Bacaterus / Kelinci / 10 Makanan yang Baik untuk Kelinci Kesayangan Kamu

10 Makanan yang Baik untuk Kelinci Kesayangan Kamu

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 September 2019

Kelinci merupakan salah satu hewan peliharaan yang cukup populer. Memiliki banyak jenis yang menggemaskan membuat sebagian orang memilih kelinci sebagai hewan peliharaan. Merawat kelinci pun tidak terlalu sulit termasuk makanannya. Sama seperti manusia, memberi makanan pada kelinci juga tidak bisa sembarangan.

Kelinci kesayanganmu pantas mendapatkan makanan yang sehat dan segar supaya bisa tumbuh dengan baik dan memiliki bulu yang bagus. Apakah kamu termasuk orang yang memelihara kelinci? Nah, kamu perlu tahu nih makanan apa saja yang baik untuk kelinci kesayangan kamu. Simak informasi lengkap dari Bacaterus berikut ini, ya!

1. Rumput

Rumput

* sumber: www.shutterstock.com

Makanan terbaik yang pertama untuk kelinci adalah rumput. Pada dasarnya rumput mengandung serat tinggi yang penting untuk menjaga kesehatan gigi dan usus kelinci. Karena jika kelincimu tidak mendapatkan serat yang cukup maka akan mengganggu sistem pencernaan kelinci.

Jika kamu tidak memiliki rumput alami di rumah, kamu bisa menamam rumput di dalam pot. Atau kamu bisa mencari rumput dan mengumpulkannya di dalam kandang kelinci.

Karena kelinci membutuhkan banyak rumput setiap harinya, kamu bisa menambah atau mengganti rumput dengan jerami yang sudah tersedia dan mudah disimpan. Jerami memiliki manfaat kesehatan yang sama seperti rumput segar.

2. Kangkung

Kangkung

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=b4EcgrqQla0

Umumnya kita mengonsumsi kangkung sebagai salah satu menu yang sehat, begitu pun dengan hewan peliharaanmu. Kangkung merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat baik. Namun kamu tidak bisa memberikan kangkung secara berlebihan pada kelinci karena kangkung mengandung banyak kalsium yang kurang baik untuk kelinci.

Sebaiknya jadikan kangkung sebagai camilan kelinci kamu. Berikan satu ikat kangkung untuk 2 kali makan dan cukup berikan seminggu sekali supaya dapat melengkapi kebutuhan gizinya. Jangan lupa sertai dengan sayuran dan buah-buahan lainnya.

3. Brokoli

Brokoli

* sumber: www.deviantart.com

Karena kelinci merupakan hewan herbivora, mereka membutuhkan asupan serat tinggi untuk memastikan bahwa sistem pencernaan kelinci berfungsi dengan baik. Salah satu makanan favorit kelinci adalah brokoli. Selain mengandung serat yang tinggi, brokoli juga merupakan sumber vitamin yang baik. Selain itu brokoli juga mengandung vitamin C Dan E yang bermanfaat untuk merawat kesehatan kulit dan bulu kelinci.

Jika kamu tidak pernah memberikan brokoli pada kelinci, sebaiknya berikan brokoli secara perlahan untuk membantu mencegah efek samping. Kamu harus menjaga porsi makan kelinci selama satu atau dua minggu sebelum secara bertahap meningkatkan berapa banyak kamu memberi brokoli pada kelinci.

Kamu bisa memberikan brokoli mentah maupun brokoli yang sudah dimasak. Tapi sebaiknya berikan brokoli mentah yang segar karena umumnya mengandung lebih banyak nutrisi daripada makanan yang dimasak.

4. Daun Pepaya

Daun Pepaya

* sumber: caringforpets.net

Selain buahnya, daun pepaya juga memiliki manfaat untuk kelinci. Bahkan dalam suatu studi menyimpulkan bahwa daun pepaya aman disajikan untuk kelinci dalam keadaan segar maupun layu. Daun pepaya tidak banyak mengandung gula dan karbohidrat.

Daun pepaya mengandung banyak mineral dan vitamin yang sangat bagus untuk kesehatan kelinci. Daun ini mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin C, protein, kalori, kalsium, dan fosfor. Bahkan daun pepaya bermanfaat untuk mengatasi kelinci yang sedang cacingan, lho!

5. Seledri

Seledri

Jenis sayuran yang harum ini bisa kamu berikan sebagai makanan yang baik untuk kelinci. Seledri mengandung vitamin C dan serat yang merupakan sumber asam folat, kalium, kalsium, dan vitamin B1, B2 dan B6 yang baik. Seledri aman dikonsumsi untuk kelincimu, tetapi disarankan untuk memulainya dengan jumlah kecil.

Kamu bisa memberikan seledri secara bertahap selama beberapa hari. Berikan seledri dalam bentuk potongan kecil untuk kelinci kamu supaya menghindari untaian seperti serat yang bisa terjebak pada gigi kelinci. Selain disajikan dalam bentuk seledrinya saja, sayuran hijau yang satu ini juga bisa kamu berikan dalam campuran pakan kelinci.

6. Biji-bijian

Biji-bijian

Selain sayuran hijau, biji-bijian juga merupakan makanan yang baik untuk kelinci. Umumnya kelinci menyukai jenis biji-bijian seperti biji jagung, biji bunga matahari, kacang tanah, kacang hijau, dan padi. Khususnya bagi kelinci yang sedang hamil dan menyusui, biji-bijian menjadi sumber protein sekaligus penguat yang baik untuk kelinci.

Sebaiknya berikan yang sudah dihaluskan atau ditumbuk terlebih dahulu. Cukup berikan 200 – 300 gram biji-bijian per hari pada satu ekor kelinci.

7. Ubi Jalar

Ubi Jalar

* sumber: www.rabbitcaretips.com

Selain manusia, kelinci juga menyukai umbi-umbian, lho! Salah satu jenis umbi-umbian yang bisa kamu berikan pada kelinci adalah ubi jalar. Ubi jalar merupakan makanan yang memiliki nutrisi yang cukup lengkap yaitu protein, kalsium, gula, serat , pati, fosfor, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan zat besi.

Banyaknya kandungan nutrisi dari ubi jalar membuatnya sangat cocok diberikan pada kelinci kesayanganmu. Ubi jalar bermanfaat untuk memenuhi nutrisi harian kelinci, meningkatkan daya tahan tubuh kelinci, mengatasi sembelit pada kelinci, serta menjaga kesehatannya.

8. Apel

Apel

* sumber: kelincihare.blogspot.com

Apel bisa menjadi salah satu sumber buah yang baik untuk kelinci. Karena apel mengandung vitamin B, vitamin C, dan vitamin E serta mineral boron dan kalium. Apel merupakan buah yang aman bagi kelinci. Namun hindari memberikan jumlah yang berlebihan karena apel mengandung gula. Sebaiknya berikan apel dalam bentuk yang sudah dipotong atau sudah dibersihkan dari buahnya.

Pertahankan untuk memberikan apel dalam bentuk potongan porsi kecil atau sekitar satu sampai dua sendok teh per kelinci. Ukuran porsi yang disarankan adalah satu atau dua potong apel per minggu. Saat memberikan apel pada kelinci, kamu tidak perlu repot membuang kulit buahnya karena aman dikonsumsi untuk kelinci.

9. Pisang

Pisang

* sumber: www.videoblocks.com

Umumnya pisang menjadi salah satu buah favorit yang bisa dijadikan berbagai olahan makanan. Ternyata kelinci juga menyukai pisang. Pisang sangat aman dikonsumsi oleh kelinci begitu pun dengan kulitnya. Tetapi jangan lupa dicuci terlebih dahulu sebelum memberikan pisang pada kelinci.

Sama seperti buah-buahan pada umumnya, pisang mengandung banyak gula, maka dari itu sebaiknya sajikan sebagai camilan bagi kelinci, bukan untuk makanan sehari-hari kelinci. Namun disarankan untuk memberi makan pisang tidak lebih dari 1 sendok makan sehari. Sebaiknya berikan pisang yang sudah matang supaya rasanya enak dan kelincimu mau menghabiskannya.

10. Tomat

Tomat

* sumber: lovebackyard.com

Tomat bisa kamu berikan pada kelinci karena mengandung sumber vitamin A, C, dan B6 yang baik serta potasium dan antioksidan. Tetapi sebaiknya berikan tomat sebagai camilan kelinci saja. Jangan jadikan tomat sebagai sumber nutrisi utama pada kelinci. Tomat bermanfaat untuk mengatasi kelinci yang sembelit.

Dianjurkan untuk memberikan 1 tomat saja per hari atau diberikan setiap 2 minggu sekali. Sebaiknya cuci bersih tomat sebelum memberikannya pada kelinci. Kemudian potong tomat menjadi irisan kecil dan bersihkan dari bijinya. Direkomendasikan untuk memberikan tomat ceri pada kelinci untuk menghindari kelinci mengonsumsi tomat secara berlebihan.

Beberapa makanan yang telah disebutkan di atas sangat baik diberikan untuk kelinci. tetapi ingat, berikan takaran yang tepat sesuai kebutuhan kelinci kamu. Seimbangkan pemberian sayuran hijau dan buah-buahan untuk membuat nutrisi kelinci menjadi terpenuhi.

Bagi kamu pecinta kelinci, tentunya kamu tahu dong makanan baik lainnya untuk kelinci? Jangan ragu untuk berbagi tentang makanan baik untuk kelinci lainnya di kolom komentar. Baca juga artikel makanan yang tidak boleh dimakan kelinci ini untuk menambah wawasanmu.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar