Bacaterus / Food and Recipe / Makanan dan Minuman / Hati-hati, 10 Makanan Ini Bisa Membuat Suara Serak dan Batuk

Hati-hati, 10 Makanan Ini Bisa Membuat Suara Serak dan Batuk

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 November 2018

Harus berbicara atau menyanyi di depan umum, tapi tiba-tiba suara menjadi serak dan hampir hilang? Wah, penampilan Anda bisa kacau, lho! Sebelum suara serak jadi semakin bertambah parah, alangkah baiknya jika Anda segera mengobatinya dan menghindari sejumlah makanan dan minuman yang dapat membuat suara semakin serak.

Suara serak juga bisa disebabkan oleh makanan dan minuman yang kita konsumsi. Bahkan, jika dikonsumsi terus menerus, suara serak tersebut dapat menimbulkan batuk yang mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Yuk, hindari 10 makanan yang membuat suara serak dan batuk ini agar suara Anda dapat pulih seperti sedia kala.

10 Makanan yang Membuat Suara Serak dan Batuk

1. Gorengan

Gorengan Makanan yang Membuat Suara Serak

* sumber: hellosehat.com

Masyarakat Indonesia tidak bisa lepas dari namanya gorengan. Segala jenis makanan tentu terasa lebih nikmat jika digoreng. Bahkan, sayuran seperti kol, terong, dan petai juga lebih enak jika digoreng dulu dalam minyak panas.

Namun, sadarkah Anda bahwa gorengan merupakan makanan yang membuat suara serak? Kandungan minyak pada makanan yang digoreng dapat membuat tenggorokan jadi lebih kering dan menyebabkan batuk. Selain itu, makanan gorengan yang baru saja matang suhunya cukup tinggi sehingga dapat menimbulkan peradangan pada tenggorokan dan pita suara.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan

Bukan hanya kacang kulit, kacang atom, dan kacang telur saja yang harus dihindari untuk memulihkan suara serak. Bacaterus menghimbau Anda untuk menghindari makanan olahan kacang lainnya agar suara tidak bertambah serak. Adapun makanan olahan kacang bisa berupa sate, pecel, gado-gado, dan masih banyak lagi.

Konsumsi kacang tidak hanya dapat menyebabkan suara menjadi serak, tetapi juga menyebabkan batuk. Jika Anda ingin pulih lebih cepat, sebaiknya hindari konsumsi kacang terlebih dahulu, terutama kacang yang digoreng.

3. Produk Susu

Produk Susu

Produk susu adalah makanan dan minuman yang sangat lekat dalam kehidupan sehari-hari. Tak hanya susu, terkadang kita juga mengonsumsi keju, yogurt, mentega, dan masih banyak lagi. Singkatnya, kita tidak bisa sepenuhnya lepas dari produk olahan susu.

Sayangnya, produk susu adalah makanan yang membuat suara serak. Produk susu yang kita konsumsi akan merangsang produksi lendir berlebihan di dalam tenggorokan. Alhasil, lendir yang terlalu banyak ini menyebabkan suara menjadi serak dan tenggorokan gatal. Hindari dulu minum susu atau makan produk olahan susu lainnya sampai suara Anda benar-benar pulih.

4. Makanan Asam

Makanan Asam

Siapa yang bisa menolak manisan, pempek dengan kuah cuka yang nikmat, atau acar? Makanan-makanan asam ini memang bisa membuat kita jadi lebih segar. Bahkan, konsumsi makanan asam dipercaya dapat menghilangkan rasa mual ketika sedang mabuk perjalanan.

Akan tetapi, makanan yang bersifat asam masuk dalam daftar makanan yang membuat suara serak. Keasaman yang tinggi dalam suatu makanan ternyata dapat menimbulkan peradangan di tenggorokan. Apalagi jika sebelumnya suara Anda sudah serak, maka suara akan hilang jika Anda tetap mengonsumsi makanan dengan rasa yang asam.

5. Makanan Asin

Makanan Asin

Rasa asin pada makanan dapat membuat cita rasa makanan tersebut jadi lebih gurih. Contoh makanan asin yang sering kita konsumsi adalah french fries, snack kemasan, mie instant, dan masih banyak lagi. Ketika memesan makanan, seperti mie, bakso, dan bubur kita juga tak segan untuk menambahkan garam agar rasanya lebih mantap.

Di balik kelezatan makanan asin ternyata ada hal negatif yang akan kita peroleh saat menikmatinya. Ya, makanan asin dapat membuat suara jadi serak. Kandungan garam yang tinggi di dalam makanan asin akan menyerap cairan tubuh yang berada di sekitar tenggorokan. Alhasil, tenggorokan menjadi kering dan lebih rentan mengalami suara serak.

6. Makanan Bersantan atau Berlemak Tinggi

Makanan Bersantan atau Berlemak Tinggi

Lodeh, kari, dan lontong sayur, manakah makanan bersantan yang paling Anda sukai? Terdapat beragam makanan Nusantara yang menggunakan santan atau lemak agar rasanya lebih sedap. Akan tetapi, makanan bersantan atau berlemak tinggi merupakan makanan yang dapat menyebabkan suara serak.

Kandungan lemak atau minyak pada makanan bersantan inilah yang dapat membuat tenggorokan jadi lebih kering. Selain itu, kadar lemak yang tinggi dapat mengiritasi pita suara sehingga suara yang sebelumnya sudah serak jadi bertambah parah. Jika terpaksa menyantap makanan berlemak tinggi, sebaiknya perbanyak minum air putih setelah makan.

7. Makanan dan Minuman Berkafein

Makanan dan Minuman Berkafein

Bukan hanya kopi dan teh saja yang termasuk minuman berkafein. Terkadang, makanan juga mengandung kafein jika bahan pembuatannya berasal dari kopi. Ada banyak cake yang menggunakan kopi sebagai bahan dasarnya. Otomatis makanan tersebut jadi mengandung kafein.

Makanan berkafein dapat membuat suara menjadi serak. Kafein memiliki sifat menyerap cairan tubuh, termasuk cairan yang berada di sekitar tenggorokan. Alhasil, jika Anda tetap menyantap makanan dan minuman berkafein, maka kondisi pita suara jadi semakin memburuk. Alih-alih pulih, suara Anda akan hilang dan butuh waktu berhari-hari untuk mengembalikan suara Anda lagi.

8. Buah-buahan Tertentu

Buah-buahan Tertentu

Tahukah Anda ada beberapa jenis buah yang masuk dalam daftar makanan yang membuat suara serak? Buah-buahan ini dapat membuat pita suara mengalami peradangan dan menyebabkan suara serak sampai batuk.

Buah yang dapat memperparah suara serak Anda adalah jeruk yang kandungan asam sitratnya cukup tinggi sehingga dapat memicu peradangan di tenggorokan. Selain jeruk, buah pisang, nanas, dan mangga juga harus dihindari ketika Anda ingin memulihkan suara serak. Buah tersebut mengandung asam sitrat tinggi dan memiliki rasa yang sangat manis sehingga dapat membuat tenggorokan jadi kering dan gatal.

9. Makanan Pedas

Makanan Pedas

Hampir sebagian masyarakat Indonesia pasti menyukai makanan pedas. Ada sejumlah orang yang bahkan mengaku tidak bisa makan jika tidak menambahkan sambal pada makanan yang ia konsumsi.

Tak ada yang salah jika Anda menyukai makanan pedas. Akan tetapi, makanan pedas adalah makanan yang membuat suara serak. Makanan pedas bersifat panas dan dapat memicu peradangan di tenggorokan. Jika dikonsumsi secara berlebihan bukan suatu hal yang mustahil jika keesokan harinya suara Anda menjadi serak. Untuk sementara waktu, hindari konsumsi makanan pedas agar kualitas suara tetap terjaga.

10. Makanan Pemicu Alergi

Makanan Pemicu Alergi

Dalam artikel penyebab suara serak, alergi adalah salah satu penyebab suara menjadi serak. Seperti yang kita ketahui, alergi bisa disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Ada orang yang alergi terhadap makanan laut (udang, cumi, kerang, dan ikan), telur, unggas (ayam dan bebek), sampai dengan produk susu.

Jika suara selalu serak setelah mengonsumsi makanan tertentu, Anda patut waspada jika makanan itu ternyata adalah alergen (pemicu alergi) bagi tubuh Anda. Untuk mengetahui alergen dalam diri Anda, sebaiknya lakukan pemeriksaan darah di laboratorium.

Nah, 10 makanan yang membuat suara serak dan batuk ini harus Anda hindari jika ingin menjaga kualitas suara Anda. Namun, Bacaterus juga menyarankan Anda untuk mengonsumsi 10 makanan ini jika Anda memang berniat untuk membuat suara menjadi serak secara alami.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment