Bacaterus / Makanan / 10 Bahan Makanan Murah yang Dapat Memperbaiki Kulit

10 Bahan Makanan Murah yang Dapat Memperbaiki Kulit

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Good Readers, sedih gak sih kalau tiba-tiba muka kalian timbul jerawat? Atau mungkin muka kalian minyakan parah? Atau mungkin beberapa dari kalian ada yang mukanya kering banget sampe ngelupas bahkan perih-perih? Masalah-masalah di atas jelas bakal mengganggu keseharian karena kita jad gak pede dalam berpenampilan.

Biasanya kalau sudah ketemu masalah-masalah tersebut, kita langsung ambil gerak cepat mencari berbagai macam skincare. Nanya sana sini dari mulai teman, ibu kita, beauty assistant, semua dicurhatin masalah kulit.

Akhirnya kita jadi dapat banyak referensi dan malah bingung sendiri. Kata si ini begini, kata si itu begitu. Ujung-ujungnya, kita jadi coba-coba berbagai macam produk dan malah kondisi kulit kita malah makin parah! Hayooo siapa yang pernah mengalami hal ini?

Sebenarnya, ketika kulit kita bermasalah seperti timbulnya jerawat atau kering, kulit kita sedang memberitahu sesuatu. Memang gak salah kalau kita mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan produk perawatan wajah, tapi apakah masalah berhenti sampai disitu?

Ternyata tidak Good Readers. Beberapa orang masih sering menemui masalah tersebut meski sudah diatasi dengan produk skincare dari yang termurah sampe yang High end, dari yang berbahan alami apalagi yang sampe menggunakan kandungan kimia yang tinggi. Duh! Kalau sudah begini, terus harus gimana dong?

Cara paling mudah dan alami adalah dengan menjaga pola makan. Seriously! Apa yang kita makan akan sangat berpengaruh pada kesehatan kita. Kesehatan tidak melulu tentang apa yang ada di dalam tubuh, tapi juga berpengaruh dengan bagian terluar tubuh yakni, kulit.

Karena itu, menjaga pola makan akan sangat membantu memperbaiki kondisi kulit. Bahkan, skincare berharga jutaan-pun akan jadi percuma bila kita tidak menjaga pola makan, karena sebenarnya, masalahnya berasal dari dalam tubuh kita sendiri.

Namun, gak sembarang makanan juga yang bisa kalian makan. Makanan yang berminyak dan mengandung kolesterol tinggi tentu saja gak baik buat kulit. Nah, kali ini bacaterus akan ngasih tahu kamu, makanan-makanan apa saja yang bisa membantu kamu memperbaiki kulit. Bahan makanan ini sangat mudah dicari di pasaran dan juga murah meriah lho. Yuk disimak!

1. Tomat

tomat

* sumber: wanitamedan.com

Buah yang biasanya ada di campuran tumisan, sambel, dan sayur ini mudah sekali didapatkan. Hampir semua pasar dan supermarket menjual tomat. Kamu bahkan bisa menanam buah ini sendiri di rumah dengan mudah. Kalau kamu bukan penyuka tomat, mulai sekarang coba biasakan mengonsumsi tomat karena buah ini mengandung banyak vitamin yang baik untuk kulit.

Tomat merupakan sumber vitamin C yang baik. Di dalam tomat juga terkandung Carotenoid yang terdiri dari lycopene, beta-carotene, dan juga lutein yang baik untuk menangkal penuaan. Namun, carotenoid ini membutuhkan lemak untuk bisa terserap dengan baik oleh tubuh. Karena itu, untuk hasil yang maksimal, kamu bisa mengonsumsi tomat dibarengi dengan keju ataupun olive oil.

2. Jeruk

jeruk

* sumber: www.healthcuretips.com

Sama hal nya dengan tomat, jeruk juga merupakan sumber vitamin C yang baik. Vitamin C adalah vitamin yang membentuk collagen, yakni  zat yang membuat tekstur kulit kenyal dan elastis.  Karena itu, dengan rutin mengonsumsi jeruk, bukan tidak mungkin kulit kamu akan selalu sehat, muda, dan jauh dari penuaan.

3. Pepaya

pepaya

* sumber: 2.bp.blogspot.com

Buah yang berbiji hitam kecil-kecil dan berdaging oranye ini memiliki rasa yang manis. Kalau kamu sudah pernah mencobanya, kamu pasti akan menyadari buah pepaya ini memiliki serat. Serat atau fiber itu tidak hanya dapat melancarkan pencernaan, tapi ternyata juga dapat membuat wajahmu glowing, lho!

Selain itu, vitamin dan mineral yang juga terkandung di dalam papaya bisa membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Tak hanya enak dimakan, papaya juga bisa kamu jadikan masker. Masker ini akan membantu mencerahkan wajahmu.

4. Teh Hijau

 

teh hijau

* sumber: storage.googleapis.com

Teh hijau dikenal sebagai sumber antioksidan yang tinggi. Antioksidan berfungsi sebagai penangkal radikal bebas, sedangkan radikal bebas ini bisa berasal dari sinar matahari. Jadi, mengonsumsi teh hijau di pagi hari, dapat membantu menjauhkan kulitmu dari efek buruk sinar matahari.

Sekarang ini banyak sekali makanan dan minuman dengan bahan dasar Teh hijau atau matcha. Namun konsumsi teh paling mudah dan murah adalah dengan menyeduh teh hijau celup. Selain mudah didapat di pasaran dan harganya murah, manfaatnya juga sangat besar buat kulitmu. Yuk ganti kopi-mu dengan teh!

5. Ubi

ubi

* sumber: draxe.com

Memiliki nama lain ‘sweet potato’, ubi memang masih satu keluarga dengan kentang. Biasanya, ubi memang lebih populer di kalangan orang tua. Namun kamu harus coba untuk mulai mengonsumsi ubi dari sekarang.

Pasalnya, ubi kaya akan vitamin A khususnya carotenoid. Carotenoid dalam tubuh berperan sebagai ‘sunblock’ alami yang menjaga kulit dari sengatan matahari. Bila kulit terlindungi, otomatis kulitmu akan lebih sehat dan jauh dari penuaan. Hmmm gak heran ya banyak orang tua yang doyan makan ubi. Hehe..

6. Tahu dan Tempe

tahu tempe

* sumber: orig00.deviantart.net

Tahu dan Tempe mungkin dikenal sebagai lauk pauk segala umat. Bahan makanan ini bisa kamu temui di semua pasar tradisional manapun. Harganya pun sangat murah. Kacang kedelai yang menjadi bahan baku utama makanan inilah yang memiliki khasiat besar untuk kulit.

Kacang kedelai mengandung isoflavon yakni protein yang dapat memperbaiki elastisitas kulit. Selain itu, kacang kedelai juga dapat membantu menambah kolagen di kulit sehingga kulit lebih kenyal dan halus. Bahagia banget kan, dengan makan tahu tempe saja kulitmu bisa jadi sehat!

7. Telur

telur

* sumber: d3awvtnmmsvyot.cloudfront.net

Bahan makanan yang mungkin selalu ada di kulkasmu ini merupakan sumber protein yang baik. Protein di dalam telur berfungsi membantu memperbaiki sel kulit. Kandungan biotin dan vitamin di dalam telur juga membantu pembentukan kolagen sehingga tekstur kulit menjadi kenyal dan sehat.

Namun, kamu harus ingat, telur tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak karena bisa jadi kamu malah kelebihan protein. Cukup konsumsi 1 telur per-hari untuk kulit yang lebih sehat.

8. Alpukat

alpukat

* sumber: www.sickchirpse.com

Banyak sekali produk perawatan kulit yang menggunakan alpukat sebagai bahan dasar mereka. Hal ini gak mengejutkan karena memang banyak manfaat yang bisa diambil dari buah berwarna hijau ini.

Alpukat mengandung vitamin A, D, E, fatty acid, dan phytonutrient. Fatty acid di dalam alpukat membuat kulit fleksibel dan ternutrisi, sedangkan vitamin E dikenal dengan antioksidan yang baik. Yuk mulai hunting alpukat di pasar terdekat di rumahmu!

9. Ikan sarden

Sarden

* sumber: resepkoki.id

Ikan sarden biasanya bisa kita temukan di makanan kaleng yang banyak dijual di pasar atau warung-warung. Ikan sarden ini bisa bikin muka kamu glowing lho!

Kenapa? Karena ikan sarden mengandung banyak omega 3. Omega 3 sendiri dikenal sangat baik untuk menjaga elastisitas kulit. Selain itu omega 3 juga membantu mengurangi peradangan, karena itu mengonsumsi ikan sarden juga dapat membantu memperbaiki kulit kamu yang berjerawat.

10. Kuaci

kwaci

* sumber: pramoda.co.in

Kuaci atau biji bunga matahari ini banyak dijual di warung-warung dengan harga yang terjangkau. Kalau kamu ingin kulitmu sehat bebas jerawat, kamu mungkin bisa mengganti cemilan keripikmu dengan kuaci ini. Pasalnya, kuaci mengandung vitamin E yang tinggi, dimana vitamin E dikenal sebagai sumber antioksidan yang tinggi.

Nah, ternyata untuk mendapatkan kulit yang sehat, kamu gak perlu susah-susah mencari makanan yang mahal dan sulit dicari. Bahan makanan yang banyak dijual di pasaran seperti makanan di atas juga banyak mengandung manfaat yang baik untuk kulitmu.

Yang paling penting adalah menjaga pola makan yang sehat dan juga dibarengi dengan perawatan luar yang tidak berlebihan akan membantumu memiliki kulit yang sehat. Kamu punya rekomendasi makanan lain yang membuat kulitmu lebih sehat? Yuk berbagi cerita dengan kami di kolom komentar.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

  1. tks, infonya sangat bermanfaaf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *