Bacaterus / Makanan / 11 Makanan yang Enak dan Cocok Dinikmati di Musim Hujan

11 Makanan yang Enak dan Cocok Dinikmati di Musim Hujan

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 November 2019

Saat musim hujan tiba, suhu dingin seringkali menimbulkan efek mengantuk atau membuat tubuh rasanya ingin berbaring di tempat tidur saja. Selain itu, saat sedang tidak ada kegiatan, biasanya perut juga sering terasa lapar. Saat itulah terpikir untuk menyantap makanan ringan yang bisa menghangatkan tubuh sekaligus menghilangkan lapar.

Bersyukur kita tinggal di Indonesia yang memiliki beragam camilan yang cocok dinikmati di musim hujan. Mulai dari makanan berkuah, pedas, dan gurih, semuanya ada! Pilihan yang banyak kadang membuat kamu bingung mau makan apa saat musim hujan. Nah, supaya tidak bingung, berikut daftar makanan yang enak dan cocok dinikmati saat musim hujan.

1. Pisang Goreng

Pisang Goreng

* sumber: www.fimela.com

Salah satu makanan ringan yang digemari masyarakat Indonesia adalah yang melalui proses penggorengan. Terdapat beragam jenis gorengan yang bisa kamu temukan dengan mudah, salah satunya dan yang cocok disantap di musim hujan adalah pisang goreng. Selain membelinya di luar, kamu juga bisa membuat pisang goreng sendiri di rumah menggunakan pisang khusus gorengan.

Pisang goreng hangat dengan rasa yang manis, gurih dan tekstur yang renyah pastinya akan membuat siapa pun tidak bisa menolaknya. Kamu juga bisa memvariasikan pisang goreng yang dibuat dengan menambahkan topping, seperti keju, meses, dan lain-lain. Kudapan yang nikmat ini cocok dinikmati dengan secangkir teh hangat.

2. Bakso

Bakso

* sumber: food.detik.com

Walaupun awalnya berasal dari negeri Tirai Bambu, tidak dipungkiri lagi kalau bakso sudah sangat populer di Indonesia. Bahkan banyak orang yang menjadikan bakso sebagai salah satu makanan favorit mereka! Saat musim hujan, kenikmatan bakso akan semakin bertambah karena rasanya yang lezat, gurih, dan pedas.

Terdapat beberapa jenis bakso yang bisa kamu pilih, mulai dari bakso sapi, bakso ikan, bakso urat, bakso isi telur, bakso isi keju, dan lain-lain. Bakso umumnya disajikan dengan mie, bihun, dan tauge. Makanan berkuah ini sangat cocok dinikmati saat hujan sambil bersenda gurau dengan keluarga atau teman.

3. Seblak Basah

Seblak Kuah

*Sumber: https://youtu.be/W9uFsgHpRjU

Makanan khas Jawa Barat ini juga sudah populer di hampir seluruh Indonesia. Cita rasa yang gurih dan pedas membuat seblak cocok dinikmati saat musim hujan. Rasa bumbunya yang kuat dengan beragam isian, mulai dari kerupuk, makaroni, bakso, sosis, sayuran, dan lain-lain akan semakin menambah sensasi makanmu.

Menariknya, kamu bisa membeli seblak dengan level kepedasan tertentu. Meskipun bukan hidangan utama, semangkuk seblak basah bisa memuaskan rasa laparmu. Seblak juga tersedia dalam bentuk kering yang disebut dengan seblak kering.

4. Kembang Tahu

Kembang Tahu

* sumber: sule57.com

Mungkin belum semua orang pernah mencicipi kembang tahu, tetapi saat musim hujan, kembang tahu adalah menu yang cocok untuk kamu cicipi. Makanan ringan yang satu ini juga bisa membuat perutmu nyaman. Kembang tahu adalah sari pati tahu yang dicampur dengan gula aren dan jahe. Karena dicampur dengan jahe tentunya akan membuat tubuh terasa hangat.

Kembang tahu biasanya disajikan dengan beragam taburan, termasuk kacang-kacangan. Tekstur sari pati tahu yang lembut dan hangatnya jahe serta gurihnya potongan kacang tanah akan menggugah selera makanmu saat musim hujan. Kamu bisa menemukan makanan ini di kaki lima atau di sekitar perumahan oleh penjual keliling.

5. Mie Instan Kuah

Mie Instan Kuah

* sumber: cookpad.com

Siapa sih yang bisa menolak makanan berkuah yang satu ini, khususnya saat musim hujan? Baru mencium aromanya saja sudah bisa membuat banyak orang ingin menyantapnya. Bagi kamu yang tidak ingin repot-repot keluar rumah atau memesan makanan secara online, kamu bisa langsung memasak mie instan di rumah.

Mie instan kuah adalah yang paling favorit dan cocok untuk disantap saat turun hujan. Kuahnya yang hangat dan kenyalnya mie akan sangat menggiurkan, apalagi jika dilengkapi dengan sayuran, telur atau topping favoritmu yang lain. Bagi pecinta pedas, pasti tidak akan melupakan potongan cabe segar atau sambal ke dalam semangkuk mie instan kuah.

6. Jagung Bakar

jagung bakar

Makanan ringan lainnya yang cocok untuk dinikmati saat cuaca dingin adalah jagung bakar. Selain harganya yang terjangkau, satu buah jagung bakar juga sudah cukup untuk mengganjal perut yang lapar. Jika kamu ingin membuat jagung bakar sendiri, sebaiknya pilih jagung muda karena teksturnya yang tidak keras dan rasanya yang lebih manis.

Untuk menambah rasa gurih, jangan lupa oleskan mentega di seluruh jagung. Sebaiknya hindari membakar jagung terlalu gosong karena akan membuat rasanya pahit dan tidak baik untuk kesehatan. Makan jagung bakar sangat cocok dinikmati bersama teman-teman atau keluarga sambil minum kopi atau teh hangat.

7. Bakmi Godog

Bakmi Godog

* sumber: sajiansedap.grid.id

Kenikmatan mie memang tidak diragukan lagi. Salah satu jenis mie yang cocok dinikmati di musim hujan adalah bakmi godog. Bakmi godog adalah bakmi rebus yang diolah dengan bumbu khas Jawa. Tidak hanya cocok disantap saat hari sedang hujan saja, tapi bakmi godog juga cocok dinikmati pada malam hari yang dingin.

Bakmi ini biasanya dimasak di atas tanah liat dan menggunakan bahan bakar arang. Cara masak tersebut membuat bakmi ini sangat enak dan memiliki rasa dan aroma yang khas.

8. Singkong Rebus

Singkong Rebus

* sumber: cookpad.com

Makanan ringan lainnya yang bisa mengenyangkan perut laparmu di musim hujan yang dingin adalah singkong rebus. Kandungan karbohidratnya yang tinggi membuat singkong menjadi kudapan yang mengenyangkan. Rasanya yang gurih dan manis ini sangat cocok dinikmati bersama keluarga di rumah sambil minum teh atau kopi.

Sebaiknya nikmati singkong rebus selagi hangat karena akan membuat rasanya lebih enak. Singkong rebus juga enak dinikmati dengan cocolan gula pasir lho!

9. Tempe Mendoan

cara membuat tempe mendoan

Jenis gorengan lainnya yang cocok dinikmati di musim hujan adalah tempe mendoan. Makanan ringan khas pedesaan ini bisa menghangatkan tubuhmu dan ukurannya yang besar dapat membuat perutmu lebih kenyang.

Kamu bisa membeli atau membuat tempe mendoan di rumah. Jika kamu ingin membuatnya sendiri, sebaiknya masak tempe mendoan dengan keadaan setengah matang sehinga ada tekstur kenyal dan lebih enak. Biasanya tempe mendoan ini disajikan dengan cocolan kecap yang dicampur dengan cabe rawit.

10. Bakwan Jagung

resep bakwan jagung renyah

Kreasi gorengan lainnya yang bisa kamu buat di rumah adalah bakwan jagung. Bakwan adalah salah satu jenis gorengan yang wajib ada. Jika kamu bosan dengan bakwa biasa, kamu bisa menyantap bakwan jagung.

Jika kamu membuatnya sendiri di rumah, tambahkan irisan wortel dan daun bawang untuk membuat rasanya semakin nikmat. Bakwan jagung lebih nikmat dicocol sambal atau dimakan bersama cabe rawit.

11. Ramen

Shifu Ramen 

* sumber: www.instagram.com

Hampir sama dengan mie instan, tetapi ramen memiliki ciri khasnya sendiri. Mie yang berasal dari Jepang ini juga cocok dinikmati di musim hujan. Biasanya bentuk mie ramen lebih tebal dibandingkan mie instan biasa.

Selain itu, ramen juga sering dilengkapi dengan beragam topping yang enak dan variasi kuah yang bisa dipilih sesuai selera. Umumnya, mie yang satu ini memiliki kisaran harga yang lebih mahal, tetapi sangat sesuai dengan rasanya dan ukuran porsinya.

Itulah beberapa rekomendasi makanan ringan yang cocok di musim hujan. Beberapa makanan di atas bisa kamu buat sendiri di rumah atau membelinya keluar.

Jika tidak mau repot kamu bisa memesannya melalui aplikasi online. Bagi kamu yang punya saran tentang makanan ringan di musim hujan lainnya, jangan ragu untuk berbagi dengan kami di kolom komentar.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *