bacaterus web banner retina

10 Mahkota Kerajaan yang Terkenal dan Terindah di Dunia

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 22 Maret 2021

Mahkota merupakan hiasan kepala yang biasa digunakan oleh raja dan ratu sebagai simbol dari kekuasaan dan kekuatan dari sebuah kerajaan. Ada kepercayaan bahwa raja dan ratu dipilih oleh Tuhan, sehingga mahkota menjadi simbol legitimasi kekuasaan yang mereka miliki untuk melindungi rakyat.

Ada beragam bentuk dari mahkota kerajaan di dunia ini, dan hal yang paling menarik adalah banyaknya batu permata yang disematkan pada mahkota untuk mempercantik mahkota saat digunakan. Berikut ini adalah ulasan beberapa mahkota yang terlihat cantik dan juga megah yang biasa digunakan oleh para raja dan ratu di dunia.

1. Imperial State Crown (Inggris)

mahkota terindah di dunia_Imperial State Crown (Inggris)

* sumber: www.wandermum.co.uk

Mahkota dengan nama Imperial State Crown ini mungkin yang sudah dikenal oleh banyak orang. Mahkota ini biasa di gunakan oleh Ratu Elizabeth II saat berpidato di pembukaan parlemen. Mahkota  yang dikenakan oleh ratu ini merupakan simbol dari kedaulatan raja di Negara Inggris.

Imperial State Crown ini merupakan sebuah mahkota yang  bingkainya terbuat dari emas, perak, dan Platinum. Selain itu, mahkota ini dihiasi oleh beragam batu mulia diantaranya adalah 5 batu rubi, 17 batu safir, 11 buah batu zamrud, 273 mutiara dan ditaburi 2.868 batu berlian.

2. The Imperial Crown of Russia (Rusia)

mahkota terindah di dunia_The Imperial Crown of Russia (Rusia)

* sumber: www.rbth.com

The Imperial crown of Russia merupakan mahkota yang digunakan oleh kekaisaran di Rusia. Mahkota ini digunakan dari tahun 1762 hingga kekaisaran Russia dihapuskan pada tahun 1917. Mahkota ini pertama kali digunakan oleh Catherine yang Agung dan terakhir kalinya oleh Kaisar Nicholas II.

Mahkota ini dibuat menyerupai penutup kepala dari pemimpin agama. Mahkotanya berbentuk seperti dua belahan dunia. Pada tepi belahannya dihiasi oleh 75 mutiara putih. Pada bagian belahannya terdapat lengkungan dan pada bagian atasnya terdapat batu spinel dengan berat 400 karat.

Keseluruhan mahkota ini ditaburi gemerlapnya 4.936 berlian. Pada bagian dalam mahkotanya terdapat penutup kepala berwarna merah. Mahkota yang  indah ini dibuat oleh Jérémie Pauzié, atas perintah dari Permaisuri Catherine II. Saat ini mahkota ini tersimpan di Diamond Fund Kremlin.

3. The Pahlavi Crown of Persia (Iran)

mahkota terindah di dunia_The Pahlavi Crown of Persia (Iran)

* sumber: en.wikipedia.org

Pahlavi Crown merupakan mahkota yang digunakan selama masa pemerintahan Dinasti Pahlavi di Iran. Mahkota itu dibuat pada saat Reza Shah Pahlavi naik tahta pada tahun 1925. Mahkota itu dibuat untuk menggantikan mahkota Kiani yang biasa digunakan oleh raja dari dinasti Qajar.

Mahkota ini memiliki frame yang terbuat dari emas dan perak serta beludru merah. Mahkotanya ditaburi oleh 3.380 berlian yang berat keseluruhannya mencapai 1.144 karat. Pada bagian depannya terdapat berlian kuning seberat 60 karat, sementara pada dekorasi berbentuk sinar matahari terbuat dari berlian putih.

4. The Saint Edward Crown (Inggris)

mahkota terindah di dunia_The Saint Edward Crown (Inggris)

* sumber: www.businessinsider.com

Mahkota yang satu ini merupakan mahkota yang digunakan pada momen yang sangat penting yaitu pada saat penobatan seorang raja atau ratu. Mahkota ini dibuat pada saat penobatan dari Raja Charles II. Mahkota Saint Edward telah digunakan untuk upacara penobatan raja dan ratu sejak dari abad ke-13.

Bingkai dari mahkota ini terbuat dari emas dengan ornamen berupa fleur de lis atau bunga lily dan juga ornamen salib. Pada bagian dalamnya terdapat penutup kepala beludru yang berwarna ungu. Selain itu, mahkotanya juga ditaburi dengan beragam batu permata yang jumlahnya sekitar 444 buah.

Mahkota ini hanya pernah digunakan oleh 6 raja dan 1 ratu saja, yaitu Charles I, James II, William III, George V, George VI, dan terakhir ratu Elizabeth II. Sebagian lagi memilih untuk tidak menggunakannya lantaran frame emasnya membuatnya terasa berat dan melelahkan saat digunakan, dengan berat 2,23 kg.

5. The Empress Crown of Persia (Iran)

mahkota terindah di dunia_The Empress Crown of Persia (Iran)

* sumber: margaridasantoslopes.com

Mahkota ini dikenakan oleh permaisuri dari Raja Reza Pahlavi yaitu Ratu Farah Diba. Penobatan ratu dilakukan dengan memberinya mahkota yang dilakukan oleh Raja Reza Pahlavi yang sebelumnya tidak pernah dilakukan. Penobatan  ini dilakukan sebagai bentuk emansipasi kepada kaum wanita di Iran.

Mahkota ini dibuat oleh pembuat perhiasan  Van Cleef and Arpels. Mahkota dari permaisuri ini rangkanya terbuat dari emas putih dengan penutup kepala dari beludru berwarna hijau. Mahkota juga ditaburi dengan gemerlapnya berlian sebanyak 1.469 buah dan batu permata lainnya.

Selain hiasan berlian, mahkota ini juga dihiasi 36 zamrud, 105 mutiara, 34 batu rubi, 2 batu spinel. Batu zamrud terbesar di sematkan di tengah dekorasi berbentuk seperti sinar mentari. Sayang walau bentuknya indah, tetapi mahkota ini terlalu berat saat digunakan dengan beratnya sekitar 2 kilogram.

6. The Royal Crown of Nepal (Nepal)

mahkota terindah di dunia_The Royal Crown of Nepal (Nepal)

* sumber: myrepublica.nagariknetwork.com

Nepal dahulunya merupakan negara dengan sistem kerajaan, sebelum berubah menjadi Republik Federal pada tahun 2008. Mahkota ini merupakan simbol dari sebuah kerajaan yang pernah hadir selama 240 tahun di Nepal. Mahkota ini kini berada di Museum Narayanhiti yang dahulunya istana.

Mahkota dari raja ini berbentuk seperti topi, pada bagian belakang mahkotanya, dihiasi dengan berlian pipih. Selain itu, hiasan berlian pipih juga bergantung seperti liontin di bagian bawahnya. Bulu burung cendrawasih menjadi hal yang paling menonjol dari mahkota Kerajaan Nepal ini.

7. The Crown of The Andes ( Colombia)

mahkota terindah di dunia_The Crown of The Andes ( Colombia)

* sumber: www.nytimes.com

Mahkota yang satu ini tidak ditujukan untuk seorang raja ataupun ratu, melainkan ditujukan untuk patung dari Perawan Maria. Pembuatan dari mahkota ini bertujuan untuk memuliakan dari Perawan Maria. Mahkota ini dibuat pada sekitar abad ke-17 dengan bingkainya yang terbuat dari emas.

Crown of The Andes ini dikenal juga dengan nama The Crown of Our Lady of the Assumption of Popayán. Mahkota yang memiliki frame emas ini di hiasi dengan taburan 450 batu zamrud. Termasuk batu zamrud yang terbesar bernama Atahualpa yang dulunya adalah milik dari Raja Inca Atahualpa.

Walaupun mahkota ini berasal dari daerah Popayán Colombia, tetapi mahkota ini berada di Amerika Serikat, tepatnya di Metropolitan Museum, New York. Pihak dari Kolombia sendiri berharap jika mahkota ini dikembalikan ketempat  asalnya yang mana akan memberikan nilai pada budaya setempat.

8. The Holy Crown of Hungary (Hungaria)

mahkota terindah di dunia_The Holy Crown of Hungary (Hungaria)

* sumber: commons.wikimedia.org

Mahkota Suci Hungaria dikenal juga dengan nama Mahkota Santo Stefanus merupakan bagian terpenting dari lambang Kerajaan Hungaria. Mahkota ini merupakan mahkota yang digunakan pada penobatan dari Kerajaan Hungaria. Sejak abad ke -12, mahkota ini digunakan raja pada penobatannya.

Seorang raja telah sah menjadi raja apabila dinobatkan dengan menggunakan mahkota ini. Ada sekitar 50 raja yang telah dinobatkan dengan mahkota ini. Mahkotanya diperkirakan di buat di Konstantinopel dan merupakan karya yang dihasilkan di era Byzantium jika dilihat dari enamel mahkotanya.

Hiasan kepala ini terbuat dari emas dan terdapat 19 dekorasi gambar enamel. Satu diantara gambar itu dalah gambar dari Yesus yang diapit oleh malaikat jibril dan Mikail, dan gambar dari para raja serta orang suci. Mahkota ini juga dihiasi dengan batu permata dan salib yang bengkok diatasnya.

9. The Crown Of Saint Wenceslas (Republik Ceko)

mahkota terindah di dunia_The Crown Of Saint Wenceslas (Republik Ceko)

* sumber: en.wikipedia.org

Mahkota ini dibuat pada saat penobatan dari Raja Charles IV raja dari Bohemia dan juga Kekaisaran Suci Romawi. Sayangnya, mahkota St. Wenceslas ini tidak dipamerkan ke publik seperti mahkota kerajaan Eropa lain. Maka dari itu, mahkota yang diperlihatkan kepada publik adalah bentuk replikanya saja.

Rangka dari mahkota ini terbuat dari emas dengan dihiasi beragam batu permata sekitar 91 buah, sementara hiasannya berupa 19 batu safir, 44 batu spinel, 1 buah rubi, 30 batu zamrud, dan juga 20 mutiara. Pada bagian atasnya terdapat hiasan berupa salib. Berat dari mahkota ini sekitar 2,5 kg.

10. Iron Crown Of Lombardy (Italia)

mahkota terindah di dunia_Iron Crown Of Lombardy (Italia)

* sumber: en.wikipedia.org

Mahkota ini dianggap merupakan mahkota paling tua, diperkirakan dibuat pada abab awal pertengahan. Mahkotanya berbentuk lingkaran dan bertahtakan 22 batu permata di sekelilingnya. Selain itu mahkotanya dihiasi dekorasi berbentuk salib dan juga bunga serta memiliki ukuran yang kecil.

Mahkota ini digunakan untuk penobatan raja-raja di Italia pada sekitar abad ke-14. Penelitian memperkirakan bahwa mahkota ini berasal dari abad ke-8  atau awal abad ke-9. Saat ini Mahkota Besi dari Lombardy ini  tersimpan di Cathedral Monza yang  berada di Italia sebelah utara.

Itulah beberapa mahkota yang menjadi simbol dari kekuasaan seorang raja. Keindahan dari bentuknya yang banyak dihiasi beragam batu permata yang mana tak jarang batu permata tersebut dibuat dalam ukuran cukup besar. Selain simbol kekuasaan, mahkota juga menjadi simbol kemegahan dengan semua bahan yang digunakan untuk membuatnya.

Mahkota kerajaan juga tak jarang memperlihatkan simbol-simbol keagamaan, sehingga memberikan kesan legitimasi ilahiah yang diberikan kepada siapapun yang mengenakannya. Akan tetapi, walau terlihat indah dan megah terkadang mahkota-mahkota ini juga tidak nyaman digunakan karena terlalu berat saat dikenakan.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram