bacaterus web banner retina

10 Makanan yang Terbuat dari Ubi yang Sangat Lezat

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 11 Agustus 2021

Ada berbagai macam ubi yang bisa ditemukan di Indonesia, mulai dari ubi kayu, ubi kuning, sampai dengan ubi jalar. Biasanya ubi bisa dimakan hanya dengan cara dikukus atau digoreng saja. Namun, tahukah Anda bahwa ubi sebenarnya bisa diolah menjadi makanan yang sangat lezat?

Ubi ternyata bisa dimanfaatkan menjadi bahan makanan yang sangat lezat. Berbagai olah kue maupun jajanan enak ternyata menggunakan ubi sebagai bahan dasarnya. Daripada Anda penasaran, simak 10 makanan yang terbuat dari ubi yang sudah dirangkum oleh Bacaterus.

1. Talam Ubi

Talam Ubi Makanan yang Terbuat dari Ubi

* sumber: wn.com

Kue talam ubi adalah makanan yang terbuat dari ubi ungu. Biasanya, kue ini banyak ditemukan ketika bulan puasa. Ya, talam ubi memang menjadi salah satu hidangan takjil yang banyak disukai. Mengingat bahan dasarnya adalah ubi ungu, maka kue ini menghasilkan warna ungu yang alami dan cantik.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat talam ubi adalah ubi ungu, tepung kanji, tepung beras, gula pasir, santan kelapa, agar-agar bubuk putih, dan garam. Sementara untuk membuat lapisan bawah dari kue talam ubi, Anda memerlukan tepung beras, tepung kanji, santan kental, dan garam. Bahan-bahannya sangat mudah didapat, bukan?

2. Keripik Ubi Jalar

Keripik Ubi Jalar

Keripik singkong mungkin sudah biasa bagi Anda. Namun, pernahkah Anda mencoba keripik ubi? Keripik yang biasanya terbuat dari ubi jalar ini menawarkan rasa manis alami dari ubinya. Selain itu, keripik ubi juga tidak kalah renyah ketimbang keripik singkong, lho.

Warna keripik ubi tergantung dengan jenis ubi yang digunakan. Apabila Anda menggunakan ubi orange, maka warna keripiknya adalah jingga kekuningan. Sementara, jika Anda menggunakan ubi jalar, tentu saja warna keripiknya adalah ungu.

Bahan untuk membuat keripik ubi sangat sederhana, yaitu ubi, gula pasir, air kapur sirih, air matang, dan minyak goreng. Yuk, buat keripik ubi sendiri di rumah.

3. Puding Ubi

Puding Ubi

* sumber: www.sianaksingkong.com

Siapa yang tak suka puding? Makanan yang satu ini bisa menjadi hidangan penutup yang sempurna. Nah, untuk membuat puding yang sedikit berbeda dari biasanya, Anda bisa menggunakan ubi ungu sebagai bahan dasarnya.

Selain kandungannya lebih sehat, Anda tidak perlu menggunakan pewarna buatan lagi karena puding tersebut akan berwarna ungu alami yang dihasilkan oleh ubi yang digunakan.

Untuk membuat puding ubi, Anda harus menghaluskan ubinya terlebih dahulu, lalu campurkan dengan gula, garam, dan agar-agar. Puding ubi yang sehat ini juga bisa ditambahkan dengan susu kental manis di atasnya, lho.

4. Kolak Pisang Ubi

Kolak Pisang Ubi

Salah satu makanan yang terbuat dari ubi dan paling dinanti ketika bulan puasa adalah kolak pisang ubi. Makanan ini adalah perpaduan antara pisang dan ubi orange yang dicampur dengan kuah santan. Menariknya, kolak pisang ubi ini tergolong makanan yang fleksibel karena bisa dinikmati dalam keadaan hangat maupun dingin.

Cara membuat kolak pisang ubi adalah rebus air dan masukkan potongan ubi ke dalamnya. Masak ubi sampai setengah matang, lalu masukkan gula merah, garam, dan daun pandan. Kemudian, setelah beberapa menit, Anda bisa memasukkan pisang, lalu disusul dengan santan. Lanjutkan dengan mengaduk santan sampai mendidih. Kolak pisang ubi yang manis dan nikmat ini siap untuk disajikan.

5. Bola Ubi Goreng

Bola Ubi Goreng

* sumber: majalahkuliner.net

Saat ini, bola ubi sudah menjadi cemilan hits kekinian yang sudah dijual di berbagai kota di Indonesia. Tekstur bola ubi ini mirip dengan roti goreng yang biasa dijual bersama dengan cakue. Hanya saja, bola ubi ini lebih renyah dan terasa manis alami dari ubinya.

Pernahkah terpikir dalam benak Anda untuk membuat bola ubi sendiri? Bahan yang digunakan adalah ubi, tepung tapioka, tepung maizena, gula halus, garam, dan baking powder. Semua bahan harus dicampur menjadi satu, lalu bentuk adonannya menjadi bulatan-bulatan kecil. Setelah itu, bola ubi ini digoreng dalam minyak panas sampai warnanya menjadi kuning keemasan.

6. Bubur Candil

Bubur Candil

* sumber: jajanpinggiran.blogspot.co.id

Kudapan manis yang biasanya laris manis saat bulan puasa ini ternyata bahannya bisa menggunakan ubi ungu, lho. Ya, bubur candil adalah takjil yang manis dan bisa mengganjal perut jika tidak sempat makan berat.

Untuk membuat candilnya, Anda harus menggunakan ubi ungu yang dihaluskan bersama dengan tepung tapioka dan garam. Setelah itu, buat kuah santannya seperti biasa.

Tampilan bubur candil ini akan jadi lebih cantik karena candilnya berwarna ungu alami dari ubi yang digunakan. Aroma santan yang berpadu dengan daun pandan di kuah bubur candil ini akan semakin menggugah selera.

7. Bakpao Telo

Bakpao Telo

Bakpao Telo adalah oleh-oleh yang terkenal di Pasuruan, Jawa Timur. Berbeda dari bakpao-bakpao lain, Bakpao Telo terbuat dari ubi. Telo adalah Bahasa Jawa dari ketela alias ubi. Pada umumnya, bahan utama yang dipakai untuk membuat Bakpao Telo ini adalah ubi ungu agar warna bakpaonya ungu.

Proses pembuatan Bakpao Telo hampir sama dengan pembuatan bola ubi, di mana ubinya dihaluskan terlebih dahulu, lalu dicampur dengan ragi aktif, tepung cakra, gula pasir, dan air. Bedanya, jika bola ubi di goreng di dalam minyak panas, bakpao telo ini dikukus sampai matang.

8. Es Krim Ubi

Es Krim Ubi

You can’t buy happiness, but you can buy ice cream. That’s kind of the same thing.” Pernah mendengar quotes tersebut? Kata-kata itu menunjukkan bahwa es krim juga bisa memberikan kebahagiaan kepada setiap orang yang memakannya. Nah, kali ini Bacaterus ingin mengajak Anda membuat es krim yang lain daripada es krim pada umumnya, yaitu es krim ubi.

Ubi ungu yang sudah yang sudah dikukus, nanti diblender dengan santan rebus, susu bubuk, gula, dan vanilli. Di sisi lain, Anda harus mengocok whipped cream dengan air menggunakan mixer. Masukkan adonan ubi dan santan ke dalam campuran whipped cream, lalu kocok dengan kecepatan rendah. Setelah itu, masukkan adonan ke dalam freezer sampai teksturnya mengeras.

9. Brownies Ubi

Brownies Ubi

Makanan yang terbuat dari ubi memang sangat dekat dalam kehidupan kita sehari-hari, contohnya adalah brownies ubi. Brownies biasanya berwarna cokelat kehitaman. Namun, ketika bahannya dicampur dengan ubi jalar, maka warna brownies-nya menjadi ungu.

Brownies ubi adalah salah satu makanan olahan ubi yang paling banyak digemari. Uniknya, walau dicampur dengan ubi, tetapi cita rasa brownies ubi ini tidak terlalu “ubi banget.” Jadi, kita masih bisa merasakan cita rasa cokelat yang juga menjadi bahan campuran pembuatan brownies ubi ini.

10. Dadar Gulung

Dadar Gulung

* sumber: dapurzahira.blogspot.co.id

Dadar gulung kok warnanya ungu? Tentu saja warnanya ungu karena bahan pembuatan dadar gulung ini ada ubinya. Kue basah yang satu ini ternyata juga bisa dimodifikasi dengan campuran ubi.

Untuk membuat kulit bagian luarnya, Anda memerlukan ubi ungu yang sudah dikukus dan dihaluskan, telur, tepung terigu, margarin, garam, dan susu cair. Sementara untuk isinya, gunakan kelapa parut, gula merah, gula pasir, daun pandan, dan garam. Tidak perlu tambahan pewarna makanan karena jika Anda menggunakan ubi ungu, maka warna kulit dadar gulungnya akan berwarna ungu juga.

Dari 10 makanan yang terbuat dari ubi ini, manakah yang paling sesuai dengan selera Anda? Ternyata ubi memang bisa dijadikan bahan untuk mengolah berbagai makanan sehat. Yuk, temukan resepnya dan coba sendiri membuat makanan dari olahan ubi ini di rumah.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram