Bacaterus / Jajanan Hits / 10 Makanan Paling Laris di Kantin Sekolah untuk Jualan 2020

10 Makanan Paling Laris di Kantin Sekolah untuk Jualan 2020

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Apakah Anda sedang berpikiran untuk membuka bisnis kantin di sekolah atau di kampus? Ya, bisnis bisa dimulai di mana saja dan kapan saja, salah satunya adalah dengan membuka kantin makan atau warung di sekolah. Namanya juga anak-anak, pasti suka banget jajan, kan?

Sebelum memulai usaha, tentunya Anda harus tahu dulu beberapa hal, seperti lokasinya strategis atau tidak, lalu pasarannya anak SD, SMP, SMA, atau kuliahan, dll. Semua itu harus Anda pikirkan sebelum membuka usaha kantin. Anda pun harus memikirkan jualan apa yang bakal laku di lokasi tersebut.

Walaupun untuk anak-anak kesannya “apa saja bisa dijual”, tapi alangkah lebih baik jika Anda memikirkan kesehatan anak-anak juga, jangan asal jual makanan karena rasanya enak saja. Bacaterus telah mengumpulkan 10 makanan paling laris di kantin sekolah yang bisa menjadi referensi Anda sebelum mulai berjualan.

1. Nasi Goreng

nasi goreng makanan paling laris di kantin sekolah

Makanan paling laris di kantin sekolah yang ke-3 adalah nasi goreng. Siapayang tidak suka nasi goreng? Pasti semuanya suka, dong, ya, apalagi orang Indonesia. Cara membuat nasi goreng sangat simpel, Anda hanya membutuhkan nasi, bawang merah dan bawang putih, telur, lalu sisanya bisa disesuaikan dengan kreasi Anda.

Anda bisa menjual nasi goreng porsi mini yang dimasukkan ke tempat snack plastik dan menjualnya seharga Rp 2 – 3 ribu. Untuk nasi goreng porsi normal (di piring), Anda bisa menjualnya sekitar Rp 10 ribuan. Tentunya harganya bisa jadi lebih mahal lagi kalau Anda menambahkan topping seperti sosis, ayam, double telur, baso, dan lain-lain.

2. Nasi Kuning & Nasi Uduk

Nasi Kuning & Nasi Uduk

* sumber: kateringbetawi.wordpress.com

Untuk makanan paling laris di kantin sekolah yang kedua ada nasi kuning dan nasi uduk. Kedua jenis nasi ini merupakan menu sarapan yang sangat populer. Walaupun sama-sama nasi, keduanya memiliki cita rasa dan penampilan yang berbeda.

Nasi kuning dimasak bersama kunyit dan santan, sehingga rasanya lumayan gurih terus warnanya kuning segar. Bikin jadi semangat makan, ya? Nasi kuning biasanya diberi topping telur dadar, bawang goreng, kacang kedelai, mentimun, dan sambal. Tapi, ada juga yang bervariasi dengan menambahkan orek tempe, serundeng, dan bihun.

Nasi uduk juga sama dimasak dengan santan, tapi rempah-rempahnya jauh lebih banyak dari nasi kuning, menghasilkan cita rasa yang sangat gurih, harum, dan agak asin. Topping nasi uduk tidak berbeda jauh dengan nasi kuning, jadi Anda bisa menyediakan dua jenis nasi dengan topping yang sama.

Untuk topping tambahan, biasanya nasi kuning dan nasi uduk sering disandingkan dengan telur balado (rebus maupun ceplok), ayam goreng, semur daging, dendeng, telur goreng, gepuk, dan siraman sambal kacang. Jangan lupa sediakan sambal tomat dan kerupuk juga, ya.

3. Mie Instan

 Mie Instan & Bakso

* sumber: www.hipwee.com

Mie instan! Ini sih makanan favorit semua umat. Tidak ada yang bisa menandingi kelezatan mie instan. Jika Anda ingin warung Anda laku, Bacaterus sarankan untuk menyediakan mie instan. Makanan ini rasanya sangat lezat dan tidak pernah bikin orang bosan. Rata-rata orang memesan mie instan sebagai makan siang, tapi kadang ada juga yang ingin sarapan pakai mie instan.

Lalu, kalau Anda punya keahlian meracik bakso, Anda bisa sekalian berjualan bakso juga. Biasanya kalau Anda menjual mie instan dan bakso sekaligus, anak-anak suka minta mie instannya ditambah bakso. Jika biasanya Anda hanya menjual mie instan seharga Rp 5 ribu, dengan tambahan bakso Anda bisa menaikan harganya jadi Rp 8 – 10 ribu. Lumayan, kan?

Kadang ada juga yang tidak mau makan mie instan dan ingin baksonya saja, untuk itu Anda juga perlu menyediakan mie, bihun, tauge, sosin (sawi), bumbu, dan pelengkap bakso lainnya. Jika Anda bisa masak mie ayam, sekalian juga buka stall mie ayam. Jaga-jaga, siapa tahu ada yang bosan makan mie bakso, jadi larinya ke mie ayam, hihi.

4. Gorengan

Gorengan

* sumber: bellybutterfly.wordpress.com

Makanan paling laris di kantin sekolah yang nomor satu tentunya adalah gorengan. Semua orang Indonesia pasti suka sama gorengan, mau itu anak-anak hingga dewasa. Gorengan sering menjadi incaran saat sarapan, brunch, teman makan siang pakai nasi, sama buat ganjel perut pas mau pulang sekolah. Intinya, gorengan pasti laku terus setiap jam karena pasti ada saja yang bakal beli gorengan.

Gorengan dipilih tentu karena rasanya yang enak. Tekstur garing, rasa yang familiar, dan sensasi pedas kalau makan gorengannya pakai cengek (cabai rawit), beuh, mantap banget pokoknya. Gorengan ada bermacam-macam, mulai dari yang paling populer yaitu bakwan atau bala-bala, gehu, tempe, ubi, risoles, kroket, pisang molen, cireng, singkong, hingga lontong untuk “karbohidrat”-nya.

Untuk menambah sensasi makan gorengan, biasanya wajib ada cengek, sambal tomat, saus kacang, atau saus sambal kemasan (seperti Saus ABC, Sasa, dll). Gorengan paling enak disantap ketika masih panas, jadi usahakan untuk tidak menggoreng terlalu banyak dalam satu waktu, ya. Nanti kalau varian gorengannya sudah habis baru, deh, mulai goreng lagi.

5. Batagor

Batagor

Selain nasi, mie, bakso, spaghetti, dan roti, ada menu makanan berat yang sangat populer di kalangan anak sekolahan, adalah batagor dan baso tahu siomay. Makanan ini merupakan pengganti nasi yang cukup banyak digemari orang karena rasanya enak. Kalau Anda bisa membuatnya, kenapa tidak sekalian menjualnya?

6. Chiki

Chiki

* sumber: ajourneybespoke.com

Chiki sebenarnya merk snack, tapi entah kenapa chiki berubah jadi istilah untuk semua snack, apapun merknya. Mungkin sama kasusnya seperti mengatakan ingin beli aqua, padahal yang dibeli air kemasan dengan merk lain. Semua orang suka chiki, terutama anak-anak. Chiki wajib ada di kantin Anda, soalnya pasti laku terus. Sediakan bervariasi chiki supaya anak-anak tidak bosan.

7. Bakso

Bakso

* sumber: food.detik.com

Bakso tidak hanya populer di kalangan orang dewasa saja, anak-anak sekolah juga menggemari hidangan berkuah yang lezat ini. Ya, di sekolah-sekolah, biasanya ada penjual bakso yang tak jarang dipadati para siswa/siswi.

Selain bakso kuah dengan beragam ukuran dan juga jenis mie yang berbeda, pedagang bakso bakar hingga bakso ikan pun sering menjual dagangannya di sekolah.

8. Aneka Jus & Ice Blended

 Ice Blended

* sumber: www.yelp.com

Rekomendasi makanan paling laris di kantin sekolah lainnya adalah jus buah dan ice blended. Biasanya, pedagang jus buah sekalian menyediakan ice blended juga, karena bahan dan alat yang diperlukan sama, yaitu air, es batu, dan blender.

Untuk buahnya, usahakan selalu segar, ya, karena kualitas buah akan menentukan rasa jus juga. Mana lagi buah yang hampir busuk tentu dapat memiliki dampak berbahaya untuk tubuh. Lalu, untuk ice blended, Anda bisa menyediakan serbuk minuman seperti Pop Ice, Nutrisari, Milo, Nescafe, dan lain sebagainya. Sediakan juga aneka jelly dan bubble untuk topping ice blended.

9. Seblak

Seblak Sultan

* sumber: www.instagram.com

Siapa yang doyan seblak? Jajanan khas Bandung ini sampai populer ke banyak wilayah lainnya karena kelezatannya. Sebenarnya, inti dari seblak adalah kerupuk basah dan bumbu kencur. Tapi sekarang seblak sudah bermacam-macam isiannya, seperti tulang, ceker, batagor, makaroni, bakso sayuran, hingga daging. Kalau Anda menjajakkan seblak, dijamin laris manis sepanjang hari, deh.

10. Sosis Bakar

Sosis Bakar makanan paling laris di kantin sekolah

Coba Anda perhatikan di car free day maupun event lainnya, ada banyak penjajak sosis bakar tapi semua pasti laku, kan? Memang, anak-anak itu suka banget sama sosis bakar. Pasalnya, sosis bakar rasanya enak banget. Sudah begitu, setelah makan sosis, rasanya perut cukup terganjal.

Sosis yang biasanya digunakan untuk sosis bakar adalah yang ukurannya gemuk-gemuk. Jika Anda berjualan di SD atau SMP, Anda bisa membagi sosis yang panjang jadi dua atau tiga bagian. Anda tidak perlu menyediakan pembakaran dan arang, karena tentu jauh lebih ribet. Anda bisa menggunakan teflon dan kompor saja sebagai gantinya.

Sediakan saus tomat, saus sambal, mayones, dan bumbu bubuk (seperti bumbu bbq, keju, pizza, dll) untuk varian rasanya. Anda pun sebaiknya menyediakan sosis dalam berbagai rasa, seperti original, keju, pedas, dan lain-lain.

Itulah kumpulan minuman dan makanan paling laris di kantin sekolah. Jangan lupa untuk menyediakan aneka minuman dingin juga karena semua makanan tidak bisa dicerna kalau kita tidak minum, hihi. Sudah siapkah untuk berbisnis di kantin kali ini?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *