya, emping merupakan makanan ringan yang terbuat dari buah melinjo dikeringkan lalu digoreng sehingga memiliki tekstur renyah dan crispy. Emping ini wajib hadir sebagai pelengkap saat makan ketupat di hari raya karena akan menyempurnakan hidangan. Jika kamu tak suka emping, maka emping ini bisa diganti dengan alternatif lain seperti kerupuk udang.

10. Soto

Soto

* sumber: malayacafe.co.id

Di poin terakhir ada soto. Ya, jika kamu merasa makan ketupat dengan opor ayam saat lebaran terlalu mainstream, maka kamu wajib menghidangkan dan mencoba sensasi makan ketupat dengan soto.

Memiliki kuah gurih dengan kaldu ayamnya yang tajam, soto ini sangat cocok kamu santap dengan ketupat dalam kondisi yang masih hangat. Selain dengan ketupat, kamu juga bisa menyantap soto ini dengan nasi putih atau hanya soto saja tanpa dibarengi apapun.

Itu dia beberapa makanan yang identik dengan hari raya lebaran. Makanan tersebut tentu saja sangat direkomendasikan untuk dijadikan sajian makanan lebaran yang wajib ada di rumahmu.

Ngomong-ngomong soal makanan lebaran, rasanya jadi rindu momen lebaran, ya. Maka dari itu saat lebaran tiba, jangan sia-siakan momen tersebut yaitu dengan cara merayakannya dengan sebaik mungkin dan jangan lupa untuk menghidangkan makanan khas lebaran seperti yang telah kami paparkan di atas.

Semoga informasi mengenai makanan yang wajib ada saat lebaran sebagaimana yang telah kami paparkan di atas dapat bermanfaat bagi kita semua dan menjadi referensi bagi kamu yang tengah kebingungan mencari referensi hidangan lebaran. Baca artikel jajanan khas lebaran ini untuk menambah informasimu seputar hidangan lainnya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar