bacaterus web banner retina

Inilah 10 Makanan Cina yang Paling Populer di Dunia

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 11 Agustus 2021

Siapa yang tak kenal dim sum atau bebek peking? Hidangan ini termasuk makanan Cina paling populer di dunia. Makanan tersebut tak hanya populer di negaranya tapi juga sudah bisa dengan mudah dijumpai di negara-negara lain. Apa sajakah makanan Cina yang terkenal tersebut? Baca ulasannya di artikel berikut ini. 

1. Hotpot

HotpotSumber: asianinspirations.com.au

Hotpot merupakan salah satu makanan khas China yang populer di dunia. Makanan ini cocok untuk disantap saat cuaca dingin dan berangin. Hotpot bisa dijumpai di semua restoran besar Cina. Terdapat banyak versi hotpot di tiap daerah di Cina. 

Namun yang membuat hidangan ini berbeda dari satu bagian dan bagian lainnya adalah kaldu dan penggunaan berbagai kombinasi daging dengan sayuran. Misalnya, di daerah Cina Utara yang lebih dingin, daging domba merupakan pilihan utama. 

Sementara di wilayah Kanton, seafood hotpot merupakan pilihan favorit penduduknya termasuk udang hidup, tiram, dan cumi-cumi. Hot pot Mongolia terkenal memiliki kaldu yang lezat, yang terdiri dari bahan-bahan seperti jujubes, goji berry, dan campuran jamu.

Terbuat dari kaldu daging, hotpot dibuat dengan kombinasi Kaldu yang merupakan bagian penting dari hidangan. Irisan tipis daging dan seafood, sayuran seperti jamur, kembang kol, kubis, brokoli, selada atau sayuran apapun sesuai pilihan, mie, pangsit, tahu, dan saus. 

2. Bebek Peking

Bebek PekingSumber: foodsguy.com

Bebek Panggang Peking merupakan salah satu makanan Cina yang paling populer di dunia tak hanya di Beijing. Ini adalah hidangan kekaisaran selama Cina kuno, beberapa ribu tahun yang lalu.

Pada sekitar akhir 1800-an, masyarakat baru bisa mencium lezatnya aroma hidangan ini ketika para koki mulai membuka restoran di luar tembok istana. Bebek Peking mendapatkan ketenarannya di dalam dan luar negeri, rasanya yang unik dan lezat disukai oleh turis asing juga penduduk lokal.

Bebek panggang terkenal dengan warnanya yang cerah, kulitnya yang renyah, dan dagingnya yang empuk dan juicy. Makan bebek panggang sepertinya menjadi hal yang sangat direkomendasikan untuk dilakukan oleh konsumen pertama kali ketika berkunjung ke Beijing. 

3. Mapo Tofu

Mapo TofuSumber: reddit.com

Mapo tofu sangat populer di seluruh cina dan makanan ini merupakan masakan Sichuan. Nama mapo ini diambil dari nama seorang wanita berbintik-bintik yang dalam bahasa China disebut “Mapo”. Dia terkenal karena membuat tumis tahu yang lezat di Chengdu. 

Bahan utama hidangan adalah tahu, daging giling/babi, cabai dan lada merah Sichuan. Rahasia hidangan ini adalah merebus tahu yang dipotong dadu dengan cepat sebelum menggorengnya. Saat minyak sudah panas.

Kemudian tambahkan daging giling untuk digoreng sebentar, lalu tambahkan sedikit saus kacang kental dan bawang merah untuk menambah aroma pada daging. Terakhir, masukkan air panas ke dalam wajan dan masukkan tahu yang sudah dipotong dadu ke dalam sup hingga mendidih.

Masak hidangan tersebut selama sekitar 3 atau 4 menit. Saat menyajikan makanan ini, beri sedikit bubuk lada Sichuan di atasnya. Masakan ini rasanya empuk dan pedas tapi tidak menyengat.

4. Kung Pao Chicken

Kung Pao Chicken

Kung Pao chicken merupakan masakan yang terbuat dari ayam potong dipotong dadu yang memiliki bau yang harum dengan tekstur yang empuk serta kacangnya yang renyah. Karena beragam bumbu dan bahan segar, hidangan ini menghadirkan empat ciri yaitu renyah, aromatik, manis, dan pedas.

Kung Pao Chicken merupakan sajian tradisional masakan Sichuan yang terkenal baik di dalam maupun luar negeri. Campuran berbagai bumbu membuat hidangan ini terasa istimewa, dan rasanya bisa pedas atau ringan, yang ditentukan oleh jumlah cabai. 

Hidangan ini bahannya adalah daging ayam yang dipotong dadu dan kacang. Kung Pao Chicken juga memiliki nilai kesehatan dan medis, termasuk menutrisi sumsum, meningkatkan kesehatan mental dan mencegah hipertensi dan penyakit jantung.

5. Cheng Fun (Steamed Vermicelli Rolls)

Cheng Fun (Steamed Vermicelli Rolls)

Cheng fun merupakan makanan paling populer dan tradisional Cina. Makanan ini merupakan makanan porsi kecil yang biasanya disajikan dalam wadah kukusan kecil atau di piring kecil. 


Baca juga:

Tersedia berbagai vermicelli roll kukus, seperti roll kukus biasa, roll kukus berisi udang kering, Chinese friend, dan rolls kukus. Semua jenis teksturnya halus dan lembut. 

Secara tradisional, vermicelli roll kukus ini dibuat dengan melapisi nampan dengan kain katun basah untuk mengukus. Adonan dituang di atas kain lalu dikukus. Setelah dikukus, menjadi lembut, lalu tambahkan isian favorit dengan bumbu dan lipat menjadi bentuk gulungan atau roll.

6. Dim sum

Dim sum

Dim sum merupakan variasi makanan ukuran sekali gigit yang umumnya disajikan dengan teh. Mulai dari bakpao, pangsit gurih, dan steamed roll hingga puding dan tart manis. Istilah dim sum diartikan untuk menyentuh hati.

Menurut legenda, dim sum diciptakan berabad-abad yang lalu oleh juru masak istana kerajaan untuk menyentuh hati keluarga kerajaan Cina, tapi bukan untuk memuaskan rasa lapar mereka. Yang awalnya makanan camilan sederhana saat ini jadi bagian penting dari budaya Cina.

Dim sum juga menjadi makanan yang disantap keluarga bersama-sama di akhir pekan di Hong Kong. Setiap hidangan umumnya terdiri dari beberapa jenis dimsum, disajikan dalam tempat kukusan atau di piring kecil, membuatnya cocok untuk berbagi atau mencoba rasa baru.

7. Sweet and Sour Pork

Sweet and Sour Pork

Babi asam manis atau sweet and sour pork adalah salah satu masakan Cina yang paling populer di dunia. Hidangan ini terdiri dari potongan daging babi dibalut tepung yang digoreng sampai renyah di bagian luar dan empuk di bagian dalam. 

Kemudian potongan daging tersebut dicampur dengan saus merah cerah, lengket, asam manis, dan sayuran seperti paprika hijau, wortel, dan bawang bombay. Asal hidangan ini dari masakan Kanton abad ke-18. Sampai sekarang masih menjadi hidangan yang terkenal di sana.

Pada awal abad ke-20, daging babi asam manis menyebar sampai ke Amerika Serikat melalui para imigran Cina yang bekerja di perusahaan kereta api. Di Amerika, hidangan ini jauh lebih manis dibandingkan di Cina.

8. Lumpia Goreng

 Lumpia Goreng

Jenis makanan ini berupa lumpia yang rapuh di luar dan empuk di dalam. Saat dimakan, orang akan merasakan renyah pada gigitan pertama yang lembut dan aromatik pada gigitan kedua karena metode memasak yang spesial dan dibungkus dengan berbagai sayuran.

Lumpia dalam bahasa Cina dinamai Chun Juan atau Chun Bing. Ini adalah makanan ringan tradisional masyarakat Han, terutama di daerah selatan Sungai Yangtze. Seperti namanya, mereka paling banyak dimakan di musim semi, dengan harapan menyambut musim semi yang lebih hidup. 

Nama asli lumpia berbeda di tiap bagian daerah di Cina, contohnya, "Chun Juan" populer di Fujian, sedangkan orang menyebutnya "Mo You Zi" atau "Jiao Bing Tong" di Provinsi Jiangsu dan Zhejiang. Ukurannya juga bervariasi dari satu daerah ke daerah lain. 

Misalnya, Shanghai Spring Rolls setipis jari, umumnya 8 cm dan sangat menggemaskan. Sementara yang di Provinsi Zhejiang dan Fujian lebih besar, umumnya sekitar 10 sentimeter.

9. Wonton 

 Wonton

Seperti dimsum, Wonton merupakan jenis lain dari adonan yang diisi daging atau sayuran dengan sup. Makanan ini sangat terkenal di kalangan orang-orang di Cina bagian Selatan, khususnya di Guangzhou, Chengdu, dan Hong Kong

Sebenarnya makanan ini awalnya diperkenalkan di Cina Utara yang khususnya dihidangkan di musim dingin. Biasanya wonton dibuat dengan meletakkan kulit adonan di telapak tangan kemudian diisi dengan isian di tengahnya dan ditutup rapat dengan menekan tepian kulit dengan jari.

10. Nasi Goreng Yangzhou

Nasi Goreng Yangzhou

Nasi goreng Yangzhou merupakan makanan Cina yang paling populer di dunia yang terdiri dari nasi, telur, dan sayuran seperti jamur, wortel, kacang polong. Sebagai tambahan umumnya digunakan daging, udang, daun bawang, dan ham Cina. 

Versi tradisional kerap kali memasukkan daging kepiting, teripang, dan rebung. Hidangan ini diyakini berasal dari Jenderal Yang Su dari Dinasti Sui. Karena makanan tersebut adalah salah satu hidangan favoritnya.

Dia memperkenalkan nasi goreng ini ke budaya Yangzhou saat dia berpatroli di Jiangdu dengan Kaisar Yangdi. Awalnya, makanan itu merupakan makanan petani yang disiapkan dengan nasi sisa yang dikombinasikan dengan potongan kecil daging dan sayuran.

Umumnya, nasi goreng Yangzhou dihidangkan sesudah makan utama dan sebelum pencuci mulut pada perayaan Cina. Sekarang ada banyak versi hidangan yang dibumbui dengan soy sauce, saus merah, atau anggur beras Shaoxing.

Jenis-jenis makanan Cina yang populer di dunia ini sering juga kita dapati di Indonesia. Makanan-makanan ini bisa dengan mudah kita beli di restoran-restoran yang menjual makanan khas Cina. Apakah kamu sudah mencoba salah satunya?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram