Bacaterus / Kulkas / Inilah 10 Makanan yang Wajib Tersedia di dalam Kulkas

Inilah 10 Makanan yang Wajib Tersedia di dalam Kulkas

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 Mei 2019

Membiarkan kulkas dalam keadaan kosong adalah suatu pemborosan listrik. Anda harus rutin mengisi kulkas untuk berjaga-jaga. Misalnya, ketika seharian hujan lebat dan Anda tidak sempat belanja ke pasar, Anda masih punya stock makanan di dalam lemari es. Jadi, Anda masih tetap bisa memasak pada saat-saat darurat dengan bahan yang tersedia di dalam kulkas.

Bila selama ini kulkas Anda selalu dalam kondisi kosong, ini adalah saat yang tepat untuk mengisi kulkas dengan makanan maupun bahan makanan. Bacaterus akan menginformasikan daftar makanan yang wajib tersedia di dalam kulkas nih!

1. Telur

Telur

* sumber: www.nova969.com.au

Di dalam lemari es satu atau dua pintu pasti tersedia rak untuk meletakkan telur. Itu artinya Anda memang harus mengisi kulkas tersebut dengan telur. Bahan makanan yang sangat familiar ini sangat berguna untuk memasak atau membuat kue. Bahkan, jika tidak ada lauk, Anda bisa menggoreng atau merebus telur untuk dijadikan lauk.

Pastikan Anda selalu memiliki stock telur di dalam lemari es. Namun, Anda juga harus mengingat waktu pembelian telur tersebut. Hindari menyimpan telur di dalam kulkas melebihi 2 minggu karena telur tersebut sudah pasti tidak fresh.

2. Buah-buahan

Buah-buahan

Kalau sebelumnya Anda malas menyantap buah, maka ini merupakan waktu yang paling tepat untuk membiasakan diri mengkonsumsi buah. Ya, buah adalah makanan yang wajib tersedia di dalam kulkas. Bahkan, kami menganjurkan Anda dan keluarga untuk rutin mengkonsumsi buah-buahan setiap hari.

Tempatkan buah di bagian laci bawah kulkas. Anda bebas memilih buah-buahan yang sesuai dengan selera. Akan tetapi, ada jenis buah-buahan yang lebih cocok disimpan dalam suhu ruangan, seperti pisang, durian, dan buah naga. Sementara buah yang memang seharusnya dimasukkan di dalam lemari es antara lain adalah kiwi, anggur, lemon, dan apel.

3. Sayuran Segar

Sayuran Segar

* sumber: www.mensjournal.com

Selain buah, tubuh juga membutuhkan asupan serat dari sayur-sayuran, lho. Oleh karena itu, alangkah lebih baik jika Anda selalu menyediakan sayuran di dalam kulkas agar menu makanan sehari-hari yang dimasak selalu mengandung sayuran.

Ketika mengisi lemari es dengan sayuran, Anda pun diperkenankan untuk memilih sendiri sayuran favorit. Sayuran yang memang layak disimpan di dalam kulkas antara lain adalah kubis (kol), selada, buncis, mentimun, paprika, dan masih banyak lagi.

Lantas, apakah sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan sawi juga bisa disimpan di dalam lemari es? Tentu saja bisa. Namun, perlu Anda ketahui bahwa sayuran hijau ini tergolong mudah layu saat disimpan di dalam maupun luar kulkas. Jadi, Anda tidak bisa menyimpan sayuran hijau lebih dari satu hari jika ingin dikonsumsi dalam kondisi segar.

4. Ayam Berbumbu

Ayam Berbumbu

* sumber: www.splendidtable.org

Tak hanya ayam mentah saja yang bisa disimpan di dalam kulkas, ayam yang sudah dibumbui (diungkep) juga bisa disimpan di dalam kulkas. Kami juga menyarankan Anda untuk selalu menyimpan ayam bumbu ini dalam lemari es agar tidak repot mencari lauk ketika Anda tak sempat membeli makanan di luar.

Ayam bumbu merupakan ayam yang direbus sejenak dengan bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan. Bumbu akan meresap hingga ke dalam ayam sehingga ketika dimasak cita rasa ayam sangat gurih. Ayam berbumbu sebaiknya ditempatkan dalam wadah tupperware lalu diletakkan di rak bawah freezer (bukan di dalam freezer-nya). Anda bisa menggoreng ayam yang sudah dibumbui ini kapanpun Anda mau.

5. Susu atau Yogurt

Susu atau Yogurt

Selain makanan, Anda harus menyediakan minuman sehat di dalam lemari es. Rekomendasi minuman sehat yang wajib tersedia di dalam kulkas adalah susu atau yogurt. Itupun sebaiknya Anda memilih susu sapi atau susu kedelai murni ketimbang susu kemasan. Akan tetapi, susu murni memiliki daya tahan yang lebih singkat ketimbang susu kemasan.

Untuk yogurt, pilihlah yogurt tanpa rasa alias plain. Selain bisa dijadikan cemilan sehat, yogurt juga berguna untuk membuat makanan berat atau dessert. Tak hanya itu saja, yogurt juga bisa disajikan pada tamu-tamu yang datang ke tempat Anda.

6. Makanan Beku

Makanan Beku

* sumber: prettyinthepines.com

Meskipun kurang sehat, makanan beku termasuk salah satu jenis makanan yang wajib tersedia di kulkas. Makanan beku seperti nugget atau sosis bisa menjadi ‘penyelamat’ saat Anda tidak membuat makanan atau tidak sempat membeli makanan jadi di luar.

Makanan beku wajib disimpan di dalam freezer. Perhatikan juga tanggal kadaluarsa yang tertera di bungkus makanan beku tersebut. Apabila bungkusnya sudah dibuka, sebaiknya habiskan makanan beku tersebut dalam waktu tidak lebih dari seminggu.

Nah, walaupun Anda sudah menyimpan makanan beku di rumah, tetapi Anda harus mengkonsumsi makanan ini secukupnya. Hindari konsumsi makanan beku setiap hari karena makanan ini mengandung garam yang cukup tinggi dan pengawet makanan.

7. Rempah

Rempah

* sumber: thepioneerwoman.com

Memasak makanan apapun Anda pasti membutuhkan rempah-rempah untuk membuat cita rasa makanan tersebut jadi lebih lezat. Oleh karena itu, Bacaterus merekomendasikan Anda untuk selalu menyimpan rempah-rempah segar di dalam kulkas. Rempah ini bisa dalam bentuk utuh atau yang sudah diolah menjadi pasta atau bubuk.

Selain rempah, simpan juga beberapa jenis herbal segar, seperti rosemary, peterseli, daun ketumbar, dan sage di dalam kulkas. Tak hanya bisa dipakai untuk memasak, herbal ini juga bisa diramu menjadi jamu, lho. Simpan herbal segar ini di dalam kertas tisu agar tidak cepat layu.

8. Tempe

Tempe

* sumber: www.bankjim.com

Mau menyimpan makanan yang jauh lebih sehat dibanding makanan beku? Selalu sedia beberapa potong tempe di dalam kulkas. Tempe termasuk bahan makanan yang tidak mudah membusuk, apalagi jika Anda menyimpannya di dalam kulkas.

Ketika menyimpan tempe di dalam kulkas, usahakan agar tempenya tidak dibumbui atau direndam di dalam air. Simpan tempe dalam kondisi kering, terlebih jika tempe itu masih dikemas dalam bungkus plastik atau daun pisang.

9. Kaldu

Kaldu

* sumber: nourishedkitchen.com

Nah, bagi Anda yang sedang rutin menyiapkan MPASI (Makanan Pendamping ASI), Anda wajib menyimpan kaldu di dalam kulkas. Kaldu yang dimasak hari ini bisa tetap awet selama beberapa hari ke depan jika Anda menyimpannya di dalam kulkas. Sewaktu hendak dipakai, Anda tinggal mengeluarkan kaldunya dari dalam lemari es.

Selain untuk MPASI, kaldu juga penting untuk memasak hidangan sehari-hari, mulai dari untuk membuat sup, mie ayam, sampai dengan aneka tumisan. Dari pada membuang gas untuk merebus kaldu setiap hari, lebih baik merebus lebih banyak dan menyimpannya di kulkas untuk stock beberapa hari ke depan.

10. Air Mineral Kemasan

Air Mineral Kemasan

* sumber: deborahdurrant.com

Yang satu ini sejatinya bukan minuman yang wajib ada di dalam kulkas, tapi tak ada salahnya jika Anda menyimpan beberapa gelas atau botol air mineral kemasan di dalamnya. Air mineral dingin ini bisa disajikan untuk tamu yang datang ke rumah Anda sewaktu-waktu.

Makanan lain yang bisa disimpan di dalam lemari es adalah makanan sisa yang mungkin tak habis dikonsumsi hari ini. Dalam menyimpan makanan sisa, sebaiknya letakkan dalam wadah tertutup agar cita rasanya tidak tercemar oleh aroma bahan makanan lain yang juga disimpan di dalam kulkas yang sama.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar