bacaterus web banner retina

Kenali Berbagai Ukuran Kartu Nama Beserta Tips membuatnya

Ditulis oleh Amalia Kaskita - Diperbaharui 23 Februari 2021

Kartu nama berfungsi sebagai perkenalan berupa nama orang, produk hingga perusahaan dalam bentuk sebuah kartu. Kartu nama juga digunakan sebagai strategi pemasaran dalam dunia perbisnisan. Penggunaan kartu nama adalah cara pemasaran yang besifat elegan dan formal. Esensi kartu ini juga sebagai cara untuk  bertukar informasi. Jadi gak heran, kalau kartu nama itu penting untuk digunakan.

Ngobrolin kartu nama, ukurannya menjadi hal penting untuk diperhatikan. Pasalnya, setiap negara khususnya di Indonesia banyak yang menjual dompet khusus kartu nama yang ukurannya sesuai standar. Jadi, jika kalian membuat kartu nama dengan ukuran suka-suka, hati-hati bisa jadi kartu nama kalian tidak muat di dompet dan kemungkinan bisa dilupakan!

Kartu Nama

* sumber: www.logaster.com

Umumnya, ukuran kartu menggunakan satuan cm atau mm dan memiliki ukuran yang sangat beragam. ada yang tergantung pada tempat percetakan, disesuaikan oleh keinginan sendiri atau bisa juga disesuaikan oleh standar dari berbagai negara, lho. Penasaran standar ukuran dari negara mana saja? Simak artikel ini, ya!

Standar Ukuran Kartu Nama di Berbagai Negara

Mengingat bahwa kartu nama itu penting, setiap negara menentukan ukuran standarnya sendiri. Ukuran kartu nama disesuaikan oleh standar masing-masing negara guna memudahkan orang-orang untuk mencetak.

Standar ini biasanya digunakan untuk keperluan bisnis. Menentukan ukuran, bisa mengenali asal dari setiap perusahaan. Jadi, bisa saja di setiap perusahaan memiliki ukuran yang berbeda-beda. Berikut, macam-macam standar ukuran kartu nama di berbagai negara.

1. Standar Nasional Indonesia

Standar Nasional Indonesia

* sumber: www.gapuradesign.com

Standar ukuran kartu nama di Indonesia adalah 90 x 55 mm atau 9 x 5.5 cm. Namun dalam versi percetakan, biasanya berukuran 88 x 53 mm. Coba di ukur kartu nama kalian, apakah sudah sesuai dengan SNI? Ukuran SNI ini ternyata juga digunakan di berbagai negara lainnya, Seperti negara Australia, Denmark, Selandia Baru, Norwegia, Taiwan, Swedia, India, Kolombia, dan Vietnam.

2. Standar Asia

Standar Asia

Untuk standar kartu nama di Asia hanya berbeda sangat sedikit dengan ukuran standar kartu di Indonesia. Perbedaannya hanya lebih pendek 1 mm yaitu 8.9 x 5.39 cm yang dibulatkan menjadi ukuran 9 x 5.4 cm. Negara Asia yang menggunakan ukuran ini adalah Hongkong, Malaysia, Singapura, dan Tiongkok.

Tidak semua negara Asia mengikuti standar ini. Seperti halnya dengan Jepang yang tidak jauh berbeda dengan ukuran Asia. Jepang sendiri memiliki standar ukuran 91 mm x 55 mm. Tentunya, perbedaan ukuran antar negara Asia ini memiliki perbedaan yang sangat sedikit dengan negara kawasan lainnya.

3. Standar Amerika

Standar Amerika

Berbeda dengan sebelumnya, Amerika memiliki standar ukuran yang lebih kecil. Ukuran standar Amerika yaitu 3.5 x 2 inci atau 88.9 x 50.8 mm. Ukuran kartu nama ini kebanyakan digunakan untuk keperluan bisnis, yang disebut sebagai business card. Ukuran kartunya pun sama dengan kartu kredit kebanyakan. Selain Amerika, standar ukuran ini juga digunakan oleh Kanada dan Belanda.

4. Standar Eropa

Standar Eropa

Setelah itu, Negara kawasan Eropa juga memiliki standarnya sendiri. Di Eropa bagian timur, ukuran kartu nama yang mereka gunakan sebesar 3.5 x 1.9 inci. Ukuran ini digunakan di negara  Rusia, Estonia, Lithuania dan Ukraina.Bukan hanya negara eropa timur saja, tetapi negara seperti Sri Lanka, Argentina, Brazil, Bosnia dan wilayah Oseania juga  menggunakan standar eropa timur.

Berbeda dengan kawasan Eropa yang lain. mereka memiliki ukuran 85 mm x 55 mm atau 3.3 x 2.1 inci. Selain ukurannya yang berbeda dari sebelumnya, kebanyakan kartu nama di negara Eropa memiliki sudut melingkar dan ketebalan tertentu. Negara kawasan Eropa yang menggunakan ukuran ini yaitu negara Prancis, Jerman, Belanda, United Kingdom, Swiss, Portugal, Spanyol,Belgia, Italia, Austria, dan lainnya.

Itulah standar ukuran kartu nama di setiap negara pada umumnya, walaupun semua standar memiliki perbedaan yang tidak terlalu kentara karena ukuran yang sangat tipis dengan lainnya. Ukurannya dibuat sepas mungkin dengan genggaman tangan kamu, hihi. Bukan sebesar buku, lho ya. Namanya juga kartu ya pasti kecil kan. Pastikan kalian mengetahui ukuran kartu nama di atas terutama ukuran SNI sendiri,

Tips Membuat Kartu Nama yang Profesional

Selain ukuran yang diperhatikan, desain kartu nama juga penting. Menentukan desain bisa dibuat sekreatif mungkin, akan tetapi kamu harus tahu isi penting yang ada di dalam kartu nama. Hal ini mencegah kebingungan orang-orang saat membaca dikarenakan terlalu banyak informasi di dalam kartu. Jadi, perhatikan tips membuat kartu nama di bawah ini agar bisa menjadi sekece mungkin!

  • Hindari Memasukkan Terlalu Banyak Informasi

Hindari Memasukkan Terlalu Banyak Informasi

Kartu Nama dibuat guna memudahkan orang untuk bertukar dan mengingat informasi dengan baik. Jika kartu nama dibuat dengan banyak tulisan, maka sudah dipastikan, orang-orang akan malas membacanya. Pastikan isi kartu nama hanya mencakup informasi penting yaitu nama, nomor telepon, alamat hingga media sosial saja. Ingat yang terpenting jangan memasukkan data privasi kamu!

  • Coba dengan Kode QR
Coba dengan Kode QR

* sumber: www.elephantmark.com

Dengan teknologi yang semakin canggih, sekarang banyak kartu nama yang menggunakan kode QR. Kode QR adalah kode yang dimaksudkan untuk menghubungkan ke suatu perangkat dengan sangat cepat. Dengan kode QR, mereka hanya tinggal scanning kemudian informasi mengenai diri atau produk kamu akan tertera di smartphone mereka! Canggih banget kan!

  • Kreasikan dengan Bentuk yang Berbeda

Kreasikan dengan Bentuk yang Berbeda

Thinking out of the box, they said. Jika kamu ingin berbeda dengan standar kartu nama pada umumnya, kamu bisa membuat kartu dengan bentuk yang unik. Bisa saja bentuk kartu yang kamu buat melambangkan produk kamu.

Seperti perusahaan sepatu, kartu namanya berbentuk sepatu atau lainnya. Yang seperti ini baru dinamakan kreatif! Eh tapi ingat jangan terlalu besar dan rumit! Yang ada kartu nama kamu akan menjadi rusak dan sempit di dompet, hihi.

  • Hindari Memakai Bahan yang Terlalu Tipis
Hindari Memakai Bahan yang Terlalu Tipis

* sumber: blog.printerous.com

Sebagai alat bertukar informasi dan menarik pembeli, kualitas kartu nama juga harus baik! Sudah seharusnya kartu nama menggunakan bahan yang bagus dan tebal untuk menghindari lecek dan mudah sobek jika ditaruh di dompet. Semakin fancy bahan kartu nama, memperlihatkan besarnya perusahaan seseorang!

Baca juga: 10 Macam Ukuran Kertas yang paling Banyak Digunakan

Itulah tips pembuatan kartu nama yang pastinya akan membuat kartu nama kamu menjadi kece! Pentingnya membuat kartu nama adalah sebagai identitas sebuah perusahaan dan produk. Walaupun kartu nama sekarang kebanyakan beralih ke smartphone, namun hal itu tidak menghilangkan esensi dan keberadaan kartu nama.

Jadi, apakah kamu sudah menentukan ukuran dan desain kartu nama yang akan dipakai? Atau apakah kamu mengetahui ukuran dan tips membuat kartu nama selain di atas? Jika sudah coba beritahu di kolom komentar bawah ini, ya!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram