Bacaterus / Kelinci / 5 Jenis Makanan Kelinci Angora yang Bagus untuk Bulunya

5 Jenis Makanan Kelinci Angora yang Bagus untuk Bulunya

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Desember 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Berbulu panjang, lembut dan halus. Itulah yang menjadi daya tarik kelinci angora yang membuat para pecinta binatang menyukai kelinci angora. Varietas menggemaskan berbulu lebat ini tidak hanya dipelihara sebagai “teman” bermain, melainkan untuk diambil bulunya sebagai bahan wool.

Bisnis bulu kelinci berkembang di negara-negara barat seperti Eropa dan Amerika. Mereka mencukur bulu kelinci angora setiap 4-5 bulan sekali. Selain disisir dan dipotong agar bulu tidak menghalangi mata kelinci angora, pemilik atau peternak kelinci angora memberi pakan khusus agar bulu tidak rontok dan kelinci pun dapat tumbuh dengan sehat dan lebat.

Asal Usul Kelinci Angora

Asal Usul Kelinci Angora

* sumber: information-pets.blogspot.com

Menurut catatan dari www.angoras.co.uk sejarah angora berawal dari masa romawi kuno. Hal itu berdasarkan periode penggunaan wool di 100 abad sebelum masehi. Kelinci angora diketahui berasal dari ibukota Turki, Ankara, sama seperti kucing dan domba angora.

Kelinci angora awalnya dibawa ke Perancis tahun 1723. segera, kelinci berbulu antik ini menjadi peliharaan yang popular di sana sejak pertengahan abad ke-18. Popularitas angora menyebar ke negara lain dan banyak yang berminat memelihara kelinci dari ras ningrat ini.

Banyak negara-negara eropa dan Amerika yang memelihara kelinci ini. Kelinci angora dengan bulunya yang lebat dimanfaatkan sebagai bahan baku pakaian musim dingin. Amerika adalah salah satu negara yang memproduksi benang wool dari bulu kelinci angora.

Mereka memproduksi wool sebagai bahan pakaian secara besar-besaran sejak awal abad 20-an. Bulu kelinci angora selembut sutra. Teksturnya mirip bulu domba tapi lebih halus. Oleh sebab itu teksturnya cocok untuk dijadikan bahan pakaian.

Karena diketahui sebagai binatang yang bernilai ekonomis tinggi, sampai sekarang orang-orang tertarik membeli dan menjualnya. Untuk mendapatkan bulu angora yang bagus dengan tekstur yang lembut harus diperhatikan cara merawatnya.

Salah satunya adalah dengan memberi pakan yang bergizi dan menjaga kebersihan kandangnya. Serta perhatikan air minum untuk kelinci. Meskipun beberapa literatur tentang kelinci menyebutkan bahwa kelinci mendapat air dari makanan yang dimakannya.

Kelinci tetap membutuhkan air minum untuk mencerna makanan. Perhatikan pula cara menyimpan tempat air minum kelinci. Jangan disimpan di bawah. Kelinci cukup aktif di dalam kandang dikhawatirkan air akan membuat kelinci basah.

Makanan Kelinci Angora

Makanan Kelinci Angora

* sumber: www.rabbitcaretips.com

Pada dasarnya kelinci menyukai wortel dan rerumputan hijau sebagai makanannya. Namun, saat ini pecinta kelinci dimudahkan dengan makanan buatan pabrik. Makanan tersebut diklaim mengandung nutrisi dan vitamin yang berguna bagi pertumbuhan kelinci angora.

Tapi ada makanan khusus untuk membuat bulu kelinci angora tumbuh lebat dan tidak rontok. Pemberian makanan khusus ini dapat kamu berikan selang-seling dengan pakan utama.

1. Sayuran Hijau

Sayuran Hijau

* sumber: blog.mybalancemeals.com

Layaknya manusia, kelinci angora butuh sayuran untuk tetap sehat. Mengkonsumsi sayuran hijau adalah kunci agar tubuh sehat dan bugar. Ini berlaku bagi kelinci angora yang memang merupakan binatang pemilih makanan.

Kelinci angora butuh serat agar pencernaan lancar dan dapat tumbuh dengan baik. Sayuran hijau yang segar dan berkualitas bagus membantu proses pencernaan, peredaran darah dan sekresi dengan baik.

Banyak sayuran hijau yang bisa kamu berikan kepada kelinci, misalnya saja kangkung atau sawi hijau, selada, kol, brokoli dan lain-lain. Namun, ada baiknya memperhatikan sayuran mana yang disukai oleh kelinci.

Pilih sayuran yang segar dan bebas dari pestisida. Akan lebih baik lagi jika sayuran dicuci sebelum diberikan kepaa kelinci agar pestisida yang mungkin menempel pada sayuran hilang bersama dengan air cucian sayuran.

2. Buah-Buahan

Buah-Buahan

* sumber: www.basket.com

Pakan kelinci berserat tinggi yang bisa kamu berikan kepada kelinci angora adalah buah-buahan. Buahan-buahan kaya akan serat dan vitamin yang baik bagi kesehatan. Bahkan para ahli pun menyarankan untuk mengkonsumsi buah-buahan setiap hari.

Namun, kamu tidak perlu memberi makan kelinci angoramu dengan buah-buahan setiap hari loh ya. Pakan buah-buahan dapat kamu berikan sebagai makanan selingan selain jerami dan sayuran hijau.

Dalam buah-buahan terdapat serat dan berbagai vitamin yang berguna bagi tubuh kelinci. Terlebih lagi pencernaan kelinci tidak kuat pencernaan mahluk lainnya. Kamu perlu memberi buah-buahan agar kelinci tumbuh sehat.

Buah-buahan yang dapat dijadikan pakan kelinci di antaranya adalah pepaya, apel dan tomat. Potong-potong buah-buahan tersebut dengan ukuran yang dapat dimakan oleh kelinci angora.

Tempatkan pada wadah yang bersih. Jangan simpan wadah di dalam kandang agar wadah makanan tidak mengotori bulu-bulu halus angora yang tebal dan panjang.

3. Jerami

Jerami

* sumber: www.animaltrust.org.uk

Jerami kering atau hay adalah pakan utama bagi kelinci. Pakan ini tidak terbatas pada ras atau jenis kelinci tertentu namun. Semua kelinci memakan rumput kering ini untuk bertahan hidup.

Jenis jerami atau rumput kering yang biasa digunakan sebagai pakan kelinci angora adalah orchard grass, coastal hay dan bermuda hay. Sayangnya, banyak peternak dan pecinta kelinci yang beranggapan bahwa kelinci tidak suka makan jerami.

Mereka berpikir bahwa kelinci hanya suka sayuran dan umbi-umbian saja. Padahal jerami sangat dibutuhkan oleh kelinci untuk mencerna makanannya.

Kelinci merupakan binatang yang mempunyai pencernaan sensitif. Ia butuh makanan bergizi dengan serat tinggi. Rumput merupakan makanan yang terdiri dari 80% serat. Oleh sebab itu, rumput sangat baik sebagai pakan baik untuk kelinci angora dan kelinci lainnya juga.

Gizi dan nutrisi lainnya bisa didapatkan dari pakan selingan lainnya seperti sayuran, buah-buahan dan makanan lainnya. Pakan ini bisa diberikan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

Yang unik dari jerami ini adalah fungsi khusus bagi proses pencernaan makanan kelinci angora. Kelinci angora termasuk binatang yang dapat mandi sendiri, sama seperti kucing. Ia menjilat bulunya untuk membersihkan diri.

Bulu-bulu kelinci angora yang panjang dan tebal ikut termakan saat membersihkan diri. Bulu-bulu tersebut masuk dan menggumpal di dalam organ pencernaan kelinci. Ini menyebabkan penyumbatan di dalam perut kelinci.

Meski kelinci angora merupakan mahluk yang rajin membersihkan diri, ia tidak diberi kemampuan untuk menangani masalah bulu yang ikut termakan saat menjilat bulu-bulu di tubuhnya.

Di sini lah peran jerami. Jerami yang dimakan oleh kelinci angora dapat mengurai bulu-bulu yang termakan oleh kelinci angora. Rerumputan kering tersebut dicerna dan beradaptasi dengan baik sehingga selanjutnya bulu tersebut akan keluar bersama kotoran.

Baca juga: 10 Makanan yang Baik untuk Kelinci Kesayangan Kamu

4. Pelet

Pelet

* sumber: www.petwebsite.co.uk

Pelet berbentuk menyerupai pil yang berbentuk lonjong. Pelet dibuat dari campuran berbagai macam bahan makanan yang biasa dikonsumsi kelinci angora. Namun, ada tambahan nutrisi lain yang dimasukkan ke dalam pelet.

Vitamin dan kalsium di dalam pelet merupakan makanan tambahan agar kelinci dapat tumbuh dengan baik. Jika kamu memberikan pakan berupa pelet kepada kelinci angora, sebaiknya teliti dahulu kandungan nutrisinya.

Pasalnya di dalam pelet mengandung bahan kimia yang bisa saja berdampak buruk terhadap kelinci. Berikan pelet dalam jumlah kecil kepada kelinci pada pemberian pakan pertama dan lihat reaksi kelinci.

Apabila kelinci angora kesayanganmu tidak menunjukan tanda-tanda sakit atau mencret kamu bisa meneruskan pakan pelet untuk kelinci angoramu. Namun, jika kelinci angora malah sakit segera hentikan dan ganti dengan pakan yang lain.

Selain itu, pemberian pelet untuk kelinci memang tidak disarankan terlalu sering. Sebab bagaimana pun juga pemberian pakan organik lebih disarankan karena gizi yang terkandung di dalamnya masih segar dan bebas dari bahan kimia.

Terlebih lagi pelet tidak bisa membantu kelinci angora mengasah gigi. Jika kelinci tidak mengasah giginya dikhawatirkan gigi kelinci akan tonggos bahkan berakibat buruk di masa depan.

5. Umbi-Umbian

Umbi-Umbian

Salah satu makanan favorit kelinci angora adalah umbi-umbian. Selain wortel kelinci angora juga lahap memakan makanan yang tumbuh di dalam tanah ini. Umbi yang bisa kamu gunakan sebagai pakan misalnya ubi jalar.

Ubi jalar tinggi akan serat dan kalori dan bisa menjadi makanan alternatif bagi kelinci angora. Vitamin yang terkandung di dalam ubi jalar juga cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi kelinci.

Ubi jalar juga dapat dijadikan sebagai obat saat kelinci terkena sembelit. Di dalam kandungan ubi jalar terdapat zat yang dapat menyerap lemak dan kolesterol kelinci. Jadi, kalau pencernaan kelinci terganggu, kamu dapat memberi ubi jalar sebagai obat.

Itulah makanan untuk kelinci angora agar bulunya yang bisa kamu berikan untuk pakan kelinci angoramu. Bulu angora yang teriihat cantik tentu akan membuat penampilan angora kesayangamu semakin menggemaskan, bukan? Apalagi harganya bisa semakin melambung kalau kelinci angoramu tampak cantik dan sehat.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *