bacaterus web banner retina
Bacaterus / Serba Serbi / Binatang / 8 Macam Warna Mata Kucing, dari Biru Sampai Dua Warna

8 Macam Warna Mata Kucing, dari Biru Sampai Dua Warna

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 12 April 2021

Kucing memiliki warna mata yang sangat luas dan beragam. Warna mata mereka bisa berwarna biru, kuning, hijau, tembaga, oranye, merah, dua warna atau semacam pola marmer. Layaknya manusia, bagian mata kucing yang memiliki warna yaitu iris, yaitu lingkaran yang mengelilingi pupil. Iris mempunyai dua lapisan.

Tiap-tiap lapisan ini memiliki kandungan melanosit, yang menghasilkan pigmen (warna). Pigmen inilah yang disebut melanin. Semakin banyak melanosit pada mata kucing, semakin gelap dan semakin cerah warnanya. Hal ini khususnya nampak pada kucing ras murni. Ingin tahu lebih banyak tentang macam-macam warna mata kucing? Simak ulasannya di sini.

1. Odd Eye

Apakah kamu pernah melihat kucing yang matanya memiliki dua warna yang berbeda? Warna bola mata sebelah kiri berbeda dengan warna bola mata sebelah kanan. Pada kucing warna mata seperti ini disebut dengan  “Odd eye” dan kucing dengan warna mata ini termasuk dalam kucing langka.

Kondisi dua warna mata tersebut dinamakan heterochromia iridium. Ini terjadi saat gen bercak putih atau warna putih menghalangi distribusi dan konsentrasi pigmen di iris saat perkembangan. Kondisi ini bisa diturunkan secara genetik atau bawaan karena cacat pertumbuhan.

Pada kucing kondisi ini paling sering ditemukan pada kucing putih epistatik yang mempunyai satu mata berwarna biru dan yang lainnya berwarna oranye, kuning, tembaga, hazel atau hijau. Van Turki, angora Turki, dan bobtail Jepang tampaknya paling cenderung bermata odd eye.

Kucing Persia, sphinx, dan shorthair Oriental juga cenderung mempunyai mata yang tidak serasi. Tidak ada jaminan, tapi ras ini lebih cenderung memiliki odd eye dibandingkan beberapa ras kucing lainnya. Dibandingkan kucing lain, kucing dengan heterokromia 20% lebih mungkin terlahir tuli.

2. Biru

Jika kucing milikmu terlahir dengan mata berwarna biru, jangan berharap warna itu akan bertahan sampai ia menjadi dewasa dan tua. Saat berusia enam tahun, anak kucing akan mulai berubah warna matanya. Warna biru pada mata kucing bergantung pada intensitas refraksi biru pupil.

Mungkin kamu bertanya-tanya apa yang membuat mata kucing menjadi biru? Ini sebenarnya adalah ciri kucing colorpoint atau yang dikenal juga dengan Himalayan. Ini biasanya berhubungan dengan suhu tempat mereka tinggal. Kucing albino memiliki pola colorpoint ini.

Mata biru juga sering terjadi pada kucing yang mempunyai gen putih lebih dominan atau putih epistatis. Warna putih ini tidak boleh disamakan dengan albinisme karena mempunyai warna bulu dasar yang berbeda.

Gen bercak putih yang mereka punyai juga memengaruhi pigmen mata jika ada warna putih di sekitar mata. Kucing warna putih bisa mempunyai satu atau kedua mata berwarna biru. Mata yang tidak biru akan tergantung pada standar ras.

3. Cokelat

Mengatakan bahwa kucing mempunyai mata cokelat tidak sepenuhnya benar. Sebaliknya, mata kucing bisa berupa beragam corak tembaga. Kucing dengan mata tembaga menghasilkan banyak melanin pada irisnya. Mata kucing yang paling gelap tidak lebih gelap dari warna tembaga.

Terkadang mungkin pada warna itu ada bintik kuning, hijau, atau oranye tapi tidak ada kucing bermata warna hitam. Ini adalah warna yang lebih jarang dibandingkan dengan warna yang lain, dan walaupun bisa dibedakan dari oranye, warnanya juga tidak biasa.

Maine Coon, Bobtail Jepang, Cornish Rex, Persia, dan Chartreux semuanya bisa ditemukan dengan mata tembaga yang mencolok. Mata mereka mungkin tampak lebih gelap bergantung seberapa banyak cahaya menyinari matanya, atau seberapa kuat warnanya. Tapi itu warna tembaga.

4. Albino

Beberapa kucing menghasilkan melanin, tapi karena genetik, melanin terselubung atau ditekan. Kucing putih dengan mata biru pucat atau bahkan merah muda merupakan kucing albino sejati.

Warna merah muda di matanya berasal dari pembuluh darah yang memantul dari belakang, karena tidak ada melanin yang menutupi pembuluh darah tersebut. Kucing yang tidak menghasilkan melanin secara teknis tidak putih, mereka sama sekali tidak berwarna.

Ini artinya kucing ini tidak mungkin menderita tuli seperti kebanyakan kucing putih, tetapi mereka mungkin mempunyai masalah dengan penglihatannya.

Baca juga: Ini Dia Cara Merawat Kucing yang Benar dan Paling Mudah

5. Kuning/Oranye

Seperti yang sudah disebutkan pada penjelasan di atas, warna mata kucing bergantung pada jumlah melanin di irisnya. Akan tetapi, intensitas warna akan ditentukan oleh tingkat aktivitas dalam melanosit.

Ini berarti seekor kucing dengan mata kuning mungkin mempunyai pandangan yang lebih cerah dibandingkan kucing lainnya yang juga berwarna mata kuning, dan kucing dengan mata oranye mungkin saja kucing dengan aktivitas melanosit yang lebih kuat.

Dan seperti yang telah dibahas sebelumnya karena tidak ada korelasi antara warna bulu dan warna mata pada kucing, sangat mungkin kucing hitam memiliki mata berwarna kuning. Faktanya, kucing dengan mata warna kuning dan warna amber sangat umum.

Kucing hitam terkenal telah digambarkan sepanjang sejarah dengan tatapan yang menakjubkan dan bersinar dengan warna ini. Ada hubungan dalam jumlah aktivitas melanosit dengan intensitas warna mata pada kucing ras. Hal itu karena kucing ini dibiakkan secara khusus untuk ciri fisik tertentu.

Seringkali ciri-ciri fisik ini meliputi warna mata, dan untuk alasan ini, kamu mungkin menemukan kucing ras dengan warna mata yang lebih kuat yang akan kamu temukan dibandingkan kucing campuran.

6. Hijau

Seringkali warna mata hijau dikaitkan dengan kekuatan mistis dan merupakan warna yang paling sering dikaitkan dengan kucing. Dalam film musikal Cats, Skimbleshanks digambarkan mempunyai warna mata hijau kaca. Seperti mata biru, mata hijau mempunyai sedikit melanin.

Berikut ini beberapa kucing bermata hijau. Chinchilla Longhair (Chinchilla Persian) dan ras sejenis shorthaired terkenal karena matanya yang berwarna hijau laut dengan pinggiran hitam. Kucing Tonkinese dikenal memiliki mata berwarna aqua.

The Russian Blue dikenal dengan mata berwarna hijau zamrud yang kontras dengan bulu abu-abu batu. Kucing Mau Mesir mempunyai mata dengan warna yang digambarkan sebagai gooseberry green. Jaguar juga mempunyai kecenderungan warna hijau gooseberry.

7. Hazel

Warna mata hazel merupakan perpaduan antara hijau dan kuning keemasan. Ini merupakan warna mata kebanyakan kucing liar di daerah beriklim sedang, seperti Bobcats dan Lynx.

Warna ini juga merupakan warna mata yang umum dimiliki oleh kucing liar. Trah yang mempunyai mata cokelat termasuk Abyssinian, Bengal, Singapura, Cornish Rex, dan Scottish Fold.

8. Dichroic

Kucing dengan warna mata dichroic, atau dichromatic, mempunyai kombinasi dua warna berbeda di kedua matanya. Warna ini sangat menakjubkan juga memang sangat langka. Hal ini diakibatkan karena kucing mempunyai kadar melanin yang berbeda di bagian iris yang berbeda.

Terkadang, mata akan mempunyai oval berbeda dengan satu warna di dekat pupil, yang kemudian menyatu dengan warna lain. Pada kesempatan lain, warna akan dibagi menjadi beberapa bagian.

Jadi seperempat atau setengah mata akan menjadi satu warna, dan bagian yang tersisa akan menjadi warna yang berbeda. Terkadang, satu mata akan berwarna solid dan yang lainnya akan menjadi dichroic.

Seperti halnya manusia, kucing pun memiliki bermacam-macam warna mata. Ada yang berwarna biru, cokelat, kuning hingga yang memiliki dua warna atau odd eye. Sama dengan manusia, macam-macam warna mata kucing dipengaruhi salah satunya oleh faktor genetik. Kandung melanosit pada iris juga mempengaruhi warna mata kucing.

Yang menariknya, kucing juga memiliki warna albino seperti manusia. Informasi mengenai mata kucing tadi bisa menambah pengetahuanmu jika kamu memiliki kucing di rumah. Jadi jangan heran lagi jika kucingmu dulu memiliki mata warna biru saat dewasa berubah warna. Atau ternyata kucing odd eye-mu bisa mengalami ketulian.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram