Ditulis oleh - Diperbaharui 3 Maret 2019

Bukan hanya obesitas yang menjadi problem remaja maupun orang dewasa saat ini, karena tinggi badan yang di bawah normal juga menjadi problem yang justru lebih sulit mendapat solusi ketimbang menurunkan berat badan. Anda mungkin sudah mencoba berbagai produk vitamin dan susu peninggi badan tapi mungkin Anda belum memperoleh hasil yang memuaskan. Lantas, adakah cara lain untuk meninggikan badan secara efektif?

Bagi Anda yang sudah mantap untuk meninggikan badan, hindari makanan penghambat tinggi badan, seperti makanan instan dan yang diawetkan. Perbanyak saja makanan yang dapat mempercepat proses meninggikan badan. dan imbangi dengan olahraga.

Ada beberapa makanan peninggi badan yang sehat dan kaya nutrisi. Anda dapat mengonsumsi sejumlah makanan rekomendasi dari Bacaterus ini sembari berolahraga dan tetap menggunakan vitamin maupun susu untuk meninggikan badan.

10 Makanan Peninggi Badan

1. Produk Olahan Susu

Produk Olahan Susu Makanan Peninggi Badan

Selain mengonsumsi susu peninggi badan, Anda juga bisa mengonsumsi produk olahan susu lainnya, seperti yogurt dan keju. Produk olahan susu memiliki kandungan Vitamin A, B, D, dan E. Selain itu, produk makanan yang terbuat dari susu juga mengandung protein dan kalsium, lho.

Pilih produk olahan susu yang rendah lemak agar tidak menambah berat badan Anda. Jika mengonsumsi yogurt, usahakan untuk memilih yogurt yang tidak mengandung pemanis atau perasa. Makanan yang terbuat dari susu ini dapat mempercepat usaha Anda untuk meninggikan badan.

2. Bok Choy

Bok Choy

Apa itu bok choy? Nama makanan ini mungkin terdengar asing di telinga Anda. Akan tetapi, jika Anda adalah penggemar Chinese food, maka Anda pasti sering mendengar atau justru sering menikmati sayuran yang satu ini.

Bok choy adalah sejenis sawi daging. Tampilan dan cita rasanya pun sama dengan sawi daging. Jika dimasak dengan tepat, bok choy akan memiliki tekstur yang renyah dan segar.

Mengapa bokchoy masuk dalam daftar makanan peninggi badan? Sayuran yang satu ini mengandung mineral, vitamin, serat, dan karbohidrat. Konsumsi bok choy setiap hari dapat merangsang pertumbuhan hormon-hormon untuk meningkatkan tinggi badan. Tidak percaya? Yuk, coba masukkan sayuran ini pada menu makanan Anda sehari-hari.

3. Telur

Telur

Bukankah telur biasa dimakan oleh orang-orang yang ingin meningkatkan berat badan? Memang benar jika selama ini telur dianggap sebagai makanan tinggi protein yang dapat membantu proses meningkatkan berat badan dan massa otot. Namun ternyata telur juga baik untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang ingin menambah berat badan.

Telur adalah makanan berprotein tinggi yang dapat meningkatkan pertumbuhan tubuh secara keseluruhan. Jadi, bukan hanya untuk menambah berat badan saja, konsumsi telur juga dapat membantu meningkatkan tinggi badan.

Selain memiliki kandungan protein yang tinggi, telur juga menyediakan kalsium, Vitamin B, dan juga Vitamin D. Telur adalah makanan yang tepat untuk masuk ke dalam daftar menu makanan peninggi badan Anda.

4. Kedelai

Kedelai

Superfood yang satu ini juga diklaim dapat membantu usaha Anda dalam meningkatkan tinggi badan. Kedelai adalah makanan yang berprotein tinggi. Protein yang terkandung di dalam kedelai ternyata dapat meningkatkan massa tulang dan jaringan.

Bagi Anda yang sedang menjalankan program untuk meningkatkan tinggi badan, Bacaterus merekomendasikan untuk konsumsi kedelai sebanyak 50 gram setiap hari. Konsumsi kedelai setiap hari akan membantu Anda mencapai tinggi badan yang diinginkan secara lebih cepat.

5. Lobak

Lobak

Lobak merupakan sayuran yang tidak terlalu umum dikonsumsi. Namun lobak dapat memberikan manfaat yang luar biasa untuk menambah tinggi badan Anda. Di dalam lobak terdapat kandungan lemak, vitamin, mineral, protein, dan serat. Kombinasi nutrisi dan vitamin di dalam lobak ini ternyata sangat bermanfaat untuk meningkatkan tinggi badan.

Usut punya usut, sejumlah nutrisi di dalam lobak ini dapat merangsang proses produksi hormon yang memengaruhi pertumbuhan. Jadi, jika Anda ingin mendapatkan hasil dari usaha untuk meninggikan badan yang selama ini Anda jalani, sebaiknya imbangi juga dengan konsumsi lobak setiap hari.

6. Okra

Okra

Jangan lewatkan okra atau bendi dalam setiap menu makanan peninggi badan Anda. Sayuran yang satu ini dapat membantu untuk meningkatkan tinggi badan secara bertahap. Bahkan, Anda bisa mencampur sayuran ini dengan berbagai jenis makanan.

Alasan mengapa okra bisa menjadi sayuran peninggi badan adalah karena jenis sayuran ini mengandung kalsium, serat, karbohidrat, protein, dan beragam jenis vitamin maupun mineral. Kandungan nutrisi dan vitamin yang lengkap pada okra akan membantu Anda memiliki tinggi badan yang lebih ideal.

7. Brokoli

Brokoli

Siapa yang tidak suka brokoli? Sayuran hijau yang satu ini memang tidak terlalu banyak memiliki peminat. Namun brokoli adalah sayuran terbaik untuk membantu diet sehat. Tak hanya itu saja, sayur brokoli ternyata juga merupakan makanan peninggi badan yang efektif, lho.

Brokoli ternyata memiliki kemampuan untuk merangsang hormon-hormon pertumbuhan sehingga membuat tubuh Anda jadi lebih tinggi. Selain itu, brokoli juga diperkaya dengan zat besi dan Vitamin C. Meskipun Anda tidak menyukai sayuran ini, latih diri untuk mengonsumsi brokoli secara teratur agar Anda berhasil meninggikan badan.

8. Oatmeal

Oatmeal

Makanan yang terbuat dari gandum dapat menjadi sumber karbohidrat terbaik. Akan tetapi, bagi Anda yang ingin menambah tinggi badan sebaiknya memilih oatmeal sebagai sumber karbohidrat terbaik. Pasalnya, oatmeal juga diklaim sebagai makanan yang dapat membantu usaha Anda dalam meninggikan badan.

Oatmeal mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang. Selain itu, oatmeal juga tergolong sebagai makanan yang rendah kalori. Kesimpulannya, oatmeal merupakan makanan sumber karbohidrat terbaik untuk meninggikan badan tanpa membuat berat badan bertambah.

9. Kecambah

Kecambah

* sumber: www.mooimom.id

Kecambah biasa dijumpai di dalam pecel, gado-gado, sampai dengan ote-ote. Sayuran yang satu ini juga dikenal sebagai sayuran yang dapat meningkatkan kesuburan. Terlepas dari hal tersebut, beberapa penelitian juga membenarkan bahwa kecambah termasuk makanan peninggi badan alami.

Kandungan protein dan kalsium yang terdapat di dalam kecambah ternyata dapat membantu proses meninggikan badan. Jika Anda berminat mengonsumsi kecambah untuk meninggikan badan, sebaiknya konsumsi kecambah dalam kondisi mentah atau setengah matang agar kandungan nutrisinya dapat diserap lebih optimal oleh tubuh.

10. Biji Labu

Biji Labu

Pernah makan kuaci? Kuaci adalah biji labu yang dikeringkan dan dibumbui sehingga rasanya lebih sedap. Usut punya usut, ternyata biji labu merupakan makanan yang dapat meninggikan badan tanpa efek samping.

Biji labu memiliki kandungan magnesium, mineral terbaik yang mendukung proses pembentukan tulang dan gigi. Seperti yang kita ketahui, kesehatan tulang adalah jaminan utama untuk memiliki tinggi badan yang optimal. Di samping itu, biji labu juga diperkaya dengan asam amino, zat yang diklaim dapat mempercepat proses meninggikan badan secara alami.

10 makanan peninggi badan ini dapat membantu Anda memiliki tinggi badan yang ideal asalkan Anda juga melakukan sejumlah olahraga dan mengkonsumsi vitamin atau susu peninggi badan.

Buat jadwal makan untuk meninggikan badan dengan memasukkan 10 makanan ini di dalamnya. Setiap orang tentu ingin memiliki tinggi badan yang ideal agar lebih percaya diri. Jika Anda masih belum menemukan cara yang tepat untuk meninggikan badan, bacalah artikel cara menambah tinggi badan berikut ini.