Bacaterus / Merk Kasur / Mau Beli Kasur Baru? Ketahui Dulu 10 Macam Ukuran Kasur Ini

Mau Beli Kasur Baru? Ketahui Dulu 10 Macam Ukuran Kasur Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Mulai dari bayi baru lahir sampai kakek-nenek, semua orang pasti butuh kasur untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Tapi, apakah Anda mengetahui ukuran kasur yang paling tepat untuk Anda dan keluarga? Pasalnya, walaupun dikenal secara universal, ada cukup banyak macam ukuran kasur.

Kadang beda ukuran setiap kasurnya hanya sedikit, tapi istilahnya sudah berbeda sehingga orang awam pun jadi sering bingung ketika memilih ukuran kasur untuk dipakai. Maka itu, jika Anda mau shopping kasur baru, sekarang Bacaterus akan membantu Anda mengenali macam-macam ukuran kasur konvensional.

10 Macam Ukuran Kasur

1. Single (90 x 200)

Single macam ukuran kasur

* sumber: b2cfurniture.com.au

Macam ukuran kasur yang pertama adalah Single. Ukuran single bed umumnya 90 cm x 200 cm. Kasur jenis ini paling laris digunakan oleh remaja hingga anak kuliahan. Kenapa? Karena ukuran kasur ini cukup untuk tubuh anak remaja dan sekolahan yang belum terlalu besar sebesar orang dewasa. Lalu, single bed juga memiliki ukuran yang standar untuk ditaruh di kosan.

Sesuai namanya, single bed cuma bisa dipakai untuk satu orang. Kasur ini cukup dilengkapi dengan satu bantal dan satu guling saja. Untuk penyimpanan single bed di kosan sebaiknya tidak usah pakai kerangka kasur untuk menghemat tempat.

2. Double (130 x 200)

Double

* sumber: www.booking.com

Setelah single bed, sekarang kita akan membahas kasur Double. Kasur ini sering disebut Full Bed dan Super Single Size juga. Buat Anda yang sering ke hotel pasti familiar dengan kasur ukuran ini. Berbeda dengan kasur single yang diperuntukkan buat satu orang, double bed bisa dipakai oleh dua orang.

Anda bisa menggunakan double bed buat dua buah hati Anda. Kakak dan adik bisa tidur di satu kasur yang sama. Pasangan yang baru menikah juga bisa memilih kasur double jika tidak memiliki ukuran kamar yang luas. Jika Anda memiliki tubuh yang gemuk atau suka dengan kasur yang luas, Anda bisa menggunakan double bed untuk Anda sendiri. Pasalnya, ukuran kasur double berkisar 137 cm x 190 cm atau 137 cm x 200 cm.

Kasur double memiliki ukuran yang sama dengan kasur futon (perangkat tidur tradisional Jepang). Kasur futon juga dipakai oleh orang Korea pada zaman dulu. Double mattress merupakan versi “pendek”-nya kasur ukuran Queen yang akan kita bahas di bawah nanti.

3. Full XL

Full XL

* sumber: www.klslife.com

Macam ukuran kasur yang selanjutnya adalah Full XL. Istilah ini kurang familiar di Indonesia karena kita lebih sering menyebut kasur Full sebagai Double, dan untuk ukurannya tidak masalah, pokoknya kasur Double ya kasur Double saja. Akan tetapi, di luar negeri kasur Double yang lebih besar punya nama sendiri yaitu full XL.

Kasur full XL merupakan jenis kasur yang paling jarang di antara 7 kasur standar dunia dan 5 kasur standar di Indonesia. Jadi, full XL ini punya lebar seperti kasur double dengan panjang seperti kasur queen. Walaupun begitu, perbedaan kasur queen dengan full XL hanya 15 cm saja. Makanya, orang-orang tetap lebih memilih kasur queen daripada full XL. Tapi, kalau ukuran kamar Anda cocoknya pakai kasur full XL, kenapa tidak?

4. Queen (160 x 200)

Queen (160 x 200)

* sumber: www.astarfurn.com

Kasur ukuran Queen bisa dibilang merupakan yang paling popular ke-2 setelah kasur Single. Kasur ini lebih lebar daripada kasur Double, biasanya dipakai oleh pasangan dengan kamar yang agak luas (master bed room).

Kasur queen sendiri dibagi lagi menjadi tiga jenis, yaitu Standard (152-160 cm x 200 cm), Olympic (167 cm x 200 cm), dan terakhir adalah California Queen (152 cm x 213 cm).

5. King (180 x 200)

King

Jika Anda memiliki kamar yang jauh lebih luas lagi, cocoknya pakai kasur King size. Ukuran kasur ini adalah 180 cm x 200 cm. Besar dan lebar, kasur ini cocok sekali untuk pasangan yang suka dengan kasur yang lebar.

Setiap individu akan mendapatkan ruang gerak yang luas. Anak Anda yang masih kecil pun bisa ikut tidur di kasur ini. Sama seperti kasur Queen yang terbagi menjadi beberapa jenis, kasur king size juga sama, ada yang Standard (180-190 cm x 200 cm) dan satu lagi California King (180 cm x 213 cm).

6. California King (180 x 210)

California King Size

* sumber: www.recous.com

California King merupakan cabang dari King size bed. Kasur ukuran ini sangat digemari banyak orang karena ukurannya yang sangat luas, yaitu 180 cm x 213 cm. California king sering disingkat jadi Cal King. Mattress ini cocok banget buat orang-orang yang tubuhnya tinggi.

7. Super King (200 x 200)

Super King Size

* sumber: www.minimaldesigner.com

Masih termasuk macam ukuran kasur King, ternyata masih ada yang lebih besar dari Cal King, yaitu Super King size bed. Ukuran kasur ini adalah 200 cm x 200 cm. Kasur ini biasanya ditempatkan di kamar tidur utama. Walaupun diperuntukkan buat dua orang, kasur ini sering digunakan sebagai kasur di hotel dengan tipe kamar family room.

Saking lebar dan besarnya, kasur Super King biasanya memiliki kotak pegas di bagian bawahnya untuk menahan berat kasur. Jika Anda punya kamar yang super luas, tidak ada salahnya menggunakan kasur Super King. Anak-anak dan hewan peliharaan Anda juga bisa ikut tidur di kasur ini saking luasnya.

8. Family

Family 

* sumber: www.today.com

Anak-anak suka ikut tidur dengan Anda? Kalau pakai kasur Double pasti terasa sempit, bukan? Makanya, gunakanlah kasur Family size. Lebar kasur ini adalah 12 kaki atau sekitar 365 cm. Ukurannya hampir setengah kalinya kasur ukuran King, ya?

Kalau Anda punya banyak anak atau hewan peliharaan yang tidak mau lepas dari Anda walaupun saat tidur, mungkin ini saatnya Anda upgrade kasur menjadi ukuran family. Sebelum membeli kasur ini, tentu Anda perlu memikirkan ukuran ruangan dan budget yang Anda punya, karena harga kasur ini pasti jauh lebih mahal.

9. Twin (80 x 190)

Twin

* sumber: www.ekidsrooms.com

Kasur Twin tidak selalu berupa kasur tumpuk seperti pada gambar, ya. Maksud dari kasur twin adalah kasur yang ukurannya biasa, tidak seperti Single bed tapi tidak sangat lebar juga. Biasanya kasur ini digunakan sebagai kasur tambahan di hotel, atau digunakan pada kamar hotel dengan dua kasur terpisah (kamar twin bed). Uniknya, yang membuat bingung, kasur twin memiliki beberapa ukuran.

  • Twin (standar): kasur ini yang paling banyak ditemukan di mana-mana, di hotel, di asrama, apartemen, dan kosan. Ukurannya tidak terlalu besar, tapi lebih nyaman daripada single bed karena lebih lebar. Ukuran standarnya adalah 100 cm x 190 cm.
  • Short Twin: Dari namanya saja mungkin Anda sudah bisa menebak kalau kasur ini lebih kecil dari kasur Twin standar. Biasanya kasur short twin digunakan pada rumah berjalan (camper house). Ukuran kasur short twin adalah 86 cm x 190 cm.
  • Twin XL: terakhir, ada kasur ukuran twin XL. Orang-orang yang tubuhnya tinggi sering mengeluhkan masalah kakinya yang menggantung jika tidur di kasur kecil. Maka dari itu, kasur twin XL bisa menjadi solusinya. Ukuran kasur ini adalah 100 cm x 200 cm.

10. Crib (70 x 130)

Crib

* sumber: hrustalic.info

Kalau Crib ini bukan kasur untuk kita para orang dewasa, melainkan untuk bayi yang baru lahir hingga berusia 3 tahunan. Ukuran standar crib adalah 70 cm x 132 cm. Untuk ketebalannya biasanya maksimal 15 cm, tidak lebih dari itu. Tapi, sekarang banyak crib yang ukurannya custom karena menyesuaikan dengan kerangka kasurnya.

11. Custom

Custom

Bonus, macam ukuran kasur yang terakhir adalah kasur Custom alias ukurannya bebas sesuai dengan pesanan setiap orang. Mau disesuaikan dengan tinggi tubuh, mau selebar kamar, mau setinggi 20 cm, pokoknya bebas, deh. Bentuknya juga bisa macam-macam, mau bundar, segitiga, pokoknya terserah si pemesan.

Itu dia 11 macam ukuran kasur yang bisa Anda temukan versi Bacaterus. Selain banyak jenisnya, ternyata kasur juga banyak ukurannya ya. Dengan mengetahui macam-macam ukuran kasur akan memudahkan Anda ketika membeli kasur atau ketika memesan kamar di hotel. Mana kasur favorit pilihan Anda?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *