Bacaterus / Ikan Mas / 10 Jenis Makanan Ikan Mas Agar Ikan Cepat Tumbuh Besar

10 Jenis Makanan Ikan Mas Agar Ikan Cepat Tumbuh Besar

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ikan mas merupakan salah satu jenis ikan yang banyak dikenal oleh masyarakat kita. Orang-orang menyukai ikan ini karena rasanya gurih serta dagingnya empuk. Ikan mas bisa diolah menjadi beragam masakan. Tak heran karena hal itu orang-orang tertarik untuk membudidayakan ikan mas.

Ikan Mas

* sumber: en.wikipedia.org

Jika kamu ingin berbisnis ikan mas, cara agar ikan cepat besar adalah pilihan makanannya. Untuk tahu jenis makanan ikan mas apa saja yang baik untuk pertumbuhannya, simak ulasan 10 jenis makanan ikan mas berikut ini.

1. Pelet

Pelet

Pelet merupakan salah satu pakan buatan yang banyak digunakan sebagai makanan oleh kebanyakan pembudidaya ikan mas untuk mempercepat pertumbuhan ikan. Makanan ikan mas ini sangat cocok diberikan pada ikan mas anakan ataupun dewasa.

Umumnya pelet dijadikan sebagai makanan utamanya oleh para peternak ikan mas. Hal itu karena jumlah gizi dan nutrisi yang terkandung di dalam makanan buatan ini sudah sesuai dengan kebutuhan ikan mas. Tak semua produk pelet mempunyai fungsi yang sama.

Ada pelet yang berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan ikan dan ada juga yang berfungsi lain. Agar ikan mas memiliki pertumbuhan yang cepat, pilihlah pelet yang memiliki kandungan protein tinggi sebanyak 32%. Tanyakan langsung ke penjual pelet yang untuk mempercepat pertumbuhan ikan mas.

2. Kroto

Kroto

* sumber: abahtani.com

Ternyata telur semut rangrang bisa digunakan menjadi makanan ikan mas. Telur yang disebut kroto tersebut mempunyai kandungan protein yang tinggi sekali. Karena mampu merangsang pertumbuhan ikan mas agar tumbuh lebih cepat, kroto cocok sekali untuk digunakan makanan ikan mas.

Kamu bisa mencari kroto di pohon-pohon yang rimbun. Sesudah mendapatkan kroto, pakan itu bisa langsung diberikan pada ikan mas sebagai pakan. Selain itu, sering kali kroto juga dijadikan sebagai  umpan ketika memancing ikan mas.

Sekarang ini kroto sudah banyak dibudidayakan, tetapi harga kroto ini tetap saja masih cukup mahal untuk para petani ikan mas. Ini karena keberadaan kroto sudah semakin langka dan sulit didapatkan.

3. Kotoran Ternak

Kotoran Ternak

* sumber: lisa.id

Umumnya, kotoran hewan ternak yang dapat dipakai sebagai bahan dasar pembuatan makanan ikan antara lain kotoran kelinci, ayam, kambing, dan sapi. Itu karena kotoran tersebut mempunyai kandungan nutrisi yang cukup tinggi.

Jenis nutrisi yang terkandung dalam kotoran hewan tersebut, antara lain, karbohidrat, protein, lemak, dan nutrisi lainnya. Kalau kamu berencana untuk membuat makanan organik menggunakan bahan dasar yang cepat terurai, maka dibutuhkan unsur hara nitrogen yang tinggi.

Hal ini karena jasad renik pengurai membutuhkan nitrogen untuk perkembangannya sampai akhirnya menjadi makanan organik yang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan bagus. Makanan buatan ini bagus untuk dijadikan makanan ikan mas koi ataupun jenis ikan mas lainnya.

Saat ini banyak sekali petani ikan mas yang menggunakan kotoran hewan ternak untuk dijadikan bahan pembuat pelet ikan. Akan tetapi sebelum jadi pelet ikan, terlebih dahulu kotoran ternak tersebut harus diolah dengan benar kemudian diberikan zat tambahan.

4. Cacing Sutra

Cacing Sutra

* sumber: rumahhewan.co.id

Makanan alami yang bisa kamu pilih untuk dijadikan makanan ikan mas adalah cacing sutra. Ikan mas sangat menyukai cacing sutera ini serta tubuh ikan mas bisa bertambah besar dengan cepat. Cacing sutra memiliki ciri yaitu berwarna merah muda dan ukurannya yang sangat halus.

Walaupun cacing sutra bagus untuk dijadikan makanan ikan mas, pastikan untuk membersihkannya terlebih dahulu sebelum memberikannya kepada ikan mas. Selain itu, pilih cacing yang mempunyai kualitas yang bagus agar tidak berdampak buruk pada kesehatan ikan mas peliharaanmu.

Sebelum diberikan sebagai makanan, sebaiknya cacing direndam selama 3 hari baru sesudah itu diberikan kepada ikan mas. Jika tidak dilakukan seperti itu, cacing sutra justru bisa menjadi pembawa bibit penyakit  untuk ikan mas dan membuatnya mudah mati.

5. Sekam Padi

Sekam Padi

Makanan ikan mas alternatif yang bisa jadi pilihan berikutnya adalah sekam padi. Ikan mas sebenarnya merupakan tipe ikan omnivora yaitu hewan pemakan daging dan tumbuhan. Salah satu tumbuhan yang bisa dibuat menjadi makanan ikan mas yaitu sekam padi ini.

Namun sekam padi jangan disajikan sebagai sekam padi saja. Berilah campuran tetes tebu, arang kelapa, dan tepung ikan. Kombinasi ini jika diendapkan kemudian akan menjadi pelet alami. Setelah menjadi pelet, maka kamu bisa memberikan makanan tersebut pada ikan mas dan lihatlah pertumbuhannya.

Selain memberikan makanan,  agar ikan mas cepat besar harus diikuti dengan pengelolaan kolam yang baik. Tujuannya agar ikan tidak stres hingga mati. Supaya kamu tidak rugi, pastikan jangan sampai ikan-ikan peliharaanmu mengalami stres.

Baca juga: 13 Jenis Ikan Mas untuk Konsumsi dan Akuarium yang Populer

6. Cacing Tanah

Cacing Tanah

* sumber: voi.id

Jika kamu sudah merasa kewalahan karena biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli pelet ikan, ada makanan ikan mas alternatif lainnya yang bisa kamu gunakan, yaitu cacing tanah. Tak hanya pelet, cacing tanah juga baik sekali untuk pertumbuhan ikan mas.

Hal ini karena cacing tanah mempunyai kandungan protein sampai 40% lebih sehingga bisa membantu tumbuh kembang ikan mas. Selain itu juga karena ikan mas menyukai cacing tanah sebagai makanan mereka. Untuk mendapatkan cacing tanah sangatlah mudah.

Kamu bisa mencari cacing tanah di tempat berlumpur atau kebun. Sebelum memberikan cacing tanah sebagai makanan ikan mas, sebaiknya cacing tersebut dicuci terlebih dahulu supaya tidak menimbulkan penyakit yang bisa menyebabkan ikan mas jadi mati.

7. Ulat Daun Pisang

Ulat Daun Pisang

Ulat daun pisang merupakan makanan ikan mas yang alami yang dapat dengan mudah dicari. Selain itu, ulat daun pisang juga memiliki gizi yang tinggi. Ulat daun pisang bagus sekali untuk tumbuh kembang ikan mas sebab mereka mempunyai kandungan nutrisi yang lengkap serta protein yang tinggi.

Kamu juga bisa menjadikan ulat daun pisang sebagai makanan pokok untuk ikan mas. Mencari ulat ini sangatlah mudah. Carilah pohon pisang dan perhatikan jika ada daun yang  menggulung ke dalam. Dalam gulungan daun tersebut, terdapat ulat daun pisang.

Tak hanya sebagai pakan, ulat daun pisang juga banyak digunakan sebagai umpan ikan mas. Dengan memakai ulat ini hasil pancingan mereka akan menjadi banyak sekali.

8. Dedak

Dedak

* sumber: www.jualkoi.id

Dedak merupakan jenis makanan ikan yang dibuat dari olahan gabah yang tidak dimakan oleh manusia. Karenanya tidak dikonsumsi manusia, dedak dianggap tidak mempunyai daya guna yang terlalu berarti. Namun sebenarnya dedak memiliki manfaat yang baik jika digunakan sebagai makanan ikan mas.

Dedak bagus sekali untuk digunakan sebagai makanan berbagai jenis ikan mas seperti ikan ikan mas punten, mas taiwan, serta ikan mas lokal. Kandungan nutrisi dalam dedak sangat berlimpah, yang terdiri dari  lemak, protein, serat halus, dan serat kasar sehingga bermanfaat untuk pertumbuhan ikan mas.

9. Ampas Tahu

Ampas Tahu

* sumber: www.bebeja.com

Kamu bisa memberikan ikan mas peliharaanmu ampas tahu jika ingin memberikan makanan ikan mas yang biayanya murah. Ampas tahu cocok sekali untuk digunakan sebagai pakan organik ikan mas karena memiliki kandungan protein serta lemak yang tinggi.

Cara pemberian ampas tahu pada ikan mas juga sangat mudah sekali yakni dengan mencuci bersih terlebih dahulu ampas tahu tersebut. Kemudian supaya teksturnya berubah jadi pada, remaslah ampas tahu tersebut. Barulah berikan ampas tahu itu sedikit ke dalam kolam ikan mas dan lihatlah reaksinya.

Jika ikan mas terlihat lahap memakan ampas tahu, kamu bisa memberikan ampas tahu itu dalam jumlah yang lebih banyak dari sebelumnya. Pemberian ampas tahu sebaiknya dihentikan jika ikan mas terlihat tak begitu banyak memakan ampas tahunya supaya kolam tak jadi keruh karena ampas tahu tersebut.

10. Tepung Ikan

Tepung Ikan

* sumber: www.sentrabibitunggas.com

Tepung ikan merupakan salah satu makanan ikan mas yang dibuat dari bagian ikan proses dengan cara dikeringkan terlebih dahulu kemudian dihaluskan. Manfaat utama dari tepung ikan yaitu sebagai bahan dasar campuran makanan ikan.

Walaupun demikian, tepung ikan tidak bisa secara langsung diberikan pada ikan mas, harus terlebih dahulu dicampur dengan bahan lain karena memiliki tekstur yang sangat halus. Agar ikan mas tumbuh dengan baik, kamus harus teliti melihat butirannya. Pastikan butirannya tersebut seragam.

Selain itu, pastikan tepung ikan bebas dari mata ikan, sisa tulang, serta benda-benda lain, memiliki warna yang halus juga bau amis khas ikan. Itu merupakan ciri dari tepung ikan yang bagus.

Sekarang kamu sudah mendapatkan informasi mengenai jenis makanan ikan mas yang bagus untuk usaha ternak ikanmu. Terdapat beragam pilihan makanan yang juga bisa kamu pilih sesuai dengan bujet yang kamu miliki. Untuk berhemat kamu bisa mencampur makanan ikan dengan bahan alternatif yang alami. Selamat beternak ikan mas.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *