Bacaterus / Tepung Terigu / 8 Makanan dari Tepung Terigu dan Telur yang Sangat Enak!

8 Makanan dari Tepung Terigu dan Telur yang Sangat Enak!

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Desember 2019

Apa yang bisa Anda lakukan dengan tepung terigu dan telur? Kedua bahan ini bisa menjadi makanan lezat yang sangat beragam. Mulai dari makanan manis hingga makanan gurih, ada banyak sekali resep yang menggunakan terigu dan juga telur. Sedang mencari ide makanan dari tepung terigu dan telur? Yuk, cari tahu bersama Bacaterus!

1. Pancake

* sumber: cafedelites.com

Pancake enak dimakan sebagai sarapan atau pun snack. Ada begitu banyak resep pancake di dunia maya, dan kebanyakan dari mereka menggunakan lebih dari 8 bahan dan 82 langkah membuat. Sangat merepotkan! Apalagi kalau Anda sedang terburu-buru diteriaki oleh perut-perut lapar di rumah.

Anda tidak perlu melalui langkah rumit, tidak perlu pengocok telur profesional, tidak perlu memisahkan putih dan kuning telur untuk membuat pancake yang pulen. Dalam tiga menit saja, pancake Anda akan jadi. 2 butir telur besar, 2 gelas susu (sekitar 250 ml), dan 280 gr self raising flour (jika tidak ada, tambahkan 300 gr baking powder ke tepung biasa).

Kocok telur dan susu. Tambahkan tepung, lanjut kocok sampai adonan halus dan tidak ada gelembung udaranya. Tambahkan semua opsi tambahan yang Anda suka, seperti bubuk cokelat, esens vanili, dan sebagainya. Panaskan wajan anti lengket di atas api rendah, beri semprotan minyak goreng. Tuangkan sekitar 1-2 sendok sayur adonan per pancake.

Masak pancake selama 1-2 menit, atau sampai ada gelembung muncul di permukaan pancake dan dasarnya berwarna coklat. Balik pancake dan masak sampai berwarna keemasan. Sajikan dengan es krim, yogurt, whipped cream, maple syrup, buah segar, atau topping lainnya yang disukai.

2. Kue Cubit

* sumber: space-made.com

Siapa yang suka jajan kue cubit? Kalau beli kue cubit yang suka nongkrong di Taman Kanak-kanak atau Sekolah Dasar harganya pasti bersahabat banget. Tapi, kalau beli kue cubit kekinian, yang topping dan rasanya bermacam-macam, harga kue ini bisa mencapai Rp 30 ribu, loh. Padahal kue cubit bisa Anda buat sendiri di rumah dengan mudah. Peralatan dan bahan-bahan yang dibutuhkan pun tidak banyak.

Untuk membuat kue cubit, Anda membutuhkan:

  • 300 gr tepung
  • 2 buah telur
  • 2 sdm margarin, lelehkan
  • 150 gram gula pasir
  • 1 sachet vanili
  • baking powder
  • baking soda
  • 180 ml air

Kocok telur, gula dan vanili selama 3 menit. Masukkan margarin cair, tepung dan air, aduk rata. Masukkan baking soda dan baking powder, aduk lagi. Panaskan cetakan kue cubit. Oleskan sedikit margarin, lalu tuang adonan.

Tambahkan topping seperti meses, selai, Koko Crunch, Oreo, bubuk matcha, apapun itu sesuai selera saat bagian bawah kue sudah mulai matang. Angkat ketika kue cubit 1/2 matang atau matang sempurna, sajikan selagi hangat lebih enak.

3. Kue Bolu

* sumber: bisikan.com

Siapa yang tidak suka kue bolu? Kue ini pasti ada di setiap acara seperti arisan, pengajian, hingga ulang tahun. Kue bolu bisa dibilang pilarnya semua kue lainnya. Selain karena enak dan lembut, kue bolu sangat mudah dibuat dan bahan-bahan yang diperlukan pun tidak terlalu mahal. Ada bolu kukus dan ada juga bolu panggang. Perbedaannya hanya terletak pada proses pematangannya saja.

Untuk membuat kue bolu sederhana, Anda membutuhkan 4 butir telur ayam, 125 gr gula pasir, 1 sdt cake emulsifier, 125 gr tepung terigu, 1/2 kotak vanili bubuk (kira-kira 1/4 sdt), 100 gr margarin yang dicairkan, 1 sachet kental manis putih, 1 sdm cokelat bubuk (kira-kira 10 gram) yang diencerkan dengan 3 sdm air panas.

Siapkan oven atau kukusan, panaskan dengan api sedang. Olesi cetakan kue bolu dengan margarin. Kocok telur, gula dan emulsifier menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi. Kocok terus sampai adonan berwarna putih, mengembang dan kental. Kurangi kecepatan mixer, lalu kocok lagi sampai gelembung-gelembung berkurang. Matikan mixer.

Dalam mangkuk berbeda, campur terigu dengan vanili. Masukkan ke dalam adonan kocokan telur tadi sambil diayak. Aduk dengan sendok/spatula kayu perlahan-lahan. Masukkan margarin cair dan kental manis. Tuang adonan ke dalam cetakan yang sudah disiapkan. Jangan sampai penuh, ya, hanya sampai 3/4 loyang saja karena kue akan mengembang. Panggang/kukus kue sampai matang.

4. Egg Bread

* sumber: www.tasteofhome.com

Egg bread memang terlihat seperti roti biasa, tapi roti ini berbeda dengan roti biasa. Roti telur terasa lebih enak dan kaya. Dari luar terlihat memiliki bentuk yang lebih bulky dan warnanya kekuningan yang cantik. Egg bread enak dibuat jadi roti panggang, sandwich, atau french toast. Resep selengkapnya bisa Anda baca di sini.

5. Mie Telur Homemade

* sumber: resepkoki.id

Di Indonesia, kudapan dari mie sangat populer, bahkan bisa disamakan dengan nasi. Kalau orang sedang bosan makan nasi, pasti larinya ke mie. Dibuktikan dengan banyaknya produk mie instan di Indonesia yang harganya pun sangat terjangkau.

Tapi, makan mie instan terlalu banyak tentu tidak sehat. Apalagi kalau yang mengonsumsinya anak-anak. Kenapa tidak bikin mie sendiri di rumah dengan menggunakan tepung dan telur?

Sebenarnya ada banyak jenis mie yang populer di Indonesia, tapi yang paling sering digunakan adalah mie telur. Memang, ada mie telur kemasan yang bisa langsung dimasak dan disulap menjadi makanan lezat.

Tapi, jika Anda menginginkan mie yang lebih sehat, kenyal dan enak sebaiknya buat sendiri di rumah. Membuat mie telur homemade tak butuh banyak bahan. Cukup dengan terigu protein tinggi, telur, air dan minyak sayur saja, loh.

Tekstur mie akan terasa lebih kenyal jika Anda menggunakan terigu protein tinggi. Tapi, jika tak ada Anda bisa menggunakan tepung protein sedang atau tepung biasa, yang hasilnya tentu tidak akan sekenyal dan selentur jika Anda pakai tepung protein tinggi.

Ada juga yang suka menambahkan tepung tapioka untuk menambah kekenyalan. Anda bisa menggunakan minyak sayur apa saja, baik itu minyak kelapa, minyak canola, minyak zaitun, minyak anggur, dsb.

Yang seru dari mie homemade adalah, Anda bisa menyembunyikan sayuran di dalamnya! Ini sangat bagus untuk anak-anak yang sulit makan sayur. Membuat mie membutuhkan air, tapi jika Anda ingin membuat mie telur sayuran, ganti airnya dengan sari sayuran tersebut (blender lalu saring air sayurnya). Untuk membuatnya, baca resep selengkapnya di artikel berikut.

6. Kukis

* sumber: resepkoki.id

Kalau melihat kue kering seperti ini pasti ingat lebaran, ya? Agak sulit mencari kukis seperti ini selain kalau dekat hari raya. Tapi, kalau Anda membuatnya sendiri, Anda bisa menikmatinya kapanpun Anda inginkan.

Ada banyak sekali jenis kukis yang populer di Indonesia, dari yang jadoel hingga inovatif. Supaya Anda tidak bertanya-tanya lagi bagaimana cara membuat kue kering, langsung saja simak resep dan cara membuat aneka kue kering di link ini.

7. Crêpe

* sumber: www.allrecipes.com

Crêpe adalah saudaranya pancake, tapi bentuknya sangat tipis. Bahan utama pembuatan pancake adalah tepung terigu, telur, susu, mentega dan garam. Ya, hanya itu saja. Mudah sekali disiapkan, bukan? Untuk membuat crêpe sederhana, ikuti resep berikut ini: 120 gr all-purpose flour (tepung serbaguna), 2 telur, 1/2 gelas susu, 1/2 gelas air, 1/4 sdt garam, 2 sdm mentega (dilelehkan). Ikuti resepnya di artikel berikut.

8. Omelette

* sumber: www.thekitchn.com

Ini adalah resep telur dan terigu paling sederhana, enak dan mudah dibuat. Yaitu omelette, telur dadar yang lebih fancy. Hidangan telur goreng ini lebih gemuk, lebih legit, lebih creamy dan terkesan lebih mewah daripada Anda cuma mengocok telur saja. Untuk membuatnya, siapkan bahan-bahan berikut:

  • 32 gr all-purpose flour (tepung serbaguna)
  • 1 sdt baking powder
  • 8 butir telur, kocok sebentar
  • 1½ gelas susu
  • 2 sdm lemak bacon (skip jika Anda tidak makan babi)
  • Sejumput garam dan merica

Kocok telur, lalu tambahkan tepung dan baking powder. Kocok lagi, lalu tambahkan susu dan beri rasa. Tuang lemak bacon ke penggorengan, tuang kocokan telur. Aduk-aduk sedikit tapi langsung satukan lagi agar menyatu.

Ya, itulah beberapa makanan yang enak dari tepung terigu dan telur. Semuanya bisa dibuat sendiri di rumah, bahan-bahannya mudah dicari dan proses memasaknya pun tidak sulit. Apakah makanan favorit Anda yang terbuat dari terigu dan telur?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *