Bacaterus / Makanan / Ini Dia 10 Makanan Paling Aneh di Dunia, Anda Berani Coba?

Ini Dia 10 Makanan Paling Aneh di Dunia, Anda Berani Coba?

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Mungkin untuk mengonsumsi ulat, serangga, ikan basi, daging kangguru, dan daging marmut tidak pernah terlampir di benak Anda. Tapi, percayalah bahwa hal-hal yang Bacaterus sebutkan tadi merupakan makanan yang biasa dikonsumsi orang-orang di beberapa daerah. Namun, karena tidak umum, makanan-makanan ini termasuk dalam daftar makanan paling aneh di dunia.

Jika Anda sedang berkunjung ke beberapa tempat ini, boleh sekalian mencoba makanan-makanan ekstremnya, siapa tahu Anda suka. Berikut adalah daftar 10 makanan paling aneh di dunia versi Bacaterus. Lihatnya jangan sambil makan, ya, takutnya enekHihi!

10 Makanan Paling Aneh di Dunia

1. Stink Bugs: Indonesia & Afrika

Stinkbugs Makanan Paling Aneh di Dunia

* sumber: www.flight965.com

Jangan ke tempat yang jauh dulu, di Indonesia juga ada makanan paling aneh di dunia, yaitu stink bugs. Dari namanya saja sudah mengerikan: serangga bau. Biasanya stink bugs dimakan langsung atau pun dimasak dulu jadi sup.

Katanya sih serangga ini terasa seperti biji bunga matahari yang belum dibumbui. Ada yang bilang juga stink bugs sangat kriuk dan rasanya mirip apelHmm.. Penasaran ingin mencobanya? Selain di Indonesia, makanan ini juga populer di Afrika.

2. Witchetty Grub: Australia

Witchetty Grub

Siapa yang berani makan ulat sebesar telunjuk orang dewasa ini? Nampaknya orang-orang Australia memiliki nyali yang tinggi. Buktinya, mereka makan witchetty grub menjadi lauk pada umumnya. Witchetty grub adalah istilah yang dipakai orang Australia untuk larva ngengat besar dan berwarna putih. Larva ini memakan kayu untuk bertahan hidup.

Witchetty grub bisa dimakan langsung atau pun dimasak dulu sebentar. Witchetty grub yang dimakan langsung terasa seperti almond, namun setelah dimasak rasanya jadi lebih mirip ayam panggang. Unik, ya? Walaupun terlihat mengerikan, makanan ini kaya akan protein.

3. Jing Leed (Belalang): Thailand & Meksiko

Jing Leed

* sumber: www.guideadvisor.com

Siapa yang suka geli kalau melihat serangga? Mungkin Anda tak akan suka dengan Jing Leed. Makanan asal Thailand ini adalah belalang yang digoreng krispi. Jangan takut dulu, beberapa orang berpendaapat bahwa makanan ini memiliki rasa yang enak, kok! Tak hanya enak, belalang mengandung banyak nutrisi seperti protein, lemak tak jenuh, serat, dan mineral. Selain di Thailand, makanan seperti ini juga populer di Meksiko.

4. Stinkhead: Alaska, Amerika Serikat

Stinkhead

Stinkhead, kepala yang bau. Dari namanya saja sudah malesin, ya? Makanan paling aneh di dunia ini berasal dari Alaska, Amerika Serikat. Makanan yang terlihat menjijikan ini dibuat dari kepala ikan king salmon yang difermentasi. Cara fermentasinya adalah dengan dikubur selama beberapa minggu di bawah tanah. Cara memakannya adalah dengan menjadikan stinkhead sebagai bubur.

5. Escamole: Meksiko

Escamole

* sumber: www.bugsfeed.com

Dari tampilannya, sih, tidak ada masalah, ya? Makanan ini mirip seperti beras tapi ukurannya agak lebih besar. Tahukah Anda makanan apa ini? Adalah escamole, yaitu larva semut, makanan unik yang berasal dari Meksiko Tengah. Orang menyebut escamole sebagai caviar serangga karena harganya yang fantastis.

Larva semutnya tidak sembarangan diambil, loh, mereka dipanen dari tanaman maguey (agave). Bentuknya mirip seperti biji jagung putih atau kacang pinus. Ketika dimakan, akan ada sesuatu yang muncrat, rasanya mirip seperti kacang. Larva semut ini biasanya ditumis atau digoreng krispi.

6. Wasp Crackers: Nagano, Jepang

Wasp Crackers

* sumber: team-yellow.com

Wasp crackers alias biskuit tawon. Ya, makanan paling aneh di dunia ini benar-benar absurd. Di Nagoya, Jepang, ada senbei yang topping-nya bukan buah kering atau pun choco chip. Mereka menggunakan tawon sebagai isian dari biskuit tersebut. Metal banget, ya? Hihi. Tenang saja, tawon yang digunakan bukan sembarang tawon, kok. Tawon-tawon ini berasal dari peternakan yang membudidayakan tawon untuk dikonsumsi.

7. Steak Tartare: Perancis

Steak Tartare

* sumber: www.macheesmo.com

Kalau Anda penggemar setia Mr. Bean pasti tahu makanan teraneh di dunia yang satu ini. Ketika Mr. Bean berkunjung ke restoran Perancis, dia asal memesan menu Steak Tartare. Ketika makanan datang, Mr. Bean terkejut karena melihat seonggok daging mentah di atas piring dan dia melakukan apa saja untuk tidak memakannya, hahaha.

Steak tartare sangat umum dikonsumsi di beberapa negara, tapi yang paling terkenal adalah di Perancis. Makanan ini dibuat dari daging sapi mentah berkualitas baik. Biasanya daging ini disajikan dengan bawang bombai, caper, dan telur mentah.

8. Sakura Niku (Cherry Blossom Meat): Kumamoto, Jepang

Sakura Niku (Cherry Blossom Meat)

* sumber: goinjapanesque.com

Sushi memang sudah tidak asing lagi di mata dunia. Tapi, bagaimana kalau ada sushi yang dibuat dari daging mamalia dan disajikan mentah? Yang bikin terkejutnya lagi, daging yang digunakan bukanlah daging sapi atau domba, melainkan kuda!

Sakura-niku sendiri mengacu pada daging kuda. Makanan ini dianggap tabu oleh beberapa kalangan karena kepercayaan keagamaan dan karena kultur. Kuda juga jarang dimakan karena lebih sering digunakan sebagai alat transportasi.

Akan tetapi, daging kuda merupakan makanan khas Kumamoto, Jepang. Daging kuda memiliki kalori dan lemak rendah tetapi tinggi akan protein, mineral (seng dan kalsium), serta vitamin, sehingga daging kuda dianggap lebih baik daripada daging sapi dan babi.

9. Khash: Timur Tengah, Eropa Timur & Turki

Khash

Kelihatannya makanan teraneh di dunia di atas ini tidak ada masalah, ya? Mirip seperti opor yang biasa orang Indonesia santap setiap lebaran. Akan tetapi, tahukah Anda daging apa yang digunakan untuk opornya orang Timur Tengah ini?

Orang Armenia menyebut makanan ini sebagai obat mabuk yang bisa membuat orang jatuh cinta setengah mati atau benci setengah mati. Makanan ini berupa sup kaki dan kepala sapi. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan makan ini, hanya saja bayangkan mangkuk Anda berisi tengkorak kepala sapi yang menatap Anda selagi Anda menyantapnya, hiiiii.

10. Cuy (Marmut): Peru

Cuy Makanan Paling Aneh di Dunia

Makanan yang paling aneh di dunia yang terakhir ada Cuy alias marmut. Kalau Anda penyayang binatang berbulu, apalagi sebangsa tikus, pasti sedih banget melihat makanan ini. Ya, marmut yang lucu dan menggemaskan ini dijadikan santapan di beberapa daerah Peru seperti Ekuador, Bolivia, dan Andean.

Cuy disukai karena rasanya enak dan sangat lembut. Cuy juga memiliki kandungan lemak yang rendah. Kadang, Cuy disajikan dengan digoreng secara utuh dengan kepalanya. Tapi, katanya cuy terasa jauh lebih lezat jika dimasak jadi saterotisserie, dan dilapisi dengan saus pedas.

Ya, akhirnya selesai juga pembahasan 10 makanan paling aneh di dunia kali ini. Sebenarnya masih banyak sekali makanan aneh lainnya seperti jeli hidung rusa di Alaska & Kanada, otak tupai di Kentucky Amerika Serikat, hingga jantung kobra (fresh masih berdetak!) di Vietnam. Kalau Anda tahu makanan aneh lainnya dari berbagai daerah, share di kolom komentar, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *