Bacaterus / Ikan / 12 Jenis Makanan Alami dan Buatan untuk Ikan Mujair

12 Jenis Makanan Alami dan Buatan untuk Ikan Mujair

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ikan mujair merupakan jenis ikan yang mungkin sering sekali kamu temukan di pasaran. Ikan mujair adalah satu jenis ikan yang dapat jadi sumber protein untuk tubuhmu. Jika kamu senang dengan ikan mujair dan berencana membudidayakannya, maka kamu perlu tahu pakan yang biasa mereka makan. Berikut ini beberapa pakan alami dan buatan yang dapat kamu gunakan.

1. Daun Talas

Daun Talas

* sumber: aceh.tribunnews.com

Makanan ikan mujair yang satu ini tentunya pernah kamu lihat. Talas merupakan tanaman dengan daun berbentuk hati dengan ukuran yang sangat lebar. Talas merupakan tumbuhan yang diperkirakan berasal dari Asia Tenggara, yang telah ada sejak zaman purba.

Daun talas muda dan tua dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak untuk ikan mujair. Daun talas biasanya digunakan dengan tujuan untuk meningkatkan berat badan dari ikan mujair. Selain itu, tanaman ini juga mudah untuk didapatkan dan mudah perawatannya, sehingga bisa lebih hemat.

2. Kayu Apu Dadak

Kayu Apu Dadak

* sumber: www.biolib.cz

Tanaman kayu apu dadak atau Azolla pinnata merupakan tanaman dari jenis pakis air. Tumbuhan ini biasanya sering terlihat mengambang di persawahan. Kkayu apu dadak memiliki bentuk yang kecil dengan daun yang berbentuk segitiga. Ukurannya sekitar 1-5 cm dan daunya saling tumpang tindih, tampak bergerombol

Tanaman ini dapat bersimbiosis dengan bakteri biru atau Anabaena azollae yang dapat mengikat nitrogen. Kemampuan dari tumbuhan ini sangat baik untuk mengolah limbah dalam air. Selain itu azolla pinnata biasa digunakan oleh petani pupuk organik untuk lahan persawahan.

Kandungan protein yang terdapat dalam tanaman kayu apu dadak ini membuatnya dapat digunakan sebagai pakan ternak unggas dan ikan. Satu di antaranya adalah digunakan sebagai pakan untuk ikan mujair. Selain dari protein, yang terkandung dalam kayu apu dadak juga ada kalium dan fosfor.

3. Kangkung

Kangkung

* sumber: mediaindonesia.com

Siapa yang tak kenal dengan tanaman kangkung, semua pasti pernah mencoba makan tumis kangkung. Kangkung merupakan tanaman yang sangat mudah kamu temukan di mana-mana, tanaman ini masuk dalam spesies Ipomea aquatica Forsk.. Kangkung juga dapat digunakan sebagai pakan ikan mujair.

Kangkung merupakan pakan yang biasa digunakan agar ikan mujair dapat tumbuh dengan cepat. Ikan anakan atau ikan yang masih kecil sangat cocok kamu beri kangkung sebagai pakan mereka. penggunakan kangkung akan menghemat pengeluaran untuk pakan karena harganya murah.

4. Pisang

Pisang

* sumber: www.kanalaceh.com

Pisang merupakan buah-buahan yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh manusia. Tetapi pisang juga merupakan pakan ternak yang baik untuk kamu berikan kepada ikan mujair peliharaanmu. Kandungan potasium yang terdapat dalam pisang juga sangat baik dikonsumsi oleh ikan mujair.

Tetapi pakan pisang memiliki satu kelemahan yaitu mudah terurai jika terlalu lama didiamkan. Jika terlalu lama didiamkan di dalam kolam, maka kolam akan menjadi kotor dan juga keruh. Sehingga kamu tidak dapat menggunakan pisang sebagai pakan ikan mujair setiap saat.

5. Kecambah

Kecambah

* sumber: nusantaranews.co

Jika kamu memerlukan pakan ikan mujair yang dapat dengan mudah kamu temukan di pasar, kamu mesti coba kecambah. Kecambah merupakan satu pakan yang dapat kamu gunakan untuk ikan mujair. Kecambah memiliki ukuran yang kecil sehingga akan sangat mudah untuk dikonsumsi oleh ikan.

Pemberian kecambah tidak akan membuat kolam menjadi keruh atau kotor. Jika kamu ingin menggunakan kecambah, sebaiknya kecambah tersebut kamu cuci dan merebusnya terlebih dahulu. Sehingga teksturnya akan lebih empuk dan ikan-ikan akan lebih menyukainya.

6. Tumbuhan Hijau

Tumbuhan Hijau

* sumber: www.dream.co.id

Selain daun talas kamu juga dapat memberikan beragam tumbuhan hijau sebagai pakan alami untuk ikan mujair. Satu contoh daun singkong, kamu dapat menggunakan daun singkong sebagai pakan untuk ikan mujair. Kamu sendiri dapat menanamnya di pinggir-pinggir kolam, sehingga lebih hemat.

Daun-daunan yang berasal dari sayuran atau juga tanaman yang kamu tanam sendiri dapat menjadi pakan ikan mujair. Semua dedaunan hijau itu dapat membuat ikan mujair tumbuh dengan cepat. Tetapi jika mendapat sayuran dari pasar maka harus mencucinya agar terbebas dari pestisida.

7. Lumut

Lumut

* sumber: wartapancing.blogspot.com

Pakan yang satu ini tentunya kan mudah kamu dapatkan. Lumut merupakan tumbuhan yang dapat kamu temukan dengan mudah di setiap kolam ikan. Hal itu karena lumut akan tumbuh secara alami di tempat-tempat yang lembab. Sehingga setiap kolam ikan tentunya akan memiliki lumut di kolamnya.

Lumut biasanya lebih sering kamu gunakan untuk umpan saat memancing. Bahkan saat ini juga banyak yang menjual esensi lumut untuk umpan mancing ikan, hal itu karena ikan sangat menyukai lumut. Selain itu kamu juga dapat menghemat karena lumut tumbuh dengan sendirinya.

8. Cacing Tanah

Cacing Tanah

* sumber: omkicau.com

Cacing tanah selain digunakan sebagai umpan pada saat memancing, cacing tanah juga dapat digunakan sebagai pakan untuk ikan mujair. Cacing tanah memiliki kandungan protein dan lemak yang baik untuk pertumbuhan ikan mujair. Cacing tanah dapat mempercepat pertumbuhan dari ikan mujair.

Ikan sangat menyukai cacing tanah, kandungan mineral yang dimilikinya bisa mencapai hingga 60 persen. Tetapi harus diingat memberi makan dengan cacing tanah tidak sama halnya memberi makan dengan belatung putih. Belatung putih memiliki lemak yang tinggi sehingga tidak baik untuk ikan.

9. Artemia

Artemia

* sumber: www.algaebarn.com

Artemia merupakan jenis hewan air dengan ukuran yang sangat kecil. Artemia termasuk ke dalam jenis ikan primitif yang hidup di daerah pesisir. Artemia memiliki ukuran tubuh yang kecil sekitar 1-2 cm, dan berat badannya pun hanya sekitar 10 miligram per ekornya, dan kaya akan kandungan gizi.

Artemia merupakan pakan ikan yang sangat digemari peternak. Pakan yang satu ini dapat kamu gunakan sebagai bahan untuk anak ikan mujair, sehingga pertumbuhannya semakin pesat. Selain itu artemia juga sangat baik dijadikan pakan bagi bibit ikan mujair yang baru menetas.

10. Pelet Sayuran

Pelet Sayuran

* sumber: mulyonooji.blogspot.com

Selain dari bahan pakan yang alami, kamu juga dapat membuat pakan buatan yang dapat kamu buat sendiri. Kamu dapat menggunakan sayuran hijau untuk membuat pelet sayuran. Sayuran yang dapat kamu jadikan pelet di antaranya daun talas, selada, daun singkong, dan juga daun bayam.

Sayuran tersebut dihancurkan dan dicampur dengan dengan protein dari makanan laut kering, tepung ikan atau apapun disesuaikan dengan keuanganmu. Adonan tadi ditambah dengan air yang dimasukan secara sedikit demi sedikit. Tambahkan juga vitamin, bisa minyak ikan, semolina, dan yang lainnya.

Setelah teraduk dengan rata kamu bisa mencetaknya dengan gilingan mie atau daging, lalu dipotong kecil-kecil, sehingga bentuknya seperti pelet lalu dikeringkan. Pelet yang kamu buat sendiri dari bahan alami ini dapat bertahan sekitar 6 bulan di dalam mesin pendingin.

11. Pelet Cacing Tanah

Pelet Cacing Tanah

* sumber: mesinpeletpakanikanapung.wordpress.com

Cacing tanah memiliki kandungan protein dan lemak yang sangat membantu proses pertumbuhan dari ikan mujair. Cacing tanah tak hanya dapat kamu berikan mentah seperti saat memancing, tetapi kamu juga dapat membuatnya menjadi pelet. Pelet cacing tanah pun bisa kamu buat sendiri

Pelet cacing tanah dapat kamu buat dari cacing tanah yang telah kamu buat menjadi tepung. Kamu juga harus mempersiapkan telur ayam, terigu, dedak dan juga tepung kanji sebagai bahan tambahan. jika bahan telah siap, kamu dapat mencampur semuanya lalu cetak dan jemur hingga kering.

12. Pelet Bekicot

Pelet Bekicot

* sumber: www.akuatik.id

Jika kamu melihat penampilannya mungkin akan membuatmu terasa geli, dengan lendir yang dimilikinya. Tetapi bekicot juga dapat kamu jadikan pakan untuk ikan mujair. Bekicot merupakan hewan yang mudah untuk kamu temukan, sehingga kamu dapat mengolahnya untuk menjadi pelet.

Jika kamu ingin menjadikannya sebagai pelet kamu memerlukan bahan yang lain sebagai bahan pendampingnya. Bahan lainnya berupa dedak, jagung giling, ampas tahu, dan tepung kedelai. Tetapi selain kamu buat pelet, kamu juga dapat memberikannya langsung tanpa diolah terlebih dahulu.

Nah, itulah beberapa pakan yang dapat kamu gunakan jika kamu sedang membudidayakan ikan mujair. Ikan mujair sesungguhnya merupakan ikan yang tidak terlalu sukar untuk diberi makan. Mereka tidak terlalu pilih-pilih jenis makanan. Mereka termasuk jenis ikan yang dapat bertahan hidup dengan baik. Selain ikan mujair, kamu juga mungkin tertarik untuk membudidayakan jenis-jenis ikan nila ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *