bacaterus web banner retina
Bacaterus / Serba Serbi / Rumah / 7 Macam Timbangan yang Digunakan untuk Berbagai Keperluan

7 Macam Timbangan yang Digunakan untuk Berbagai Keperluan

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 2 April 2021

Untuk beberapa kebutuhan, timbangan jadi salah satu peralatan yang penting. Keberadaannya membuat pekerjaan menjadi jauh lebih mudah, terutama jika membutuhkan keakuratan. Timbangan diperlukan oleh beberapa bidang usaha, sebut saja pastry atau kue, jual beli di pasar, laundry kiloan dan sebagainya.

Secara garis besar, ada dua jenis timbangan yang banyak beredar dan digunakan oleh masyarakat. Kedua jenis timbangan ini memiliki fungsi yang sama hanya berbeda pada sistem dan teknologi yang digunakan. Untuk lebih lengkapnya mari simak uraian di bawah ini!

Timbangan Digital

Timbangan digital menggunakan energi lain berupa baterai atau listrik agar dapat beroperasi. Timbangan jenis ini lebih mudah dioperasikan dan diidentifikasi. Pasalnya, kita hanya perlu meletakkan barang di atas timbangan, lalu secara otomatis akan muncul data mengenai berat barang di bagian layar yang tersedia.

Timbangan digital memiliki tingkat keakuratan lebih besar atau tinggi dibanding dengan timbangan digital. Selain itu bentuknya juga lebih bervariasi dan lebih ringan. Menggunakan timbangan digital, Anda akan mudah menimbang barang hingga ukuran yang cukup kecil atau ringan, seperti timbangan untuk emas.

Timbangan Analog

Lalu apa yang dimaksud dengan timbangan analog dan bagaimana cara kerjanya? Timbangan analog tidak memerlukan bantuan baterai atau listrik untuk beroperasi. Timbangan jenis ini dibuat atau bekerja menggunakan sistem pegas.

Timbangan analog biasa digunakan oleh mereka yang tidak terlalu memerlukan keakuratan, melainkan hanya kecepatan. Pasalnya ketika barang ditempatkan di timbangan, jarum timbangan akan secara cepat bergerak dan menunjuk angka tertentu. Timbangan analog masih banyak digunakan untuk keperluan dapur atau timbangan berat badan.

Macam-Macam Timbangan

Macam macam timbangan jumlahnya cukup banyak. Setidaknya ada sekitar 30 timbangan termasuk timbangan untuk mengukur BMI, mengukur body fat, body water dan muscle mass. Namun, hanya beberapa timbangan di bawah ini yang cukup familiar dan banyak atau umum digunakan oleh masyarakat.

Timbangan-timbangan di bawah ini biasa digunakan untuk mengukur atau menimbang berbagai macam keperluan. Mulai dari sayur atau bumbu, berat badan, menimbang anak-anak hingga menimbang barang bervolume besar dan masa yang berat. Seperti apa lengkapnya? Uraian di bawah ini akan menjelaskannya untuk Anda!

1. Kitchen Scale

Macam macam timbangan yang pertama adalah timbangan dapur atau kitchen scale. Timbangan ini biasa dimiliki oleh ibu-ibu rumah tangga yang hobi sekali memasak atau membuat kue. Sebab kitchen scale membantu dalam menakar bahan-bahan kue yang dibutuhkan seperti terigu, gula, susu bubuk hingga mentega.

Timbangan dapur tersedia versi digital dan analog. Untuk versi digital, Anda bisa bebas memilih mau timbangan dengan mangkuk atau tanpa mangkuk. Sementara timbangan dapur versi analog biasanya sudah dilengkapi dengan mangkuk atau wadah. Apabila dibutuhkan untuk keperluan berdagang, lebih baik gunakan timbangan dapur digital.

2. Health/Bathroom Scale

Timbangan tipe ini biasanya akrab bagi mereka yang sedang berupaya menurunkan berat badan. Timbangan badan juga dimiliki oleh orang-orang yang ingin tahu terhadap penambahan atau penurunan berat badannya setiap bulan. Cocok sekali untuk Anda yang peduli terhadap kesehatan secara mendasar. Timbangan badan tersedia dalam dua pilihan, yaitu analog dan digital.

Khusus untuk digital, bentuk timbangan cenderung mendatar seperti papan dan dilengkapi sebuah layar berukuran kecil untuk menunjukkan angka tertentu. Ia mudah disimpan ketika selesai digunakan. Bagaimana dengan timbangan berat badan berbentuk analog? Anda harus membaca pergerakan jarum jam yang menunjuk pada angka tertentu. Timbangan analog biasanya cenderung lebih berat dan tingkat keakuratan yang tidak terlalu tinggi.

3. Balance Scale

Timbangan selanjutnya adalah jenis timbangan balance yang biasa digunakan untuk menyamakan berat antara dua barang sekaligus. Balance scale masih banyak digunakan, terutama oleh para penjual perhiasan. Menariknya sebab memiliki bentuk yang unik dan otentik, timbangan ini banyak dijadikan hiasan di rumah-rumah atau kantor.

Timbangan jenis ini juga umum dikenali sebagai simbol keadilan. Secara tradisional ia kerap dikaitkan sebagai simbol hukum. Jika melihat tampilan atau bentuknya, ia merupakan jenis timbangan yang mengingatkan kita pada para ilmuwan.

4. Physicians Scale

Asing dengan namanya? Pantas saja karena timbangan satu ini memang tidak banyak dipakai oleh umum. Physicians scale memiliki harga yang cenderung lebih mahal dibandingkan macam macam timbangan lain. Namun, timbangan jenis ini juga sangat akurat dan mudah digunakan.

Physicians scale biasa ditemukan di ruangan praktik dokter. Timbangan ini dilengkapi balok pemberat yang dapat dibaca oleh pasien dan dokter. Ia memiliki volume besar dan masa yang berat sehingga tidak untuk dipindah-pindahkan setiap saat. Timbangan ini bisa sekaligus dipakai untuk mengukur tinggi badan.

5. Toddler Scale

Macam macam timbangan selanjutnya yang umum ditemui adalah timbangan khusus bayi. Dari namanya jelas timbangan ini difungsikan untuk menimbang bayi. Ketika membawa anak ke dokter untuk memeriksakan kesehatannya, terlebih anak tersebut masih bayi, informasi mengenai berat badannya cukup penting.

Mengetahui berat badan si bayi, terutama yang sesuai dengan usianya bisa mengindikasikan sesuatu. Apakah bayi tersebut termasuk sehat atau kekurangan gizi. Timbangan bayi biasanya memiliki semacam wadah atau tempat berukuran besar di bagian atas untuk menyimpan bayi Anda dengan aman.

6. Luggage

Luggage scale dibutuhkan ketika Anda adalah tipe orang yang kerap bepergian menggunakan pesawat. Dengan menimbang barang bawaan sendiri terlebih dulu di rumah, Anda bisa memperkirakan apakah barang yang dibawa melebihi kapasitas bagasi pesawat atau tidak.

Timbangan ini berbentuk gantungan. Anda cukup menggantungkan barang bawaan pada sebuah kait yang ada, kemudian keterangan mengenai berat barang akan muncul dan bisa diketahui. Timbangan jenis ini umumnya berdaya maksimal 50 Kg dan tersedia dalam pilihan digital maupun analog.

7. Butcher

Timbangan selanjutnya yang pasti tidak asing bagi Anda adalah timbangan yang dimiliki para tukang daging. Butcher digunakan untuk menimbang daging dalam jumlah besar. Biasanya ia akan dipasang secara permanen di bagian belakang atau depan toko daging agar pembeli bisa mengetahui berat daging yang akan dibeli.

Timbangan daging bisa digunakan di dalam atau luar ruangan karena dia tidak membutuhkan listrik. Umumnya timbangan daging adalah tipe timbangan analog tapi ada juga berupa digital. Saat idul adha tiba, timbangan ini juga bisa digunakan untuk menimbang daging. Cara kerjanya adalah dengan menggantungkan daging pada kait besi lalu jarum timbangan akan bergerak secara otomatis menunjukkan berat daging yang ditimbang.

Baca juga: Sebelum Membeli, Yuk Kenali Dulu 8 Bagian Daging Sapi Ini

Bahan Pembuatan Timbangan

Setelah mengetahui macam macam timbangan yang cukup umum digunakan oleh masyarakat luas, sekarang mari kita cari tahu material atau bahan pembuatan timbangan yang juga umum. Mengetahui hal ini bisa membantu Anda dalam memutuskan atau memilih timbangan yang awet dan tahan lama.

Bahan pembuatan timbangan yang pertama adalah kaca. Bahan kaca umum digunakan sebagai material pembuatan timbangan badan digital. Ia mudah sekali dibersihkan ketika terkena cipratan air. Jika didesain dengan menarik, ia bahkan bisa terlihat sebagai hiasan rumah.

Kemudian ada timbangan berbahan logam yang biasanya turut dilengkapi dengan semacam silicon di bagian atas. Gunanya untuk membantu pengguna tetap dapat menapak dengan kuat (tidak licin) saat berdiri di atasnya. Timbangan dari logam biasanya cukup awet dan mudah dibersihkan. Ia juga kuat, tidak meragukan seperti kaca.

Selain dua bahan di atas, material lain yang umum digunakan untuk membuat timbangan antara lain kayu, plastik dan akrilik serta stainless steel. Ketiga bahan tersebut memiliki keunggulan serta kelemahan tersendiri. Anda bisa memilih berdasarkan tingkat keawetan, mudah dibersihkan atau tidak, tingkat keakuratan serta bentuknya yang bisa sekaligus mempercantik rumah atau dapur.

Demikian adalah informasi mengenai macam macam timbangan yang menarik untuk disimak, bahwa ternyata timbangan juga terdiri atas banyak jenis, fungsi bahkan material pembuatannya. Di antara timbangan di atas, salah satunya pasti tidak asing, kan? Terutama jika Anda adalah seorang yang sedang diet, hobi membuat kue, kerap membawa anak ke dokter atau sering belanja daging ke pasar dalam jumlah besar.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram