bacaterus web banner retina
Bacaterus / Serba Serbi / Binatang / 7 Makanan Ikan Mas Koki Agar Dapat Tumbuh dengan Baik

7 Makanan Ikan Mas Koki Agar Dapat Tumbuh dengan Baik

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 12 Februari 2021

Bagian dari kegiatan memelihara ikan mas koki adalah memilih jenis makanan terbaik untuk dikonsumsi si ikan dan memberinya makan secara teratur. Ikan air tawar ini dapat hidup lama apalagi jika dirawat dengan baik. Namun, tidak sedikit ikan mas koki yang tidak bisa bertahan sesuai rentang hidup biasanya disebabkan pemiliknya salah merawat.

Oleh karena itu, sebelum kamu memelihara ikan mas koki, sebaiknya pelajari dulu tentang ikan mas koki. Dengan demikian, kamu dapat menemukan cara yang paling tepat merawat ikan koki tersebut, termasuk memilih makanan ikan mas koki yang terbaik.

Kriteria Makanan Terbaik Bagi Ikan Mas Koki

* sumber: www.buildyouraquarium.com

Informasi dasar mengenai makanan ikan mas koki adalah memilih makanan ikan mas koki yang seimbang. Pilih pakan yang sehat dan bebas penyakit. Pada dasarnya ikan mas koki adalah jenis hewan omnivora. Di alam liar mereka memakan jentik nyamuk, serangga kecil dan hewan sejenis udang air tawar kecil.

Namun, jika kamu memelihara ikan ini di dalam akuarium, kamu akan kesulitan dalam memberikan pakan yang sama persis dengan yang mereka makan di alam liar. Agar kebutuhan gizi ikan mas koki peliharaanmu tetap terpenuhi, kamu dapat mencari pakan yang gizinya sama dengan makanan alami mereka.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam memilih pakan ikan mas koki. Berikut informasi mengenai pakan yang harus kamu ketahui.

1. Beri Makanan Ikan Mas Koki Berkualitas Tinggi

Makanan berkualitas terbaik bagi ikan mas koki adalah yang mengandung protein, lemak dan vitamin serta mineral yang dibutuhkan oleh ikan mas koki. Kandungan gizi ini bisa didapatkan dari ikan-ikan kecil, dan serangga yang biasa ditemukan di air. Jangan beri makan ikan mas koki dengan binatang yang hidup di darat dan biji-bijian. Ikan tidak dapat mencerna makanan seperti itu.

2. Suplemen dengan Campuran Sayuran

Sama seperti manusia, ikan mas koki butuh serat agar tubuhnya sehat. Serat yang didapat dari sayuran akan dicerna dengan baik oleh ikan mas koki. Di alam liar ikan mas koki mendapat serat dari mengkonsumsi tumbuhan dan jenis hewan crustacea atau hewan bercangkang yang hidup di air tawar.

Perlu diingat bahwa meskipun ikan mas koki adalah hewan omnivora, namun sistem pencernaan hewan mungil ini sensitif. Oleh karena itu, kamu tidak boleh sembarang memberi pakan. Ikan bisa sakit bahkan mati.

Kita tahu bahwa pakan ikan yang seimbang antara serat dan gizi tinggi adalah kunci. Ikan mas di habitat aslinya mengkonsumsi makanan yang lembek dan lembut. Jadi, sistem pencernaan mereka dikembangkan untuk dapat mencerna makanan mereka.

Tapi tidak hanya itu. Ingat bahwa ikan mas koki tidak punya perut. Maksudnya mereka punya organ usus khusus yang dapat memecah makanan dan menyerap nutrisi. Hasilnya, makanan dapat disimpan lama dan prosesnya lebih cepat.

Pilihan Makanan Ikan Mas Koki

Jadi, ketika kamu hendak memberi makan ikan mas koki kesayanganmu, kamu dapat memilih pakan ikan dari beberapa pilihan berikut ini.

1. Cacing Darah

* sumber: www.hibetta.com

Cacing darah dapat membantu mempercepat pertumbuhan ikan mas koki. Cacing darah mengandung lemak dan protein yang tinggi. Saat ini banyak toko-toko ikan hias menjual cacing darah. Cacing darah ada yang dijual dalam bentuk beku. Kamu harus mencairkannya terlebih dahulu ketika akan dipakankan.

Cacing darah bagus untuk melatih insting perburuan ikan mas koki. Ketika melihat cacing-cacing halus menggeliat di dalam air, ikan-ikan di dalam akuarium akan merasa tertantang untuk mengejarnya.

Jika kamu membeli cacing darah hidup, biasanya cacing ditempatkan dalam wadah yang telah diisi air. Pastikan kamu ganti air tempat mereka berenang. Pergantian air ini dilakukan agar bakteri dan jamur di dalam air yang digunakan oleh cacing darah tidak menulari ikan mas koki di akuarium kesayanganmu.

2. Jentik Nyamuk

* sumber: health.detik.com

Ini dia salah satu makanan alami ikan mas koki di alam liar. Jentik nyamuk ini paling sering digunakan sebagai pakan ikan koki dan ikan hias lainnya. Jentik nyamuk merupakan pakan yang sangat disukai oleh ikan mas koki.

Pakan ini mengandung zat dan mineral yang dibutuhkan oleh ikan mas koki. Kamu dapat menemukan jentik nyamuk di genangan seperti barang-barang bekas yang terisi air hujan, bak penampungan, ember atau pot, dan lain-lain. Tempat-tempat tersebut adalah tempat favorit nyamuk bertelur.

3. Cacing Sutra

* sumber: jogjagarden.com

Cacing sutra adalah hewan yang hidup di perairan kotor. Cacing ini berbentuk pipih, halus seperti sutra. Hewan kecil ini merupakan makanan favorit ikan mas koki. Saat ini cacing sutra sudah dijual dalam bentuk beku dan harganya lebih mudah dari harga pelet.

Cacing sutra dipercaya mempunyai kandungan yang dapat merangsang pertumbuhan ikan mas koki. Pakan ini pula dapat membantu ikan lebih cepat tumbuh.

Perlu diingat bahwa habitat cacing ini adalah di perairan kotor, maka sebaiknya cuci bersih cacing terlebih dahulu sebelum diberikan kepada ikan mas koki. Kamu tak mau kan ikan mas koki kesayanganmu tertular bakteri jahat dari air kotor tempat cacing sutra hidup?

5. Kutu Air

* sumber: www.nusantaratv.com

Alternatif lain untuk pakan ikan mas koki adalah kutu air. Kutu air berukuran kecil tapi ia punya gizi tinggi yang dapat memenuhi kebutuhan gizi ikan sehari-hari. Hewan mikroskopis yang hidup di air tawar ini sering dianggap mengganggu sebab sering menimbulkan gatal-gatal pada kulit.

Namun, bagi ikan mas koki kutu air adalah sebuah pakan lezat yang kayak nutrisi. Gizi kutu air sangat tinggi, yaitu 66% protein dan 6% lemak. Kutu air adalah pakan utama bagi burayak ikan dari jenis ikan air tawar apapun. Sejak lahir, anakan ikan memakan kutu air yang berukuran sangat kecil tersebut.

Karena keberadaan kutu air yang banyak manfaat bagi ikan, banyak orang yang membudidayakannya. Hewan ini pun tergolong mudah dibudidayakan tanpa harus mengeluarkan uang banyak dan membuat peralatan khusus untuk menempatkannya.

Umumnya, orang mengenal ada dua jenis kutu air yang banyak dikembangkan, yakni kutu air jenis daphnia dan jenis moina. Daphnia adalah kutu air yang mudah kita temukan di perairan air tawar. Di sini hewan ini biasanya mengambang di permukaan air.

Yang kedua ada jenis kutu air Moina. Ini adalah jenis kutu air yang hidup di perairan yang banyak terdapat bahan organik, seperti rawa-rawa yang biasanya ditumbuhi lumut-lumut serta kayu busuk .

6. Sayuran Caisim

* sumber: hellosehat.com

Kita tahu bahwa ikan mas butuh sayuran untuk mendapatkan serat. Nah, sayuran jenis caisim bisa menyediakan suplai serat bagi hewan bersisik cantik ini. Kamu dapat memberi pakan sayuran ini bergantian dengan pakan lainnya.

Jika kamu memberi makan ikan mas koki dalam akuarium, sebaiknya air di dalamnya harus segera dibuang sebab sayuran caisim dapat mengotori air dalam kolam akuarium.

7. Pelet

* sumber: niwa.co.nz

Nah, yang satu ini adalah pakan yang diproduksi oleh pabrik. Pelet biasanya dibuat dari bahan-bahan makanan bergizi tinggi. Pelet memiliki beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan fungsinya.

Ada pelet yang dibuat untuk membantu pertumbuhan ikan mas koki, ada pula pelet yang berfungsi untuk membantu memelihara kecantikan sisik ikannya. Dalam memilih pelet, sebaiknya kamu cari pelet yang sesuai dengan kebutuhan ikan mas kokimu.

Itulah penjelasan mengenai makanan ikan mas koki yang dapat kamu ikuti. Pakan yang baik tentu akan membantu ikan mas koki tumbuh dengan sehat. Jangan lupa perhatikan kebersihan kolam dan intensitas cahaya dalam akuarium, karena pencahayaan yang baik bisa membuat ikan betah.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram