Bacaterus / Stroller / 10 Macam Stroller Bayi dan Balita yang Ada di Pasaran

10 Macam Stroller Bayi dan Balita yang Ada di Pasaran

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 Juli 2019

Ketika membicarakan stroller bayi, yang muncul di benak semua orang pada awalnya pasti single stroller alias all-purpose stroller. Padahal, jenis stroller itu banyak sekali. Ada yang difungsikan untuk bayi dan ada yang dibuat khusus untuk balita.

Ada juga yang bentuknya besar, ada yang kecil dan sangat ringan. Semua stroller yang sudah Bacaterus rangkum di bawah ini memiliki fungsinya masing-masing. Ingin tahu ada apa sajakah macam stroller? Baca selengkapnya di bawah ini.

1. All-purpose Stroller

All-purpose Stroller

Stroller serbaguna merupakan bayangan “stroller” yang ada di benak semua orang. Stroller ini merupakan kereta dorong sehari-hari. Biasanya ukurannya full size (besar, ringkas, dan bisa dipakai dari bayi hingga balita). Jika Anda hanya menggunakan stroller untuk keliling komplek, jalan-jalan di mall, atau pergi ke taman, stroller tipe ini merupakan yang paling cocok buat Anda.

Stroller tipe ini biasanya memiliki kerangka yang solid. Gabungan fitur yang nyaman baik buat bayi maupun orang tua, ban yang meluncur lancar, hingga tempat penyimpanan yang luas. All-purpose stroller juga biasanya modular alias bisa revesible seat (mengubah arah tempat duduk jadi hadap depan atau hadap orang tua).

Stroller jenis ini paling cocok untuk keluarga besar yang memiliki lebih dari satu anak. Karena, stroller ini paling pas ditambah aksesoris seperti tempat minum untuk anak dan orang tua serta stroller board, yaitu papan seperti papan skateboard yang berguna sebagai pijakan sang kakak.

2. Lightweight Stroller

Lightweight Stroller

Siapa yang mau bawa-bawa stroller berat dalam keadaan terlipat? Pasti tidak ada. Walaupun Anda kuat sekalipun, tetap saja menjinjing stroller yang berbobot itu menjengkelkan dan merepotkan. Pilihlah tipe stroller lightweight alias ringan. Biasanya stroller ini jauh lebih ringan dibandingkan stroller lainnya.

Jadi, mengangkat dan membawa-bawa stroller yang dilipat pun bukan menjadi hal yang besar karena stroller ini sangat ringan. Biasanya berat stroller ini hanya 4 – 6 kg. Pertanyaannya, kenapa harus dilipat kalau bisa didorong? Mau tidak mau akan ada masa stroller harus dilipat dan dibawa. Seperti ketika mau memasukkan stroller ke dalam bagasi mobil, atau mengeluarkannya. Buat yang traveling juga pasti harus melipat stroller dan memasukkannya ke kabin.

Kenapa bisa ringan? Lightweight stroller memiliki profil yang lebih ramping, sehingga lebih mudah menavigasi melalui pintu sempit dan di trotoar yang ramai. Cocok banget buat orang yang selalu bepergian. Harga kereta dorong ini cenderung lebih murah karena bahan kerangkanya biasanya berupa plastik saja, walaupun semua kembali lagi kepada brand dan model stroller yang Anda inginkan. Untuk membeli stroller ini, Anda bisa kunjungi Bukalapak lewat link ini.

3. Jogging Stroller

Jogging Stroller

Anda suka olahraga, terutama lari? Jogging stroller merupakan pilihan yang paling tepat buat Anda! Mungkin terdengar konyol, berlari sambil membawa bayi, pakai stroller pula. Akan tetapi, hal ini sangat wajar di negara-negara besar. Stroller jogging dibuat dengan kerangka yang super kokoh dan sistem suspensi untuk membuat perjalanan terasa mulus walaupun jalannya bergelombang.

Jogging stroller pasti hanya memiliki tiga roda dengan roda depan yang bisa berputar untuk memudahkan saat belok ataupun dibuat diam untuk gerakan maju yang stabil. Sedangkan dua roda belakang pasti fixed, tidak bisa berputar. Bedanya jogging stroller dengan kereta dorong biasa juga terletak pada rem tangan, di mana semua stroller lainnya hanya memiliki rem kaki saja. Stroller ini bisa dibeli di Bukalapak lewat link ini.

4. Travel System Stroller

Travel System Stroller

Lightweight stroller memang cocok untuk traveling. Tapi, ada seri stroller yang memang diciptakan untuk bepergian. Travel system stroller merupakan “paket lengkap” untuk bepergian karena terdiri dari kereta dorong, kursi stroller yang bisa dicabut untuk membawa bayi, dan sering kali sudah ada infant car seat-nya juga yang bisa ditempel maupun dilepas dari stroller.

Ketika bayi ketiduran di stroller, padahal Anda harus pergi saat itu juga, berarti mau tidak mau Anda harus mengangkat bayi Anda. Mulai dari melepas sabuk pengaman, mengangkat bayi, menggendongnya, lalu melipat stroller membutuhkan waktu yang lama. Belum lagi kalau bayi Anda terganggu dan akhirnya terbangun dari tidurnya.

Dengan travel system stroller ini, Anda hanya perlu mengangkat carseat atau kursi stroller-nya dan menaruhnya ke dalam mobil atau rumah. Anda juga bisa lebih hemat uang karena tidak perlu membeli car seat secara terpisah. (FYI, harga car seat biasanya agak lebih mahal dari stroller, loh!). Dapatkan stroller jenis ini di Bukalapak lewat link ini.

5. Double Stroller

Double Stroller

Ketika Anda melahirkan bayi kembar, maka double stroller adalah jawabannya. Ada dua desain yang dapat dipilih, yaitu kursi yang berdampingan atau kursi yang saling menumpuk (disebut juga sebagai tandem). Stroller ini bisa dipakai juga untuk newborn dan sang kakak yang usianya tidak terlalu jauh dengan adiknya. Ada pula triple stroller buat bayi kembar tiga. Untuk memiliki stroller seperti ini, bisa kunjungi Bukalapak di link ini.

6. Triple Stroller

Triple Stroller

Bawa semua anak Anda! Apakah Anda memiliki bayi kembar tiga, atau tiga anak yang usianya tidak terpaut jauh, triple stroller ini merupakan pilihan yang paling cocok. Bayangkan kalau Anda pakai single stroller, lalu dua balita Anda berceceran yang satu jalan ke mana yang satu lari-larian. Pasti pusing sekali, bukan? Makanya, biar anak-anak aman dan bisa terlihat dalam jangkauan ketika Anda bepergian, gunakanlan triple stroller.

Triple stroller ada yang semuanya suitable untuk bayi baru lahir, jadi semua kursinya bisa berubah jadi platform (datar). Lalu, ada juga yang merupakan perpaduan kursi newborn dan kursi balita. Lalu, ada juga yang perpaduan kursi newborn, kursi balita, dan kursi atau standee kakak yang biasanya berupa attachment saja.

7. Toddler Stroller

Toddler Stroller

Bukan cuma bayi newborn saja yang membutuhkan stroller, tapi balita juga. Kadang anak-anak merasa malas jalan, atau sudah capek dan inginnya digendong. Padahal belum tentu kita selalu berada dalam posisi yang bisa menggendongnya, kan? Kita juga bisa merasa lelah, atau repot karena harus memegang anak yang lainnya, atau sedang membawa bawaan yang berat. Jadi, Anda bisa memilih toddler stroller yang bentuknya lite seperti ini.

Stroller balita biasanya sangat “terbuka”, ada juga yang tidak punya kanopi sama sekali. Sekilas seperti kereta dorong mainan untuk boneka, ya? Lalu dilihat saja sudah terbayang kalau stroller ini pasti ringan. Memang, kereta dorong balita ini lebih mementingkan kepraktisannya. Balita juga pasti lebih betah duduk di sini dibandingkan stroller yang full bodied karena mereka bisa lebih leluasa bergerak dan melihat sekitar. Segera beli stroller jenis ini di Bukalapak lewat link ini.

8. Trike Bike Stroller

Trike Bike Stroller

Ketika bayi Anda sudah beranjak balita, mereka lebih suka mengeksplor lebih. Daripada menggunakan stroller biasa, coba pertimbangkan untuk membeli toddler push chair seperti trike bike stroller seperti ini. Selain bentuknya yang menarik, anak-anak bisa sekalian latihan duduk yang ajeg dan latihan mengayuh juga.

Tapi, untuk balita yang belum bisa mengayuh juga tidak apa-apa karena rodanya dapat berputar ketika stroller didorong oleh orang tua. Kalau anak sudah bisa mengayuh sendiri, Anda bisa melepas dorongannya dan menjadikan stroller ini sebagai sepeda roda tiga biasa. Selain yang bentuk sepeda, ada juga yang berbentuk motor. Lalu, selain yang kursinya satu, ada juga yang kursinya dua (berhadapan maupun depan-belakang) untuk bayi kembar. Stroller ini bisa didapatkan di Bukalapak lewat link ini.

9. Baby Bike Trailer Stroller

Baby Bike Trailer Stroller

Kalau Anda pernah menonton reality show Korea, The Return of Superman, di sana ada kembar tiga alias Song triplets. Ayahnya, Song Il-kook sering membawa anak-anaknya bersepeda menggunakan stroller seperti ini. Stroller ini merupakan versi bayi dari stroller di atas, walaupun bisa dipakai hingga balita juga.

Bike stroller juga ada yang berbentuk seperti karavan (trailer) seperti ini. Difungsikan untuk bayi hingga balita. Stroller ini nanti ditempelkan pada sepeda orang tua supaya Anda bisa berolahraga sambil membawa anak-anak. Atau, Anda bisa juga menarik karavan bayi ini seperti biasa.

10. Three Wheels (Tricycle) Stroller

Three Wheels (Tricycle) Stroller

Three wheels atau tricycle stroller merupakan pilihan yang terbaik jika bayi Anda sudah besar dan bisa duduk sendiri. Stroller ini cocok untuk usia 1 – 7 tahun! Biasanya stroller ini dipakai di mall atau untuk jalan-jalan di taman. Berat stroller ini sangat ringan, yaitu 2 kg saja dan mudah dilipat. Bahkan ada yang sudah dilengkapi kantung untuk langsung bisa digendong. Mau beli stroller ini? Langsung kunjungi Bukalapak di link ini.

Nah, itulah sepuluh tipe stroller yang bisa Anda temukan di pasaran. Sesuaikan stroller dengan kebutuhan Anda dan anak-anak, ya. Supaya tidak membeli stroller yang salah, baca juga Cara Memilih Stroller Bayi yang Tepat.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar