Bacaterus / Pet / 10 Daftar Makanan yang Bagus dan Menyehatkan untuk Hamster

10 Daftar Makanan yang Bagus dan Menyehatkan untuk Hamster

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 September 2019

Bagi kamu yang baru memelihara hamster tentu akan sangat senang karena bisa memiliki salah satu hewan mungil dan menggemaskan tersebut. Saat kita memelihara hewan, salah satu perawatan yang diperlukan adalah memberinya makan. Sebagian orang mungkin masih bingung makanan apa yang coock untuk hewan pengerat ini.

Memberi makan hamster sebenarnya mudah tapi tidak bisa sembarangan, lho! Hewan kesayanganmu itu butuh makanan yang aman dan sehat supaya tidak mengganggu kondisi tubuhnya. Apa saja sih makanan yang menyehatkan untuk hamster? Bacaterus sudah merangkumnya khusus untukmu, nih. Simak 10 daftar makanan untuk hamster di bawah ini.

1. Biji Bunga Matahari

Biji Bunga Matahari

*Sumber: https://id.pinterest.com/pin/170433167132831344/?lp=true

Ketika membaca biji bunga matahari dan hamster mungkin kamu akan teringat dengan karakter Hamtaro yang dulu pernah tayang di TV. Kartun tersebut menampilkan para hamster yang senang makan biji bunga matahari. Memang benar, biji bunga matahari adalah pilihan paling populer untuk hamster, bisa dijadikan makanan utama maupun camilan untuk hamster.

Biji bunga matahari merupakan sumber lemak dan vitamin yang diperlukan hamster. Namun, jangan memberinya terlalu banyak karena dapat menaikkan berat badan hamster yang berlebih. Tidak hanya bijinya, cangkang luar biji bunga matahari yang renyah juga bermanfaat untuk melatih mengolah makanan dengan giginya, hal itu merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi hewan mungil ini.

2. Jagung Mentah

Jagung Mentah

* sumber: depositphotos.com

Jagung bisa menjadi salah satu makanan utama untuk hamster karena tidak memiliki risiko kesehatan selama pemberian jagung dalam jumlah kecil. Jagung mengandung karbohidrat yang cocok untuk tubuh hamster. Kamu bisa memberikan jagung mentah maupun jagung kering untuk hewan mungil tersebut.

Untuk hamster yang sedang menyusui, berikan jagung mentah karena mengandung air yang bermanfaat untuk membantu produksi air susu hamster. Jagung mentah bisa kamu temukan di pasar tradisional atau warung sayur, sedangkan jagung kering bisa kamu temukan di toko pakan unggas.

3. Putih Telur Rebus

Putih Telur Rebus

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=qRHByEPx8Yg

Tidak hanya manusia yang makan telur rebus, hamster kesayanganmu juga bisa mengonsumsi telur rebus. Hamster membutuhkan protein dari sumber alami, salah satunya adalah telur rebus. Tapi kamu tidak bisa memberikan seluruh bagian telur rebus, cukup berikan putih telurnya saja. Karena sumber protein paling tinggi terletak pada putih telur.

Berikan telur rebus yang sudah sangat matang dan jangan dibumbui dengan bumbu apapun. Hindari juga menyajikan telur rebus yang masih panas karena akan membakar mulut hamster. Hamster membutuhkan sekitar satu sendok teh makanan kaya protein untuk dua atau tiga kali seminggu.

4. Kacang Hijau

Kacang Hijau

* sumber: globalfoodbook.com

Kacang hijau sangat cocok diberikan untuk hamster karena kandungan nutrisinya yang baik. Jenis kacang ini mengandung karbohidrat, vitamin, protein, dan lemak baik. Kamu juga bisa menjadikan kacang hijau sebagai makanan utama hamster.

Untuk memberinya makan dengan kacang hijau, kamu tidak perlu mengolahnya, cukup berikan langsung butiran kacang hijau pada hamster kesayanganmu. Kacang hijau juga baik untuk mengasah pertumbuhan gigi hamster. Selain itu, kacang ini juga merupakan salah satu sumber energi bagi hamster.

5. Wortel

Wortel

* sumber: www.furrytips.com

Hamster dapat mengonsumsi berbagai macam buah-buahan atau sayuran termasuk wortel. Wortel merupakan makanan yang bagus untuk digerogoti hamster yang akan membantu menjaga giginya tetap bagus dan pendek. Pastikan kamu menyajikan wortel yang segar dan harus dicuci terlebih dahulu.

Berikan sepotong wortel berukuran kecil untuk melihat reaksinya selama  satu atau dua hari. Jika hamster kamu tidak menunjukkan tanda-tanda penyakit, maka kamu mulai bisa menambahkan lebih banyak wortel ke dalam makanan hamster secara teratur.

6. Konsentrat

Konsentrat

* sumber: squeaksandnibbles.com

Konsentrat atau yang disebut sebagai pellet adalah makanan yang diproduksi oleh pabrik makanan hamster yang mengandung beberapa nutrisi baik untuk hamster. Namun, jenis makanan ini harus diberikan sebagai camilan saja karena campuran dalam makanan tersebut sudah menyediakan semua nutrisi yang dibutuhkan oleh hamster.

Bahkan sebagian konsentrat juga mengandung sumber kalsium yang baik untuk memastikan hamster sehat dan pertumbuhan tulangnya bagus. Saat memberikan konsentrat, imbangi juga dengan air minum karena konsentrat dapat membuat hamster cepat haus.

7. Apel

Apel

* sumber: petpad.net

Jika ingin memberikan apel untuk hamster, kamu harus membuang bijinya terlebih dahulu. Karena jika bijinya tidak dibersihkan, hamster bisa tersedak. Apel mengandung banyak vitamin seperti vitamin C, vitamin K dan kalsium yang sangat bagus untuk energi hamster.

Cukup berikan seperempat sendok the buah apel untuk sekali atau dua kali seminggu. Buah segar seperti apel sangat aman dan sehat untuk diet hamstermu. Tapi tetap hindari memberinya apel secara berlebihan karena dapat mengganggu sistem pencernaanya.

8. Mentimun

Mentimun

* sumber: depositphotos.com

Selain buah-buahan, hamster juga butuh asupan nutrisi dari sayuran seperti mentimun. Mentimun atau timun mengandung 95 persen air dan sangat bagus untuk hamster yang kelebihan berat badan. Selain itu timun juga rendah kalori. Timun juga sangat baik untuk bayi hamster karena akan membuatnya mendapatkan cairan yang diperlukan untuk pertumbuhan bayi hamster.

Tidak hanya itu, timun juga mengandung serat yang memudahkan hamster buang air besar secara teratur. Kombinasi air dan serat dari timun juga membantu mengurangi risiko masalah kesehatan lainnya. Cukup berikan timun sebanyak dua kali seminggu dan jangan berikan secara berlebihan.

9. Brokoli

Brokoli

*Sumber: https://id.pinterest.com/pin/315322411383219985/?lp=true

Brokoli adalah salah satu makanan favorit hamster. Kamu bisa memberikan brokoli selama tidak berlebihan. Brokoli ukuran kecil akan sangat baik untuk hamster kamu. Brokoli mengandung banyak nutrisi dan sangat bermanfaat untuk hewan peliharaanmu. Kamu tidak perlu repot merebusnya terlebih dahulu karena brokoli mentah juga bisa dikonsumsi oleh hamster.

Kamu tidak perlu menambahkan penyedap rasa seperti garam dan butter pada brokolinya Karena garam dan butter dapat menaikkan berat badan hamster. Cukup berikan brokoli sebanyak dua sampai tiga kali seminggu pada hamster kamu.

10. Blueberry

Blueberry

* sumber: squeaksandnibbles.com

Salah satu jenis buah berry ini tidak hanya menyenangkan bagi manusia, tapi juga menyenangkan bagi hamster. Tapi ingat, cukup berikan blueberry dalam jumlah kecil. Satu atau dua buah bluberry beberapa kali seminggu sudah cukup. Hamster bisa makan blueberry dan juga buah-buahan lainnya tetapi buah sitrus tidak aman untuk hamster.

Berikan buah-buahan yang mentah dan segar pada hamstermu, karena buah berry adalah yang paling bergizi untuk dimakan mentah. Penelitian pada hewan laboratorium sebenarnya menunjukkan bahwa blueberry dapat membantu melindungi kesehatan mata pada hewan, sehingga blueberry sangat bermanfaat untuk hamster kamu.

Beberapa daftar makanan hamster di atas sangat baik untuk pertumbuhan hamster kesayanganmu. Supaya mendapatkan nutrisi yang cukup, kamu harus memberikan variasi makanan secara bergantian. Ingat juga untuk memberikan makanan-makanan tersebut sesuai takaran yang cukup. Karena salah satu kunci hewan peliharaanmu tetap sehat adalah dari takaran makanannya.

Bagi kamu yang tahu daftar makanan sehat lainnya untuk hamster, jangan ragu untuk berbagi dengan kami di kolom komentar ya! Kamu juga bisa memilih hamster di artikel hamster yang cocok untuk dipelihara di rumah.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar