Bacaterus / Food and Recipe / Makanan dan Minuman / 10 Makanan yang Lagi Hits di Tahun 2018, Udah Nyobain Belum?

10 Makanan yang Lagi Hits di Tahun 2018, Udah Nyobain Belum?

Dunia kuliner mungkin sebuah bisnis menyenangkan yang cepat sekali update-nya. Sepertinya setiap bulan ada saja makanan dan minuman baru yang tampilannya menggugah selera, konsepnya unik, dan rasanya aduhai. Kalau kata kids jaman now, istilahnya adalah “makanan yang lagi hits.”

Orang Indonesia memang sangat kreatif dan cepat beraksi untuk mem-viral-kan sesuatu. Seperti 10 makanan dan minuman hits yang mau Bacaterus bahas di bawah ini. Rata-rata kulineran ini terkenal melalui internet seperti dari blog, YouTube, Instagram, Twitter, Facebook, dan lain-lain. Penasaran apa saja minuman dan makanan yang lagi hits di tahun 2018 ini? Simak sampai selesai, ya!

10 Makanan yang Lagi Hits di Tahun 2018

1. Thai Mango

Kalau menurut Bacaterus, sih, makanan dan minuman asal Thailand lagi banyak digemari oleh orang Indonesia di tahun ini. Jika tahun 2017 merupakan eranya Mango Sticky Rice, kini giliran jus mangga-nya yang jadi viral.

Orang-orang menyebut jus mangga ini sebagai King Mango Thai (karena brand minuman jus mangga Thailand yang pertama terkenal di Indonesia bernama “King Mango Thai”). Kalau kamu tidak mau menyebutkan merk, sebut minuman ini Jus Mangga Thailand saja.

Apa spesialnya minuman ini? Kalau menurut author sendiri, sih, ini jus mangga biasa saja. Cuma, jus mangga ini dipadukan dengan susu, whipped cream, es krim, dan potongan mangga sebagai topping, jadi terasa “spesial”.

Rasanya? Ya, begitu saja rasa jus mangga pada umumnya, tapi lebih manis karena pakai susu, krim kocok, dan es krim. Kamu bisa menemukan minuman ini di mall, kafe, restoran, hingga kedai jus pinggir jalan.

2. Nugget Pisang

Nugget Pisang

* sumber: www.jawapos.com

Kalau kamu aktif mem-follow akun kuliner di Instagram pasti pernah melihat makanan ini. Nugget pisang merupakan jajanan yang lagi hits banget pada akhir 2017 hingga kini. Sebenarnya ini hanya potongan pisang biasa saja yang dibalut tepung roti seperti layaknya nugget pada umumnya, jadi tekstur pisang goreng ini lebih krispi.

Selain pada tepung yang digunakan, bedanya pisang nugget dengan pisang goreng biasa terletak pada topping. Camilan ini disajikan dengan aneka macam topping dari lelehan coklat, parutan keju, meses, bubuk Oreo, bubuk green tea, dan masih banyak lagi. Dulu sekali waktu nugget pisang baru-baru booming, harga satu porsinya bisa 30 ribuan.

Kalau sekarang, sih, sudah banyak yang menjual nugget pisang. Bahkan pedagang kaki lima pun sudah ada yang menjajakkan produk seperti ini. Jadi, rata-rata camilan manis ini dipatok harga Rp 10 – 30 ribuan per porsinya.

3. Thai Tea

Thai Tea mungkin sudah tidak asing lagi di Indonesia, karena minuman ini sudah masuk sejak bertahun-tahun yang lalu ke negeri kita. Namun, entah kenapa tahun ini Thai Tea jadi ngehits banget. Coba kamu perhatikan di mall, pasti ada sekiranya 3 stall penjual minuman manis dari Thailand ini, bahkan dengan nama aslinya (pakai Bahasa Thailand).

Padahal menurut author rasa Thai Tea sama saja, kamu setuju, nggak? Dari dulu juga minuman ini sudah ada di restoran dan di kedai minuman. Tapi, kenapa jadi ngehits sekali sekarang? Mungkin karena kemasannya yang dibuat unik-unik, kali, ya?

Seperti yang bisa kamu lihat di atas, penjual Thai Tea banyak yang berinovasi pada kemasan. Ada yang bentuknya bohlam, plastik infusan, dot, dan sekarang yang lagi happening banget adalah Thai Tea dua rasa (jadi satu kemasan bisa diisi dua macam minuman).

4. Ayam/Bebek Geprek Pedas Mozarella

Ayam/Bebek Geprek Pedas Mozarella

* sumber: www.qraved.com

Sebenarnya ayam geprek dan bebek geprek sudah ada sejak dulu. Tapi, ayam dan bebek geprek yang ngehits sekarang ini agak berbeda. Kalau ayam geprek yang lagi banyak dijual adalah ayam katsu.

Karena ayamnya tidak bertulang, kamu bisa membabat habis semua ayamnya langsung tanpa terganggu oleh tulang-belulang ayam. Biasanya ayam katsu geprek ini dicampur dengan sambal dadak super pedas + diberi topping mozarella.

Sedangkan bebek geprek tetap terbuat dari potongan bebek biasa yang ada tulangnya. Bebek geprek disajikan dengan sambel dadak juga, biasanya kamu bisa pilih level kepedasan. Kalau kedai normal biasanya menyediakan level 1 – 10 saja.

Tapi, kadang ada kedai yang aneh-aneh seperti menyediakan level kepedasan hingga level 100 yang berarti dibuat dari 100 buah cabai rawit merah. Hmm Itu, sih, sambal di bebekin bukan bebek disambelin.

5. Bola Ubi Kopong

Cemilan yang lagi booming selanjutnya adalah bola ubi kopong. Itu, loh, bola-bola ubi yang isinya kosong dan bagian luarnya crunchy. Buat para orang generasi baheula pasti sudah kenal sekali dengan jajanan ini. Biasanya yang menjual bola ubi kopong adalah mamang-mamang pedagang kaki lima.

Tapi, kini banyak juga yang menjual bola ubi kopong di bak terbuka, di food truck, hingga di kedai dan kafe. Bahkan sekarang bola ubi ada yang dijual dalam berbagi macam rasa, seperti green tea dan taro. Lalu, ada juga yang memberi taburan gula halus sebagai topping untuk bola ubinya. Kreatif banget, ya, orang Indonesia?

6. Salted Egg Chicken

Kalau mendengar salted egg apa yang terbayang dibenak kamu? Telur asin? Ya, benar, makanan ini mengandung telur asin. Jadi, si ayamnya itu dibuat seperti ayam karaage (bite-size fried chicken), lalu ditumis lagi menggunakan saus telur asin.

Terdengar simpel, namun makanan ini diserbu banyak orang, terutama para pegawai kantoran dan mahasiswa. Makanan ini praktis, enak, dan hemat, sih. Biasanya menu ini sudah dipaketkan dengan nasi dan minuman.

7. Pillow Cake (Bolu Bantal)

Pillowcake (Bolu Bantal)

* sumber: www.nibble.id

Kamu tahu soft cheese cake asal Jepang yang kelihatannya empuk dan huggable banget? Mulai dari tahun 2017 kemarin, kue bolu seperti ini sudah mulai masuk ke Indonesia. Tidak cuma merk asli dari Jepang, banyak juga orang Indonesia yang membuat dan menjual kue bolu yang terkenal sebagai Pillow Cake ini.

Kalau menurut author kue ini biasa saja,  Sama seperti bolu biasa dengan sedikit rasa dan aroma keju. Empuknya juga biasa saja seperti bolu pada umumnya. Tapi, mungkin beda merk beda rasa. Tapi, sejauh ini author belum menemukan Pillow Cake yang enak banget sampai bikin nagih. Apa kamu tahu merk Pillow Cake yang wajib dicoba?

8. Es Nitrogen / Es Gulung

Es Nitrogen / Es Gulung

Menu makanan yang lagi hits (atau masih hits) di tahun 2018 adalah es krim nitrogen. Es krim uap ini masih banyak peminatnya walaupun sudah muncul sejak bertahun-tahun lalu.

Kalau es krim gulung alias rolled ice cream mungkin masih terbilang baru ada di Indonesia. Es krim ini sama seperti es krim pada umumnya, yaitu susu yang didinginkan. Bedanya, es krimnya dibuat dari susu fresh yang baru dibikin saat dipesan.

Es krim ini dibuat pada “penggorengan” dingin yang datar, mirip seperti penggorengan tepanyaki. Setelah diolah sedemikian rupa, es krimnya akan digulung dan disajikan dengan topping.

9. Egg Cheese Tart

Who loves cheese? Makanan yang lagi hits trend 2018 selanjutnya adalah Egg Cheese Tart. Pastry ini memang sudah ada sejak berabad-abad lamanya, tapi baru ngetren sekarang-sekarang di Indonesia. Ada yang menjual egg tart biasa, namun yang lebih diincar orang-orang adalah lava egg tart yang ketika dibelah isinya meleleh.

10. Sate Taichan

Sate Taichan Bengawan

Di taun 2018 ini sate taichan masih menjadi pilihan banyak orang untuk makan/ngemil, apalagi ketika kelaparan pada malam hari. Sate ayam putih polos ini enaknya dinikmati dengan sambal tomat yang pedas dan nasi hangat. Rata-rata satu porsi sate taichan dihargai Rp 20 ribuan (isi 10 tusuk).

Nah, itulah sepuluh minuman dan makanan yang lagi hits di tahun 2018 menurut Bacaterus. Semuanya enak-enak dan bikin ngiler, kan? Selain kulineran yang sudah kami sebutkan di atas, minuman dan makanan apa yang menurut kamu ngehits banget dan wajib dicoba oleh semua orang?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Syuri
Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment