Bacaterus / Menambah Berat Badan / 10 Jenis Makanan Terbaik untuk Menambah Berat Badan

10 Jenis Makanan Terbaik untuk Menambah Berat Badan

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Mungkin kita sering mendengar orang mengeluh ingin kurus atau ingin langsing. Padahal, banyak juga orang yang menginginkankan tubuh gemuk, karena tubuh mereka tergolong sangat kurus. Ya, tidak semua orang suka dengan bentuk tubuh kurus.

Ada kalanya orang kurus susah mencari pakaian, karena ukuran S saja masih terlalu besar misalnya. Orang yang terlalu kurus juga memiliki tubuh yang cenderung lebih rapuh daripada orang yang berisi.

Makanya, banyak orang yang mencari tahu cara untuk menggemukkan badan. Sebenarnya, tips ini akan berbeda hasilnya pada tiap orang. Jika Anda memiliki gen kurus di keluarga, mungkin akan sedikit sulit, tapi tidak ada salahnya mencoba, kan?

Untuk menambah bobot tubuh, Anda perlu berolahraga. Lalu, makan dan minum juga tidak boleh sembarangan. Sekarang Bacaterus akan fokus membahas 10 makanan untuk menambah berat badan.

1. Daging Merah

makanan untuk menambah berat badan Daging Merah

* sumber: www.wcrf.org

Sudah bukan rahasia lagi kalau daging merah itu sumber kegendutan. Konsumsi lah daging merah jika Anda ingin gemuk, karena daging merah dapat membuat massa tubuh naik dengan cepat. Selain tinggi kalori dan lemak, daging merah mengandung banyak protein (bila dimasak dengan cara yang tepat). Daging merah juga mengandung zat besi dan kolesterol, which is baik-baik saja jika kadar kolesterol tubuh Anda rendah.

Berikut adalah perhitungan kalori beberapa daging merah, yang belum dan yang sudah diolah:

  • Daging merah (± 220 kalori / 100 gr)

Daging merah di sini adalah sapi, kambing, dan mamalia darat lainnya. Tapi, kandungan kalori pada daging ini akan berubah setelah diolah (biasanya jadi semakin tinggi). Daging panggang memiliki kurang lebih 150 kalori / 70 gram.

Lalu, rendang, makanan yang paling sering dijumpai di Indonesia. Daging merah yang telah diolah jadi rendang akan mengandung ± 370 kalori / 100 gram, sehingga sangat ampuh untuk menambah berat badan.

  • Lemak dan Jeroan (± 1.540 kalori / 100 gr)

Anda pasti sering mendengar orang yang gemuk harus menghindari makanan berlemak dan bagian dalam hewan seperti hati, usus, babat, dan lain-lain. Sebaliknya, untuk kasus tubuh kurus justru harus mendekati lemak dan jeroan.

Bagian dalam tubuh hewan dapat menaikkan massa tubuh dengan cepat. Untuk lemak dan jeroan tidak terbatas dalam hewan berdaging merah saja, tapi berlaku juga untuk hewan berdaging putih seperti ayam.

  • Babi (± 540 kalori / 100 gr)

Babi memang dikenal dapat menggemukkan tubuh dengan cepat. Bagi yang beragama Islam tentu tidak boleh mengkonsumsi babi. Tapi, jika Anda non-muslim, cobalah untuk rutin makan daging babi. Daging babi mentah per 100 gram-nya mengandung 540 kalori.

Namun, jika sudah diolah dengan cara dipanggang, digoreng, atau diolah seperti apapun juga rata-rata kalorinya meningkat dua kali lipat, yaitu jadi lebih dari 1.000 kalori.

  • Ikan Salmon (± 146 kalori / 100 gr)

Ikan juga ada yang berdaging merah, seperti tuna dan salmon. Ikan salmon memang kalorinya tidak setinggi daging mamalia darat, tapi tetap saja tergolong tinggi untuk jenis ikan. Ikan salmon rasanya enak, lalu kandungan Omega 3-nya sangat tinggi. Salmon juga merupakan ikan yang sulit di dapat dan musiman, makanya wajar jika ikan ini tergolong “mewah” dan harganya agak mahal.

  • Ikan Tuna (± 108 kalori / 100 gr)

Sudah disebutkan di atas kalau ikan tuna juga merupakan salah satu makanan untuk menambah berat badan. Dalam 100 gram ikan tuna terdapat kurang lebih 108 kalori dengan rincian 8% lemak, 0% karbohidrat, dan 92% protein.

2. Buah

Buah makanan untuk menambah berat badan

* sumber: www.health.com

Mungkin Anda pikir buah itu sahabatnya orang gemuk yang ingin kurus. Padahal, buah juga bisa menjadi sahabat orang kurus yang ingin menjadi lebih gemuk. Buah-buahan ini bisa Anda konsumsi langsung atau pun dijadikan jus penambah berat badan. Berikut adalah list buah-buahan yang memiliki jumlah kalori yang pas untuk menggemukkan tubuh:

  • Pisang (± 100 kalori / 100 gr)

Pisang mengandung lemak tak jenuh dan kalsium. Rata-rata kalori pisang berjumlah 100 kalori per 100 gram, walaupun begitu, terdapat perbedaan dalam beberapa jenis pisang. Seperti pisang ambon yang memiliki kalori 74/100 gram dan pisang raja 84/100 gram.

  • Alpukat (± 85 kalori / 100 gr)

Alpukat sering dihindari oleh orang yang takut gemuk. Memang, alpukat merupakan salah satu makanan untuk menambah berat badan yang terbaik. Kalori alpukat cukup tinggi, yaitu 85/100 gram. Selain itu, alpukat juga mengandung vitamin V dan E, potasium, serta asam folat yang bagus untuk tubuh.

  • Mangga (± 72 kalori / 100 gr)

Si buah manis asam segar yang satu ini ternyata memiliki jumlah kalori yang cukup tinggi. Buah ini berkalori tinggi karena kandungan gulanya sangat banyak.

  • Pepaya (± 46 kalori / 100 gr)

Memang sudah menjadi ciri khas buah daerah tropis untuk mengandung banyak gula. Selain mangga, buah tropis lainnya adalah pepaya. Gula alami yang dikandung pepaya dapat membantu menaikkan massa tubuh Anda dengan cepat.

  • Kurma (± 282 kalori / 100 gr)

Buah yang menjadi incaran banyak orang sepulang haji dan umrah ini mengandung kalori yang sangat, sangat, tinggi, loh! Per 100 gram-nya, kurma mengandung 280 kalori. Hal ini dikarenakan kandungan gula alami yang dimiliki gula. Hindari kurma muda karena zat gula pada kurma muda belum terbentuk.

3. Dairy

Dairy

* sumber: www.ahchealthenews.com

Dairy adalah produk susu seperti susu murni, susu bubuk, condensed milk (susu kental manis), mentega (bukan margarin!), keju, dan masih banyak lagi. Produk ini tidak terbatas untuk susu sapi saja, ya, tapi bisa juga dari hewan lain seperti domba, kambing, kerbau, unta, dan lain-lain. Walaupun, memang, produk dairy yang paling mudah didapatkan adalah yang terbuat dari sapi seperti susu sapi.

  • Susu Murni (± 60 kalori / 100 gr)

Kandungan lemak, vitamin A dan Vitamin D pada susu murni jauh lebih tinggi daripada susu yang sudah diproses dan disterilisasikan. Tiap per 100 gram susu sapi murni mengandung kurang lebih 60 kalori.

  • Susu Sapi (± 50 kalori / 100 gr)

Sedangkan untuk susu sapi yang telah diproses memiliki tingkat kalori yang lebih rendah, yaitu kurang lebih 50 kalori per 100 gram. Tapi, kandungan kalorinya akan berubah jika Anda menambahkan gula.

  • Keju Cheddar (± 430 kalori / 100 gr)

Keju cheddar mengandung kalori yang sangat tinggi, yaitu mencapai 430 kal / 100 gr. Rincian kalorinya adalah sebagai berikut: 72% lemak, 1% karbohidrat, dan 27% protein.

4. Umbi

Umbi

* sumber: www.marthastewart.com

Makanan untuk menambah berat badan yang selanjutnya adalah umbi-umbian. Beberapa umbi yang bagus untuk menaikkan massa tubuh adalah kentang, ubi jalar (ingat, ubi jalar ya bukan ubi manis!),

  • Kentang beserta daging dan kulitnya (± 70 kalori / 100 gr)

Terdapat 70 kalori dalam kentang jika dihitung daging beserta kulitnya. Kandungan kalori di dalam kentang meliputi 90% karbohidrat, 9% protein, dan 1% lemak. Tapi, semua berubah ketika kentangnya sudah Anda proses. Kentang rebus mengandung ± 83 kal, kentang goreng mengandung ± 140 kal, dan perkedel kentang mengandung ± 246 kal.

  • Ubi Jalar (± 86 kalori / 100 gr)

Ubi jalar mengandung jumlah kalori yang lebih tinggi dari kentang karena rasanya lebih manis. Dalam 86 kalori ubi jalar merupakan 0% lemak, 94% karbohidrat, dan 6% prot. Ubi jalar hanya mengandung sedikit lemak jenuh, kolesterol, dan sodium. Yang banyak terdapat dalam ubi jalar adalah kalium, vitamin A, vitamin C, Vitamin B5, dan mangan.

  • Singkong (± 160 kalori / 100 gr)

Jika ubi jalar sudah tinggi kandungan kalorinya, maka singkong lebih tinggi lagi. Kandungan kalori dalam singkong mencapai 160 kal / 100 gr. Kalori ini meliputi 96% karbohidrat, 3% protein, dan 1% lemak. Untuk singkong yang telah diolah tentu memiliki jumlah kalori yang berbeda. Singkong yang sudah dimasak mendandung 173 kalori / 100 gram dengan rincian 11% lemak, 86% karbohidrat, dan 3% protein.

5. Sayur

Sayur

* sumber: delightfullyfull.com

Memang, sayur hanya mengandung sedikit kalori. Tapi, sayur-mayur merupakan makanan untuk menambah berat badan yang sangat dibutuhkan. Sayuran berfungsi sebagai pengolah nutrisi dalam tubuh Anda. Selain dimasak dan ditumis, sayuran bisa langsung Anda konsumsi sebagai lalapan atau salad. Anda bisa juga membuat sayuran menjadi jus sehat.

Ingin tahu jenis sayuran yang baik dikonsumsi saat Anda sedang menjalankan program menambah berat badan? Cek artikel sayuran penambah berat badan ini.

6. Telur

Telur

* sumber: www.etsystudio.com

Makanan untuk menambah berat badan yang ke-6 adalah telur. Protein merupakan zat yang penting untuk pertumbuhan tubuh, dan telur merupakan sumber protein yang paling tinggi. Para binaragawan sering mengonsumsi telur (biasanya mentah) untuk membentuk tubuh dan otot. Begitu pula orang kurus yang ingin tubuhnya jadi berisi, silakan konsumi telur.

Cara mengkonsumsi telur yang baik adalah direbus. Telur ayam yang telah diolah dengan cara direbus mengandung ± 97 kalori / 60 gram. Sedangkan telur yang digoreng mengandung ± 40 kalori / 60 gram. Sedangkan telur puyuh mengandung ± 14 kalori / buah! Bayangkan, dari telur yang mini begitu kalorinya mencapai 14 kal! Jika Anda ingin cepat-cepat gemuk, konsumsi lah telur, terutama telur puyuh.

7. Kacang

Kacang

Kacang-kacangan juga merupakan makanan untuk menambah berat badan yang terbaik. Bukan cuma kacang tanah saja, kacang ada banyak jenisnya, loh! Kacang merupakan camilan penambah berat badan yang sangat efektif. Berikut adalah beberapa kacang yang enak dan kandungan kalorinya:

  • Kacang tanah mengandung 567 kalori / 100 gram
  • Pecan nuts (kacang pohon pecan) mengandung 690 kalori / 100 gram
  • Kacang brasil mengandung 655 kalori / 100 gram
  • Macadamia mengandung 718 kalori / 100 gram
  • Kacang hazel mengandung 628 kalori / 100 gram
  • Walnut (kacang kenari) mengandung 654 kalori / 100 gram
  • Almond (badam) mengandung 575 kalori / 100 gram

Selain kacang, Anda dapat mencari cemilan lain yang dapat meningkatkan berat badan dalam artikel daftar cemilan penambah berat badan.

8. Fast Food

Fast Food

* sumber: www.factretriever.com

Ini sih semua orang pasti sudah tahu, kalau fast food merupakan sumber dari segala sumber kegendutan. Makanan cepat saji dapat menambah bobot tubuh dengan cepat karena cara pengolahannya.

Nasi yang dijual di restoran fast food berbeda dengan nasi yang biasa ada di rumah. Lalu, tepung yang digunakan untuk menggoreng ayam juga berbeda. Dan, tentu saja ayam yang mereka gunakan pun berbeda pula.

Nasi pada resto cepat saji mengandung 350 kal / 225 gram. Ayam goreng tepung (sayap) mengandung 64 kal / 50 gram. Ayam goreng tepung (paha) mengandung 195 kal / 150 gram.

Jadi, fast food merupakan cara tercepat untuk menggemukkan badan, walaupun bukan yang terbaik karena kandungan lemak jahatnya yang tinggi. Kalau makanan jenis ini, Bacaterus tidak menyarankan Anda untuk memakannya secara rutin, sesekali saja cukup.

9. Sereal

Sereal

* sumber: www.popsugar.com

Sereal memang ada bermacam-macam jenisnya, tapi kebanyakan dibuat dari gandum atau jagung. Kalori sereal sangat tinggi, loh! Karena itulah sereal dimakan sebagai sarapan karena dapat memberikan efek kenyang lebih lama. Semangkuk sereal rata-rata mengandung 229 kalori. Jika Anda ingin cepat gendut, makan serealnya yang manis-manis seperti yang rasa coklat atau cinnamon roll seperti gambar di atas.

10. Minuman Penambah Berat Badan

Minuman Penambah Berat Badan

Tambah nutrisi dan bobot tubuh Anda dengan minuman khusus penambah berat badan, biasanya minuman ini berbentuk susu atau bubuk biji-bijian seperti bubuk gandum dan bubuk almond.

Itu dia list 10 minuman dan makanan untuk menambah berat badan versi Bacaterus. Jangan lupa, untuk mendapatkan tubuh yang ideal, Anda juga harus berolahraga yang rutin! Jika ingin menambah berat badan secara lebih cepat, kunjungi artikel cara membuat badan berisi ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

4 Responses

    1. Terima kasih atas koreksinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *