bacaterus web banner retina
Bacaterus / Serba Serbi / Yuk Ketahui 6 Macam Ukuran Sepeda Ini Sebelum membelinya

Yuk Ketahui 6 Macam Ukuran Sepeda Ini Sebelum membelinya

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 18 Februari 2021

Belakangan kegiatan bersepeda menjadi marak di beberapa kota. Sepeda-sepeda berbagai merek dan ukuran bisa dengan mudah ditemukan di jalanan. Toko sepeda pun menjadi ramai dikunjungi oleh para pembeli. Sayangnya tidak semua orang paham dengan sepeda yang sesuai kebutuhan mereka. Selama bisa jalan, sepeda langsung dibawa pulang.

Padahal ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan membeli sepeda. Terutama terkait ukuran karena hal tersebut bisa berpengaruh terhadap kenyamanan saat bersepeda. Macam-macam ukuran sepeda menjadi salah satu informasi yang penting untuk diketahui, apalagi jika Anda berencana membeli sepeda dalam waktu dekat ini.

Artikel di bawah ini akan mengulas tentang macam-macam ukuran sepeda, juga tips memilih sepeda yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Seperti apa ulasannya? Simak uraian berikut ini!

Tips Memilih Sepeda

Membeli sepeda sama dengan membeli barang lainnya, Anda perlu memperhatikan hal-hal yang nantinya akan memberi kenyamanan atau keuntungan. Mengandalkan penjaga toko atau pemiliknya untuk memberi informasi dan memberi saran kadang berakhir dengan mengecewakan. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tips yang Anda perlukan saat akan membeli sepeda.

1. Perhatikan Ukuran Frame/Rangka Sepeda

* sumber: www.wiggle.com

Elemen terpenting saat akan membeli sepeda adalah memperhatikan ukuran frame atau rangka sepeda. Frame adalah tempat semua komponen sepeda dipasang, seperti ban dan lainnya. Frame pada sepeda berbeda-beda tergantung jenisnya.

Pada sepeda klasik, frame biasanya terdiri atas dua bentuk segitiga, yaitu segitiga utama dan segitiga belakang yang berpasangan. Sementara itu pada sepeda balap, sudut serta bentuk tube-nya akan berbeda. Begitu halnya dengan sepeda gunung.

Mengetahui ukuran frame atau rangka sepeda yang pas untuk Anda adalah dengan cara mengukur inseam lalu menyesuaikannya dengan range sepeda. Inseam sendiri yaitu panjang ukuran dari telapak kaki (lantai) hingga selangkangan.

2. Pilih Sepeda dengan Contact Point yang Sesuai

* sumber: www.cyclingabout.com

Contact point atau titik kontak dalam sepeda maksudnya adalah bagian-bagian sepeda yang bersinggungan dengan pengguna. Setidaknya ada tiga titik kontak yang harus diperhatikan, yakni sadel, pedal dan handlebar. Masing-masing elemen tersebut harus sesuai dengan ukuran tubuh Anda.

Mengukur handlebar misalnya. Pegangan pada sepeda yang ideal harus pas dengan panjang bahu. Jika tidak, tentu akan mengurangi kenyamanan. Pada pria ukuran bahu biasanya berkisar di angka 40 – 42 cm, sementara pada wanita sepanjang 36 – 38 cm.

Lanjut dengan memilih pedal. Pilih pedal yang dapat meningkatkan pedaling efficiency, sehingga Anda tidak perlu membuang tenaga terlalu banyak saat menggowes sepeda. Setelah memilih handlebar dan pedal, lanjutkan dengan memilih sadel.

Sadel menjadi salah satu elemen sepeda yang paling bersifat personal. Ia cenderung sulit dipilih dan tidak sama antara satu pengguna dengan pengguna lainnya. Menurut orang lain nyaman, menurut Anda tidak. Memilih sadel memang perlu trik tersendiri. Kata kuncinya ada pada kata nyaman.

3. Perhatikan Pilihan Komponen

* sumber: www.evelostore.com

Tips memilih sepeda selanjutnya adalah memperhatikan komponen pada sepeda. Sebelum membeli Anda sudah harus lebih dulu menentukan komponen yang diinginkan. Apakah merupakan komponen terbaik di kelasnya atau disesuaikan dengan kebutuhan.

Sebagai pemula tidak ada salahnya untuk memilih sepeda dengan komponen standar lebih dulu. Setelah mahir, baru ganti sepeda dengan komponen terbaik. Tentukan komponen mana yang akan menunjang kegiatan bersepeda Anda.

4. Lakukan Bike Fitting

* sumber: www.treloarphysio.com

Tips ini khusus bagi Anda yang sudah lama bersepeda. Melakukan bike fitting sama dengan mencari tahu ukuran sepeda yang cocok bagi Anda. Hal ini bisa dilakukan per tahun karena kondisi tubuh akan cenderung berubah pada kurun waktu tersebut.

Bike fitting akan membantu Anda menentukan sepeda yang cocok sesuai postur tubuh. Nantinya hal tersebut akan berpengaruh pada kenyamanan saat bersepeda. Tentu tidak ingin terganggu karena rangka terlalu besar untuk tubuh Anda yang kecil, bukan?

Macam-macam Ukuran Sepeda dan Jenisnya

 

Mengetahui macam-macam ukuran sepeda menjadi penting saat Anda memutuskan untuk membeli sebuah sepeda. Salah-salah, sepeda yang dibeli bisa tidak terpakai dan berujung mubazir. Daripada seperti itu, ada baiknya untuk menyimak informasi di bawah ini.

Sebelumnya, guna mengetahui ukuran sepeda yang pas untuk tubuh Anda, hal pertama yang harus dilakukan adalah melepas sepatu lalu berdiri dengan posisi membelakangi dinding (menempel pada dinding). Buka kaki hingga selebar bahu kemudian ukur tinggi badan dari kaki hingga atas kepala. Catat dan sesuaikan dengan jenis dan macam-macam ukuran sepeda berikut ini.

1. Ukuran untuk Mountain Bike

* sumber: www.rei.com

Macam-macam ukuran sepeda kita mulai dengan ukuran sepeda gunung. Untuk sepeda gunung ukuran S, cocok bagi pengguna bertinggi sekitar 152,5 cm – 165 cm. Melihat pada tinggi badan, sepeda gunung size S cocok juga untuk wanita. Kemudian ukuran M untuk pengguna bertinggi badan antara 162,5 cm – 175 cm.

Jika Anda memiliki tinggi lebih dari itu, yaitu 172,5 cm – 185 cm, pilih Mountain Bike ukuran L. Sementara jika tinggi badan hampir mencapai 2 meter, yaitu 182,5 cm – 195 cm pilih sepeda gunung ukuran XL.

2. Ukuran untuk Road Bike

* sumber: www.gearpatrol.com

Ini dia jenis sepeda yang sekarang ini banyak ditemukan di jalanan; Road Bike. Kepincut untuk turut membelinya? Perhatikan ukuran yang pas untuk Anda. Cocokkan tinggi badan dengan standar ukuran road bike, yaitu ukuran XS untuk pemilik tinggi badan antara 150 cm – 160 cm dan ukuran S untuk siapa saja dengan tinggi 160 cm – 170 cm.

Sementara ukuran M akan pas untuk Anda yang memiliki tinggi badan antara 165 cm – 175 cm. Apabila memiliki tinggi lebih dari itu, atau berada di angka 170 cm – 180 cm, Anda harus pilih ukuran sepeda L. Road bike tersedia juga untuk ukuran XL dan XXL, masing-masing yaitu 175 cm – 185 cm dan 180 cm – 190 cm.

3. Ukuran untuk Touring Bike

* sumber: georgemannphoto.com

Macam-macam ukuran sepeda yang selanjutnya yaitu untuk Touring Bike. Touring Bike merupakan jenis sepeda yang dipakai untuk touring atau perjalanan jauh. Biasanya ia didesain mampu membawa beban lebih berat. Nah! Jika Anda tertarik membeli Touring Bike karena sewaktu-waktu berencana melakukan perjalanan menggunakan sepeda, perhatikan ukuran touring bike berikut ini!

Touring Bike ukuran S cocok untuk Anda dengan tubuh setinggi 150 cm – 163 cm. Lanjut dengan ukuran M yang cocok bagi siapa saja bertinggi 163 cm – 175 cm. Kemudian ada touring bike ukuran L yang akan pas dikendarai oleh Anda yang memiliki tinggi badan 175 cm – 188 cm.

4. Ukuran Women’s Bike

* sumber: www.self.com

Bagi wanita pengguna sepeda, berikut ukuran sepeda yang bisa menjadi acuan Anda. Yaitu ukuran XS untuk wanita bertubuh mungil dengan tinggi sekitar 145 cm – 155 cm. Kemudian ada ukuran S untuk wanita bertinggi 155 cm – 165 cm. Lanjut dengan ukuran M yang akan sangat nyaman dipakai oleh Anda dengan tinggi 165 cm – 175 cm.

Apakah hanya itu? Tentu tidak. Women’s Bike biasanya tersedia juga untuk wanita bertinggi sekitar 170 cm – 180 cm. Tinggi badan tersebut akan pas menggunakan sepeda ukuran L. Saat membelinya nanti pastikan harus sesuai dengan tinggi badan ya!

5. Ukuran untuk City Bike

* sumber: www.polygonbikes.com

Membeli City Bike untuk dipakai jalan-jalan sore atau pagi keliling kompleks atau area taman di kota Anda, juga harus memperhatikan ukuran. City Bike ukuran S disediakan bagi pembeli yang memiliki tinggi badan antara 150 cm – 160 cm. Untuk ukuran M, akan nyaman dipakai bagi siapa saja dengan tinggi 160 cm – 170 cm.

Sementara itu, bagi Anda bertubuh tinggi melebihi dua ukuran yang sudah disebutkan sebelumnya, bisa memakai City Bike ukuran L. Pasalnya ukuran ini dibuat khusus bagi pemilik tinggi 170 cm – 180 cm. Sesuaikan dengan tinggi badan Anda agar bersepeda semakin nyaman!

6. Ukuran untuk Kids Bike

* sumber: www.thegeekycyclist.com

Berniat membelikan sepeda untuk anak-anak? Anda harus memperhatikan tinggi badan serta usianya. Bagi anak usia 2 – 5 tahun dan tinggi sekitar 80 cm – 110 cm, sepeda yang cocok adalah ukuran 12”. Untuk anak-anak usia 4 – 6 tahun dan tingginya sudah mencapai 100 cm – 125 cm, ukuran sepeda yang pas adalah 16”.

Lanjut untuk anak-anak berusia 5 – 8 tahun yang sudah mencapai tinggi 120 cm – 130 cm, sepeda yang cocok bagi mereka berukuran 20”. Kemudian jika ingin membelikan sepeda untuk anak berusia 7 – 11 tahun dan tingginya 127 cm – 142 cm, ukuran sepeda yang pas adalah 24”. Terakhir untuk anak-anak berusia lebih dari 10 tahun tapi tingginya sudah mencapai 140 cm – 158 cm, pilih sepeda ukuran 26”.

Mengetahui macam-macam ukuran sepeda berbagai jenis atau tipe sebenarnya merupakan informasi mendasar. Awamnya, sepeda yang cocok bagi Anda adalah yang tidak menyulitkan ketika dikendarai. Jarak antara sadel dan pedal tidak terlalu membuat kaki berjinjit. Juga panjang handlebar yang tidak melampaui atau kurang dari panjang bahu. Bagaimana? Sudah tidak pusing lagi menentukan ukuran sepeda yang pas? Semoga membantu ya!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram