Bacaterus / Sepeda / 10 Macam Ukuran Ban Sepeda, dari yang Terkecil Sampai Terbesar

10 Macam Ukuran Ban Sepeda, dari yang Terkecil Sampai Terbesar

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ban sepeda sebetulnya punya beragam ukuran. Ukuran-ukuran pada sepeda sendiri diciptakan untuk memenuhi kebutuhan setiap sepeda. Seperti yang kita tahu, kalau masing-masing sepeda punya kebutuhannya sendiri.

Ada sekitar sepuluh macam ukuran pada ban sepeda. Kesepuluh ukuran itu akan kami sebutkan di sini. Mulai dari yang terkecil hingga yang terbesar. Untuk lebih lengkapnya, langsung saja simak ulasan di bawah ini!

Macam-Macam Ukuran Ban Sepeda

Ada banyak jenis dan macam ukuran ban sepeda, mulai dari ukuran yang kecil hingga besar. Setiap macamnya punya fungsi masing-masing, seperti apa penjelasannya? Simak artikel berikut ini.

1. Ban Sepeda Berukuran 16”

Ban Sepeda Berukuran 16”

Ini adalah ukuran ban sepeda yang paling kecil. Secara ukuran metrik, ukuran diameter sepeda ini tak lebih dari 41 sentimeter. Ban ini lazim dipakai pada sepeda anak-anak.

Selain itu, ban ini juga lazim dipakai sepeda lipat. Ban berukuran kecil ini sangat cocok untuk sepeda lipat, karena bisa membantu sepeda tersebut untuk dilipat. Selain itu, penggunaan ban berukuran 16” juga bikin sepeda lipat lebih mudah dibawa ke mana pun.

2. Ban Sepeda Berukuran 20”

Ban Sepeda Berukuran 20”

Lebih besar 4 inchi dari ban sebelumnya, ban satu ini merupakan ban yang populer di Indonesia. Pasalnya, ban ukuran ini lazim dipakai untuk berbagai jenis sepeda.

Padahal, mulanya ban ini hanya dipakai untuk sepeda BMX saja. Sekarang, ban ini juga lazim dipakai untuk sepeda MTB, dan bahkan sepeda lipat. Seperti ban sebelumnya, ukuran ban ini juga sangat memudahkan sepeda lipat untuk dilipat dan dibawa ke mana saja.

3. Ban Sepeda Berukuran 24”

Ban Sepeda Berukuran 24”

* sumber: arenamodifikasi.club

Kalau yang satu ini lazim dipakai untuk sepeda-sepeda tertentu. Terutama, sepeda-sepeda yang dipakai untuk kepentingan alat transportasi. Ban ini juga bisa kamu temukan dalam sepeda keranjang.

Makin ke sini, ukuran ban sepeda ini mulai dipakai untuk sepeda MTB khusus anak-anak. Terutama, anak-anak yang belum siap menaiki sepeda dengan ukuran roda 26” ke atas.

4. Ban Sepeda Berukuran 26”

Ban Sepeda Berukuran 26”

Ban ini lazim dipakai oleh sepeda-sepeda MTB yang terjangkau harganya. Ban ini juga dipakai oleh beberapa sepeda jengki. Ada sejumlah kelebihan dari ukuran ban sepeda satu ini.

Ban dengan ukuran ini bisa membantu kita dalam mengendalikan laju sepeda. Terutama, saat kita berada di jalanan yang penuh rintangan. Ban ini juga cocok dibawa ke area tanjakan yang cukup tajam. Ban ini masih cukup populer di kalangan pesepeda. Spare part-nya pun masih bisa ditemukan di bengkel-bengkel sepeda.

5. Ban Sepeda Berukuran 27”

Ban Sepeda Berukuran 27”

Berbanding terbalik dengan ukuran ban sebelumnya, ukuran ban sepeda ini justru mulai jarang dipakai. Dahulu, ban sepeda ukuran ini lazim digunakan untuk tipe sepeda balap.

Sepeda jenis lain pun jarang sekali memakai ukuran ban satu ini. Kini, sepeda-sepeda mulai banyak memakai ban yang ukurannya lebih kecil dari ukuran ban ini. Termasuk sepeda balap itu sendiri.

Baca juga: 10 Macam Aksesoris Sepeda yang Mesti Dipakai dan Dimiliki

6. Ban Sepeda Berukuran 27,5”

Ban Sepeda Berukuran 27,5”

Ukuran sepeda ini kini lazim dipakai untuk sepeda gunung. Ban ini lazim dianggap sebagai penengah antara ukuran ban 26” dan 29”. Ukuran ban ini cocok dipakai untuk mereka yang merasa terlalu kecil memakai ban 26”, serta merasa terlalu besar untuk ukuran 29”.

Ban ini bisa membantumu melewati jalanan yang tergolong kasar. Kamu pun juga bisa bersepeda dengan nyaman, serta melakukan sejumlah akselerasi lewat ukuran ban satu ini.

7. Ban Sepeda Berukuran 28”

Ban Sepeda Berukuran 28”

* sumber: www.mainsepeda.com

Ukuran ban satu ini bisa kamu temui pada sepeda kumbang. Tak hanya sepeda, ban ini juga bisa kamu temukan pada gerobak dan juga becak. Ada dua jenis ban pada ukuran ban satu ini.

Ban untuk angkutan dan ban untuk sepeda adalah keduanya. Ban untuk angkutan sendiri punya tekstur yang keras dan tebal. Butuh tenaga ekstra untuk memasang ban satu Ini.

Adapun untuk ban sepeda, ban jenis ini punya tiga varian warna. Hitam, putih, dan kuning adalah ketiganya. Berbeda dari ban sebelumnya, ban ini cukup ringan dari segi tekstur.

8. Ban Sepeda Berukuran 29”/29er

Ban Sepeda Berukuran 29”

Ukuran ban sepeda ini sekarang sedang digandrungi. Terutama, untuk sepeda gunung di Indonesia. Kelebihan ban ini adalah kemampuannya untuk memperkecil guncangan saat bersepeda.

Ban berukuran ini juga bisa dipakai sebagai suspense, karena memiliki volume angina yang banyak. Ban ukuran ini pun juga bisa dipakai untuk melewati permukaan jalan yang berlubang atau jalan menonjol. Selain sepeda gunung, sepeda offroad juga sering memakai ukuran ban ini.

9. Ban Sepeda Berukuran 650c

Ban Sepeda Berukuran 650c

Seperti ukuran ban 27”, ukuran ban ini juga mulai jarang ditemukan. Hal ini wajar karena ban ini hanya dipakai untuk jenis sepeda tertentu saja. Salah satunya adalah sepeda triatihon.

Padahal, ban ini punya beberapa sejumlah kelebihan. Salah satunya adalah teksturnya yang lebih ringan. Ringannya ukuran ban ini membikin ban ini bisa dipakai untuk menanjak, berputar, atau melakukan akselerasi lainnya.

10. Ban Sepeda Berukuran 700c

Ban Sepeda Berukuran 700c

Berbanding terbalik dengan ukuran ban sebelumnya, ukuran ban satu ini cenderung lebih populer. Ukuran diameter ban ini sama seperti ukuran ban 29”, yaitu 622 milimeter.

Beberapa jenis sepeda sudah memakai ukuran ban ini. Mulai dari sepeda balap hingga sepeda fixie. Seperti halnya ban berukuran 28”, ban berukuran ini juga tersedia dalam berbagai macam warna.

Cara Memilih Ukuran Ban Sepeda

Cara Memilih Ukuran Ban Sepeda

* sumber: hobigowes.com

Sebelum artikel ini ditutup, kami akan memberikanmu beberapa cara bagaimana cara memilih ukuran sepeda. Semoga saja bisa membantumu untuk menentukan mana ukuran sepeda yang sesuai kebutuhanmu. Cara-cara tersebut bisa kamu simak sebagai berikut:

  • Perhatikan Lebar Ban Sepeda

Lebar ban sangat penting untuk diperhatikan. Karena, lebar ban sepeda menentukan seperti apa kapasitas dari ukuran ban sepeda tersebut. Misalnya saja ukuran ban sepeda dengan lebar yang ramping.

Ukuran ban sepeda dengan lebar semacam ini sangat cocok dipakai untuk melewati medan yang mulus dan keras. Contoh lainnya adalah pada ukuran ban yang lebih lebar. Ukuran ban semacam ini memiliki stabilitas tinggi, sehingga dapat melewati medan-medan sulit. Seperti jalan berbatu dan berkerikil.

  • Sesuaikan dengan Jenis Sepeda yang Kamu Pakai

Setiap ban dan ukurannya diciptakan untuk beberapa jenis sepeda tertentu. Oleh karenanya, pilih saja pilih saja ukuran ban sepeda berdasarkan jenis sepeda yang kamu punya.

Jika kamu memiliki sepeda gunung, kamu bisa memilih ukuran ban 26”, 27,5”, atau 29”. Jika kamu memiliki sepeda fixie atau sepeda road bike, kamu bisa menjadikan ban 700c sebagai pilihanmu nanti.

Ban sepeda sebetulnya punya beragam ukuran. Ukuran-ukuran pada sepeda sendiri diciptakan untuk memenuhi kebutuhan setiap sepeda. Seperti yang kita tahu, kalau masing-masing sepeda punya kebutuhannya sendiri.

Ada sekitar sepuluh macam ukuran pada ban sepeda. Kesepuluh ukuran ban itu sudah kami sebutkan di atas. Masing-masing ukuran punya kelebihannya tersendiri. Kamu tinggal pilih saja mana yang cocok dengan sepedamu. Adapun untuk memilihnya, kamu bisa memakai cara-cara yang sudah kami beritahu.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *