bacaterus web banner retina

Macam-Macam Ukuran Selang Air yang Perlu Kamu Ketahui

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 23 Desember 2020

Selang air merupakan satu dari sekian banyak peralatan rumah tangga yang perannya penting. Meskipun bukan termasuk ke dalam kebutuhan primer, namun keberadaannya menjadi signifikan pada situasi-situasi tertentu.

Ada berbagai macam ukuran selang air yang dijual di pasaran. Fungsi dan jenisnya pun beragam, bergantung pada di mana kamu meletakkan selang tersebut. kalau kamu hanya mengetahui bahwa selang digunakan untuk proses mengalirkan air dan menyiram tanaman saja, kamu harus baca artikel di bawah ini.

Selang Air dan Fungsinya

Selang Air dan Fungsinya

* sumber: www.dekoruma.com

Yang kita tahu bahwa selang berfungsi untuk menyiram tanaman dan mengalirkan air dari tangki penampungan air di rumah, itu tidak salah. Karena sejatinya itu adalah sebagian dari alasan untuk apa selang dibuat.

Namun, kamu perlu tahu bahwa selang untuk menyiram tanaman tidak sama dengan selang yang digunakan untuk mengalirkan air untuk keperluan rumah tangga sehari-hari. Meskipun jika diperhatikan, selang-selang tersebut mempunyai bentuk yang sama.

  • Selang Air Transparan
Selang Air Transparan

* sumber: www.99.co

Warna dari selang ini putih transparan. Kamu dapat melihat aliran air di dalam selang ini jika selang diisi air. Selang air transparan ini dibuat dari bahan PVC dan sangat elastis sehingga kamu dapat menggulungnya dengan mudah jika selesai digunakan.

Selang transparan seperti ini sering digunakan pada akuarium untuk mendistribusikan air dari pompanya. Selain itu, tukang bangunan juga menggunakan selang ini untuk mengukur permukaan agar rata dan seimbang pada proses pembangunan rumah atau gedung-gedung,

Selang air ini berukuran 3mm. Untuk keperluan pengairan yang sederhana kamu dapat menggunakan jenis selang ini.

  • Selang Air Plastik
Selang Air Plastik

* sumber: www.dekoruma.com

Selang air ini terbuat dari campuran karet dan PVC. Lebih tebal dan keras namun elastis dan ukuran diameternya lebih besar dari selang air transparan. Selang ini tersedia dalam berbagai pilihan warna yang mencolok.

Kalau kamu suka berkebun, selang ini pasti familiar sebab selang air ini sering digunakan untuk menyiram tanaman. Selang air ini dapat tahan lama karena dibuat dengan ketebalan yang lumayan bagus sehingga tahan terhadap jenis cuaca ekstrem dan goresan.

Selang air ini digunakan untuk mendistribusikan air. Namun, selang ini dapat dimanfaatkan sebagai pembungkus hasil kerajinan tangan dan pembungkus kabel. Ukuran selang air plastik ini tersedia dalam macam-macam ukuran.

  • Selang Air Spiral
Selang Air Spiral

* sumber: www.99.co

Selang air ini didesain untuk pembuangan air yang bertekanan tinggi. Selang air spiral ini terbuat dari paduan bahan PVC lunak dan keras. Warna dari selang ini biasanya semi transparan. Kamu dapat melihat pergerakan air di dalamnya. Namun ada juga warna lainnya.

Bentuk lekukan yang terlihat di dinding selangnya hanya ada pada bagian permukaan luar saja. Bagian permukaan dinding dalamnya mulus sehingga air dapat mengalir dengan lancar.

  • Selang Air Panas
Selang Air Panas

* sumber: www.dekoruma.com

selang air panas dibuat dengan bahan khusus yang tahan terhadap air bersuhu dan bertekanan tinggi. Selang jenis ini bisa tahan terhadap suhu air yang mencapai 2000C. Ciri khas selang ini adalah warnanya yang merah atau oranye.

Selang air jenis ini biasanya digunakan untuk mengalirkan air dari water heater ke bak mandi. Selang air panas ini dibuat dari bahan PEX atau cross linked polythylene yang katanya elastis dan tahan terhadap tekanan tinggi. Oleh sebab itu selang ini tidak mudah berkarat.

Baca juga: 10 Cara Jitu untuk Mengatasi Pipa Paralon yang Tersumbat

Ukuran Selang Air

Ukuran Selang Air

* sumber: www.carmudi.co.id

Selang air, baik itu digunakan untuk kebutuhan industri atau pun untuk keperluan rumah tangga seperti untuk menyiram tanaman dan mendistribusikan air, ukuran-ukuran selang ini mendasari pengkategorian fungsi selang.

1. Selang Ukuran 1/4 Inci

Selang Ukuran 1 4 Inci

* sumber: www.popmama.com

Selang ukuran ini merupakan ukuran paling kecil yang biasa digunakan dalam kebutuhan rumah tangga. Misalnya saja untuk keperluan pengairan akuarium dan mengalirkan air bersih.

Volume air yang dialirkan mempunyai tekanan yang lemah sehingga aman untuk digunakan pada kebutuhan tersebut dan keperluan yang tidak membutuhkan selang dengan daya hisap dan alir yang besar.

2. Selang Ukuran 3/8 Inci

Selang Ukuran 3 8 inci

* sumber: www.dekoruma.com

Ukuran selang 3/8 inci ini masih termasuk ke dalam golongan selang air yang digunakan untuk keperluan rumah tangga, bukan industri. Daya hisap air dan daya semprotnya tidak terlalu kuat jadi cocok digunakan untuk kebutuhan sederhana.

Selang air ukuran ini dapat dengan mudah dikoneksikan dengan grip selang air atau kran. Misalnya ketika akan digunakan untuk menyiram kebun dan tanaman. Selang ini tinggal disambungkan menggunakan kran konektor yang ukurannya sesuai.

Ukuran selang air dan konektornya yang sesuai dapat mencegah air bocor sehingga air dapat mengalir dengan lancar ketika selang digunakan.

3. Selang Ukuran 5/8 Inci

Selang Ukuran 5 8 Inci

* sumber: gardenerspath.com

Selang air yang berukuran 5/8 inci menyuplai aliran air lebih kecil. Volume air yang keluar pun sedikit. Ketika kamu menyiram air dengan menggunakan selang air berukuran seperti ini aliran air tidak keluar dengan kuat dan menyebar.

Kamu mungkin membutuhkan selang air berukuran ini sebagai selang pelengkap. Misalnya saja sebagai selang penyiram yang menggunakan tangan sebagai ujung pengendali semprotan airnya.

Untuk perawatan rumah seperti menyiram tanaman, membersihkan area depan, samping dan belakang rumah kamu tidak memerlukan selang dengan ukuran diameter yang besar. Ukuran selang 5/8 inci saja sudah cukup untuk meng-cover keperluan perawatan rumah.

Dari segi harga, selang ukuran 5/8 inci ini lebih murah dari selang yang berdiameter lebih besar. Pada prinsipnya, semakin besar dan panjang ukuran selang air, maka biaya yang dikeluarkan untuk proses pembuatannya pun semakin besar. Begitu pula dengan bobotnya.

4. Selang Ukuran 3/4 Inci

Selang Ukuran 3 4 Inci

* sumber: www.99.co

Selang air berukuran 3/4 inci menyuplai air yang lebih banyak dibandingkan dengan selang air berukuran 5/8 inci. Kekuatan dan daya sebarnya pun lebih lebar. Menggunakan selang ini untuk menyiram kebunmu sama saja dengan menyebabkan banjir pada area kebunmu.

Sebab selang ini mampu mengalirkan air dengan volume yang lebih banyak dalam waktu cepat. Maka dari itu, untuk penyiraman, selang ini tidak cocok digunakan. Selang berukuran 3/4 inci seperti ini sebaiknya digunakan untuk kebutuhan lain seperti industri.

Aliran air yang kuat yang mengalir setiap menitnya mempunyai jalur yang panjang dan kuat. Selang ini bahkan bisa membuat genangan dalam permukaan tanah. Ukuran selang ini cocok digunakan dalam bidang industri atau kebutuhan lainnya seperti mengairi fasilitas umum.

Aliran ekstra yang keluar dari ukuran selang 3/4 inci ini dalam menghemat waktu dan lebih efektif dalam menggarap area yang lebih luas. Sehingga membuat proses pengerjaan sesuatu bisa lebih cepat.

Kedua ukuran panjang selang 3/4 inci dan 5/8 inci tersedia dalam ukuran panjang yang bervariasi mulai dari panjang 25 sampai 100 kaki. Pilih panjang selang yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Perlu kamu ketahui bahwa semakin panjang ukuran selang, semakin lemah air yang menyemprot keluar. Misalnya saja selang berukuran 5/8 yang panjangnya 25 kaki menghasilkan aliran air sebanyak 44 gpm (galon perminute).

Sedangkan untuk ukuran selang 3/4 inci dapat menghasilkan aliran air dengan volume yang lebih besar yaitu 18 gpm. Karena ukuran selang ini diameternya lebih besar, maka jumlah air yang berhasil dialirkan akan lebih banyak.

Nah, itulah informasi mengenai selang air dan ukurannya serta fungsi yang berbeda-beda. Sudah menemukan ukuran selang air yang cocok untuk kebutuhanmu? Sebelum memutuskan untuk memilih selang, luangkan waktu untuk mengumpulkan informasi mengenai selang air yang sedang kamu cari. Selamat mencari!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram