bacaterus web banner retina
Bacaterus / Makanan / Inilah 12 Makanan yang Sering Muncul dalam Drama Korea

Inilah 12 Makanan yang Sering Muncul dalam Drama Korea

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 12 Februari 2021

Drama Korea tak hanya mempertontonkan adegan per adegannya saja tapi ada hal lain yang tak kalah menarik untuk dilirik, yaitu makanannya. Banyak makanan yang sering muncul dalam drama korea yang membuat orang menjadi penasaran dan ingin mencoba untuk mencicipinya. Untuk kamu yang penasaran dengan makanan yang sering muncul dalam drama-drama Korea, berikut deretan makanannya. Simak di sini, ya.

1. Ayam Goreng Korea

makanan yang sering muncul dalam drama korea_ayam goreng korea

* sumber: www.koreatraveleasy.com

Untuk urusan makanan korea yang ikonik dalam drama korea, ayam goreng korea berada di peringkat yang sama dengan barbekyu korea. Ayam goreng korea merupakan salah satu makanan yang sering muncul dalam drama korea. Makanan ini dihidangkan dengan begitu rupa sehingga membuatnya unik.

Biasanya ayam goreng korea dibumbui dengan kecap korea, tetapi ada banyak rasa yang bisa dipilih contohnya madu dan bawang putih. Kulit ayam goreng korea juga tipis dan sangat renyah, sehingga membuat keseluruhan hidangan menjadi renyah.

Beberapa orang makan ayam goreng korea dengan nasi, ada juga yang memakannya dengan banchan pilihan mereka, sementara yang lain langsung melahapnya seperti yang dilakukan Lee Min-ho dalam drama terbarunya The King: Eternal Monarch, atau seperti Hyunbin dalam drama hit Crash Landing on You.

Di Korea sendiri biasanya ayam goreng korea disajikan dengan somek atau soju dan maekju. Minuman ini adalah koktail Korea yang terbuat dari bir dan soju.

2. Miyeokguk (Sup Rumput Laut)

makanan yang sering muncul dalam drama korea_Miyeokguk (Sup Rumput Laut)

* sumber: www.eatingwell.com

Di Korea, miyeok atau rumput laut dikenal sebagai persembahan untuk dewi melahirkan. Karena itulah miyeok-guk selalu dikaitkan dengan hari ulang tahun. Makanan ini juga disajikan sebagai makanan pemulihan untuk ibu menyusui.

Namun, kamu bisa menyantap makanan lezat ini sepanjang tahun tidak hanya saat hari ulang tahun saja. Sup rumput laut tradisional ini dibuat dengan bumbu ringan, yaitu hanya garam, kecap, bawang putih,  minyak wijen, dan daging sapi yang empuk.

Kalau kamu pernah menonton drama korea berjudul Goblin, kamu akan ingat tokoh Eun Tak yang sedih karena harus makan sup rumput laut ini sendirian. Beda lagi dengan drama Her Private Life yang memperlihatkan adegan saat tokoh Ryan Gold mencoba membuat sup ini untuk Deok Mi.

3. Gyeran Mari

makanan yang sering muncul dalam drama korea_Gyeran Mari

* sumber: lifestyle.okezone.com

Makanan yang sering muncul dalam drama korea ini adalah telur dadar gulung yang biasa disebut gyeran mari. Telur ini umumnya ditambahkan dua jenis sayuran cincang halus. Gyeran mari adalah andalan dalam makanan kotak makan siang khas Korea.

Itulah mengapa begitu banyak anak di Korea Selatan tumbuh dengan menyukai hidangan telur ini. Kalau kamu nonton drama Boys Over Flowers, kamu akan tahu Geum Jan-Di membuat set makan siang kreatif untuk Gu Jun-Pyo dan di dalamnya ada gyeran mari.

Biasanya gyeran mari dimasak dengan daun bawang dan wortel untuk memberikan rasa, tekstur, dan warna pada gulungan telur yang lembut. Kamu bisa membuat hidangan ini di rumah karena cukup mudah. Meskipun begitu, kamu tetap harus menguasai teknik menggulung telurnya dengan baik, lho.

4. Tteokbokki

makanan yang sering muncul dalam drama korea_Tteokbokki

* sumber: id.pinterest.com

Hampir tidak mungkin menemukan drama Korea tanpa ada tteokbokki sama sekali. Biasa dimakan ketika teman bertemu untuk bergosip, tteokbokki sudah tersedia di pedagang kaki lima dan harganya cukup bersahabat dengan dompet. Masih ingat dengan geng Ssamundong dari Reply 1988?

Dalam drama itu ada terlihat Doek Sun bersama teman satu kelasnya makan tteokbokki di restoran terkenal yaitu Brazil tteokbokki. Kue beras ini memiliki rasa pedas manis dan terkadang ditambahkan keju yang meleleh.  Makanan ini sangat populer di Korea bahkan sering muncul juga di acara-acara TV korea.

5. Kimchi bokkeum bap (Nasi goreng kimchi)

makanan yang sering muncul dalam drama korea_Kimchi bokkeum bap

* sumber: www.youtube.com

Di Indonesia hidangan ini mungkin disebut dengan nasi goreng kimchiKimchi bokkeum bap merupakan salah satu hidangan Korea yang bisa kamu lihat di mana-mana, bahkan di layar televisi. Makanan ini dihidangkan  dengan makanan khas lainnya. Cara pembuatannya memang mirip seperti hidangan nasi goreng pada umumnya.

Yang membedakannya tentu saja penambahan kimchi pada nasi gorengnya. Orang Korea biasa mencampurkan bahan lain seperti daging dan sayuran cincang jika tersedia, tetapi satu topping yang menjadi andalan adalah telur goreng.

Nonton Fight for My Way? Kamu ingat adegan Ae-Ra membuat nasi goreng ini untuk Dong Man? Kalau kamu tiba-tiba merasa lapar dan di rumahmu tersedia kimchi dan tuna, kamu bisa mencoba untuk membuat nasi goreng ala Korea ini.

6. Sundae

makanan yang sering muncul dalam drama korea_Sundae

* sumber: livingnomads.com

Biasanya dijual bersama dengan tteokbokki, sundae bukan sejenis variasi es krim yang biasa kita makan.  Makanan yang sering muncul dalam drama korea ini sebenarnya adalah sosis yang dibuat dari usus babi atau sapi rebus, diisi dengan mie kaca, nasi, dan darah babi.

Makanan ini yang dijual oleh pelatih Dong Man dalam Fight for My Way di truknya. Kadang-kadang disajikan dengan jeroan kukus lainnya seperti hati dan paru-paru. Karena sundae bukanlah makanan yang terlihat cantik sehingga dalam drama korea makanan ini jarang sekali di-zoom.

7. Bungeoppang

makanan yang sering muncul dalam drama korea_7Bungeoppang

* sumber: www.pinterest.cl

Salah satu camilan manis klasik yang biasa disantap para karakter K-drama adalah bungeoppang yang berupa kue berbentuk ikan dengan isian kacang merah. Kue ini di Jepang dikenal dengan nama Taiyaki.

Kue ini sering dijual di warung pinggir jalan saat musim dingin, jadi tidak mudah mendapatkannya di musim lainnya. Orang Korea dari segala usia biasa menikmatinya, seperti yang terlihat di Encounter saat keluarga Kim Jin Hyuk makan bareng bersama keluarganya.

Kamu juga pasti akan melihat kemunculan kue ini dalam drama Reply 1988 di episode 19. Masih ingat ketika Sun Woo membawakan kue ini untuk ibunya yang sangat suka dengan bungeoppang? Ada juga adegan Ketika ibunya Sun Woo membawakan kue ini untuk ayahnya Taek yang berada di rumah sakit.

8. Sundubu jjigae

makanan yang sering muncul dalam drama koreaSundubu jjigae

* sumber: www.athomeumma.com

Makanan ini muncul dalam drama Park Seo Joon terbaru, Itaewon Class. Dalam salah satu adegan, karakter Park Seo-joon di Itaewon Class menempatkan Sundubu jjigae di bagian atas daftar makanan rumahannya karena dia menikmati menyantap makanan ini bersama ayahnya.

Di Korea, sup kental dan pedas ini disebut Sundubu-jjigae. Sup ini dimasak lambat dengan kaldu ikan teri, lobak, rumput laut kering, kimchi, dan tentu saja tahu lembut. Beberapa juga memasukkan irisan perut babi dan berbagai macam daging ke dalam campuran sup-nya.

9. Omurice

makanan yang sering muncul dalam drama korea_Omurice

* sumber: cookingwithdog.com

Omurice merupakan masakan Jepang, tapi ada versi Korea-nya juga. Kalau kamu pernah nonton drama Rooftop Prince yang dibintangi oleh Park Yoochun dan Han Jimin, pasti sering banget lihat makanan ini. Sang pangeran yang diperankan oleh Yoochun sangat suka sekali omurice.

Hidangan ini adalah berupa nasi goreng yang dibungkus dengan telur dadar. Makanan ini adalah hidangan fusion yang menggabungkan nasi goreng asia dengan omelet dan saus tomat barat. Hidangan ini dimulai di Jepang dan menyebar ke negara Asia lainnya, termasuk Korea.

Pada tahun 1970-an, 80-an, dan 90-an, omurice merupakan item menu populer di kafe bergaya barat di Korea. Saat ini, omurice banyak ditemukan di restoran jenis fast food atau snack food. Beberapa tahun yang lalu omurice menjadi sangat populer setelah muncul dalam drama Korea Rooftop Prince.

10. Jjajangmyeon

makanan yang sering muncul dalam drama korea_Jjajangmyun

* sumber: sortedfood.com

Jjajangmyeon, yang merupakan istilah dalam bahasa Korea untuk mie hitam Cina, adalah makanan yang sering muncul dalam drama Korea setelah tteokbokki. Cara pengiriman makanan adalah bagian besar dari budaya Korea, dan jjajangmyun adalah hidangan paling populer untuk dipesan.

Beberapa orang mungkin mengenali hidangan dari drama The First Shop of Coffee Prince yang dibintangi oleh Gong Yoo dan Yun Eun Hye. Tokoh Go Eun Chan dan Hwang Min Yeop makan jjajangmyeon berporsi-porsi dengan sangat lahap.

11. Kimbap

makanan yang sering muncul dalam drama korea_Kimbap

* sumber: erasmusu.com

Nonton Record of Youth, drama terbarunya Park Bo Gum? Diceritakan tokoh Sa Hye Jun paling gemar makan kimbap buatan ibunya dan sang ibu sering sekali membuatkan makanan tersebut untuk anaknya.

Seperti sushi Jepang, kimbap adalah nasi gulung yang berisi sayuran  dan bahan-bahan lain seperti telur juga daging-dagingan. Semuanya disatukan di dalam rumput laut kering yang digulung. Kamu juga bisa memasukkan daging pilihanmu.

Kalau kamu gemar dengan ikan tuna, kamu bisa buat tuna Kimbap. Gulungan kimbap ini kemudian dipotong menjadi potongan-potongan kecil seukuran gigitan yang ideal untuk mengemil atau makan berat seperti sarapan atau makan siang.

12. Bibimbap

makanan yang sering muncul dalam drama korea_Bibimbap

* sumber: www.196flavors.com

Nasi campur ala Korea alias Bibimbap sering muncul dalam drama Korea. Sebut saja drama lawas Full House dan drama Reply 1988. Dalam Full House tokoh Han Ji Eun terlihat sangat lahap memakan bibimbap dari wadah besar. Kalau dalam Reply 1988, Jung Bong, kakaknya Jung Hwan, gemar sekali makan bibimbap.

Makanan yang relatif sederhana namun tampak hangat ini terdiri dari nasi yang dicampur dengan apa pun yang kamu inginkan, minyak wijen, daging, sayuran dan saus gochujang untuk menyatukan semuanya. Setelah semuanya bersatu dalam wadah kemudian diaduk dan langsung deh dilahap.

Mengamati para tokoh dalam drama Korea melahap sesendok demi sesendok nasi campur tersebut, membuat yang menonton bisa jadi merasa lapar. Penonton jadi terpancing untuk memakan bibimbap juga.

Sering nggak sih kamu jadi kelaparan sesudah nonton tokoh dalam drama Korea yang makan dengan lahap? Banyak orang yang jadi penasaran dengan makanan yang sering muncul dalam drama Korea tersebut. Apakah kamu salah satunya? Silahkan jawab di kolom komentar, ya!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram