Bacaterus / Kucing / 8 Makanan dan Minuman Terbaik untuk Kucing Kampung

8 Makanan dan Minuman Terbaik untuk Kucing Kampung

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Siapa bilang kucing kampung tidak bisa dijadikan kucing peliharaan di rumah? Tentu saja bisa kok. Kucing kampung tidak kalah manisnya dengan kucing ras. Masyarakat Indonesia juga banyak yang merawat kucing kampung sebagai peliharaan mereka.

Kucing domestik atau biasanya dikenal sebagai kucing kampung biasanya sering kita jumpai di lingkungan sekitar kita. Kucing kampung dikenal sebagai kucing yang mempunyai metabolisme tubuh yang kuat. Jadi tidak heran jika mereka dapat hidup di jalanan dan tumbuh dengan sehat.

Merawat kucing kampung sangatlah mudah. Mulai dari memberikan makanan yang kaya protein dan minuman yang kaya nutrisi. Bacaterus akan mengulas berbagai tips untuk kalian para cat lovers yang ingin memberikan perhatian lebih kepada kucing kampung. Lets go.

1. Dry Food

Dry Food

Makanan kering atau dry food bisa dijadikan makanan pokok untuk kucing kampung. Selain mudah untuk disajikan, dry food juga dapat menghemat pengeluaran. Makanan jenis ini memiliki banyak rasa dan ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kucing kalian.

Sajikan dry food tiga kali sehari untuk dikonsumsi kucing kampung kalian. Pastikan kalian memberikan dry food sesuai umur kucing ya. Dry food dikategorikan dengan dua jenis umur. Kucing dengan umur 1 tahun lebih dikategorikan dewasa. Sedangkan yang dibawah 1 tahun disebut kitten.

Dry food juga memiliki banyak rasa dan komposisi bahan yang beragam. Kalian bisa memilih rasa ayam atau ikan. Biasanya ada juga kandungan sayuran sebagai gizi pelengkap makanan bagi si kucing. Kalian bisa memilih bahan dan rasa apa yang lebih disukai oleh si kucing.

2. Telur

Telur

Walaupun telur bukan makanan pokok untuk kucing kampung, telur memiliki khasiat yang banyak. Mulai dari memperindah bulu sampai menjaga imun tubuh si kucing. Perlu diingat, pemberian kuning telur juga harus dibatasi. Kuning telur bisa diberikan setiap satu minggu sekali.

Kuning telur boleh disajikan dalam keadaan sudah direbus atau mentah. Usahakan memberikan kuning telur yang sudah matang/direbus. Jika kucing kampung sakit, boleh campurkan kuning telur mentah dan sedikit madu. Setelah itu suapi kucing yang sakit dengan campuran ini.

3. Daging

Daging

Kucing adalah hewan karnivora dan pastinya membutuhkan makanan dengan jenis daging. Kucing kampung membutuhkan protein yang baik seperti daging ayam maupun sapi. Jadikan menu ini sebagai snack setelah bermain, mandi atau aktivitas lainnya.

Daging ayam maupun sapi bisa diolah dengan cara direbus agar lebih higienis dan membunuh bakteri yang mungkin terdapat di dalam daging. Usahakan daging diolah dengan cara direbus dan jangan digoreng untuk mengurangi konsumsi minyak bekas penggorengan kepada kucing.

4. Daging Ikan

Daging Ikan

Daging ikan dianjurkan untuk diberikan kepada kucing karena kandungan omega 3 di dalamnya untuk mempertajam penglihatan. Daging ikan yang sudah matang dan tanpa duri aman untuk diberikan kepada kucing. Kalian bisa merebus atau membeli makanan kemasan / canned food untuk kucing.

Hindari memberikan ikan mentah karena mengandung enzim tiaminase yang dapat mengganggu penyerapan tiamin yang dibutuhkan kucing. Akibatnya, kucing bisa kehilangan selera makan, kejang-kejang, hingga kerusakan saraf otak.

Berbeda dengan daging sapi atau ayam, hidangan daging ikan dianjurkan tidak terlalu sering diberikan kepada kucing. Cukup menjadi kudapan seminggu sekali karena daging ikan dapat membuat kucing ketagihan dan ditakutkan akan menolak berbagai makanan yang ditawarkan ke kucing.

5. Tempe dan Tahu

Tempe dan Tahu

Tempe dan tahu bisa dijadikan alternatif makanan pokok untuk kucing kampung. Biasanya campuran tempe dan tahu bagus digunakan untuk mengganti makanan dry food. Kandungan tempe dan tahu yang kaya akan protein nabati dapat digunakan sebagai obat diare untuk kucing kampung.

Cara penyajiannya cukup dengan merebus tempe dan tahu lalu disajikan. Campuran ini juga boleh dicampur dengan olahan daging lainnya seperti abon, suwiran ayam atau ikan dan lainnya. Wah olahan makanan untuk kucing kampung beragam juga ya.

6. Nasi Putih

Nasi Putih

Biasanya di Indonesia, kucing kampung juga turut menikmati nasi sebagai makanan mereka. Jika kalian sedang menghemat dana, kalian dapat memberikan nasi putih dengan campuran daging untuk kucing kampung. Campuran nasi dan daging dapat kalian berikan sebagai makan siang kucing.

Karena kandungan nasi putih yang kaya akan glukosa dan karbohidrat tidak dianjurkan untuk menjadi makanan pokok kucing kampung. Jika kucing terus mengkonsumsi nasi putih ditakutkan akan mengalami gejala diabetes dan obesitas. Boleh sih dikonsumsi, tapi jangan terlalu sering ya cat lovers karena membuat saluran pencernaan kucing menjadi lebih berat untuk mencerna karbohidrat.

7. Air Putih Bersih

Air Putih Bersih

Walaupun sistem imun yang dimiliki kucing kampung sangat kuat, kalian harus rajin mengisi dan mengganti air minum untuk kucing ya. Jika kucing mengalami dehidrasi, kucing tidak segan untuk meminum air dari kamar mandi atau air genangan air.

Tiap tiga jam sekali ganti air minum secara berkala untuk menjaga kebersihan air minum si kucing. Pilihlah tempat minuman berbahan stainless atau aluminium karena bahan seperti ini tidak mengundang bakteri secepat bahan plastik. Nah, teman-teman, jangan biarkan kucing kalian dehidrasi ya.

8. Susu

Susu

Susu adalah makanan pertama bagi kucing yang baru lahir dan diperoleh dari induknya. Kalian juga bisa memberikan susu untuk kucing kampung kalian, apalagi jika kucing kalian tidak memperoleh susu yang cukup dari induknya. Susu dapat membantu pertumbuhan tulang bagi kucing.

Perlu diperhatikan, bahwa jenis susu yang diberikan jangan yang berasal dari sapi karena kandungan protein di dalamnya sulit untuk dicerna kucing. Jika ingin membelikan susu kepada kucing kampung baiknya membeli susu khusus untuk kucing yang dijual di petshop. 

Olahan produk susu lainnya yang bisa dikonsumsi oleh kucing antara lain yogurt plain rendah lemak dan juga keju (hanya sedikit). Dengan kandungan bakteri baik seperti Lactobasillus, yogurt dipercaya bagus untuk usus dan membantu pencernaan tubuh kucing terutama saat terkena diare ringan.

Pemberian makanan untuk kucing kampung tidak terlalu susah ya cat lovers. Namun sedikit catatan penting, beberapa jenis makanan seperti coklat, bawang-bawangan, makanan mentah baik ikan, daging atau telur, sangat tidak disarankan.

Jika kalian memelihara kucing jenis ini, perhatikan juga porsi dan pantau pertumbuhan kucing kalian ya. Jangan lupa untuk memberikan makanan secara tepat waktu agar kucing kalian terlatih untuk makan teratur. Untuk anak kucing hingga usia 6 bulan, pemberian makan bisa dilakukan sekitar 3-4 kali. Setelah itu, hingga usia 10-12 bulan cukup 2- 3 kali saja sampai kucing mengikuti pola makan kucing dewasa yang hanya 2 kali saja yaitu pada pagi dan sore hari.

Jika kalian terbiasa memberikan makanan kepada kucing kampung yang ada di jalanan, jangan lupa untuk menyiapkan dry food yang sudah dibungkus agar mudah dibawa-bawa. Kalian juga bisa membeli makanan basah / canned food untuk kucing kampung yang kalian temui di jalanan.

Berikut ulasan Bacaterus tentang 8 makanan dan minuman untuk kucing kampung. Gimana cat lovers? Semoga artikel ini bisa membantu kalian dalam menambah referensi dalam memberi makanan untuk kucing kampung. Kalau kucingmu kurus, baca artikel cara membuat kucing gemuk secara aman ini. Tulis di kolom komentar jika ada referensi lain yang kalian punya. Sampai jumpa!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *