Bacaterus / Nasi / Inilah 10 Makanan Pengganti Nasi yang Sehat Juga Lezat

Inilah 10 Makanan Pengganti Nasi yang Sehat Juga Lezat

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Beras merupakan makanan pokok bagi sebagian besar orang karena selain mengenyangkan juga tidak mahal dan teman yang enak untuk hidangan dengan aroma yang sedap. Meskipun tak ada yang salah dengan mengkonsumsi nasi dalam jumlah sedang tapi nasi, khususnya nasi putih, mungkin tidak sesuai untuk kebutuhan diet semua orang.

Misalnya saja orang yang berusaha untuk mengurangi karbohidrat atau kalori, mereka membutuhkan alternatif pengganti nasi yang memiliki jumlah karbohidrat atau kalori yang lebih ringan.

Jika kamu sedang mencari pengganti nasi yang aman untuk dietmu, kamu bisa mencoba biji-bijian atau sayuran tertentu. Untuk yang sedang mencari pengganti nasi, Bacaterus akan memberikan pilihan makanan yang bisa jadi alternatif.

1. Quinoa

Quinoa

* sumber: www.eatingwell.com

Salah satu makanan pengganti nasi yang sedang hype adalah quinoa. Biji-bijian ini mulai populer di kalangan penggemar dan penggiat makanan sehat. Quinoa merupakan biji-bijian. Makanan pengganti beras yang mulai populer ini gluten free alias bebas gluten dan kandungan proteinnya lebih tinggi dibandingkan dengan beras.

Berdasarkan fakta, setengah cup atau setara 92 gram quinoa yang dimasak mengandung 4 gram protein. Jumlah ini dua kali lipatnya jumlah kandungan protein yang terdapat di dalam nasi putih dengan jumlah yang sama. Quinoa adalah protein lengkap yang berarti makanan ini mengandung semua sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuhmu.

Fakta ini menjadikan quinoa sumber protein yang bagus untuk para vegetarian. Selain protein, quinoa juga adalah sumber mineral vital magnesium serta tembaga yang baik yang memiliki peranan penting dalam metabolisme energi dan kesehatan tulang. Untuk memasak quinoa, kamu harus mencampurkan quinoa dengan air dengan perbandingan 1:2 kemudian didihkan sampai semua air terserap dan matang.

2. Kembang Kol

Kembang Kol

* sumber: www.myfussyeater.com

Salah satu alternatif pengganti nasi lainnya yang bisa kamu pilih adalah kembang kol. Sayuran ini memiliki kandungan karbohidrat yang sangat rendah. Meskipun proses pembuatannya agak ribet karena kamu harus memarutnya terlebih dahulu tapi untuk proses yang lebih cepat dan mudah kamu bisa mencincang kembang kol menjadi 3 atau 4 potongan besar dan masukan ke dalam food processor.

Dalam sekejap kamu akan mendapatkan makanan pengganti nasi. Jika kamu sibuk dan tidak memiliki banyak waktu, kamu bisa menyimpan stok kembang kol yang sudah dihancurkan di dalam lemari es dibagian freezer. Kalau kamu termasuk orang yang kurang suka dengan rasa kembang kol, mungkin kamu akan suka kembang kol dalam bentuk seperti nasi yang dilumuri saus yang lezat.

3. Edamame / Pasta Kacang Hijau

Edamame

* sumber: www.suttons.co.uk

Kacang edamame sudah bisa ditemukan di toserba atau supermarket. Kamu bisa memprosesnya menjadi pasta. Selain edamame kamu bisa menggunakan kacang hijau. Jumlah karbohidrat yang terkandung di dalamnya menjadi sangat rendah setelah menjadi pasta. Untuk memproses makanan ini menjadi nasi, kamu bisa siapkan edamame segar dan food processor untuk menghancurkannya.

Edamame yang sudah dikupas kemudian direbus selama kurang lebih 5 menit. Kemudan tiriskan dan lalu masukkan ke dalam blender atau food processor. Kamu bisa menambahkan bumbu-bumbu lainnya. Lalu giling sampai hancur menjadi pasta. Nikmati pasta edamame dengan chips atau wortel. Ada juga edamame dalam bentuk spaghetti yang bisa kamu beli di toko online.

Jangan tertipu dengan warna atau tampilan hijaunya karena rasa dan teksturnya luar biasa. Jadi, kalau kamu ingin mengganti nasi, cobalah menggantinya dengan pasta edamame atau kacang hijau.

4. Kubis Cincang

Kubis Cincang

* sumber: food.ndtv.com

Kubis cincang bisa menjadi alternatif lain yang sehat untuk mengganti nasi. Kubis mengandung kalori dan karbohidrat yang rendah dan merupakan sumber vitamin C dan K yang sangat baik. Dalam setengah cup atau 75 gram kubis terkandung masing-masing 31% dan 68% dari AKG atau angka kecukupan gizi.

Vitamin K yang terkandung dalam kubis membantu mengatur pembekuan darah dan sirkulasi. Selain untuk darah, vitamin K juga memiliki peranan penting dalam kesehatan tulang. Proses pembuatan kubis cincang mudah. Cincang kubis dengan pisau atau food processor lalu masak dengan sedikit minyak di atas api sedang sampai empuk.

5. Ubi Manis

Ubi Manis

* sumber: www.atayala.com

Sedang diet tapi ingin makan makanan yang manis? Cobalah ubi manis. Umbi ini akan membantu mengatasi keinginanmu untuk makan makanan manis dan rasa lapar. Jadi ubi manis bisa digunakan sebagai pengganti nasi. Ubi ini tidak hanya manis tapi juga lembut selain mengandung serat dan karbohidrat komplek. Makanan ini juga bisa menstabilkan gula darahmu.

Ubi manis kamote juga merupakan rahasia umur panjang orang-orang Jepang. Mereka menambahkan kamote ke dalam makanan mereka. Karena tinggi kandungan vitamin C dan A dari kandungan beta-karotennya, ubi manis kamote dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Kamu bisa merebusnya seperti kentang dengan kulit yang dikupas atau tidak. Rebus di air yang digarami 10-12 menit atau lebih lama bergantung seberapa lembut ubi itu ketika ditusuk. Bisa juga dengan cara dipanggang atau dikukus.

6. Bubur Jagung

Bubur Jagung

Termasuk ke dalam keluarga sereal, jagung memiliki kandungan karbohidrat yang banyak tapi peringkat  indeks glikemiknya rendah walaupun mengandung gula. Karenanya, bubur jagung atau dikenal juga dengan nama “polenta” atau tepung jagung, adalah pengganti nasi yang baik.

Selain itu, jagung juga mengandung antioksidan karoten yang baik, yaitu lutein dan zeaxanthin, yang dapat membantu kesehatan mata. Kandungan seratnya baik untuk menjaga usus tetap sehat. Kamu bisa membuat bubur jagung dengan ditambahkan kaldu, sayuran lainnya dan rempah-rempah.

7. Brokoli

Brokoli

* sumber: kirbiecravings.com

Dikenal sebagai sepupunya kembang kol yang berwarna hijau, brokoli juga merupakan alternatif beras rendah karbohidrat yang baik sama seperti kembang kol. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, satu cup brokoli rebus memiliki sekitar empat gram karbohidrat, dan mudah dibuat.

Untuk membuat brokoli sebagai pengganti nasi, cukup masukkan brokoli ke dalam blender atau food processor lalu giling sampai menjadi ‘nasi’ dengan ukuran yang sesuai dengan keinginanmu. Nasi brokoli terasa lezat jika dicampur dengan tumis sayuran. Kamu juga bisa menambahkannya nasi brokoli pada sup untuk menambah jumlah seratnya.

8. Nasi Shirataki

Nasi Shirataki

* sumber: www.7grains.com.ph

Nasi Shirataki berasal dari iles-iles, yaitu semacam umbi yang tumbuh di hutan. Tanaman ini sudah dikonsumsi orang Asia selama 2.000 tahun. Saat zaman penjajahan Jepang, iles-iles atau porong ini digunakan sebagai pengganti nasi. Beras Shirataki bebas kalori dan gluten. Rasa nasi shirataki dan nasi biasa hampir sama. Yang membedakannya cuma penampilannya saja, shirataki terlihat transparan.

Beras shirataki dibuat dari serat dapat larut dengan mudah. Serat ini membuat kamu merasa mudah kenyang dan dapat membantu pencernaan juga mengatur penyerapan glukosa. Kalau kamu menderita diabetes, nasi dari beras shirataki cocok untukmu.

9. Mie Zucchini

Mie Zucchini

* sumber: www.foodnetwork.com

Zucchini yang proses menjadi bentuk spiral seperti mie adalah pilihan rendah karbohidrat yang cepat proses pembuatannya dan berwarna-warni. Kalau kamu tak punya alat spiralizer untuk membuat mie zucchini, kamu bisa menggunakan pisau dengan cara mengirisnya, alat pengupas sayuran atau parutan.

Kamu bisa membuat mie zucchini menjadi salad. Bisa juga ditambahkan topping saus tomat dan minyak zaitun dan garam kalau kamu menjadikan mie ini sebagai pengganti nasi hangat.

10. Jamur

Jamur

* sumber: www.mushroomsonthemenu.com

Jamur mengandung dua gram karbohidrat per cup. Bahan ini bisa menjadi pilihan pengganti nasi yang sangat rendah karbohidrat. Walaupun ketika dimasak akan kehilangan banyak berat airnya, jamur tetap pilihan rendah kalori rendah dan karbohidrat yang bagus bagi kamu yang memperhatikan nutrisi makro. Tumis satu atau dua cup jamur dengan sedikit mentega untuk mengeluarkan rasa umaminya.

10 bahan makanan pengganti nasi itu dapat membuatmu tetap kenyang dan juga sehat. Mungkin bagi kamu yang belum terbiasa tidak makan beras akan sedikit susah menyesuaikannya tapi lama-lama pasti bisa. Apakah kamu terpikir untuk sesekali mengganti nasi dengan salah satu dari 10 bahan makanan di atas? Kunjungi juga artikel sayuran untuk salad ini jika kamu ingin mengonsumsi salad sebagai pengganti nasi.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *