Bacaterus / Tepung / Inilah 10 Makanan dari Tepung Ketan yang Enak dan Legit

Inilah 10 Makanan dari Tepung Ketan yang Enak dan Legit

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 Oktober 2019

Tepung ketan merupakan salah satu jenis tepung yang dipakai sebagai bahan makanan. Selain tepung beras dan tepung terigu tentunya. Banyak sudah makanan yang sudah dibuat dari tepung ini. Makanan dari tepung ketan sendiri umumnya memiliki cita rasa yang lezat lagi legit.

Di artikel ini, kami akan menunjukkan mana saja makanan lezat dan legit yang terbuat dari tepung ketan. Nama-nama makanan tersebut bisa kamu lihat sebagai berikut:

1. Klepon

Klepon (Copy)

Klepon merupakan salah satu jajanan pasar yang lazim kita temui. Ciri khas makanan ini adalah bentuknya yang bulat, berwarna hijau, dan bertabur kelapa di bagian permukaannya. Saat menggigit makanan ini, kamu bakal merasakan sensasi gula merah cair yang membuncah dari dalam makanan satu ini.

Klepon sendiri dibuat dari tepung beras yang dipadupadankan dengan sejumlah bahan. Garam, gula merah, dan pewarna makanan hijau adalah bahan-bahan tersebut. Makanan dari tepung beras ini biasanya dijual bersama dengan kue putu, serta lazim disantap selagi hangat.

2. Onde-Onde

Onde-Onde (Copy)

Seperti halnya klepon, makanan ini juga merupakan jajanan pasar yang lazim kita temui. Makanan ini dibuat dengan cara mencampur tepung ketan dengan tepung kanji, air, garam, dan gula pasir. Campuran tepung ketan itu nantinya bakal menjadi adonan yang diisi kacang hijau kukus, dan dibentuk bulat-bulat.

Setelah diberi isian, adonan tersebut lantas dibaluri biji wijen di bagian luarnya. Barulah setelah itu digoreng hingga warnanya kecokelatan. Makanan ini memiliki tekstur yang hampir mirip dengan mochi, namun agak sedikit lebih keras.

3. Gemblong

Gemblong (Copy)

Makanan ini dibuat dari tepung ketan putih yang diuleni hingga kalis, serta dibentuk seperti bola. Adonan tepung ketan putih tersebut lantas digoreng hingga matang, lalu ditiriskan. Setelah agak dingin, adonan itu lalu diberi larutan gula aren.

Gemblong bisa kamu temui di Jawa Barat, Jawa Timur, bahkan di Jakarta. Selain enak, makanan dari tepung ketan ini juga dipercaya memiliki kandungan gizi yang kaya. Karbohidrat, protein, dan kalsium adalah beberapa di antaranya.

4. Candil

Candil (Copy)

Candil merupakan makanan khas Jawa Barat yang lazim dipakai takjil saat Ramadan tiba. Makanan ini seringkali disebut sebagai biji salak. Padahal, biji salak dan candil adalah dua makanan berbeda. Biji salak merupakan makanan khas Betawi yang terbuat dari tepung tapioka dan ubi jalar.

Sementara itu, candil merupakan makanan yang terbuat dari campuran tepung ketan dengan air. Khusus untuk candil, makanan ini lazimnya disajikan dengan kuah yang terbuat dari gula kelapa, serta daun pandan. Agar lebih nikmat, siraman santan kelapa yang kental juga dimasukkan ke dalam makanan berbahan dasar tepung ketan ini.

5. Bolu Ketan Hitam

Bolu Ketan Hitam (Copy)

Bolu tak hanya bisa dibuat dari tepung terigu. Sajian kue bertekstur lembut itu juga bisa dibuat dari tepung ketan, khususnya tepung ketan hitam. Cara membuatnya sendiri tak beda jauh dengan bolu pada umumnya.

Kue ini umumnya diolah dengan cara dikukus. Namun, ada pula yang mengolahnya dengan cara dibakar. Ada tips tersendiri jika kamu berniat membuat kue ini sendiri. Pastikan tepung ketan hitam yang kamu gunakan sudah kamu ayak terlebih dahulu.

Pastikan pula kamu tidak menyimpan tepung ketannya terlalu lama. Menyimpan tepung ketan hitam terlalu lama dapat membuatnya lembab dan berbau apek, sehingga tidak layak dipakai dipakai.

6. Lapek Bugis

Lapek Bugis (Copy)

Seperti halnya candil, makanan satu ini juga lazim dipakai sebagai takjil. Khususnya, di daerah Sumatera Barat. Ada dua jenis makanan ini, berdasarkan bahan dasarnya. Dua jenis itu adalah laoek ketan hitam dan lapek ketan putih.

Lapek ketan hitam dibuat dari tepung ketan hitam. Sebaliknya, lapek ketan putih dibuat dari tepung ketan putih. Keduanya sama-sama diolah bersama gula pasir, garam, dan santan. Kemudian, diberi gula dan parutan pisang di dalamnya, serta dibungkus daun pisang di bagian luarnya.

Makanan ini bisa disantap secara langsung atau disantap bersama kuah berbahan dasar santan kelapa cari.

7. Awug Tepung Ketan

Awug Tepung Ketan (Copy)

Tak selamanya awug dibuat dengan tepung beras. Makanan asal Jawa Barat ini juga bisa dibuat dengan tepung ketan. Untuk awug satu ini, tepung ketan bakal diolah bersama garam, gula, kelapa, dan juga tepung beras.

Cara pengolahannya sendiri tak jauh berbeda dengan awug tepung beras. Awug tepung ketan memiliki cita rasa yang gurih sekaligus legit. Makanan ini sangat cocok selagi hangat, bersama secangkir kopi atau teh.

8. Kue Mendut

Ini adalah makanan dari tepung beras yang mulai langka keadaannya. Kue Mendut sendiri merupakan makanan khas Jawa yang dibuat dari bahan dasar tepung ketan. Ciri khas makanan ini adalah isiannya yang berupa unti kelapa, serta bagian luarnya diberi siraman kuah santan kental.

Sebelum disantap, kue ini bakal dibungkus duru dengan daun pisang. Kue mendut memiliki tekstur yang kenyal. Sedikit mirip dengan tekstur klepon. Kue ini cocok sebagai camilan di sore hari, atau sebagai makanan penutup saat kamu makan besar nanti.

9. Kue Pare

Sesuai namanya, kue ini memiliki bentuk serupa pare. Kue ini sendiri merupakan makanan tradisional yang bisa kamu temui di Banjarmasin atau Palembang. Pada makanan ini, tepung ketan bakal diolah bersama air kapur sirih, garam, santan kental, dan air daun suji.

Bagian kue ini nantinya bakal diberi isian kelapa parut, yang sebelumnya sudah dikukus bersama garam dan gula merah. Kadang kala, kue ini diberi isian berupa daging ayam laiknya lemper. Makanan ini biasa disajikan dengan cara dialasi daun pisang.

10. Wingko Babat

Wingko Babat (Copy)

Kalau kamu main ke Semarang, kamu bakal menemukan makanan satu ini. Selain sebagai santapan sehari-hari warga Semarang, kue ini juga lazim dijadikan buah tangan oleh para wisatawan. Bahan dasarnya sendiri adalah tepung ketan yang dicampur bersama gula dan kelapa muda.

Makanan ini biasanya disajikan dalam bentuk bundar pipih. Kadangkala, disajikan pula dalam bentuk yang lebih besar. Walaupun menjadi makanan dan buah tangan khas Semarang, kue ini justru mulanya berasal dari Babat. Itulah mengapa makanan ini dinamai Wingko Babat.

Babat sendiri merupaan sebuah daerah kecil yang ada di persimpangan Bojonegoro, Tuban, Surabaya dan Jombang. Di Babat, makanan satu ini merupakan salah satu aset ekonomi daerah tersebut. Maka tak heran, bila di sana banyak sekali penjual Wingko Babat.

Selain tepung terigu, tepung ketan juga bisa dijadikan makanan. Banyak sudah makanan yang dibuat dari bahan makanan satu ini. Sepuluh di antaranya sudah kami paparkan di atas. Nah, di antara semua makanan di atas, mana makanan yang pernah kamu coba? Atau, manakah yang belum dan ingin sekali kamu coba suatu saat nanti? Yuk ceritakan ke kami via kolom komentar!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar