Bacaterus / Jajanan / 10 Ide Makanan Unik yang Selalu Diburu di Bazar Sekolah

10 Ide Makanan Unik yang Selalu Diburu di Bazar Sekolah

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Maret 2019

Berburu jajanan adalah kegiatan yang harus dilakukan ketika berada di bazar sekolah. Jajanan yang dijual di bazar biasanya adalah makanan kekinian atau makanan yang sudah mainstream tapi tetap diburu oleh pengunjung. Nah, kamu suka makanan yang mainstream atau yang sedang hype, nih?

Kalau kamu berencana membuka stan di bazar sekolahan, Bacaterus punya rekomendasi beberapa makanan unik atau yang sudah lazim dijual tapi tetap diburu oleh pengunjung. Penasaran? Yuk, langsung saja simak daftarnya di sini.

10 Ide Makanan untuk Bazar Sekolah

1. Makanan Olahan Indomie

Makanan Olahan Indomie

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=BaFKvOlMnqI

Tak dapat dipungkiri bahwa semua makanan hasil olahan Indomie memang selalu diserbu oleh pembeli. Kelezatan mie instan asli Indonesia ini memang selalu dapat memikat semua orang. Sampai saat ini sudah banyak makanan olahan Indomie yang dijual di pasaran.

Nah, kamu juga bisa menjual makanan olahan Indomie di bazar sekolahan, lho. Sebagai contoh, ada Donat Indomie, Onigiri Indomie, Sushi Indomie, dan Sosis Mie. Semakin unik makanan olahan Indomie yang kamu jual, pasti semakin laris juga lapakmu di bazar tersebut.

2. Taiwan Chicken Street

Taiwan Chicken Street

* sumber: www.laweekly.com

Snack yang terbuat dari daging ayam ini memang bukan makanan baru. Akan tetapi, sampai saat ini snack ini tetap diminati dan selalu diburu oleh masyarakat Indonesia. Tengok saja, di dalam satu mall bisa terdapat 3-4 atau lebih gerai berbeda yang menjual Taiwan Chicken Street ini.

Makanan ini terbuat dari daging ayam yang digeprek sampai bentuknya pipih, lalu diuleni dengan tepung dan digoreng dalam minyak panas. Setelah matang, daging ayam itu diberi bumbu bubuk rasa bawang, BBQ, keju, atau lada hitam. Kemudian, daging ayam akan dipotong kecil-kecil agar lebih mudah dimakan sambil jalan.

3. Angkringan

Angkringan

* sumber: www.inibaru.id

Angkringan adalah makanan yang biasa ditemukan di daerah Jawa Tengah. Namun, kamu bisa menjual angkringan ini di bazar sekolah, lho. Mungkin stan angkringanmu ini bisa jadi yang terunik karena sangat jarang orang yang menjual makanan ini di bazar.

Angkringan terdiri dari nasi kucing (nasi dan lauk dalam porsi kecil yang dibungkus daun pisang atau kertas) dan aneka sate (sate usus, sate telur puyuh, sate krecek, dll). Jual makanan angkringan ini dengan harga yang terjangkau agar para pengunjung bazar tertarik membelinya.

4. Aneka Olahan Cilok

Aneka Olahan Cilok

* sumber: review.bukalapak.com

Tak hanya makanan olahan Indomie saja yang jadi idola saat dijual di bazar. Makanan olahan cilok pun juga bisa menjadi ‘primadona’ di bazar sekolahan. Baik anak-anak maupun dewasa pasti menyukai cilok. Selain praktis, makanan yang terbuat dari tepung kanji ini juga gurih dan terasa nikmat disantap sebagai cemilan.

Cilok bisa dimodfikasi menjadi beragam makanan, mulai dari cilor (aci yang digoreng dengan telur), cilok yang di dalamnya diberi keju mozarella, sampai dengan cilok isi daging. Mau menjual cilok anti-mainstream atau cilok biasa? Semuanya pasti laris diserbu oleh pengunjung bazar!

5. Bubble Milk Tea

Bubble Milk Tea

* sumber: www.weekendnotes.com

Meskipun minuman ini sudah dikenal di Indonesia sejak bertahun-tahun yang lalu, tetapi minuman ini tetap menjadi favorit. Selain menjual makanan unik, coba jual minuman yang pasti disukai oleh pengunjung bazar, contohnya bubble milk tea ini.

Semua bahan untuk membuat bubble milk tea sudah banyak dijual di pasaran. Jadi, kamu tidak perlu repot mencari resepnya sendiri. Hanya bermodalkan blender dan shaker kamu sudah bisa berjualan minuman bubble milk tea ini di bazar.

6. Tteokbokki

Tteokbokki

* sumber: yummyroad.com

Segala hal yang berkaitan dengan negeri ginseng memang selalu diminati. Tak hanya musiknya, makanan dari Korea pun sanggup mencuri hati masyarakat Indonesia. Banyak masyarakat Indonesia yang mulai menggandrungi makanan khas Korea.

Tteokbokki adalah salah satu food street khas Korea yang sudah banyak dijual di Indonesia. Makanan yang terbuat dari tepung beras ini dapat menjadi ide makanan untuk dijual di bazar sekolah. Agar rasanya lebih sedap, tambahkan keju mozarella di atasnya. Dijamin, stanmu pasti akan diserbu pengunjung.

7. Kentang Goreng

Kentang Goreng

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=QZxID17GHDI

Kentang goreng kan makanan yang sangat umum? Justru karena sudah umum tentu makanan ini pasti akan disukai oleh para pengunjung bazar. Kamu nggak perlu khawatir daganganmu ini tidak laku saat bazar nanti.

Untuk membuat kentang goreng yang kamu jual ini unik dan beda dari yang lain, tambahkan bumbu dan saus lain, seperti mustard atau topping bumbu laut di atasnya. Keunikan kentang goreng yang kamu jual juga dapat berfokus pada bentuknya. Saat ini, banyak bentuk kentang goreng unik yang pasti bakal menarik minat pengunjung bazar.

8. Halal Rice Bowl

Halal Rice Bowl

* sumber: only1ivy.blogspot.com

Satu lagi ide makanan unik yang dapat dijual di bazar sekolah, yaitu halal rice bowl. Saat ini, ada banyak food truck di kota-kota besar yang menjual makanan halal dalam bentuk rice bowl. Sebuah mangkuk kertas diisi dengan nasi dan daging ayam, kambing, atau sapi yang dimasak dengan rempah-rempah piliihan.

Untuk pilihan nasinya bisa nasi putih atau nasi kebuli. Namun, kami menyarankanmu untuk menjual nasi kebuli karena masyarakat Indonesia terbilang jarang menyantap nasi kebuli. Agar pengunjung tertarik datang ke stanmu, desain stan dengan gaya food truck yang biasa menjual halal rice bowl ini.

9. Sushi

Sushi

* sumber: sushibox.asia

Selain tteokbokki dan halal rice bowl, sushi juga dapat dijadikan pilihan makanan untuk dijual di pasaran. Makanan khas negeri sakura ini selalu mampu menarik minat masyarakat Indonesia yang sudah mulai terbiasa dengan makanan Jepang.

Agar sushi yang dijual semakin disukai oleh pengunjung, buatlah fusion sushi yang pasti bisa diterima oleh lidah semua kalangan. Fusion sushi adalah sushi yang sudah dimodifikasi agar sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia. Hindari penggunaan bahan-bahan ikan atau daging mentah karen tidak semua masyarakat Indonesia bisa menyantap sushi yang menggunakan bahan makanan mentah.

10. Es Krim

Es Krim

* sumber: icecreamrollfranchise.com

Makanan yang dijual di bazar sekolah tidak harus didominasi dengan makanan berat atau snack. Pertimbangkan untuk menjual dessert seperti es krim. Semua orang pasti menyukai es krim sehingga kamu nggak perlu khawatir bakal tidak laku.

Es krim yang dijual di bazar bisa berupa es krim jadul seperti es potong atau es puter, tapi bisa juga es krim unik lainnya, seperti es krim goreng atau es krim gulung. Apabila kamu bisa menemukan olahan atau bentuk unik es krim lainnya, jangan ragu untuk menjualnya di pasar. Semakin unik makanan yang kamu jual, semakin banyak pula yang tertarik untuk mencoba.

Bazar sekolah biasa diselenggarakan 1-3 hari. Jadi, usahakan untuk memilih makanan yang unik agar daganganmu laku keras saat bazar sedang berlangsung. Makanan-makanan di atas hanyalah sebagian ide untuk membantumu memperoleh inspirasi mengenai barang dagangan yang akan dijual di bazar. Jika kamu punya ide makanan unik lainnya, optimis dan beranikan diri untuk menjualnnya.

Cari tahu rekomendasi jajanan lainnya dalam artikel jajanan unik untuk usaha ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar