Bacaterus / Fashion / Aksesoris / Mau Bepergian? Kenali Dulu Macam-macam Ukuran Koper Ini

Mau Bepergian? Kenali Dulu Macam-macam Ukuran Koper Ini

Ditulis oleh

Sebelum membeli koper untuk bepergian, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, mulai dari yang penting seperti ukuran, bahan, jumlah roda, expander, bentuk bagian dalam, dan tipe trolley koper hingga yang tidak terlalu urgent seperti brand dan warna/motif. Tapi, yang paling krusial untuk Anda perhatikan adalah ukuran koper.

Ketika Anda bepergian, terutama menggunakan pesawat terbang, bagasi adalah hal yang masuk ke dalam perhitungan. Biasanya, penerbangan memberikan biaya bagasi gratis untuk ukuran koper dan berat tertentu. Tapi, ada juga yang meminta Anda untuk membayarnya.

Ukuran koper juga penting Anda pikirkan dengan berapa lama Anda pergi, ke mana Anda pergi, barang apa saja yang mau Anda bawa, dan apakah koper Anda mau disimpan di kabin saja atau di bagasi. Makanya, penting untuk Anda mengetahui macam-macam ukuran koper.

Beruntungnya, karena Bacaterus akan membahas mengenai ukuran koper. Dulu, ukuran koper yang umum hanya sedikit, yaitu 20″, 24″, dan 28″. Namun, sekarang ukuran koper sangat beragam, mungkin karena mengikuti kemauan pasar juga. Berikut adalah macam-macam ukuran koper, yuk, disimak!

Macam-macam Ukuran Koper

1. Koper Kabin

  • 16″

Macam ukuran koper yang pertama adalah koper kabin atau cabin size. Maksudnya, koper ini cukup kecil hingga bisa dimasukkan ke dalam kabin pesawat. Ukuran koper kabin yang paling mungil adalah 16″. Panjang x lebar x tinggi koper ini adalah 30 x 17 x 47 cm. Karena ukurannya yang kecil, koper ini hanya bisa memuat sedikit barang saja. Biasanya orang yang menggunakan koper ini hanya bepergian sebentar (sekitar 1 – 3 hari).

  • 18″

Masih dari koper cabin size, ada yang ukurannya 18″ alias 33 x 20 x 43 cm. Ukurannya agak sedikit lebih panjang dan lebar dari yang 16″, tapi masih bisa dimasukkan ke dalam kabin. Koper ini cocok buat dibawa bepergian selama 3 – 5 hari.

  • 20″

20″

Mau koper yang lebih besar tapi tetap bisa masuk kabin? Pilihlah koper ukuran 20″ ini. Ukurannya adalah 37 x 22 x 56 cm, jauh lebih tinggi dan panjang daripada kedua ukuran koper kabin lainnya. Tinggi koper ini hampir mencapai paha orang dewasa.

Walaupun termasuk mungil, koper 20″ ini bisa memuat barang-barang dan pakaian Anda hingga 16 kg, loh! Tapi, kalau Anda mau memasukkannya ke kabin, maksimal beratnya cuma 7 kg saja, ya.

2. Koper Medium

  • 22″

Sekarang kita memasuki macam ukuran koper medium. Mulai dari ukuran koper ini dan seterusnya sudah tidak bisa Anda bawa ke dalam kabin, ya. Ukuran koper medium yang paling kecil adalah 22″ alias 38 x 22 x 58 cm.

Bisa dibilang ukuran koper ini tanggung, karena dibilang kecil tidak, besar juga tidak. Makanya, ada beberapa maskapai yang masih memperbolehkan koper 22″ masuk kabin, walaupun jarang terjadi. Biasanya yang memperbolehkan koper ini masuk kabin untuk penerbangan antar kota saja.

  • 24″

 24″

Tipe ukuran koper yang selanjutnya adalah 24″ (43 x 23 x 63 cm). Koper ini merupakan ukuran terakhir dalam koper medium. Jadi, koper medium cuma punya dua ukuran, ya. Tinggi koper ini sekitar dengkul orang dewasa. Koper ini cukup memuat pakaian dan barang-barang Anda untuk bepergian selama 2 minggu. Berat yang bisa ditampungnya adalah sekitar 26 kg.

Berbeda dengan koper 22″ yang masih bisa dimasukkan ke kabin, koper 24″ ini sudah dipastikan tidak bisa masuk kabin, ya. Soalnya koper ini cukup tinggi dan besar, makanya sudah tidak muat lagi di dalam kabin.

3. Koper Besar

  • 28″

28″

Sekarang kita masuk ke tipe ukuran koper besar. Yang pertama ada ukuran 28″ (47 x 32 x 73 cm). Tingginya sekitar pinggang orang dewasa. Berat yang bisa ditampung koper ini mencapai 35 kg. Ukuran koper ini paling laris manis di pasaran, mungkin karena besar tapi tidak berlebihan juga besarnya.

Jika Anda membeli koper ukuran besar seperti ini, usahakan cari yang bahannya kuat, soalnya muatan koper ini cukup banyak. Jika Anda membeli koper yang dibuat dari plastik tipis atau bahan kurang baik lainnya, bisa-bisa kopernya pecah.

  • 32″
32″

* sumber: www.barneys.com

Tipe ukuran koper yang terakhir adalah 32″. Ukurannya adalah 51 x 35 x 81 cm. Berbeda dengan kawannya yang berukuran 28″, koper 32″ tidak terlalu banyak ada di pasaran. Soalnya ukurannya besar banget, jarang juga orang yang mencarinya.

Koper ukuran 32″ ini dapat membawa barang bawaan Anda hingga seberat 45 kg. Biasanya orang menggunakan koper ini jika akan bepergian selama 3 minggu atau lebih.

Nah, itulah macam-macam ukuran koper yang ada di pasaran. Jadi, jangan sampai salah beli ukuran koper lagi, ya. Walaupun Anda telah membawa koper, jangan lupa bawa tas tambahan kalau-kalau Anda belanja di tempat tujuan. Kalau Anda mau membeli koper baru, beli saja di Bukalapak. Klik link ini untuk membelinya.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Syuri
Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment