Bacaterus / Ikan Koi / Penting Untuk Pemula! Ini Jenis-Jenis Makanan Ikan Koi

Penting Untuk Pemula! Ini Jenis-Jenis Makanan Ikan Koi

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Semua orang pasti pernah mendengar jenis hewan bernama ikan koi. Kebanyakan orang mengetahui ikan koi karena bisa dijual dengan harga yang fantastis. Padahal selain untuk diperjualbelikan, ikan koi dianggap bisa membawa keberuntungan bagi pemiliknya dan juga menyerap energi negatif di dalam rumah menurut ilmu feng shui.

Banyaknya manfaat yang bisa diambil dari ikan koi membuatnya menjadi buruan orang-orang. Selain bisa memperindah kolam atau taman air, bisa juga dijual dengan harga mahal kalau pintar merawat. Agar ikan koi itu sehat, maka dia memerlukan makanan dengan porsi dan gizi yang cukup.

Ikan koi membutuhkan kandungan protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral yang cukup. Semua gizi tersebut mempunyai kandungan yang dapat membuat ikan koi tumbuh dengan cepat dan warnanya lebih cepat muncul. Apa saja makanannya? Yuk kita bahas lebih jauh tentang makanan ikan koi.

Makanan Ikan Koi Alami

Makanan ikan koi alami merupakan makanan yang berbahan dasar langsung dari alam. Ikan koi termasuk jenis omnivora. Jadi kita nggak perlu terlalu repot untuk memikirkan apa makanan untuk ikan koi. Namun kita juga harus tahu apa saja yang boleh dan nggak boleh diberikan untuk ikan koi. Berikut adalah makanan ikan koi alami yang berasal dari hewan dan tumbuhan.

  • Hewan

Hewan

Jenis makanan ikan koi alami dari hewan adalah hewan-hewan yang badannya kecil, seperti udang, cacing, ulat, bekicot, kerang jangkrik dan berbagai jenis serangga. Hal yang perlu diutamakan dalam memberikan hewan untuk koi adalah mengetahui kandungan protein di hewan tersebut.

Kandungan protein akan ikut memicu pertumbuhan badannya agar cepat besar. Berikan jenis-jenis hewan itu sebanyak dua kali sehari dengan jumlah hewan sebanyak tiga sampai empat ekor disesuaikan dengan jumlah ikan koi yang dimiliki.

  • Tumbuhan

Tumbuhan

Sementara untuk tumbuhan, kita bisa memberi sayuran seperti kangkung, kubis, atau sawi. Kalau makanan dari hewan membantu pertumbuhan badan, maka sayuran lebih berfungsi untuk membuat warna ikan koi semakin jelas terlihat. Jagung dan kacang polong adalah makanan yang nggak seharusnya diberikan karena ikan koi akan sulit untuk mencerna yang berbentuk biji-bijian.

Selain sayuran bisa juga diberikan buah-buahan seperti jeruk dan semangka. Hanya saja, koi yang belum terbiasa memakan tumbuh-tumbuhan memerlukan waktu sedikit lebih lama untuk membiasakan diri. Nggak berbeda dengan manusia, ikan koi juga butuh proses adaptasi dalam menerima sesuatu yang baru.

Cara Membuat Makanan Ikan Koi Alami

Cara Membuat Makanan Ikan Koi Alami

Dari banyaknya jenis makanan alami yang bisa diberikan pada ikan koi, ada sebuah makanan alami yang bisa dibuat oleh kita sendiri yang dianggap paling efektif untuk membuat ikan koi cepat besar. Bahan-bahan pembuatannya adalah udang kecil, telur, wortel, bawang putih dan agar-agar bubuk. Berikut cara pembuatannya:

  • Bersihkan udang-udang kecil yang jumlahnya seimbang dengan jumlah ikan koi yang kita miliki. Jadi semakin banyak ikannya, udangnya juga perlu diperbanyak.
  • Campur udang kecil dengan telur, wortel, bawang putih dan agar-agar bubuk.
  • Setelah dicampur, tambahkan air bersih lalu masukkan ke dalam blender.
  • Blender campuran bahan makanan tadi sampai halus seperti adonan.
  • Untuk membuat aroma pelet agar ikan koi tertarik untuk segera makanannya, kita bisa mencampurkan sedikit pelet ke dalam blender, tahap ini sifatnya opsional sehingga nggak harus dilakukan. Aroma pelet itu berfungsi untuk memancing semata.
  • Masukkan bahan makanan yang sudah diblender ke dalam kulkas agar dingin dan teksturnya mengeras
  • Potong-potong kecil makanan yang sudah dimasukkan ke kulkas. Kalau terlalu besar, ikan koi akan kesulitan untuk memakannya.

Dengan membuat makanan alami seperti di atas, kita bisa menghemat pengeluaran dan juga bahan-bahannya nggak terlalu sulit untuk didapatkan. Selain itu, kita bisa memberikan makanan yang gizinya dibutuhkan oleh ikan koi dengan bahan makanan lengkap yang terdiri dari campuran sayuran dan hewan.

Makanan Ikan Koi Buatan

Kalau sebelumnya kita sudah membahas makanan ikan koi yang alami, ada juga makanan ikan koi buatan yang dikenal dengan istilah pelet. Dalam hal kegunaan, makanan koi buatan nggak kalah bagus dibandingkan dengan yang alami. Walaupun buatan pabrik, tapi tetap mempunyai nutrisi yang dibutuhkan oleh ikan koi.

Ibarat manusia, kadang kita makan di rumah kadang juga kita makan makanan instan atau makanan cepat saji. Seperti itulah bedanya makanan ikan koi alami dan buatan, bisa digunakan sesuai dengan situasi dan kebutuhan. Pembagian makanan ikan koi buatan terbagi dua kalau dilihat dari sisi bentuknya, ada yang tenggelam dan ada yang mengambang.

Kebanyakan yang digunakan adalah jenis makanan yang mengambang dan lama-lama akan tenggelam. Pemilihan itu dikarenakan jenis itu bukan hanya bisa menjangkau ikan koi yang sudah tumbuh besar tapi juga bisa menjangkau anakan ikan koi yang berada di kedalaman berbeda. Ada dua jenis makanan ikan koi buatan dilihat dari asalnya yaitu pelet lokal dan pelet impor.

  • Pelet Lokal

Pelet Lokal

Mencari pelet lokal untuk ikan koi nggak susah, kok. Beberapa merk pelet lokal adalah cp koi, sankoi, super save, hokky & kinkoi dan lain-lain. Kalau kamu terlalu bingung memilih, jangan sungkan untuk berdiskusi langsung dengan penjualnya. Mereka pasti akan memberi rekomendasi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran yang kamu punya.

  • Pelet Impor

Pelet Impor

Sementara untuk pelet impor merknya adalah hikari, nozomi, mizuho, saki hikari, konisshi dan lain-lain. Keduanya sama-sama mempunyai fungsi dalam membuat ikan koi tumbuh dengan cepat dan mengeluarkan warna cerah. Biasanya pihak penjual bisa merekomendasikan apa yang terbaik untuk ikan koi peliharaanmu.

Keunggulan Makanan Ikan Koi Buatan

Keunggulan Makanan Ikan Koi Buatan

Untuk membeli makanan ikan koi buatan kita bisa datang ke toko ikan hias. Kita hanya perlu memperhatikan seberapa banyak ikan koi, seberapa banyak makanan yang dibutuhkan serta tanggal kadaluarsa di bungkus makanan ikan buatan. Beberapa keunggulan memilih makanan ikan koi buatan adalah:

  • Kita nggak perlu repot-repot mempersiapkan makanan secara khusus untuk ikan koi. Cukup dengan membeli makanan ikan koi buatan ke toko ikan hias kita bisa langsung memberi koi makan.
  • Kandungan dalam makanan ikan koi buatan sudah mencakup semua gizi yang dibutuhkan.
  • Makanan ikan koi buatan tahan lama, sementara makanan yang alami dalam waktu yang singkat akan hilang tingkat kesegarannya.

Sementara itu kekurangan makanan ikan koi buatan adalah:

  • Adanya kandungan kimia yang mungkin bisa berakibat buruk untuk ikan koi
  • Dengan bentuk yang simpel, ada kecenderungan kita memberi porsi makan ikan koi terlalu banyak. Koi akan kegemukan karena makan terlalu banyak serta akan banyaknya feses yang membuat keadaan kolam menjadi nggak sehat.
  • Ada tanggal kadaluarsa yang harus diperhatikan dengan baik, kalau kita lalai sampai lupa melihat tanggal kadaluarsa, tentu akan berdampak buruk pada ikan-ikan yang kita pelihara.

Cara Memberi Makanan untuk Ikan Koi yang Baik

Cara Memberi Makanan untuk Ikan Koi yang Baik

Dengan banyaknya jenis makanan buatan dan agak repotnya menyiapkan makanan yang alami, kita tentu mencari cara yang paling tepat untuk memberi makan pada ikan koi. Berikut ini adalah beberapa caranya:

  • Kita bisa memberi makan ikan koi dua kali sehari dengan porsi secukupnya.
  • Jangan mengganti makanan secara tiba-tiba.
  • Kita bisa memberi koi makanan buatan tapi alangkah baiknya jika dicampur dengan cacing atau jangkrik bersama sedikit sayuran agar ketika kita mengganti makanan, ikan koi tetap terbiasa.
  • Kalau kita nggak mencampur makanan buatan seperti pelet dengan apapun, kita tetap perlu sesekali memberinya dengan makanan alami agar ikan koi nggak hanya terbiasa dengan salah satu jenis makanan. Kita juga nggak boleh terus-terusan makan makanan instan, kan? Ikan koi juga sama.

Kalau kamu pemula, dalam memelihara ikan, jangan sungkan untuk mengobrol dengan orang yang lebih berpengalaman seperti para pedagang. Manfaatkan kesempatan ketika kamu pergi membeli makanan untuk ikan koi sebagai waktu untuk belajar. Ada yang sudah memelihara ikan koi? Atau mungkin tertarik? Kamu bisa berbagi cerita di kolom komentar, ya! Mampir juga di artikel jenis-jenis ikan koi berikut ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *