Bacaterus / Makanan / Rekomendasi 10 Makanan yang Enak Dimakan Malam Hari

Rekomendasi 10 Makanan yang Enak Dimakan Malam Hari

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Setelah selesai beraktivitas biasanya perut mulai terasa lapar, mungkin karena belum makan atau tiba-tiba lapar lagi saat tengah malam. Buat kamu yang sudah tidak ada tenaga lagi untuk memasak biasanya akan memilih untuk membeli makan ke luar rumah.

Sebenarnya mencari makan malam bisa menjadi perkara yang gampang-gampang susah. Selain memikirkan tempat dan harganya, mencari makanan yang mudah dicari juga menjadi pertimbangan untuk memutuskan menu yang akan dimakan.

Mungkin kamu sedang lapar tapi bingung mau beli makan apa untuk malam ini? Cek yuk beberapa makanan yang enak dimakan malam hari berikut ini.

1. Mie Tek Tek

Mie Tek Tek

Olahan makanan yang terbuat dari mie memang selalu enak! Mulai dari mie goreng, mie kuah, dan olahan mie lainnya seperti mie tek tek. Mie selalu cocok dinikmati untuk makan malam. Tidak hanya itu, penjual mie tek tek pun cukup mudah ditemukan di malam hari buat kamu yang tinggal di kota besar.

Kuliner yang berasal dari Bandung ini terdiri dari dua jenis mie tek tek yaitu mie tek tek goreng dan mie tek tek kuah. Sekilas mie ini terlihat seperti mie instant biasa, namun bentuk mienya menggunakan mie kuning yang cukup tebal ditambah dengan aneka sayuran seperti kol, sawi hijau, tomat, dan timun.

Biasanya mie tek tek menggunakan tambahan potongan bakso atau daging ayam dan cabe pedas. Mie tek tek memiliki rasa gurih dan pedas karena campuran kecap, saos, dan cabai.

2. Nasi Goreng

Nasi Goreng

Nasi goreng adalah salah satu makanan malam yang banyak digemari karena memang dijual pada malam hari. Selain mengenyangkan, menu nasi goreng juga memiliki varian jenis mulai dari nasi goreng telor, nasi goreng seafood, nasi goreng kambing, nasi goreng ayam dan lain-lain.

Biasanya nasi goreng dilengkapi dengan acar berupa potongan wortel, timun, dan cabe rawit. Umumnya nasi goreng pinggir jalan memiliki porsi yang cukup banyak. Setelah makan nasi goreng, paling nikmat minum teh tawar hangat supaya tenggorokan tidak terasa serat setelah makan makanan yang cukup berminyak ini.

3. Martabak Telor

Martabak Telor

Martabak telur yang banyak dijual hanya pada malam hari ini umumnya dijadikan sebagai camilan. Martabak yang berisi sayuran dan telur ayam ini dilengkapi dengan cuka hitam dan acar. Rasanya yang gurih dan sedikit asam dari cuka dan acarnya membuat martabak banyak digemari.

Selain menjadi camilan, martabak telur juga bisa dijadikan menu utama yang dimakan dengan nasi lho! Bahkan tidak sedikit orang Indonesia yang senang makan martabak dengan nasi supaya lebih kenyang. Selain itu, olahan martabak telur pun semakin modern seperti martabak telur mozzarella. Martabak telur paling cocok dinikmati bersama keluarga di rumah.

4. Nasi Angkringan

Nasi Angkringan

Kuliner asli Indonesia ini merupakan sajian kuliner dengan beragam olahana makanan. Angkringan identik dengan menu utama nasi kucing yang merupakan nasi dalam porsi kecil yang dilengkapi dengan lauk seadanya dan sambal.

Menu lainnya yang biasa ada di angkringan adalah aneka gorengan, sate telur puyuh, sate usus, tahu dan tempe bacem, dan lainnya. Warung angkringan juga tidak sulit ditemukan, selain sebagai tempat makan, angkringan juga cocok untuk tempat berkumpul sambil menikmati minuman hangat bersama teman-teman.

Nah, buat kamu yang sedang mencari makan malam dengan harga yang ramah di kantong, mampir segera ke tempat angkringan yang ada di kotamu.

5. Sate

Sate

Apakah kamu sering melihat tukang sate yang berkeliling saat malam hari? Nah, makanan khas Indonesia yang satu ini memang paling nikmat dimakan saat malam hari, teurtama saat perut tiba-tiba berbunyi menjelang tengah malam.

Makanan yang penyajiannya ditusuk dengan kayu dan dibakar ini biasanya memiliki beberapa jenis sate seperti sate ayam, sate kambing, dan sate sapi. Biasanya sate dinikmati dengan nasi putih, tapi buat kamu yang sedang diet, sate juga bisa tetap kamu nikmati dengan lontong.

Biasanya beberapa penjual sate juga menjual soto daging, yang akan menambah kenikmatan makan sate di malam hari.

6. Makanan Cepat Saji

Makanan Cepat Saji

Restoran makanan cepat saji biasanya buka selama 24 jam, dengan begitu makanan ini bisa menjadi alternatif untuk memuaskan rasa lapar di tengah malam. Makanan cepat saji umumnya menyediakan beragam menu seperti burger, kentang goreng, fried chicken, spaghetti, minuman soda, dan lain-lain.

Restoran makanan cepat saji pun sering ramai pada malam hari karena pelayanannya yang cukup cepat dan lebih praktis. Selain itu kita juga bisa memesan melalui drive thru tanpa harus masuk ke dalam restorannya. Tapi ingat, jangan sampai berlebihan mengonsumsi makanan ini ya! Karena makanan cepat saji umumnya mengandung kolesterol yang cukup tinggi.

7. Seafood

Seafood

Selain angkringan dan tukang nasi goreng, penjual yang baru mulai membuka warungnya di malam hari adalah warung seafood. Tidak harus ke restoran untuk menikmati seafood yang enak di malam hari, karena kamu bisa menemukannya dengan mudah di kaki lima.

Jenis seafood yang umumnya dijual adalah cumi, kerang dara, kerang hijau, lobster, kepiting, dan lain-lain. Kamu juga bisa memilih jenis saus yang tersedia mulai dari saus tiram, saus padang, dan lainnya.

Buat kamu yang ingin lebih kenyang, seafood biasanya dinikmati dengan nasi putih atau nasi uduk. Atau bisa juga dimakan langsung dan dinikmati bersama-sama.

8. Gorengan

Gorengan

Makanan ringan yang terdiri dari aneka jenis ini memang enak dinikmati untuk malam hari. Terutama jika gorengannya masih hangat. Biasanya jenis gorengan terdiri dari tahu, combro, tempe, cireng, pisang goreng, kroket, dan lain-lain. Selain sebagai camilan, gorengan juga cocok dinikmati dengan nasi uduk dan sambal.

Beberapa penjual gorengan juga menyediakan buras atau lontong berisi yang dibungkus dengan daun pisang. Makan gorengan paling enak dinikmati dengan teh tawar hangat untuk membuat tenggorokan kamu lebih segar.

9. Bubur Ayam

Bubur Ayam

Jika biasanya bubur ayam dimakan sebagai menu sarapan atau dimakan oleh orang yang sedang sakit, ternyata bubur ayam juga enak dimakan saat malam hari. Kita dapat menemukan penjual bubur ayam malam hari di beberapa kota besar di Indonesia. Bubur ayam yang hangat dan campurannya yang membuat perut lebih kenyang ini akan memuaskan rasa laparmu di malam hari.

Bahkan tidak sedikit penjual bubur yang buka sampai lewat tengah malam lho! Bubur ayam biasanya dilengkapi dengan ayam suwir, sayuran, kacang tanah, daun bawang atau seledri, telur rebus, sate ayam dan sate usus.

Beberapa bubur ayam ada yang menggunakan sedikit kuah santan dan ada juga yang tidak menggunakan kuah. Jika kamu suka pedas, tambahkan beberapa sendok sambal yang akan menggugah selera makan.

10. Soto Betawi

Soto Betawi

Sesuai dengan namanya soto khas Betawi atau soto yang populer di Jakarta ini sangat cocok untuk mengisi perut di malam hari. Walaupun populer di Jakarta, kamu tidak perlu ke Jakarta untuk menikmati soto Betawi ini karena sudah banyak juga yang menjual di kota-kota lainnya.

Soto ini memiliki tekstur kuah santan yang creamy karena ditambah dengan campuran margarin yang meleleh saat diaduk dengan kuah sotonya. Soto ini menggunakan beberapa bagian sapi mulai dari daging, otak, kaki, dan jeroan lainnya.

Ditambah dengan emping, taburan daun bawang, dan perasan jeruk nipis yang akan membuat rasanya gurih dan segar. Soto ini biasanya disajikan dengan nasi putih atau dinikmati dengan sate.

Sudah tidak bingung lagi ‘kan mau makan apa malam ini? Buat kamu yang punya rekomendasi makanan enak yang dimakan malam hari silahkan berbagi dengan kami di kolom komentar ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *