Bacaterus / Makanan / 10 Makanan yang Paling Enak Dimakan Saat Musim Hujan

10 Makanan yang Paling Enak Dimakan Saat Musim Hujan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Indonesia merupakan negara tropis jadi cuma ada dua musim, yaitu kemarau dan penghujan. Tapi, kalau hujan derasnya terus-terusan ya terasa dingin juga seperti musim salju(?), hihi. Kalau suasana dingin entah kenapa perut jadi gampang lapar, betul, tidak?

Dan, kalau dingin-dingin enaknya itu minum atau makan yang hangat. Selain mengenyangkan, minuman dan makanan hangat juga akan membuat tubuh ikutan hangat. Kalau Anda bingung mau makan apa, ini ada beberapa makanan yang enak saat hujan menurut Bacaterus.

1. Wedang Ronde

* sumber: www.pegipegi.com

Rekomendasi pertama jatuh kepada Wedang Ronde. Walaupun kini populer di tanah Jawa, Ronde sebenarnya merupakan makanan tradisional Cina, nama aslinya adalah tāngyuán (dibaca tuányuán).

Walaupun dibawa ke Indonesia, tak ada yang berubah, ronde tetap dibuat dari tepung ketan, dibentuk bola-bola, direbus, lalu disantap dengan kuah jahe yang sedikit manis dan kolang kaling dan taburan kacang goreng.

Menurut Bacaterus, kudapan ini pas banget karena bisa dikunyah dan diseruput juga, kan. So, selain menghangatkan juga bakal mengenyangkan. Nggak cuma itu, loh, wedang ronde juga berkhasiat.

Dia bisa mengatasi perut kembung, meredakan sakit kepala, menyembuhkan sakit tenggorokan, menghilangkan mabuk, menurunkan kolesterol, mengurangi resiko serangan jantung dan mengobati diabetes.

2. Mie Rebus ala Warkop

* sumber: kumparan.com

Pernah bertanya-tanya, nggak, kenapa mie rebus warkop rasanya berkali-kali lipat lebih enak daripada kalau kita bikin sendiri di rumah? Apalagi mie rebus yang di kafe-kafe kekinian gitu, jauh, deh rasanya sama mie warkop!

Mungkin karena kesederhanaan dan suasananya kali, ya, yang membuatnya jadi terasa lebih sedap. Soalnya bahan yang dipakai kan sama saja: mie instan, telur, sama sawi. Kadang bisa ditambah cabai rawit, bakso, hingga sosis.

Kalau Anda kejebak hujan saat pulang ke rumah, bisa benget melipir ke warkop, pesan semangkuk mie instan rebus. Jangan lupa pesan teh atau kopi hangat juga. Beuhhh, mantap banget pastinya! Tapi, jangan keseringan juga setiap kehujanan makan mie, ya. Karena semua makanan instan tidak ada yang baik untuk tubuh.

3. Bakso

* sumber: www.liputan6.com

Sama seperti wedang ronde, Bakso juga merupakan kuliner Tionghoa-Indonesia. Dan, hingga kini, bakso merupakan makanan yang paling digemari se-Nusantara. Umumnya bakso dibuat dari daging sapi giling dan tepung tapioka, walaupun sekarang semakin banyak orang kreatif yang berinovasi menciptakan aneka bakso untuk diperdagangkan.

Bakso biasanya dinikmati dengan mie, bihun/soun, tauge, sosin, kuah kaldu yang gurih dan topping seledri segar ditambah bawang goreng kriuk. Karena kaldunya yang hangat, bakso cocok juga dimakan saat hujan. Apalagi kalau ditambah sambal, pasti badan kita ikutan hangat karena keringetan, hihi.

4. Kacang & Jagung Rebus

* sumber: www.qureta.com

Sayuran, umbi-umbian dan kacang-kacangan yang direbus atau dikukus ternyata enak juga buat menemani hari Anda dikala hujan, loh. Seperti jagung dan kacang tanah ini. Jagung mengandung serat, vitamin dan antioksidan. Bahkan jagung juga berlaku sebagai makanan pokok yang berarti mengandung karbohidrat. Hujan reda, perut kenyang, deh!

Walaupun kecil-kecil, kacang tanah juga bisa membuat kita kenyang. Apalagi kalau sudah kelamaan makannya, mulut jadi pegal, jadi Anda bakal malas makan lagi. Biasanya Anda bisa menemukan penjajak kacang tanah dan jagung rebus/kukus di pinggir jalan.

Apalagi kalau hujan, pasti pedagangnya ikut berteduh juga bareng dengan Anda. Selain enak, ngenyangin, jagung dan kacang seru dimakan bareng-bareng, juga murah meriah.

5. Sayur Sop

*Sumber: https://www.instagram.com/yoanitasavit/

Sayur sop adalah makanan harian orang Indonesia. Berbagai sumber protein bisa disulap menjadi sop. Anda bisa menggunakan daging sapi, daging kambing, daging ayam, ceker ayam, tulang iga, buntut sapi, balung, ikan, seafood, atau sayuran saja juga sudah yummy, kok!

Biasanya sop ditambah sayuran seperti kentang, wortel, buncis, kol, waluh dan lainnya sesuai selera. Yang jelas, semua sayur sop pasti ditambah seledri dan daun bawang, terus ditaburi bawang goreng.

Anda bisa menggado (makan tanpa nasi) sayur sop pas sampai di rumah setelah bertempur dengan hujan dan angin di luar sana. Atau, kalau lapar banget, tambah nasi putih pulen biar makin kenyang!

6. Kembang Tahu

* sumber: www.lingkarmalang.com

Kembang tahu ada dua, nih. Ada tofu skin (dijual kering, biasa dipakai untuk tumisan atau sayur), dan ada kembang tahu dessert. Tentunya yang Bacaterus maksud di sini adalah yang dessert, ya. Jajanan ini kadang disebut sebagai wedang tahu. Walaupun namanya tahu, ini bukan tahu betulan, ya.

Kembang tahu dibuat dari sari pati tahu/kedelai. Nanti bentuknya jadi seperti puding putih polos yang lembut banget. Kembang tahu diguyur pakai rebusan kuah jahe dan gula aren. Kudapan ini tidak manis, ya, tapi hangat dan pedas dari jahe.

7. Mie Tektek

“Tek.. tek.. tek..”, bunyi katel yang dipukul menjadi ciri khas pedagang nasi goreng dan mie keliling ini. Makanya orang Indonesia menyebut kuliner ini sebagai mie tektek. Kalau hujannya turun pada sore atau malam hari, kadang kita sudah malas masak, inginnya rebahan saja karena sudah capek seharian beraktivitas.

Abang mie tektek akan menjadi penyelamat kita! Biasanya mereka menjual nasi goreng, mie goreng, mie kuah, kwetiau goreng dan kwetiau kuah. Anda bisa pesan apa saja sesuai mood Anda sedang ingin makan apa. Tapi, kalau hujan-hujan tentunya lebih cocok makan yang berkuah, toh?

8. Seblak

* sumber: magazine.job-like.com

Seblak memang identik sebagai jajanan siang hari. Tapi, seblak enak juga di makan saat hujan, loh. Biasanya seblak ditambah banyak sambal supaya pedas. Banyak seblak juga yang disajikan berkuah. Jadi, rasanya pasti mantap banget kalau dimakan saat suasana dingin.

Kalaupun Anda tidak suka pedas, dari rempah-rempah pada bumbu seblak pasti sudah cukup menghangatkan perut Anda. Mencari seblak enak di Bandung? Klik link ini, ya.

9. Ramen

* sumber: www.justonecookbook.com

Rekomendasi selanjutnya adalah ramen. Makanan yang berasal dari Jepang ini enak dimakan kapan saja sebenarnya, bahkan di kala hari sedang terik juga enak. Tapi, akan lebih sedap lagi kalau di makan saat cuaca sedang hujan lebat, kan? Ramen berbeda dengan mie yang biasa kita kenal.

Ramen biasanya menggunakan mie homemade, kuah kaldu, telur 1/2 matang, jagung pipil, wortel serut, sedikit topping daging, nori dan irisan daun bawang segar. Ada juga ramen dari Korea Selatan yang bernama ramyeon. Wujud dan citarasa ramyeon berbeda dengan ramen Jepang. Biasanya ramyeon itu kuahnya merah, lebih segar dan agak pedas. Kalau Anda lebih suka ramen atau ramyeon, nih?

10. Odeng Soup

* sumber: mykoreankitchen.com

Ngomong-ngomong Korea Selatan, ada satu dish asal sana yang pas banget dimakan saat Anda sedang kedinginan, yaitu odeng atau eomuk. Mereka sama saja, hanya ada yang memanggilnya odeng dan ada yang memanggilnya eomuk, begitu.. Ini adalah makanan olahan laut yang terbuat dari ikan putih. Jika dibahasa Indonesia-kan, kita bisa menyebutnya kue ikan atau otak-otak ikan.

Biasanya odeng dinikmati dengan kuah kaldu ikan bening. Kalau sudah berkuah, namanya berubah jadi eomuk-guk. Untuk dimakan di rumah, biasanya odeng dipotong-potong supaya lebih mudah dimakan.

Tapi, kalau dijual di stall pinggir jalan, biasanya odeng ditusuk pakai tusukan sate yang sangat panjang. Tapi, di Indonesia sepertinya belum ada yang jualan odeng pinggir jalan gitu, ya? Jadi, paling banter Anda bikin sendiri saja di rumah.

Rekomendasi ini bukan cuma karena “enak” saja, loh. Karena, menurut penelitian, ada beberapa makanan yang sebaiknya Anda makan dan juga hindari ketika cuaca sedang turun hujan. Beberapa makanan yang sebaiknya dihindari adalah makanan asam karena mereka akan meningkatkan retensi air. Di antara rekomendasi di atas, mana makanan favorit Anda di kala hujan?

Atau Anda butuh rekomendasi cemilan yang enak untuk musim hujan? Kami punya beberapa rekomendasi cemilannya di artikel ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *