Bacaterus / Peralatan Dapur / Macam-Macam Toples yang banyak Digunakan Beserta Fungsinya

Macam-Macam Toples yang banyak Digunakan Beserta Fungsinya

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Saat Idul Fitri dan hari raya lainnya, biasanya orang Indonesia akan menyajikan camilan kue-kue kering di dalam toples dengan beragam bentuk toples. Umumnya toples digunakan sebagai wadah untuk menaruh makanan seperti kue-kue kering.

Tapi sekarang semakin banyak orang memanfaatkan toples untuk hiasan rumah, vas bunga, hadiah dan lain sebagainya. Tidak hanya fungsinya tadi, tapi toples pun memiliki macam-macam jenis, model, bahan material dan ukuran.

Ada beragam toples yang dijual di pasaran dari yang simple, cantik, elegan, mewah dan unik. Sebelum memutuskan untuk membeli toples ada baiknya kamu mengetahui tips memilih toples sesuai kebutuhan.

Tips Memilih Toples Sesuai Kebutuhan

Tips Memilih Toples Sesuai Kebutuhan

Sebelum membeli toples, dengan beragam macam toples yang dijual di pasaran, tentunya kamu juga harus membeli toples sesuai dengan kebutuhan kamu dengan memperhatikan hal-hal berikut ini:

  • Bahan

Bahan toples merupakan hal pertama yang menjadi pertimbangan utama. Karena bahan material pembuatan toples masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya.

  • Sesuaikan Penggunaannya

Selain bahannya yang beragam, toples juga memiliki model dan bentuk yang beragam yang bisa disesuaikan dengan penggunaannya. Bentuk toples ada yang bulat, kotak, persegi panjang, segi lima dan bentuk yang unik lainnya.

Jika toples akan ditaruh di meja tamu, ada baiknya kamu memilih toples yang memiliki bentuk yang cantik untuk menyambut tamu. Jika ada anak kecil di rumah jika takut toples kaca pecah kalau tersenggol bisa kamu ganti dengan toples plastik yang aman untuk makanan. Tapi jika akan dibawa bepergian, bisa memilih toples plastik atau mika.

Meskipun toples umumnya berwarna bening, tapi ada juga toples yang memiliki warna. Kamu bisa menyesuaikan dengan yang kamu inginkan, atau bisa juga kamu sesuaikan dengan dengan warna yang senada dengan cat dinding rumahmu.

Kemudian jika kamu akan mengisi toples dengan kerupuk  sebaiknya gunakan toples besar dengan mulut toples yang besar. Jika untuk kue sebaiknya pilih yang mulut toples tidak terlalu kecil agar memudahkan untuk mengambil kue dan bisa juga memilih model yang cantik jika akan ditaruh di meja tamu. Untuk permen, coklat atau rempah-rempah bisa menggunakan toples kecil.

  • Menyesuaikan Budget

Harga toples beragam sekali dari yang murah hingga mahal. Lebih baik membeli toples dalam satu set karena harganya akan lebih murah dibandingkan membeli satuan. Untuk menekan budget, kamu juga bisa menyiasatinya dengan membeli ketika ada promo atau menawar harga yang lebih rendah.

Baca juga: Merk Biskuit Kaleng yang Enak dan Terpopuler untuk Lebaran

Macam-Macam Toples dan Penggunaannya

Setelah mengetahui beberapa tips untuk memilih toples, berikut ini akan dibahas mengenai macam-macam toples dan juga penggunaannya. Berdasarkan jenis toples yang umum dijual di pasaran ada 4 jenis yaitu :

1. Toples Mika

Toples Mika

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Toples ini umumnya digunakan untuk kemasan kue kering atau camilan yang dijual. Kelebihannya adalah murah, mudah didapatkan dan lebih praktis. Namun toples mika ini mudah pecah dan tidak tahan lama. Selain itu, daya tampungnya pun hanya sekitar ¼ kg – ½ kg saja.

2. Toples Plastik

Toples Plastik

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Untuk kamu yang memiliki anak-anak dirumah toples dengan berbahan plastik mungkin akan lebih aman karena tidak mudah pecah jika tersenggol. Dari segi harga, toples berbahan plastik ini cukup terjangkau.

Biasanya memiliki pilihan warna yang cukup beragam, namun desainnya tidak sebagus bahan kaca atau kristal. Bentuknya ada yang bulat, oval, kotak juga persegi Panjang. Ukurannya pun beragam, ada yang daya volumenya kecil hingga ukuran yang besar bisa menampung sekitar 25 liter.

Keunggulan dari toples plastik ini tidak mudah pecah, bahannya cukup ringan. Tapi kelemahannya adalah tidak dapat menyimpan benda yang panas juga mudah rusak.

Umumnya toples ini digunakan untuk menyimpan aneka jenis kue kering. Tapi pastikan bahannya aman untuk makanan, jika ada keterangan yang tertera BPA free maka aman untuk makanan.

3. Toples Kaca

Toples Kaca

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Toples kaca ini selain dimanfaatkan untuk menaruh aneka camilan atau makanan. Kelebihan dari toples kaca adalah kedap udara, cantik, elegan, dan kokoh. Namun karena kelebihannya tersebut, biasanya harga jualnya lebih mahal dibanding toples mika dan plastik. Volume untuk menyimpannya tidak sebesar toples plastik.

4. Toples Kristal

Toples Kristal

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Tampilan toples kristal jika dilihat sekilas  terlihat sama dengan toples kaca. Tampilan toples kristal lebih biasanya ada tambahan aksen emas atau lekukan-lekukan sehingga terkesan lebih cantik, mewah dan elegan dibandingkan toples kaca. Selain itu toples kristal juga biasanya lebih tebal dan juga mengkilap.

Kelebihannya adalah tahan lama, mudah dibersihkan dengan tampilannya yang mewah dan elegan. tapi dari segi harga cenderung mahal. Beberapa ada yang menjualnya dalam satu set. Biasanya ukuran tidak terlalu besar. Umumnya toples ini digunakan sebagai penyimpanan camilan kue kering atau permen dan juga hiasan rumah.

Tips Merawat Toples

Tak jarang toples-toples yang sudah digunakan meski sudah dibersihkan tetap meninggalkan bau tak sedap, noda, kusam hingga warna yang pudar terutama pada toples plastik. Tentu cukup menyebalkan bukan?

Tapi tenang, masalah tadi bisa diatasi dengan trik berikut ini:

  • Jeruk Nipis atau Lemon
Jeruk Nipis atau Lemon

* sumber: www.healthfitnessrevolution.com

Jeruk nipis atau lemon sudah lama dikenal dapat membersihkan bau tak sedap pada peralatan dapur, termasuk toples.

Untuk menghilangkan bau pada toples plastik dan kaca bisa dengan jeruk nipis atau lemon. Untuk toples plastik bisa merendamnya dengan beberapa tetes air lemon. Tutup rapat dan diamkan beberapa saat hingga baunya benar-benar hilang.

Untuk toples kaca bisa gunakan irisan jeruk nipis yang ditambah air hangat. Tutup rapat dan kocok toplesnya. Masukan ke dalam lemari es dan diamkan semalaman. Kemudian bersihkan keesokan harinya.

Atau bisa juga dengan menjemur toples dibawah terik matahari diamkan beberapa jam hingga baunya benar-benar hilang.

  • Beras
Beras

* sumber: foodsguy.com

Beras ternyata dapat digunakan untuk membersihkan toples yang sulit dibersihkan karena ukurannya yang kecil.

Caranya, masukan beras sekitar seperempat wadah kemudian tambahkan air panas dan beberapa tetes sabun pencuci piring. Kocok hingga dirasa bagian kotor tadi sudah bersih.

  • Garam dan Soda Kue
Garam dan Soda Kue

* sumber: wellness.buddhasherbs.com

Campuran garam dan baking soda dapat menghilangkan bau dan juga membuat toples tampak baru lagi. Untuk menghilangkan bau masukan satu sendok garam, soda kue dan tuangkan air hangat secukupnya.

Kocok dan diamkan kurang lebih selama beberapa menit agar baunya dapat diserap oleh larutan tadi. Kemudian cuci dengan air hangat dan sabun. Jika baunya masih menempel, bisa ulangi Langkah tadi hingga baunya benar-benar hilang.

Untuk menghilangkan kusam, rendam toples di air hangat yang telah diberi soda kue. Diamkan beberapa saat. Kemudian cuci seperti biasa dan cuci Kembali dengan air hangat. Keringkan toples baru setelah itu simpan di tempat yang sejuk.

  • Minyak
Minyak

* sumber: www.leafly.com

Kamu juga bisa memanfaatkan minyak untuk mempertahankan warna pada toples plastik. Caranya dengan mengoleskan minyak dengan menggunakan kapas. Kemudian cuci seperti biasa dan keringkan. Dengan cara ini dipercaya warna pada toples plastik tidak akan cepat pudar.

  • Disterilkan
Disterilkan

* sumber: rediscover.co.nz

Toples yang sudah digunakan meskipun sudah dicuci tak jarang tetap terkena bakteri. Ada beberapa cara untuk mensterilkan toples-toples dari bakteri. Cara termudah adalah dengan merebus toples di air panas selama beberapa menit. Kemudian keringkan dan taruh di tempat sejuk.

Cara selanjutnya bisa dengan mengukus uap panas. Sama seperti proses mengukus kue, kamu pun dapat mengukus toples untuk membersihkannya dari bakteri. Diamkan sekitar 5 menit dan kemudian keringkan.

  • Simpan di Tempat Sejuk
Simpan di Tempat Sejuk

* sumber: www.tasteofhome.com

Pastikan toples-toples yang sudah dibersihkan benar-benar kering sebelum disimpan ya. Jika sudah benar-benar kering kamu dapat menyimpan toples di tempat sejuk, kering dan juga tidak terkena sinar matahari secara langsung. Fungsinya adalah untuk menghindari toples lembab.

Sekian informasi mengenai macam-macam toples dan juga penggunaannya. Semoga bermanfaat ya. Apapun jenis toplesnya, jangan lupa untuk selalu merawat toples-toplesnya supaya tahan lama. Jangan lupa baca artikel-artikel lainnya ya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *