Bacaterus / Nutrisi Otak / Ternyata 10 Makanan Ini Bagus untuk Kesehatan Otak, Lho!

Ternyata 10 Makanan Ini Bagus untuk Kesehatan Otak, Lho!

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 April 2019

Selama ini otak dianggap sebagai organ tubuh yang terpenting. Singkatnya, otak adalah mesin penggerak seluruh aktivitas yang dilakukan oleh organ tubuh lainnya. Selain itu, otak juga berfungsi sebagai penyimpan memori. Oleh karena itu, sangat penting bagi siapapun untuk memelihara kesehatan otak, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang memang baik untuk meningkatkan fungsinya.

Ada beberapa makanan yang bagus untuk kesehatan otak. Dengan kata lain, semakin sering kita mengkonsumsi makanan tersebut, maka otak dapat bekerja secara optimal. Penasaran makanan apa sajakah yang tergolong bagus untuk otak? Simak ulasan dari Bacaterus berikut ini, yuk!

1. Ikan dengan Kandungan Omega-3

Ikan dengan Kandungan Omega-3

* sumber: www.menshealthindia.com

Berbahagialah Anda yang gemar menyantap ikan, terutama ikan dengan kandungan Omega-3 yang tinggi. Pasalnya, ikan masuk dalam daftar makanan terbaik untuk otak. Adapun jenis ikan yang sangat direkomendasikan untuk kesehatan otak adalah salmon, trout, tuna, dan sarden. Ikan-ikan tersebut sangat kaya kandungan Omega-3.

Perlu Anda ketahui bahwa otak manusia terdiri dari 60% kandungan lemak. Setengah dari lemak tersebut adalah Omega-3. Otak menggunakan Omega-3 untuk membangun sel-sel otak dan saraf, serta meningkatkan daya ingat.

2. Cokelat Hitam

Cokelat Hitam

* sumber: www.medicalnewstoday.com

Cokelat hitam mengandung kakao yang merupakan sumber flavonoid, sejenis antioksidan. Nah, antioksidan tak hanya bagus untuk kesehatan jantung, tetapi juga baik untuk memelihara kesehatan otak yang rentan mengalami stres oksidatif.

Tak hanya sekadar memelihara kesehatan otak saja, flavonoid yang terkandung di dalam cokelat hitam  turut mendorong pertumbuhan neuron dan pembuluh darah di bagian otak. Aktivitas ini sudah pasti melancarkan aliran darah di otak sehingga Anda dapat terhindar dari stroke atau penyakit neuron lainnya.

3. Kunyit

Kunyit

* sumber: www.goodhousekeeping.com

Siapa sangka jika rempah-rempah yang biasa dipakai untuk memasak ini termasuk dalam salah satu makanan yang bagus untuk kesehatan otak? Adalah kunyit, rempah yang biasa dipakai untuk memasak kari atau nasi kuning. Kunyit mengandung curcumin, bahan aktif yang dipercaya mampu meningkatkan daya ingat, khususnya pada penderita alzheimer.

Curcumin yang terkandung di dalam kunyit juga berkontribusi dalam membantu pertumbuhan sel-sel otak baru. Singkatnya, curcumin di dalam kunyit akan meningkatkan fungsi otak secara optimal.

Jika Anda ingin memperoleh manfaat curcumin sebagai kandungan alami untuk meningkatkan kesehatan otak, mulailah mengkonsumsi kunyit. Jadikan kunyit sebagai rempah-rempah untuk memasak atau seduh saja menjadi teh.

4. Telur

Telur

Telur adalah makanan yang sangat dekat dalam kehidupan kita sehari-hari. Telur bisa menjadi lauk utama sampai dengan bahan untuk membuat kue. Akan tetapi, Anda pasti tidak mengira bahwa telur termasuk dalam makanan yang bagus untuk kesehatan otak, bukan?

Telur diperkaya dengan kandungan Vitamin B tertentu – yakni Vitamin B6, B12, dan asam folat. Kandungan Vitamin B mampu mengurangi senyawa homocysteine dalam darah. Perlu digaris bawahi, peningkatan homocysteine bisa meningkatkan risiko stroke, gangguan kognitif, sampai dengan alzheimer.

5. Brokoli

Brokoli

* sumber: www.drweil.com

Sayuran hijau yang satu ini memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain kaya kandung antioksidan, brokoli juga mengandung Vitamin K, vitamin yang berkontribusi dalam pembentukan sphingolipid – sejenis lemak padat di dalam sel-sel otak.

Sejumlah penelitian nampak membenarkan bahwa Vitamin K di dalam brokoli ampuh meningkatkan daya ingat. Di samping itu, senyawa-senyawa alami di dalam brokoli disinyalir mampu melindungi otak dari berbagai jenis kerusakan.

6. Biji Labu

Biji Labu

* sumber: healthyeating.sfgate.com

Suka ngemil kuaci alias biji labu? Pertahankan kebiasaan tersebut karena biji labu termasuk sebagai makanan yang baik untuk otak, lho. Namun, alangkah lebih baik jika kamu menyantap kuaci yang diproses sendiri – dibersihkan dan dijemur sendiri, bukan kuaci kemasan yang sudah ditambahkan bumbu-bumbu tertentu.

Biji labu mengandung zinc yang merupakan mineral penting untuk meningkatkan daya ingat dan keterampilan berpikir. Tak hanya itu saja, di dalam biji labu juga terdapat kandungan magnesium untuk menghilangkan stres, serta kombinasi Vitamin B dan triptofan yang bertugas merangsang serotonin, senyawa yang mempengaruhi suasana hati.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan

* sumber: www.consumerreports.org

Kabar baik bagi Anda penggemar kacang-kacangan. Pasalnya, kacang-kacangan dianggap sebagai makanan yang sehat untuk otak. Lantas, apa yang membuat kacang-kacangan diklaim sebagai makanan terbaik untuk kesehatan otak?

Hampir semua jenis kacang-kacangan mengandung Vitamin E. Menurut studi yang diterbitkan dalam the American Journal of Epidemiology, asupan Vitamin E yang cukup dapat mencegah penurunan fungsi kognitif, terutama pada lansia.

Jenis kacang-kacangan yang layak dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan otak bermacam-macam. Anda bisa memilih kacang almond, kacang tanah, kacang kenari, kacang hijau, sampai dengan kacang hitam. Pilih saja jenis kacang yang sesuai dengan selera Anda.

8. Makanan Olahan Kedelai

Makanan Olahan Kedelai

* sumber: www.deviantart.com

Tahu dan tempe merupakan makanan yang sangat akrab bagi lidah masyarakat Indonesia. Selain harganya murah meriah, tahu tempe memiliki rasa yang lezat dan bisa diolah menjadi berbagai jenis hidangan yang menggugah selera. Namun, tahukah Anda jika tahu tempe adalah makanan yang sangat direkomendasikan untuk memelihara kesehatan otak?

Sekadar informasi, tahu dan tempe adalah makanan olahan kedelai. Nah, kedelai mengandung polifenol, jenis antioksidan yang berperan menurunkan risiko demensia dan meningkatkan kemampuan kognitif otak.

Tak hanya tahu dan tempe saja, makanan olahan kedelai lainnya juga memberikan manfaat yang sama untuk kesehatan otak. Jadi, mulailah rutin mengkonsumsi kedelai, ya!

9. Buah Beri

Buah Beri

* sumber: www.driscolls.com.au

Ada banyak jenis buah beri yang dijual di pasaran, mulai dari strawberry, blackberry, blueberry, sampai dengan mulberry. Semua buah-buahan beri ini adalah makanan terbaik untuk kesehatan otak. Tak tanggung-tanggung, buah beri menawarkan kandungan flavonoid yang sepadan dengan cokelat hitam.

Jenis antioksidan yang terdapat di dalam buah beri antara lain adalah anthocyanin, caffeic acid, catechin, dan quercetin. Kombinasi antioksidan tersebut akan mengurangi peradangan dan stres oksidatif pada otak. Manfaat lain yang ditawarkan oleh buah beri adalah meningkatkan komunikasi antara sel-sel otak dan memperkuat daya ingat.

10. Teh Hijau

Teh Hijau

* sumber: coach.nine.com.au

Setelah membahas beragam makanan yang bagus untuk kesehatan otak, rasanya tak afdol jika kita tidak memasukkan satu jenis minuman sehat ke dalamnya. Ya, teh hijau adalah another brain booster yang sehat. Kandungan kafein yang terdapat di dalam teh hijau berfungsi meningkatkan kewaspadaan otak.

Tak terbatas pada hal tersebut saja, teh hijau turut mengandung L-theanine, jenis asam amino untuk meningkatkan fungsi sel-sel di dalam otak. Selain itu, L-theanine juga meningkatkan frekuensi alfa di otak sehingga membantu manusia merasa lebih rileks.

Tunggu apalagi? Segera catat 10 daftar makanan yang bagus untuk kesehatan otak ini dan mulailah mengkonsumsinya. Beberapa makanan di atas seperti buah beri dan brokoli juga baik dikonsumsi oleh anak-anak untuk meningkatkan daya ingat mereka.

Asalkan makanan-makanan ini tidak dikonsumsi secara berlebihan, maka Anda pasti akan memperoleh manfaatnya untuk kesehatan otak. Tingkatkan fungsi otak dengan turut mengkonsumsi vitamin yang tepat. Baca artikel vitamin untuk kecerdasan otak ini jika ingin mencari referensinya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar