Bacaterus / Kuliner / Kuliner Dunia / 9 Makanan Asia yang Paling Enak dan Harus Kamu Coba!

9 Makanan Asia yang Paling Enak dan Harus Kamu Coba!

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 Agustus 2018

Kuliner memang bisa menyatukan banyak orang. Asin, manis, pedas, ataupun asam setiap cita rasa bisa membuat semua kalangan menikmatinya. Jika membahas kuliner yang ada di Indonesia, wah memang nggak ada habisnya!

Nasi goreng, rendang, sate padang, ayam bakar, sampai orek tempe, tentu menjadi pilihan makan berat yang mengenyangkan! Belum lagi jajanan pinggir jalan, seperti kelepon, kue cubit, cilok, sampai seblak yang membuat banyak orang ketagihan. Yum!

Bukan hanya selera lokal, lidahmu pun mungkin akan tergiur untuk mencoba makanan dengan rasa dan sajian yang belum pernah kamu coba. Tidak heran bila wisata kuliner menjadi salah satu agenda wajib saat kamu bepergian ke luar negeri.

Tak perlu jauh-jauh menjelajah ke Eropa, makanan Asia pun tidak kalah enaknya loh! Apalagi sebagai negara tetangga, lidahmu pun bisa beradaptasi lebih cepat karena rempah-rempah dan bahan pembuatannya pun mirip. Jika punya kesempatan ke salah satu negara ini, jangan lupa untuk mencoba makanan enak ini, ya!

9 Makanan Asia yang Paling Enak

1. Nasi Lemak – Malaysia

* sumber: resepkoki.id

Sebagai negara serumpun, jangan heran bila makanan yang kamu temukan bisa mirip dengan makanan yang ada di Indonesia. Namun, selagi berkunjung ke sini, jangan lupa makan nasi lemak yang cocok untuk disantap ketika sarapan. Makanan yang kerap disebut sebagai nasi uduk tetangga, nyatanya juga menggunakan santan untuk membuat rasanya lebih gurih.

Sebagai pelengkap, nasi lemak juga akan disajikan bersama dengan berbagai macam lauk, seperti teri kering, kacang tanah, telur, ceker, dan sambal akan menggugah selera makanmu. Rasa nasinya yang gurih ditambah berbagai macam lauk akan membuatmu ketagihan.

2. Chilli Crab – Singapore

* sumber: www.awesomecuisine.com

Siapa bilang Singapore tidak punya kuliner yang menarik? Meski negara kecil, kamu bisa menemukan banyak makanan enak di sini. Coba deh sajian kepiting dengan saus pedas manis yang disajikan langsung bersama cangkangnya.

Dagingnya yang lembut dan manis akan berpadu dengan saus yang kental. Tenang saja, campuran tomat sebagai bahan dasar pembuatan sausnya membuat makanan ini nggak terasa eneg saat dimakan!

3. Pho – Vietnam

Pho – Vietnam

* sumber: www.fodmapeveryday.com

Pho bisa dikatakan sebagai makanan paling populer di Vietnam. Makanan ini terdiri dari mie beras yang disajikan dalam semangkuk sup dengan potongan daging. Potongan dagingnya dapat berupa daging sapi maupun ayam. Tidak lupa juga dilengkapi dengan tauge dan daun jeruk. Rasa kuahnya yang gurih dan sedikit asam akan terasa menyegarkan.

Jika penggila makanan ekstrem, kamu juga bisa mencoba balut yang kerap menjadi tantangan saat berkunjung ke negara ini. Telur yang berisi embrio itik atau ayam hampir sempurna akan direbus dan dimakan langsung dari cangkangnya hanya dengan taburan sedikit garam. Berani mencobanya?

4. Mango Sticky Rice – Thailand

* sumber: www.tastemade.com

Terkenal dengan tom yum dan thai tea, kamu tidak boleh lupa untuk mencoba dessert asal Thailand. Sebagai surga kuliner, belum lengkap rasanya kalau kamu belum mencicipi mango sticky rice. Makanan pencuci mulut ini terdiri dari bahan yang sederhana, yaitu ketan putih, mangga, dan santan.

Ketan putih bentuknya seperti beras atau nasi dengan rasa yang lebih manis dan teksturnya lebih lengket jika dibandingkan dengan nasi. Cara menyajikannya yaitu ketan putih ditambah irisan mangga matang yang manis dan akan disiram dengan sedikit santan yang kental lalu siap untuk kamu santap.

5. Sushi – Jepang

* sumber: www.groupon.com

Jika mendengar kata Jepang, tentulah kamu akan terpikirkan makanan yang satu ini. Yap, sushi! Sushi merupakan salah satu kuliner khas Jepang. Sekarang sudah banyak sushi yang terdiri dari berbagai macam topping, mulai dari ikan, daging, dan sayuran. Jangan lupa untuk menyantapnya dengan wasabi dan soyu. Dampingi juga dengan segelas ocha yang akan membantu menetralkan rasa pada sushi sebagai teman minummu!

Tenang saja, bila kamu hanya mau makanan yang telah di masak, Jepang juga memiliki banyak menu olahan yang nggak kalah enaknya kok! Bagi pecinta mie, kamu bisa memesan ramen atau soba dengan berbagai pilihan topping atau pesan gyudon atau donburi bila merasa kurang kenyang sebelum menyentuh nasi.

6. Wonton – China

* sumber: www.delish.com

China terkenal dengan berbagai jenis kulinernya, mulai dari mie, pangsit, daging panggang, dan masakan goreng lainnya, salah satunya adalah Wonton. Hidangan khas China ini menjadi makanan yang paling disukai wisatawan ketika berkunjung ke sana.

Di Indonesia, bentuk wonton hampir mirip dengan siomay. Namun perbedannya, wonton akan disajikan dengan sup. Isi wonton ini terdiri dari udang dan ikan yang dicincang lalu direbus sampai matang. Rasanya yang kenyal dicampur dengan kuah hangat yang gurih membentuk sebuah perpaduan yang sempurna.

7. Tteokbokki – Korea

resep dan cara membuat tteokbokki

Bagi KPOP-ers, kamu tentu tahu makanan yang sering muncul di drama korea. Bukan hanya kimchi, bulgogi, ramyeon, dan japchae, negara ini juga punya banyak makanan sampingan yang bisa kamu nikmati bila tak suka makanan berat.

Tteokbokki yang sering disebut juga sebagai toppoki merupakan kue yang terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan saus pedas manis. Meski sudah banyak dijual di Indonesia, nggak ada salahnya, dong, mencoba langsung di negara asalnya?

Selain makanan berat, Kamu juga bisa coba berbagai cemilan dengan sajian yang lucu saat ke Negeri Ginseng! Siapa yang nggak tertarik untuk mencoba almond dengan berbagai rasa seperti honey butter, wasabi, atau bahkan samyang?

Jika ingin yang menyegarkan, coba deh banana milk, susu kemasan rasa pisang foot long ice cream, es krim cone klasik yang tinggi dan disajikan dalam dua rasa. Puas dan instagramable banget, kan?

8. Kebab – Turki

* sumber: www.probios.it

Meski berbatasan dengan benua Eropa, Turki nyatanya masih termasuk dalam kawasan Asia loh! Terkenal dengan pemandangannya yang eksotis, kamu pun akan ketagihan dengan kulinernya yang lezat. Siapa yang nggak pernah mencoba kebab?

Kombinasi irisan daging panggang, selada, tomat, bawang, mayonaise, dan saos yang dibungkus dengan kulit tortila lembut tentu saja bisa memanjakan lidahmu! Ingin coba yang manis? Coba saja Baklava, pastry renyah dengan isian kacang pistachio dan saus manis!

9. Dim Sum – Hongkong

* sumber: food.detik.com

Meski sering dianggap mirip dengan wonton, dimsum justru menjadi makanan yang harus kamu coba saat berkunjung ke Hongkong. Olahan daging yang dibuat seukuran jari bisa kamu nikmati selagi hangat.

Bukan hanya itu, kamu juga bisa menemukan ceker ayam yang diolah dengan saus khas sehingga berwarna merah kecoklatan. Jangan lupa, celupkan pada saus yang terasa sedikit manis dan pedas untuk membuat rasanya semakin nikmat!

Nah, sangat bervariasi makanan di Asia, kan? Jangan hanya mencari pemandangan, kamu juga perlu menjelajahi kuliner lokal untuk memanjakan lidah kamu selama berlibur. Kapan lagi mencoba makanan khas yang diolah langsung dari tempat asalnya! Meskipun lidahmu belum tentu cocok dengan rasanya, namun membuat pengalaman baru akan sekalalu menjadi hal yang menyenangkan!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Freelance writer yang tertarik dengan topik beauty, relationship, dan career. Punya cita-cita sebagai editor majalah, tapi akhirnya sadar bahwa passion nggak harus dijadikan full time career.

Leave A Comment