Bacaterus / Pet / Inilah Makanan Landak Mini yang Menyehatkan Peliharaanmu

Inilah Makanan Landak Mini yang Menyehatkan Peliharaanmu

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Landak adalah hewan liar, tapi, ada landak domestik yang bisa menjadi hewan peliharaan. Ialah landak mini. Ciri-cirinya bisa dilihat dari ukurannya yang tidak akan melebihi tangan orang dewasa, perutnya yang putih dan durinya yang tidak terlalu tajam.

Landak mini adalah hewan peliharaan yang tenang, menghibur dan perawatannya rendah. Mereka aktif di malam hari, jadi cocok banget buat orang-orang yang jam kerjanya dari pagi hingga sore.

Anda tak perlu khawatir meninggalkan landak mini sendirian di rumah karena mereka biasanya tidur saat pukul segitu. Dan, Anda tak perlu khawatir mereka menjadi kesepian, karena landak mini merupakan hewan soliter, sehingga lebih suka tinggal sendiri. Justru, mereka cenderung sering berantem dengan landak lainnya jika dimasukkan ke dalam satu kandang yang sama.

Lalu, apa makanan landak mini? Hewan peliharaan Anda akan tumbuh subur dengan diet tinggi protein, kaya chitin, tapi rendah lemak. Berbeda dengan hewan liar yang masih kerabat dengan mereka, landak mini tidak berhibernasi dan tidak membutuhkan banyak energi.

Tapi, mereka merupakan pemakan yang rakus, sehingga rentan terhadap obesitas. Anda sebagai pemilik atau pun calon pemilik perlu mengatur dengan cermat pemberian makan si kecil landak.

Makanan Utama

Di alam liar, landak mini mengonsumsi hewan kecil dan serangga seperti cacing, ulat, kaki seribu, siput, mealworm, cacing tanah, siput, kumbang darat, bayi tikus, hewan kecil, serta beberapa buah dan sayuran. Tapi, itu untuk landak yang hidup di alam, yang mencari makan sendiri dan banyak bergerak. Jadi, untuk landak rumahan makanan-makanan ini belum tentu cocok.

Seperti pemberian serangga, itu harus dibatasi karena kalau kebanyakan bisa membuat mereka terlalu gendut. Serangga dianggap treat atau snack, makanan yang boleh diberikan sesekali saja. Supaya tak bingung lagi, berikut adalah makanan-makanan terbaik untuk dikonsumsi landak mini yang telah Bacaterus rangkum untuk Anda.

1. Makanan Landak Khusus

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Pilihan terbaik untuk diberikan pada hewan peliharaan Anda tentu makanan khusus landak mini. Walaupun tidak sepopuler makanan anjing dan kucing, makanan landak mini juga bisa Anda temukan di pet shop.

2. Cat Food Kering

* sumber: catappy.com

Jika Anda tidak dapat menemukan makanan landak khusus, Anda bisa memberikan mereka makanan kucing. Karena memang, makanan landak komersial tidak selalu tersedia, bagaimanapun juga hewan peliharaan yang paling populer adalah kucing dan anjing, bahkan hamster dan kelinci lebih populer daripada landak mini.

Makanan kucing tersedia di mana-mana, di pet shop, di supermarket, bahkan minimarket. Makanan kucing biasanya mengandung protein yang tinggi. Dan, orang-orang lebih memilih makanan kucing daripada makanan anjing karena ukurannya kecil-kecil sehingga masih bisa dimakan landak mini.

Tapi, tetap saja ini bukan makanan landak mini yang ideal, jadi Anda sebaiknya tetap mencari dulu makanan landak sebelum akhirnya menyerah dan memilih makanan kucing.

3. Dog Food Kering

* sumber: www.bjs.com

Selain makanan kucing kering, makanan anjing juga bisa menjadi pilihan Anda. Tapi, pastikan mereka high-quality dan berukuran kecil-kecil, sehingga mudah dimakan landak mini Anda.

4. Cacing

Landak di alam liar memakan serangga dan invertebrata, termasuk cacing, siput, keong, kumbang, ulat bulu, earwig dan kaki seribu. Tapi, Anda tentu akan merasa jijik untuk menangkap semua hewan itu dan melihat landak mini Anda mengonsumsinya, bukan?

Tenang saja, ada cacing kering yang dijual secara luas. Walaupun begitu, jangan terlalu sering memberikan makanan ini, ya. Dan, jangan terlalu banyak juga. Karena cacing kering termasuk snack untuk landak mini.

5. Daging Tanpa Lemak

* sumber: www.calgaryherald.com

Landak mini boleh makan daging juga, loh. Tapi, harus matang, jangan dikasih yang mentah, ya. Dagingnya juga harus dipilih-pilih, yaitu harus lean meat alias daging tanpa lemak atau yang kandungan lemaknya sangat rendah.

Beberapa contohnya adalah daging dada ayam (tanpa kulit), daging kelinci, daging kalkun, daging merah (daging babi tanpa lemak, daging rusa dll).

Makanan Selingan

Seperti kita yang suka ngemil, hewan peliharaan juga suka diberi snack. Berikut adalah beberapa treat atau makanan selingan yang cocok buat landak mini.

1. Buah

*Sumber: https://id.pinterest.com/pin/452541462549124562/?lp=true

Landak mini bisa makan buah beri, kiwi, pepaya, semangka, persik, ceri, pisang, apel, bluberi, melon honeydew, mangga, raspberryn, nanas dan stroberi. Tapi, tetap dibatasi jangan terlalu banyak, ya! Namanya juga snack, bukan makanan pokok. Dan, walau terkesan sehat, buah mengandung gula, dan pemberian gula terlalu banyak untuk landak mini tidaklah bijaksana.

2. Sayur

Idealnya, Anda bisa memasukkan sebagian kecil buah dan sayuran kepada makanan harian landak. Beberapa buah dan sayuran yang direkomendasikan yang diet hewan peliharaan Anda adalah kacang-kacangan, wortel, asparagus, bell pepper, wortel, jagung, buncis, kacang polong, ubi jalar, lobak, timun Jepang, radish dan zukini.

Semua sayuran harus dipotong kecil-kecil dan sebagian besar harus dimasak (boleh dalam microwave, direbus, atau dikukus sehingga lunak). Terutama sayuran keras seperti wortel, lobak dan ubi harus dimasak untuk mencegah bahaya tersedak.

Ada juga, nih, sayuran yang pakai *warning*. Jagung dan kacang polong mengandung fosfor berlebih yang akan mengurangi penyerapan kalsium, jadi sebaiknya hanya diberikan dalam jumlah kecil.

3. Makanan Lembab

* sumber: www.chichesterpost.co.uk

Anda bisa memberikan makanan lembab juga sebagai treat. Kenapa makanan lembab tergolong makanan selingan? Karena makanan lembab mengandung sedikit serat, sedangkan makanan kering biasanya lebih tinggi serat.

Diantaranya adalah makanan kucing kalengan atau makanan musang. Ada juga jenis makanan lembab yang bisa Anda berikan untuk landak, yaitu telur orak-arik atau telur rebus dan makanan bayi.

Keuntungan makanan bayi adalah mudah disimpan dan relatif murah. Pilih makanan bayi yang mengandung daging, ya. Seperti daging sapi, daging ayam, dsb. Terus, makanan bayi yang berbau buah-buahan seperti puree apel, puree peach juga boleh.

Tapi, perlu diperhatikan juga, nih. Makanan-makanan instan bisa mengandung gula, bawang bubuk, garam dan bahan-bahan yang sebaiknya dihindari landak mini. Jadi, jangan memberikan makanan bayi terlalu sering pada mereka.

Lalu, landak dianggap agak tidak toleran laktosa, sehingga tidak dianjurkan diberi susu. Tapi, yogurt dan keju cottage tampaknya lebih mudah dicerna sehingga bisa diberikan pada landak (walaupun dalam jumlah terbatas). Yoghurt dan keju cottage akan memberikan kalsium ekstra dan yogurt akan menyediakan bakteri yang menguntungkan.

Selain makanan-makanan yang sudah disebutkan di atas, ada juga makanan yang tergolong snack untuk landak mini, yaitu: jamur dan biji bunga matahari.

Minum

Jangan lupa kasih minum! Anda harus memberi mereka air minum menggunakan botol air, piring, atau mangkuk dangkal karena mereka membutuhkan sumber air bersih.

Makanan yang Dihindari

* sumber: heavenlyhedgies.com

Mengetahui apa yang dimakan landak dapat membantu Anda menjaga kondisi kesehatannya yang baik, tetapi untuk membuatnya lebih baik lagi, Anda juga harus menghindari makanan yang tidak perlu.

So, apa makanan yang sebaiknya tidak diberikan pada landak mini? Tunas kentang (atau mata kentang) sangat beracun bagi hewan, termasuk landak mini. Jangan pernah juga memberi mereka brokoli, kembang kol dan paprika karena dapat menyebabkan stres pencernaan.

Jauhkan pula dari buah kering karena kadar gulanya tinggi. Jangan pernah biarkan hewan peliharaan Anda mengunyah serangga mati karena mengandung bakteri. Susu juga tidak boleh, karena mereka lactose intolerant.

Selain itu, hindari juga roti, alpukat, daging mentah, jeruk, kismis, bawang, anggur, cokelat, makanan yang digoreng, makanan keras (almond, kacang, wortel mentah) karena menyebabkan tersedak.

Lalu, makanan lengket seperti kismis dan buah kering lainnya karena selain mengandung gula yang tinggi, mereka juga lengket dan cenderung menempel ke langit-langit mulut landak, yang menyebabkan sakit gigi jika dibiarkan. Makanan yang terlalu berserat seperti celery stick, telur mentah, serta makanan asin seperti daging, ikan dan sayur kalengan.

Landak setidaknya harus mengonsumsi 20% protein dan serat dengan jumlah dua digit (antara 10-99%) sebagai makanan pokok. Anda juga harus memastikan makanan mereka mengandung L-karnitin untuk kesehatan jantung.

Anda juga sebaiknya memberikan serangga hidup, daging ayam yang sudah dimasak, sayuran dan buah-buahan. Sejumlah kecil makanan kucing kaleng dapat ditawarkan sebagai treat atau snack. Jauhi biji, kismis, dan buah-buahan dan sayuran kering (mereka tersangkut di mulut mereka).

Setelah mengetahui semua makanan yang baik untuk landak mini, apakah kamu berminat untuk memelihara hewan unik ini? Atau kamu sudah punya pengalaman memelihara landak mini? Yuk, bagikan ceritamu di kolom komentar!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *