Bacaterus / Tikus / 10 Makanan yang Paling Disukai Tikus untuk Dijadikan Umpan

10 Makanan yang Paling Disukai Tikus untuk Dijadikan Umpan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Selama ini, tikus identik sebagai hewan yang gemar memakan keju. Padahal, fakta sebenarnya yang pernah diulas oleh National Geographic Indonesia, tikus tidak menyukai keju. Hal serupa juga diungkapkan oleh pemilik toko keju dan para pembasmi tikus di Amerika Serikat. Indera penciuman tikus sangat sensitif, sedangkan keju mengeluarkan bau yang sangat kuat sehingga membuat tikus menjauh.

Tahukah Anda sebenarnya tikus ini sangat tidak menyukai keju? Bahkan, jika tikus sedang lapar, mereka lebih memilih menggigiti kardus, sabun, atau justru tubuh manusia, ketimbang harus makan keju. Nah, agar Anda tidak salah menaruh umpan pada perangkap tikus, Bacaterus sudah merangkum 10 makanan yang paling disukai tikus dan bisa Anda jadikan umpan yang ampuh.

10 Makanan yang Paling Disukai Tikus

1. Selai Kacang

Selai Kacang Makanan yang Paling Disukai Tikus

Pada dasarnya, semua jenis makanan manis adalah makanan yang paling disukai tikus. Hewan pengerat ini juga sangat menyukai biji-bijian dan kacang-kacangan. Jadi, selai kacang adalah makanan yang sempurna di indera penciuman dan pengecap tikus.

Selai kacang mengeluarkan aroma yang manis berpadu dengan aroma kacang. Ketika dirasakan, selai kacang juga sangat manis sehingga sesuai dengan selera tikus. Buat umpan perangkap tikus rumahan, Anda bisa menggunakan selai kacang yang banyak dijual di supermarket. Dijamin, tikus akan langsung masuk ke dalam perangkap.

2. Daging atau Sosis

Daging atau Sosis

Punya daging ayam, daging sapi, atau sosis? Anda bisa memanfaatkan salah satu makanan tersebut untuk umpan jebakan tikus. Apakah makanan ini harus diolah terlebih dahulu? Akan menjadi lebih baik bila makanan ini dimasak terlebih dahulu. Aroma masakan biasanya lebih kuat ketimbang daging atau sosis mentah.

Tidak perlu banyak-banyak, cukup sisakan potongan kecil saja untuk menjadikan daging atau sosis sebagai umpan perangkap tikus. Letakkan daging atau sosis ini di dekat perangkap dan biarkan semalaman sampai tikus memakannya dan terjebak dalam perangkap tersebut.

3. Ikan Asin

Ikan Asin

* sumber: www.agrowindo.com

Bukan hanya kucing yang tergila-gila dengan aroma ikan asin yang sangat kuat, tikus pun akan tergoda dengan aroma ikan asin.

Seorang mahasiswa Departemen Proteksi Tanaman dari Institus Pertanian Bogor, Fatimah Sofni Siregar, pernah melakukan penelitian untuk melihat keberhasilan umpan perangkap tikus. Alhasil, ikan asin menempati urutan pertama sebagai makanan yang paling berhasil menjebak tikus di dalam perangkap.

Jika Anda ingin menjadikan ikan asin sebagai umpan jebakan tikus, sebaiknya letakkan jebakan di tempat yang tidak terjangkau oleh kucing. Bisa-bisa kucing peliharaan atau kucing yang ada di sekitar rumah Anda lah yang memakan umpan ikan asin itu.

4. Madu

Madu

Sudah menjadi rahasia umum jika makanan yang paling disukai tikus adalah yang manis. Madu adalah umpan yang paling sempurna untuk menangkap tikus. Teksturnya yang lengket dan rasanya yang manis adalah perpaduan terbaik untuk dijadikan umpan tikus.

Untuk menjadikan madu sebagai umpan, cukup gunakan satu sendok makan madu dan letakkan di dekat perangkap. Aroma manis madu akan sampai di penciuman tikus dan mereka pun akan tergoda untuk mendekatinya.

Karena teksturnya yang lengket, tikus tidak akan bisa melahap madu dengan cepat. Ketika tikus sedang asyik menjilati madu, ia tidak akan sadar bila sedang terperangkap.

5. Cokelat

Cokelat

Kita saja sebagai manusia tentu amat sangat menyukai cokelat, apalagi tikus yang memang merupakan hewan yang gemar menyantap makanan manis. Cokelat adalah umpan terbaik untuk menangkap tikus rumahan.

Anda hanya memerlukan potongan kecil dari cokelat batang yang tidak terlalu keras untuk diletakkan di dekat perangkap. Tikus akan menggigit cokelat tersebut karena rasanya manis. Jika tidak ada cokelat batang, Anda bisa menggunakan cokelat meses atau selai cokelat.

6. Kelapa Bakar

Kelapa Bakar

Tikus memang dapat memakan semua makanan saat mereka merasa lapar. Bahkan, mie instan yang masih ada di dalam bungkusnya bisa dikerikiti tikus ketika ia merasa lapar. Namun, jika Anda ingin mencari makanan yang bisa dijadikan umpan perangkap tikus, maka Anda perlu membuat kelapa bakar.

Batok kelapa yang masih ada dagingnya bisa dibakar sampai aromanya harum. Aroma kuat dari kelapa bakar inilah akan menarik perhatian tikus. Bukan hanya sekedar aromanya saja, tikus juga sangat menyukai rasa kelapa bakar. Tidak percaya? Anda bisa membuktikannya sendiri dengan langsung membakar kelapa dan mengumpankannya pada tikus.

7. Marshmallow

Marshmallow

Makanan yang paling disukai tikus adalah permen yang manis. Akan tetapi, permen yang teksturnya terlalu keras tidak bisa menjadi umpan terbaik untuk perangkap tikus. Anda membutuhkan permen manis yang lembut dan lunak, seperti marshmallow. Manusia saja sangat menyukai marshmallow, apalagi tikus yang berkeliaran di sekitar Anda.

Cukup letakkan sepotong marshmallow di dekat perangkap. Walaupun aroma marshmallow tidak terlalu kuat, tetapi indera penciuman tikus yang sangat peka, akan langsung menghampiri umpan marshmallow itu.

8. Ubi Jalar

Ubi Jalar

Memiliki rasa manis yang alami membuat ubi jalar juga menjadi makanan yang paling disukai tikus. Apalagi jika ubi tersebut direbus atau dibakar lebih dulu, pasti aromanya yang khas akan sampai di indera penciuman tikus.

Di pedesaan, masyarakat membuat perangkap tikus sendiri dengan menggunakan ubi jalar sebagai umpannya. Selain murah, ubi jalar juga sangat mudah diperoleh. Jadi, Anda bisa langsung membeli ubi jalar, mengolahnya sebentar, lalu menjadikan ubi jalar ini sebagai umpan untuk menarik perhatian tikus.

9. Sereal

Sereal

Punya sereal siap makan atau sereal yang diseduh dengan air? Apapun jenis serealnya, Anda bisa mengambilnya sedikit sebagai umpan untuk menangkap tikus. Seperti yang Anda ketahui, sereal juga terbuat dari gandum yang juga berasal dari kacang-kacangan. Jadi, aroma dari sereal inilah yang membuat tikus-tikus mendekat.

Sediakan jebakan di dekat tempat Anda meletakkan sereal tersebut. Biarkan semalaman dan periksa kembali di pagi hari. Apabila ada tikus yang berhasil terperangkap, Anda akan melihat bahwa sereal yang tadi diletakkan di dekatnya akan habis atau tersisa sedikit saja.

10. Buah-buahan

Buah-buahan

Sebagai hewan pengerat yang dapat makan apa saja, tikus adalah salah satu hewan yang bisa diumpan dengan menggunakan buah-buahan segar. Namun, pastikan buah tersebut memang layak dikonsumsi karena indera penciuman tikus sangat peka.

Anda dapat menggunakan buah anggur, pepaya, atau semangka yang sudah dipotong sehingga tikus bisa langsung memakan daging buahnya. Kalau bisa, sebaiknya gunakan buah dengan rasa manis untuk semakin menarik perhatian tikus.

Apakah 10 makanan yang paling disukai tikus ini bisa dicampur dengan racun tikus yang tidak berbau? Jawabannya bisa. Pasalnya, racun tikus yang tidak berbau biasanya tawar dan tidak mengubah rasa makanan itu sendiri.

Jadi, Anda bisa mulai hunting makanan-makanan yang memang disukai tikus sebagai umpan ketika Anda ingin menangkapnya. Jika Anda frustasi dengan tikus-tikus yang berkeliaran di rumah, silakan cek cara ampuh mengusir tikus di rumah pada artikel ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *