Bacaterus / Mesin Cuci / Yuk, Kenali Ukuran dan Kapasitas Mesin Cuci Sebelum Membeli

Yuk, Kenali Ukuran dan Kapasitas Mesin Cuci Sebelum Membeli

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 Mei 2019

Mesin cuci tidak hanya dibedakan berdasarkan jenisnya saja (top loading dan front loading), tetapi ada juga ukuran berdasarkan jenis dan kapasitasnya. Kapasitas mesin cuci ini menentukan seberapa banyak pakaian yang bisa dicuci di dalamnya. Jangan sampai Anda membeli mesin cuci yang terlalu kecil kapasitasnya untuk mencuci baju Anda sehari-hari.

Nah, agar mesin cuci dapat bekerja secara optimal, Bacaterus akan memberikan informasi mengenai ukuran dan kapasitas mesin cuci nih! Sebelum membeli, baca dulu informasi berikut ini agar Anda tidak salah membeli mesin cuci idaman.

Ukuran Mesin Cuci Sesuai Jenisnya

Mesin cuci bukaan atas (top loading) dan mesin bukaan depan (front loading) adalah jenis mesin cuci yang saat ini dijual di pasaran. Namun, perlu Anda ingat bahwa mesin cuci top loading memiliki dua varian yang berbeda, yakni mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung.

Kali ini, Bacaterus ingin mengajak Anda untuk mengenal ukuran mesin cuci berdasarkan jenisnya agar Anda bisa memilih mesin cuci yang ukurannya sesuai dengan kapasitas ruang yang tersedia.

1. Mesin Cuci Top Loading 2 Tabung

Mesin Cuci Top Loading 2 Tabung

Dari tampilannya saja Anda pasti sudah tahu bahwa jenis mesin cuci 2 tabung membutuhkan ruang penempatan yang lebih besar dibanding jenis mesin cuci lainnya. Mesin cuci ini membawa 2 tabung, yakni tabung pertama adalah tabung untuk mencuci, sedangkan yang lainnya adalah tabung untuk mengeringkan baju (dryer).

Kisaran panjang mesin cuci 2 tabung sekitar 75 – 90 cm, sedangkan untuk lebarnya adalah 45 – 53 cm. Sementara untuk tinggi mesin cucinya rata-rata sama dengan mesin cuci 1 tabung top loading, yakni 85 – 102 cm. Untuk kapasitasnya tersedia mulai dari 6 kg sampai 15 kg.

Jika Anda berencana membeli mesin cuci 2 tabung karena harganya paling terjangkau dibanding dua jenis mesin cuci lainnya, pastikan Anda memiliki ketersediaan ruang yang cukup besar untuk menempatkan mesin cuci ini.

2. Mesin Cuci Top Loading 1 Tabung

Mesin Cuci Top Loading 1 Tabung

Mesin cuci 1 tabung bukaan atas adalah mesin cuci yang banyak dipilih oleh konsumen di Indonesia. Selain teknologinya lebih canggih dibanding mesin cuci 2 tabung, harga mesin cuci 1 tabung top loading ini juga lebih terjangkau dibanding front laoding.

Berbeda dengan mesin cuci 2 tabung, mesin cuci 1 tabung mengerjakan semua tugas dalam 1 tabung yang tersedia, mulai dari mencuci, membilas, sampai mengeringkan pakaian. Tentu saja keberadaan 1 tabung ini membuat mesin cuci jenis ini jadi lebih ramping.

Ukuran panjang mesin cuci 1 tabung top loading sekitar 54 – 69 cm. Sementara ukuran lebarnya ada di kisaran angka 54 – 72 cm. Nah, untuk tingginya, mesin cuci ini dirancang sedikit lebih tinggi dari mesin cuci 2 tabung, yakni 85 – 111 cm. Anda juga bisa memilih kapasitas mesin cuci 1 tabung bukaan atas ini mulai 6,5 kg – 20 kg.

3. Mesin Cuci Front Loading

Mesin Cuci Front Loading

Yang satu ini adalah jenis mesin cuci paling premium karena kemampuan mencucinya dirasa lebih baik dari dua jenis mesin cuci top loading. Selain itu, harga jual mesin cuci front loading juga tergolong lebih mahal.

Perbedaan mesin cuci front loading dengan top loading bukan terletak pada kapasitasnya, melainkan pada posisi bukaan (pintu). Mesin cuci bukaan depan membuat gerakan memutar secara vertikal ketika proses mencuci dimulai, sedangkan mesin cuci bukaan atas memutar dengan mode horizontal.

Ukuran mesin cuci front loading sejatinya terbilang lebih minimalis jika dibandingkan dengan dua jenis mesin cuci top loading. Panjang mesin cuci bukaan depan ini antara 59 – 69 cm. Untuk ukuran lebarnya 85 – 98 cm. Nah, untuk kapasitas mesin cucinya tersedia dalam ukuran 6 – 17 kg.

Pertimbangkan ukuran mesin cuci ini sebelum Anda membelinya. Pastikan Anda memiliki ruang yang cukup untuk menampung mesin cuci yang Anda pilih. Selain itu, mesin cuci sebaiknya ditempatkan di tempat yang ada saluran pembuangannya dan keran airnya untuk memudahkan Anda mengisi dan membuang air dari dalam mesin cuci.

Kapasitas Mesin Cuci

Kapasitas Mesin Cuci

* sumber: www.appliancesonline.com.au

Selain mengenal ukuran mesin cuci, Anda juga wajib memperhatikan kapasitas mesin cuci yang hendak dibeli. Kapasitas mesin cuci menggunakan ukuran kilogram (kg). Nah, bagaimana sih agar Anda bisa menemukan kapasitas mesin cuci yang sesuai dengan kebutuhan sehari-hari? Yuk, simak caranya berikut ini.

Untuk mengetahui kapasitas baju yang akan dicuci, coba sesekali timbang cucian kotor Anda. Rata-rata cucian baju 4 orang dalam sehari berkisar antara 3-5 kg. Sementara sprei, gorden, dan jeans umumnya memiliki bobot yang lebih berat dibanding pakaian sehari-hari. Jadi, sebelum mencuci alangkah lebih baik jika Anda menimbang cuciannya terlebih dahulu.

Berikut adalah kapasitas mesin cuci sekaligus banyaknya baju yang bisa dicuci di dalamnya:

  • 6 kg untuk 30 kaus atau kemeja katun (sekitar 2 penghuni rumah)
  • 7 kg untuk 35 kaus atau kemeja katun (sekitar 2-3 penghuni rumah)
  • 8 kg untuk 40 kaus atau kemeja katun (sekitar 3-4 penghuni rumah)
  • 9 kg untuk 45 kaus atau kemeja katun (sekitar 4-5 penghuni rumah)
  • 10 kg untuk 50 kaus atau kemeja katun (sekitar 5-6 penghuni rumah)

Sebagai perbandingan, 30 kaus ini juga setara dengan 2 sprei ukuran king size dan empat sarung bantal. Anda harus mencuci baju sesuai dengan kapasitas mesin cuci. Baju yang melebihi kapasitas bisa membuat performa mesin cuci jadi berkurang. Sebaliknya, jika kapasitas terlalu sedikit juga merupakan pemborosan energi.

Sebelum Anda membeli mesin cuci baru, coba saja menimbang pakaian kotor sehari-hari. Dari timbangan tersebut Anda bisa dengan mudah menentukan kapasitas mesin cuci yang harus dibeli. Sangat mudah, bukan?

Ukuran dan kapasitas mesin cuci menjadi pertimbangan wajib ketika hendak membeli mesin cuci baru. Bacaterus juga membagikan informasi penting lainnya dalam artikel tips memilih mesin cuci agar Anda bisa menemukan mesin cuci terbaik untuk meringankan kegiatan mencuci sehari-hari.

Sudah tahu ukuran dan kapasitas mesin cuci yang dijual di pasaran, kan? Yuk, saatnya membuat pertimbangan lebih matang sebelum membeli barang elektronik, terutama yang cukup bernilai seperti mesin cuci. Anda juga bisa membeli mesin cuci secara online melalui Bukalapak lewat link ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar